Surat Pembaca

Gojek Tidak Merespons Komplain Biaya Tol dan Parkir Fiktif

Saya adalah pengguna Gojek, yang telah menggunakan jasa Gojek sekitar 6/7 tahun silam. Selain aplikasi ini, saya juga aktif pada beberapa aplikasi sejenis lainnya, terutama penyedia jasa online transport dan online food.

Pada tanggal 4 Oktober 2022, kami menggunakan jasa GoCar, dengan nomor order RB-140635-4310715 dan Mitra Gojek (driver) atas nama Re** mengendarai Toyota Rush plat B21**T*M, sebagaimana terlampir di bawah ini:

Satu hari setelah transaksi tersebut, saya kembali membuka aplikasi Gojek untuk mendapatkan pelayanan jasa GoCar kembali. Namun begitu kaget saya, ongkos trip sebelumnya dengan harga Rp68.500 menjadi Rp105.500. Ketika saya lihat riwayat pemesanan, ditemukan bahwa Mitra Gojek (driver) melakukan fraud berupa biaya tol Rp32.000 dan parkir Rp5.000, total Rp37.000 saldo GoPay saya dirampas.

Melalui fitur Need Help pada halaman riwayat pemesanan, saya melakukan klaim atas fraud transaction tersebut dan mendapatkan respons yang cukup baik pada awalnya, dengan nomor tiket klaim 129411663, tanggal 5 Oktober 2022.

Namun selang beberapa waktu kemudian, CS Fitri mengaku tidak dapat menghubungi saya di nomor terdaftar dan CS Fitri meminta saya untuk memberikan nomor lainnya yang dapat dihubungi. Setelah saya berikan 2 nomor aktif saya (yang selalu aktif 24/7), tidak ada tindak lanjut dari CS Fitri tersebut. Satu hari kemudian, tanggal 6 Oktober 2022, saya kembali melakukan reminder terhadap klaim saya tersebut. Namun tetapi tetap nihil sebagaimana terlampir di bawah ini:

Tidak sampai di situ, setelah lelah menunggu, sekitar 2 minggu kemudian tepat pada tanggal 23 Oktober 2022, saya melakukan klaim kembali dengan nomor tiket klaim: 132219708. Namun direspons oleh BOT Auto Reply and Action. Klaim saya ditutup sepihak, karena sudah ada tiket sebelumnya yang statusnya masih Open sebagaimana terlampir di bawah ini :

Karena tidak ada tindak lanjut, saya memutuskan kembali melakukan klaim pada tanggal yang sama dengan nomor tiket klaim 132220472, berhasil tidak Auto Close dan direspons oleh CS Aldise. Namun kembali saya diminta menunggu tiket sebelumnya yang masih Open. Speechless!

Alhasil saya melakukan reminder pada tiket awal untuk merespons klaim saya dan memberikan batas waktu. Saya masih berharap bahwa Gojek tetap bisa memberikan layanan terbaik bagi customer, sebagaimana iklan-iklan jargon Gojek, yang mengatakan bahwa aplikasi Gojek adalah aplikasi yang paling secure, dana hilang bisa kembali dengan mudah dan cepat, dan sebagainya. Namun iklan tetaplah iklan, hanyalah kepalsuan yang saya rasakan.

Padahal ini adalah perkara mudah. Gojek bisa melihat riwayat perjalanan pada trip saya tersebut, untuk mempelajari apakah benar yang saya katakan dan apakah benar terjadi fraud pada perjalanan saya tersebut.

Well, berbagai cara telah saya lakukan, semoga ada tindaklanjut yang solutif dengan mengembalikan hak saya. Semoga para customer yang telah loyal selama ini menggunakan Gojek, yang telah “tersakiti” oleh pelayanan Gojek, tidak menutup akunnya dan ini bukan menjadi pemicu redupnya keberhasilan Gojek.

Regards,

Akbar Ramadhan
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Bisa jadi keduanya. Karena aslinya drivernya baik dan komunikatif loh selama perjalanan. Cuma kaget aja di akhir seperti itu. Dan gojek pun tdk merespon, berarti kan ini ada di gojek mslhnya menurut saya.

