Kecewa Kepada Merchant Akulaku dan CS Akulaku

Terima kasih buat Media Konsumen. Perkenalkan saya Tumono, pengguna Akulaku sejak 2017. Di media konsumen ini saya mau mencurahkan kekecewaan saya kepada merchant Akulaku dan juga CS Akulaku yang tidak bisa membantu masalah penggunanya.

Pada tanggal 12 Oktober saya pesan hp di sebuah merchant Akulaku namanya Berl***. Hp yang saya pesan Samsung A02s, di situ tertulis garansi resmi 1 tahun jadi saya percaya bahwa barang yang saya beli itu ori. Tidak tahunya itu ex display.

Saya pesan hp tanggal 12 dan saya terima tanggal 14. Tapi yang pertama datang bukan hp yang saya pesan ya itu Samsung A02s warna hitam melainkan Samsung A03s warna biru. Saya sempat komplain, katanya stok A02s kosong. Saya bisa maklumi ok gak apa-apa saya terima yang penting barang normal. Tapi di luar dugaan saya, ternyata hp itu rusak tidak bisa diisi daya.

Saya komplain ke toko dan saya sempat ajukan refund tapi admin toko menyarankan jangan di-refund, pihak toko mau ganti dengan unit yang baru. Akhirnya saya menuruti usulan itu dan diganti unit baru yang dikirim pada tanggal 21 di bulan yang sama. Barang yang saya terima akhirnya datang Samsung A02s sesuai permintaan saya. Saya sudah merasa senang karena unit diganti yang sesuai saya buka dan saya cas bisa hp normal.

Tapi selang beberapa hari saya pakai hp layar ngeblur, berubah layarnya hitam kadang jadi kadang tidak. Akhirnya saya komplain ke admin toko menanyakan kenapa barang yang saya terima baru beberapa hari sudah rusak padahal belum sebulan saya pakai baru sekitar 10 hari. Dan saya minta pergantian unit atau saya pulangin. Tapi pihak toko menolak dengan dalih garasi cuma 1 minggu, padahal di iklan garasi resmi 1 tahun.

Akhirnya saya telepon cs Akulaku dengan harapan bisa membantu permasalahan saya ternyata cs lepas tangan. CS Akulaku mau memproses setelah barang diterima 5 hari, setelah itu jadi tanggung jawab toko. Sementara toko juga tidak mau menolak pengembalian dan ganti unit baru.

Yang bikin kecewa saya pada Akulaku adalah, kenapa Akulaku lepas tangan ketika pengguna merasa dirugikan karena toko tak jujur? Barang yang dijual ternyata bukan barang baru. Sekarang saya harus nanggung cicilan hp yang tidak bisa saya pakai karena rusak. Padahal saya sudah mengajukan dan memohon kepada CS Akulaku agar barang ini bisa saya kembalikan ke toko dan angsuran dihilangkan dari daftar angsuran.

Saya pun tidak mengharap limit saya kembali yang penting barang yang saya terima saya kepemilikan ke toko dan dihilangkan dari daftar angsuran tiap bulan. Saya harap Akulaku bisa lebih peka terhadap konsumennya bila konsumen dirugikan begini.

Melalui media konsumen ini saya berharap bisa membantu apa yang saya alami. Terima kasih buat media konsumen sudah diberikan ruang untuk saya.

Tumono
Jakarta Barat


Update (4 November 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Akulaku sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

29 komentar untuk “Kecewa Kepada Merchant Akulaku dan CS Akulaku

  • 1 November 2022 - (20:24 WIB)
    Permalink

    Resiko beli di online…apa lagi handphone banyak barang bekas di jadiin barang baru di kasih dus cas dll biar kelihatannya baru dari luar tapi dalamanya sudah ancur…buat pembelajaran bersama jangan sampai beli handphone di online meskipun murah harganya…karna klo lagi apes 1 minggu di pakai barang rusak dan penjual lepas tangan karna dana sudah mereka terima…

    12
    5
    • 3 November 2022 - (14:30 WIB)
      Permalink

      Itu trik dagang bro…… Barang bekas dikasih embel-embel kelengkapan nya supaya bisa dijual mahal TETAPI tetap aja seller ngga akan berani bilang/tulis bahwa barang yang dia jual itu brand new/baru, pasti di lapaknya akan dia tulis refurbished/secondhand atau eks display ?

      Jadi kesimpulannya se-smart smart nya hape tetap manusia nya yang harus lebih smart.

  • 1 November 2022 - (21:32 WIB)
    Permalink

    Ya betul..harus lebih hat ihati kl sdh begini sdh tidk mau ada yg pedulu ky pihk al jg lepas tngn

    • 2 November 2022 - (12:24 WIB)
      Permalink

      Garansi nya itu ke servis center nya samsung .bukan ke tokonya lagi ..ada juga sih toko yg masih mau nguruusin kyk gtu .cuman jaraang ..

