Surat Pembaca

J&T Tidak Mau Ganti Rugi atas Hilangnya Paket dan Shopee Memberikan Kompensasi Tidak Sesuai dengan Nilai Barang Saya yang Hilang

J&T tidak mau ganti rugi atas hilangnya paket & Shopee memberikan kompensasi tidak sesuai dengan barang saya yang hilang

J&T tidak mau ganti rugi atas hilangnya paket & Shopee memberikan kompensasi tidak sesuai dengan barang saya yang hilang. Saya penjual di Shopee, baru kali ini kecewa dengan Shopee & pihak J&T. Pada tanggal 3 Oktober 2022 barang saya kirimkan ke pembeli hilang di J&T. Saya kirim paket UBS logam mulia ada 3 paket yang ditolak pembeli. 1 paket berisikan 3pcs UBS seharga 2.880.000.

Jadi 3 paket berisi 9pcs ini hilang saya merasa dirugikan senilai 8.640.000 nomor order & resi 221002B5A9DHRQ (JP8948206580), 221002B30XC6C3 (JP1966601623) & 221002B2RUWT1J (JP6898008223).

Pada tanggal 10 Oktober saya baru tahu liat status ditolak pembeli saya tanya ke J&T, katanya paket belum ada di gerai. Pas saya komplain barulah J&T chat wa saya pada tanggal 13 Oktober 2022 katanya sudah sampai di gerai.

Pas besoknya saya mau ambil saya dichat lagi oleh J&T katanya barang hilang suruh lapor ke Shopee. Sedangkan saya sudah lapor ke Shopee minta J&T buat surat pernyataan hilang tetapi alasan J&T katanya tidak bisa harus nunggu Shopee. Saya merasa kok dioper-oper gini padahal hak saya itu.

Aneh banget ada orang mesan gojek mengatasnamakan saya & dikasih lah paketnya langsung ke gojek tanpa minta foto KTP, sedangkan gerai J&T lain kalau ambil paket return itu dimintain foto KTP & tidak boleh diambil oleh ojol karena menghindari paket hilang bukan. Kok bisa ceroboh gitu?

Uang segitu berarti banget buat saya untuk menghidupi anak saya sendiri buat beli susu & pempers, karna ditinggal suami. Seharusnya saya berhak mendapatkan kompensasi senilai barang saya yang hilang yaitu 8.640.000 saya kan gak mau barang saya hilang.

Saya tunggu konfirmasi dari Shopee untuk menyelesaikan dana saya dan supaya tidak ada lagi kejadian yang serupa.

Sekian, terima kasih.

Selvi
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Itu 3 paket kayaknya penerimanya sama semua. Kalau dilihat dari inisial dan akhiran nmr HP.
    Ketiganya dg pesanan yg sama. Lalu ditolak (entah dg alasan apa). Aneh sih....

    Apa mungkin Buyernya memang pemain.
    Dengan skenario sengaja pesan barang COD, lalu tolak. Lalu pantau barang returan, dan ambil pesanan dg ojol mengatasnamakan Seller. Bisa juga ada main dg gerai ekspedisinya, karena bisa dg mudah mengambil barang dan tahu nama pengirim dan status barangnya ada dmn....

    Aneh kan....

    • Sependapat bang,,
      Tp kalo buyernya yg pemain,pihak xpdc nggak,,maka disitu kesalahan xpdc karena menyerahkan brg tdk sesuai prosedur,,
      Kalo di jne biasanya dimintain ktp pengambil brg nya utk di photo,

      • Ya, maka dari itu, perlu dicurigai juga ekspedisinya. Antara teledor atau juga sekongkol. Karena J&T didaerah saya dibuat / ditempel tulisan, "Pengembalian Barang dilarang/tidak boleh dg menggunakan Ojol. Dan pengambilan langsung wajib memperlihatkan KTP yang sesuai".

    • Iya ka kyaknya sih ini buyer nakal tapi dari shopee tidak mau di usut tuh buyer.. pdhal jelas2 tuh buyer order smpe nolak 6paket hrusny kan di usut biar penjual lain tidak kena..

  • Udah, gak usah jualan yg mahal2 di Shopee.. Kasian bener kalo ilang.. Sering baca bnyk yg hilang.. Aduh

  • Walah aku baru aja ngalami jg. Beli di tokopedia dikirim pake jasa J&T. Barangnya entah kemana gak jelas. Akhirnya tokopedia yg menyelidiki ke j&t sendiri n uangku direfund. Untung aja belinya gak seberapa jd prosesnya cepet...

  • Kalau jualan barang mahal jangan jualan di shopee karema tidak ada asuransinya. Jadi kalau hilang ya diganti maks 10x ongkir.

    Bisa asuransikan sendiri ato jualan d toko ijo yang ada opsi asuransi.

    Bisa baca syarat dan ketentuan shopee ya sebelom jualan di sana biar jelas.

  • Sampe bosen baca kasus yang kayak begini, shopee emang cuma mau ganti 10x ongkir.. makanya jualan di shopee yg remeh temeh aja.. sehari ada 2-3x tulisan kayak gini.. maaf bukan tidak bersimpati.. tp sangking seringnya baca masalah yang kayak begini.. in the end gw doain semoga cepet beres dan diberi solusi terbaik ya

    • Haduhh iyahh soalny ga pernah kek bgini baru aja ngalamin kek gini boss, amin dh terimakasih moga sehat slalu n diberkati ?

  • Saya liat kata kuncinya itu di COD, saya penjual online juga.
    Hampir semua pesanan yg COD itu ga nyampe, itu karena seringnya pembeli menolak bayar. Nanti kurir akan beralasan alamat tidak lengkap atau no tidak bisa dihubungi.
    Selanjutnya adalah sistem berjualan di shopee..disini yg menentukan transaksi gagal adalah kurir. Ketika kurir menyatakan paket gagal kirim, transaksi pun langsung gagal padahal barang beluk dikembalikan ke penjual. Di tokopedia tidak seperti itu, paket gagal kirim dikembalikan dlu baru transaksi dinyatakan gagal.
    Shopee tidak punya fitur komplain sebagai penengah, makanya akan ribet.
    Saya sering kok ngalamin itu, memang caranya mengadukan ke shopee dengan menunjukkan screenshoot chat dari pihak J&t yg menyatakan paket hilang. Atau pihak J&T yg mengganti paket yg hilang tersebut. Caranya dengan mengadukan persoalan ini ke petinggi J&T tersebut. Karena memang itu kelalaian dari kurir.

    • Nah iya itu ka aneh banget aplikasi Oren ini brang belom kembali malah dinyatakan gagal .hrusny aplikasi yg bagaimana otomatis aktif cod hrusny brang yg ditolak yh kurir langsung kembalikan lah ke penjual..klo tidak bgitu kn Jd rawan hilang. Entah ad tangan yg jail lah kn gtw y. smoga lancar jualannya ka??

  • shopee harusnya menambahkan fitur asuransi. saya tahu sih asuransi bisa wanprestasi, tp kalau nanti wanprestasi konsumen kan bisa protes.