      • Driver memalukan, gua driver taxol amit2 gak pernah gitu. Coba masnya hlp langsung ke CS / kirim email biasanya langsung respon

        • Mas Dimas punya info email/telfnya ? Saya claim selalu diarahkan lewat fitur Apps langsung soalnya. Terima kasih.

        • Jangan sembarangan menyalahkan drivernya bos csnya memesan gocar. Dan masuk di jalan tol. Yg tertera di aplikasi itu Hannya biaya pemesanan dan jasa. Jikalau masuk tol. Biaya tol di tanggu customer. Bisa membayar langsung ke driver. Atau di ambil dari saldo gopay kita. Tergantung pembicaraan cs dan driver tersebut.

          • Dibaca lagi yg detail..customer tidak lewat jalan tol dan tidak parkir cm oerlu dicek lagi apakah gopaynya memang terpoting segitu atau hanya kesalahan sistem

          • Kalau dilihat rutenya pasti lewat tol Depok 9000 Jagorawi 7000. Dan 16000 JORR total 32000. Kalo nggak lewat tol keterlaluan konsumennya.

          • si jumin sama begonya kaya si dimas di surat pembaca fitur kontrol pulsa xl tidak berfungsi lg. jahahahah

        • Coba om via Email, DM Twitter atau DM Instagram untuk keluhan tersebut dan jangan lupa lampirkan bukti ScreenShot nya.
          Terkadang untuk komplain via Aplikasi suka jarang dibaca.
          Soalnya pengalaman saya jika ada keluhan langsung via Email, DM Twitter atau DM Instagram cepat.
          Semoga membantu.

      • Saya pernah mengalami Hal spt ini, bayar pakai gopay, bayar tol pake e-toll sendiri, tapi pas order berikutnya diminta bayar e-toll order sebelumnya. Karena terpaksa jadi bayar juga. Entah siapa yang Salah??? Gojek atau driver.

        • Yang salah bukan driver bukan gojek
          Tapi tukang rujak...
          Udah tau akuarium malah di isi buah.... ???????

      • Bang .. Harga itu otomatis dari aplikasinya.
        Saya sdh cek ke beberapa driver taksi online dan ojek online blm pernah dengar itu driver bisa setting harga sendiri.
        Sori kalau salah.

          • Memang bisa mas driver kyak gitu , kedepannya kalo sdh tiba ditujuan tunggu dia selesaikan ordernya jika pembayaran via gopay, sambil mas lihat dia menyelesaikan ordernya jgn lgsg turun. Itu oknum, jika memang benar mas nya bukan dr jln tol ataupun kena parkir. Pastikan dl si driver itu tdk memasukkan biaya lainnya. Nah, itu kan selesai perjalanan, dalam hitungan menit setelah order diselesaikan via cht ke driver masih bisa, sampaikan sama driver tsb jgn melakukan kecurangan atau mau kehilangan pekerjaan.
            Yg perlu diperhatikan penumpang.
            1. Waktu mengorder perhatikan chat nya jgn lgsg biarkan
            2. Perhatikan mapsnya kendraan berada diposisi mana dan bergerak kemana, kebanyakan penumpang waktu mengorder tidak diperhatikan itu chat dan posisi kendraan berjalan arah kemana.
            3. sesuaikan wajah pengemudi dengan akun (kemungkinan akun dipinjamkan atau disewa)
            4. Zoom posisi pin jemput dan antar apakah sudah sesuai. Mapsnya gojek bisa di zoom kok.

            Lakukan spt yg saya bilang mudah2an mas nya g kena tipu sama oknum driver nakal. Anggaplah yg sebelumnya itu sedekah. Tks

            3.

        • Customernya aja yg kurang cerdas ..masa iya tarip tol sama parkir driver yg bayar , lah abis ongkos 68,000 di potong 32 ,000 .emang bensin di isi pake air....kan tahu klu lewat tol bayar ...dimna ," jg tol dan parkir customer yg bayar....terlalu !!!!!!

      • Mas Akbar, maaf saya supir gocar.
        Apakah kerugian mas Akbar bisa saya tanggung yg sebesar Rp.35.000,-
        Klu bersedia bisa kirim no.rek dan KTP (tutup yg tidak diperlukan dan membahayakan)
        Saya langsung transfer
        Wa 0812833906**
        Sekali lagi mohon maaf atas kelancangan ini
        Terimakasih

      • Maaf mas....
        Klw mas ngak mau byr tol nya....
        Mas pake jasa go ride nya aja atau Maxim bike mas,,,murah lagi mas,
        JD mas ngak kena cas tool dan parkir....
        Saya jga driver mas....
        Meskipun saya bukan gocar ,tp asal mas tau, biaya yg tercantum di aplikasi tidak termasuk biaya tol,,,,coba mas hitung ongkos mas....trus hitung seandainya driver yg tanggung biaya tol... cocok mas rasa dg ongkos mas yg tercantum di aplikasi.....
        Belum lgi minyak.....
        Intinya mas Laen kali pesan go ride aja....atau maxxim bike lebih murah mas.?????????????

        • Masnya driver ? Lebih baik cari konsumen aja mas daripada komen tapi ga baca apa masalahnya.

        • hahaha kocak, niat ngeledek/menyindir ..
          eh ternyata situ gak bisa baca ngohahaha
          ini ibu budi ini bapak budi ini kaka budi,
          tuh balik ke pelajaran anak TK aja

      • Saya juga pengguna Gocar dan Goride,selepas membaca artikel keberatan Bapak....saya jadi berterima kasih karena secara gak langsung mendapatkan informasi....Jadinya saya juga akan sangat berhati-hati

    • terlepas masuk Toll atau nggk, klo Menurut saya tarif toll nya ke mahalan dari bekasi Ke jaksel hbis nya 23 rb .. itu pun masuk 2 kali toll .. dr bekasi 7 rb. terus yang kedua toll Jorr (yang mahalnya) 16.000

      • Sebagai pengguna jasa Gojek maupun Grab haruslah tau apabila ada masuk tol maka biaya tol dibebankan ke konsumen dan juga biaya 5000 adalah biaya parkir masuk ke bandara. Parkir atau tidak tetap bayar waktu keluar bandara. Biaya ini dibebankan ke konsumen. Sangatlah kejam apabila ketidak tahu an konsumen ini sampai driver kehilangan pekerjaan. Baca baik baik kembali aturan apa saja yg merupakan kewajiban konsumen.

    • +622150849022 Nomer CS pusat. Sampaikan keluhan yang dialami dan sebutkan nomer orderan. Selama saya pakai gojek 6 tahun. Kalau ada komplain lewat telpn lebih cepat respon. Dulu pernah kena driver fiktif gopay ilang 200rb. 24 jam gopay kembali.

      • Noted, terima kasih. Harusnya dgn perkembangan zaman seperti sekarang ini tidak ada pembedaan claim via aplikasi, telf, atau email ya. Semoga gojek berbenah deh dgn kebijakan CS nya.

      • Bisa diduga permainan Oknum baik itu driver atau dari Manajemen Error Sistem GO-JEK.. Tetapi yang saya jengkelkan klo ini terjadi berkali2 sangat wajar di komplain.. Kalau ini baru pertama kali.. Saya bisa katakan Hello Mas Akbar kok ribet amat hidupmu anggap aja sampean bersedekah.. klo memang terlanjur komplain ya knapa ngak lewat tlpon Call Center klo terbukti lebih cepat di respon.. Takut karna kalau lewat tlpon Call center bayar pulsa??? saya lihat kamu terlalu perhitungan hidupmu.. Emang jengkelin klo terjadi padahal tidak pernah terjadi sblomnya... Tapi klo berkali2 memang sudah kelewatan kurang ajarnya, tapi klo utk pertama kali apa Pintu Maaf dari sampean ngak ada,, Ikhlas Mas Akbar

    • Ikut bersuara sebagai driver gocar
      Klo saya baca cerita dari customer udah pasti ini fix kesalahan pada driver nya
      Dan sebagai driver gocar ketika tiba di tujuan untuk biaya tol dan parkir selalu saya tanyakan mau cash atau di tambah langsung di aplikasi
      Bila ada penambahan tanpa se ijin customer berarti driver nya niat ga baik
      Kasian driver lain yg bekerja dgn jujur dan baik
      Terima kasih

      • Betul mas heksa, saya jg biasanya seperti itu. Conditionally, kmrn saya bilang ke driver 'Mas, mau lewat bawah atau toll ?'
        Beliau jawab sambil menunjukkan maps pd HPnya 'Lewat tol merah semua, malah lebih lama nanti'
        Saya bilang 'Yasudah bebas saja ya mau bawa atau toll'
        Kurang lebihnya seperti itu, dan kami pun tidak tertidur selama perjalanan sehingga kami tau dan riwayat perjalanan jg terdeteksi itu tanpa toll. Semoga saja ini hanya oknum. Terima kasih atensinya.

        • Maaf mas Akbar....menurut saya mas Akbar tidak salah dan si drivernya juga tidak benar dan tidak salah. Mungkin Hannya kurang komunikasi saja dari driver nya. Karena tidak membicarakan tambahan biaya masuk tol kepada mas Akbar selaku cs. Karena biaya tol biasanya di tanggung oleh cs. Pembayarannya bisa tunai atau di tambah langsung lewat aplikasi biaya pemesanannya. Salam damai ya mas akbar

    • ini jelas kesalahan Driver. Untuk terkait biaya Tol & Parkir seharusnya konfirmasi terlebih dahulu saat Customers ingin turun / sampai tujuan.
      Untuk PT. Gojek seharusnya bisa untuk lebih bertanggungjawab lagi terkait refund & tidak hanya sanksi yang akan diterima oleh Driver terkait saja.

    • Sori saran saya sebaik nya pembayaran dlakukan dengan tunai saja... Supaya tidak ada salah paham.. Driver tidak tau ongkos yg ditarik aplikator ke cs dan cs tidak tau yg di dapat driver . Dlm hal ini sulit siapa yg slah karna tidak ad bukti yg kuat. Pengakuan Cs tidak lewat tol dan parkir .... Harus aplikator yg bisa menyelesaikan kasus ni.... Maaf mksud saya untuk tidak saling mnyalahkn dngan pendapat sepihak... Terima kasih

  • Sepengathuan saya sebagai pengguna apk cs gojek, kalau lewat tol & ada biaya parkir memang itu penumpang yg bayar, masa driver nya yg bayar... Apakah anda sudah membayarkan ongkos biaya tol nd parkir secara cash ke driver nya?

    • Jika kk pakai gocar atau grabcar. Wtk driver jemput kk di lobby yg ada parking tiketnya biasanya pengguna yg bayar dan wtk mengantar kk ke tempat tujuan hrs lewat tol itupun kk hrs membayarnya. Ongkir yg kk bayarkan itu biasanya harga ongkos km perjalanan kk

    • Itu gada masuk tol katanya, aku juga pernah kaya gni, dipeta gojeknya tidak masuk tol, tpi sidriver malah lewat tol padahal g begitu jauh, aku bayar cash tolny sebesar 5000 perak, tpi setelah 3 hari masuk tagihan gojeknya trnyata ditagihkan 5000 perak ke akun gojek saya alhasil minus, 5000 perak emg kecil dibanding ongkos gocarnya, tapi emang saya tak sanggup membayarnya, bahkan ongkos gocar pun saya dibayarin sama kakak saya. Sudah lapor kegojek karna cuma nominal kecil mungkin kurang dihargai sama mereka. Jelas ini fraud, si driver juga tau km tanpa tol cuma beda dikit aja kmnya, malah lebih jauh dengan tol. Tpi disitu sidriver bisa cuan 5000, oknum driver miskin kasian sekali,

      • Betul mas Ahmad, saya jg pernah double bayar parkir. Sdh saya kasih cash eh dia input juga di aplikasi. Apesnya saldo saya jg banyak saat itu jd langsung terpotong. Dan kalau mslh sebatas parking fee saya ga mslh, paling 5-10rb fine2 aja saya anggap tip. Namun di transaksi yg diatas, jasa vs fraud almost 50%, itu yg blm bisa saya terima. Maksud saya, aplikator harusnya menutup fitur input langsung oleh driver, perlu dikoreksi kebijakannya. Sekalipun driver bisa input tol+parkir harusnya ada step untuk konfirmasi dulu di customer sehingga hal-hal semacam ini tidak terjadi. Terima kasih mas.

        • Kedepannya tunggu driver menyelesaikan ordernya mas dan lihat sendiri setelah itu baru turun dari mobil, ok

      • Lucu ente bos, Ngatain driver miskin tapi keluar goceng aja ogah ogahan, sini ane jelasin, biaya tol itu bukan keuntungan, yang bilang untung siapa? Driver yang yang top up pake uang dia sendiri alias modal, dari modal tol tersebut ga bisa balik melebihi modal alias sama saja isi 50rb ya totalan akhir narik ya tetep 50rb modal tol, untungnya di mana? Naik tol itu untuk mempermudah perjalanan, ente jangan samain pendapat ente ama driver, pendapat ente rute deket lewat jalan biasa belum tentu sama seperti apa yang dipikirkan driver, buat driver waktu itu sangat berharga, kalo lewat jalan biasa yang padat macet bisa buang buang waktu apa salahnya lewat tol yang cepat.

        • Ente lebih lucu bos, sudah ku bilang aku g sanggup bayar ongkos gocar, itu emang dibayarkan kakak ku. Walaupun aaku miskin aku sanggup bayar tol 5000 cash, yg dipermasalahkan kenapa ditagihkan 5000 gopay lagi keakun ku, dan jelas aku sudah bilang diapplikasi tripnya tidak ada lewat tol, dan dengan naik tol malah lebih jauh sediikit, jelas itu ulah oknum driver miskin nakal. Miskin ga masalah, nyusahin orang dengan kegoblokan yg jadi masalah bos baca aja ga benar ente sok komen

          • Mngt Gojek tuh kalau dr pihak konsumen pasti di respon dgn cepat..!, tp kalau driver minta di respon pasti yg ada di Taspen, ayo kpd para driver pindah aja ke aplikasi yg lain toh sekarang udah makin banyak yg baru bermunculan aplikasi baru yg bisa menerima kalian yg merasa di sakiti oleh mngt Gojek, gitu aja ko repot sich..!

          • Saya juga mengalami kejadian yang sama di hari jumat tanggal 8 maret 2024.
            Saya kaget ketika melihat saldo saya tiba tiba terpotong lebih. Perjalanan saya menuju ke RS Pelni dari rumah. Memang biasanya saya siapkan uang cash lebih untuk bayar fee parkir dan tips. Jadi begitu sopir gocar saya meminta dananya, saya langsung memberikan karena memang sudah ada persiapan sebelum sampai ke tujuan. Tapi fee parkir yang saya siapkan itu dicharge lagi di applikasi dengan nama fee tol. Saya baru ngeh pas cek bill ulang. Saya naik mobil daihatsu sigra, dengan no polisi B 1547 HOD. Bukan masalah nominalnya sih, tetapi tidak ada info lisan ataupun pemberitahuan di awal dulu. Jadi seperti fraud.

        • Kenapa manusia yg g bisa membaca, malah diloloskan komen kayak si mickey mouse ini? Komen bisa, baca aja ga lolos.

        • Mas anda ini bodoh atau *****? Atau tidak bisa membaca karna buta? Kan sudah dijelaskan tidak masuk tol (Ngapain bayar tarif tol??? Kan tidak masuk ke tol???) dan juga mas nya diturunkan di pinggir jalan, Coba kalau masih hidup, anda bisa belajar membaca dulu

        • Lihat juga jarak tempuhnya apakah bertambah jika lewat tol, kalo bertambah ya ongkos pun nambah juga dong. Karena tarif gojek pun itu perkilometer bukan mau suka2 lewat jalan mana, banyak jalan menuju tempat yg sama, tetapi ikuti rute apk dan anda sebagai penumpang jgn mengatur SOP apk, jika keberatan pakai kendraan sendiri atau pakai supir pribadi biar bisa sukanya ngatur jalan mau darimana lewatnya. Ingat.....!!! Penambahan jarak, ongkos pun nambah.

          • Bang, ini saya bilang aja ya, lokasi saya dari tembung sumatera utaara, nah tujuan saya itu pusat kota medan, ngapain masuk tol bandar selamat tembung, turun di tol helvetia, coba lihat kmnya itu malah jauhan dengan tol, bandingkan dengan melalui jalan kota yang direkomendasikan gojek itu lebih hemat. Jelas drivernya inisiatif sendiri yang nambah kmnya, klo soal kemacetan kondisi normal kok. Dan setau saya gojek itu menyesuaikan harga dengan kemacetan, oh y btw klo emang driver minta tambah ongkos jalan karna inisiatifny untuk masuk tol, ya di bilang bukan dengan ngerampok gopay customer. Klo emang gak mw ngantar udah turunkan aja aku ditengah jalan trus kluar aja dari mitra gojek. Coba ko cekkan peta kota medan kau lihat sendiri yaa

    • Itu kan dia sudah jelaskan gak lewat tol dan gak berhenti di tempat ada ada bayar parkirnya.
      Jadi ngapain harus bayar toll dan parkir?

    • Alangkah baiknya belajar membaca sebelum berkomentar. Saya bukan user kemarin sore kok. Driver menjemput ke tempat kami tanpa toll karena dekat dan mengantarkan kami juga tanpa toll dan parkir. Oleh karena itu saya komplain dan tantang gojek untuk cek riwayat perjalanan pada record mereka.

    • Di atas sudah dijelaskan, tidak lewat tol dan tidak masuk area parkir karena didrop di pinggir jalan

  • La situ merasa lewat tol tidak..
    Kalau lewat tol ya bener biaya tol ikut CS bukan ikut Driver.
    Kalau gak lewat tol berarti drivernya yang nakal.
    Tinggal kasih bintang 1 komentar driver gini2 pasti di PM itu driver

    • Apakah anda mengecek rincian transaksi/biaya sebelum melakukan submit pembayaran?
      Setahu saya, kalau ada biaya (tol & parkir) hanya bisa ditambahkan oleh driver sebelum dilakukan sumbit total biaya oleh dan atas persetujuan pengguna jasa. Sehingga tidak dimungkinkan driver menambahkan biaya2 lain setelah pengguna melakukan submit pembayaran.
      Minggu lalu saya juga menggunakan jasa taksi online menuju bandara (tanpa tol), sesaat sebelum saya turun, driver menambahkan biaya parkir masuk bandara dengan nominal yang dia ketik atas sepengetahuan saya dan saat submit pembarayan dan memberikan rating + tip, saya cek dulu rincian biaya2nya apakah sesuai.

      • Driver itu diberikan kewenangan oleh aplikator untuk melakukan input biaya toll dan parkir. Harusnya mereka lakukan itu dengan seizin customer. Hal ini bertolak dgn yg saya alami diatas, driver input biaya-biaya tersebut tanpa izin dari saya. Apesnya saldo saya ada 400.000an jadilah langsung kena potong, andai pas-pas an saldo saya dgn jasanya otomatis driver tdk bs melakukan hal tsb.

        • Maksud mbanya itu, sebelum turun dari mobil check dulu si driver dalam menyelesaikan ordernya/menutup ordernya. Jgn lgsg turun gitu aja, masalahnya disitu mas nya tdk memperhatikan driver saat menyesaikan order/menutup order. Gitu loh

    • Seenak jidatmu aja mau ngasih orang bintang satu agar akun drivernya anyep, ngerusak piring makan orang perkara tak seberapa. Cukup kasih bintang lima trus masukkan teksnya agar drivernya berniat mengembalikan saldo yg dia curi.
      Emang sampean mau piring makannya dirusak orang, haaaa.

      Sejengkel2 nya kita sama driver online g usah ngasih bintang itu lebih baik daripada ngasih bintang 1-4. Itu sama saja mendzolimi orang lain dalam waktu berkepanjangan. TUHAN aja maha pemaaf, masa lu kagak. Sedangkan lu makhluk paling lemah

      • Ente supir gocar gak paham apa gunanya sistem rating itu ya? Merasa dizholimi tpi ngezholimi orang gak pake mikir, kerja itu amanah bukan nipu. Kesalahan kok dibenarkan. Bawa2 tuhan tpi kerja nipu orang

      • Klo dosa sesama manusia Tuhan tidak memaafkan klo pelaku belum minta maaf ke korban dan memberikan ganti rugi. Tapi klo korban memaafkan dan mengikhlaskan itu lebih baik

  • Saya sendiri pernah mengalami hal yang serupa di Grab. Saya langsung melaporkan hal itu ke pihak aplikasinya. Setelah lapor, saya tidak dihubungi Grab sama sekali, tapi uang saya langsung kembali walaupun membutuhkan waktu yang cukup lama.

    • Nah betul mas, saya beberapa kali dikerjain driver jahil di Grab dulu, namun fast respond oleh CS Grab. Mungkin beda tradisi budaya kerja kali ya perusahaan indo dan asing. Apalagi Nadiem sdh jadi Menteri jd Gojek selalu merasa diatas angin.

    • Iya mas betul, memang sangat betul. Fix itu kekurang telitian mas nya terhadap sistem apk. Kebanyak penumpang begitu sampe tujuan lgsg capcus turun dr mobil bukan melihat driver menyelesaikan ordernya, itulah perlu ketelitian dan hati2. Jadikan pelajaran, kasih aja bintang 5 tapi sisipkan teks agar driver agar si driver b rniqt

  • Baca yg seksama sebelum koment, sudah dibilang tidak lewat tol dan parkir hehehe...
    Saya juga pernah ngalamin...

    • biasa netizen baca setengah setengah. dulu jg ada netizen yg ngeselin, namanya dimas, dia adu argumen, tp baca tulisannya setengah setengah. lol banget tuh netizen.

  • Baca Komen2 di sini. Jelas banget masalah rendahnya budaya membaca kita.

    Jelas jelas TOL DAN PARKIR TIDAK ADA. Malah si user minta Gojek cek jalurnya. Tetepp aja yang komen pada nanyain ini.

    Geblekk.

    • Nah itulah mas, saya pikir hanya di sosmed aja ternyata di kelas Media Konsumen pun literasinya minim. Agak aneh memang, di awal saya user yg sudah cukup lama, dan kalau memang saya yg salah untuk apa juga saya bela-belain berkali-kali complain dan naikkan redaksional ke MediaKonsumen.com. Terima kasih mas.

    • biasa netizen baca setengah setengah. dulu jg ada netizen yg ngeselin, namanya dimas, dia adu argumen, tp si dimas baca tulisan setengah setengah. lol banget tuh netizen. dimas *****, keluar kau, kenapa kau gak komen lg, malu, yah?

    • Harusnya sih lewat tol karena dari daerah sekitaran SMAN 11 Depok ke PO Gunung Harta jaraknya sekitar 25 km dengan waktu 30-45 menit kalo lewat tol. Kalo nggak lewat tol bisa 1 sampai 1.5 jam. tolnya 3x tol Depok 9000. Tol Jagorawi 7000 dan JORR 16000. Total 32000
      Kalau masnya bilang nggak lewat tol. Ya bisa di bilang TERLALU....

    • biasa netizen baca setengah setengah. dulu jg ada netizen yg ngeselin, namanya dimas, dia adu argumen, tp si dimas baca tulisan setengah setengah. lol banget tuh netizen. dimas bego, keluar kau, kenapa kau gak komen lg, malu, yah?

    • Sepertinya begitu, ada diatas yg sdh komen sepertinya drivernya. Karena namanya berbeda dgn nama driver yg saya gunakan.

  • Telpon aja CS, kalo via email atau fitur bantuan ya gitu. Kayaknya emang sistem mereka belum maksimal kalo via email atau bantuan aplikasi. Saya punya case udah selesai tapi di aplikasi case nya masih open.