      • 2 November 2022 - (12:49 WIB)
        Permalink

        Sy sdh bawa tidk dpt garasi sy harus bayar 600k alasanya karna belinya tidak samsung asli

        • 3 November 2022 - (13:37 WIB)
          Permalink

          Sama kayak pengalaman saya Oppo A31 baru seminggu layar blur, ditelp gak ada suara..
          Nagihnya getol tanggung jawab gak ada…

    • 2 November 2022 - (11:19 WIB)
      Permalink

      jika masih ingin belanja lagi di toko online, siap siap kan ajah mental kena tipu, namanya juga online, kalau gak kuat uang dan mental jauhin yg namanya online

  • 2 November 2022 - (08:49 WIB)
    Permalink

    Parah, kan pdhl sudah bnyak kasus penipuan di Akulaku yang msuk ke Media Konsumen, entah barang palsu, barang rusak, atau paket tidak dikirim ke pelanggan. Kok masih ada aja ya yang belanja di AKULAKU ? ? kalo sudah begini baru up ke media konsumen, sebelumnya kemana aja, apa gak pernah baca kasus kasus serupa yang hadir di media konsumen sebelumnya?

    9
    1
    • 3 November 2022 - (14:25 WIB)
      Permalink

      Seller nakal itu ada dimana-mana, tidak hanya di akulaku aja bro…….

      Lagian beli hape kenapa ngga teliti, kenapa ngga di official store aja? Kalo beli hape second yah mending COD atau cari di lapak lain yang trusted seller dan bayar pake akulaku, kan aman…..

  • 2 November 2022 - (08:56 WIB)
    Permalink

    Ya gini sy blnja di aku laku udah sering dan baru kli ini menglmi mslh.guma yg bikn kcewa akulaku cenderung memihak ke toko dari pda komsimen yg di rugikan

  • 2 November 2022 - (11:43 WIB)
    Permalink

    Akulaku akan cenderung memihak seller (terutama merchant di marketplace miliknya) jika anda (TS) membeli MENGGUNAKAN CICILAN Akulaku. Mereka mengulur waktu sampai jatuh tempo tagihan pertama, dan celah ini dimanfaatkan seller 6471n94n untuk melakukan tipu-tipu barang dan menciptakan situasi dimana anda terjebak tukar barang ditolak namun tetap harus bayar cicilan.

    • 2 November 2022 - (13:52 WIB)
      Permalink

      Ya resiko selalu ada mau online mau offline cuma klo online EMG susah ngurusin nya..klo beli langsung kn tinggal balik lagi ke tokonya..kemarin juga sya gitu..beli Poco X3 GT di merchant GOOD GAME… casan ORI nya kn 67w cuma di kasih yg 33w sma gk ada kabel adapter nya..ngadu ke akulaku yaa gitu seperti yg pada tau…

      • 3 November 2022 - (14:14 WIB)
        Permalink

        Good game itu bukan official store, lagian hape yng dibeli mungkin secondhand jadi yah ngga heranlah kalo dikasih yang ngga sesuai standart pabrikan……..

        Coba sekali-kali beli hape nya di official store yang ada di akulaku, pengen liat saya berani ngga itu seller ngasih barang ngga sesuai deskripsi? ?

    • 3 November 2022 - (14:22 WIB)
      Permalink

      Kalo pelayanan mungkin iya akulaku sangat kurang tapi kalo soal bebas bunga dan promo-promo lainnya akulaku termasuk baik dan ngga gimmick.

      Dulu saya dikasih notifikasi oleh Samsung official store dari akulaku bahwa ada promo bebas bunga untuk pembelian produk Samsung Galaxy A71 dan itu beneran, harga 5,2jt saya klik beli di official store Samsung yang ada di akulaku, ngga lama saya ditelpon sama sales official store nya dan tanya kalo saat itu hanya tersedia warna hitam saja, sementara saya pilih warna putih…….yah udah saya pikir bebas bunga dan bayarnya di cicil 12x ngapain juga masih ribetin soal warna, akhirnya dapat tuh hape……. Sampe lunas

      Nah ini beberapa bulan lalu, Infinix zero 5G juga kirim notifikasi promo bebas bunga (hanya berlaku 1 jam aja) harga 3,299.000,- bayarnya di cicil 12x bebas bunga ?

      Ini masih berjalan cicilannya dan hapenya masih dipake sama anak saya.

      Ingat, beli gadget itu wajib di official store, tak peduli apapun Marketplace nya pokoknya official store, aman.

  • 2 November 2022 - (22:42 WIB)
    Permalink

    Baru coba mau beli barang lewat akulaku, pas buka di crome mau liat news ter baru ketemu berita ini. jadi takut,

  • 3 November 2022 - (08:20 WIB)
    Permalink

    Sebenernya bkn resiki beli online.. tp resiko beli di AKULAKU.. Sy sering beli hp laptop parts PC dll semua OK.

    • 3 November 2022 - (08:57 WIB)
      Permalink

      Setuju, saya beli di toped, blibli dan jd.id ga oernah masalah asal belinya di official store atau toko yg sdh bnyk ulasan positif

      • 3 November 2022 - (14:09 WIB)
        Permalink

        Sama aja bro, kalo loe beli di akulaku juga ngga akan ada masalah asalkan loe belinya di official store nya.

        Setiap brand asti punya lapak resmi di Marketplace manapun.

        Banyak orang tertipu karena mereka hanya melihat harga, miskin literasi (tak mau baca deskripsi) apalagi di akulaku, harga hape pasarannya 1 juta, si seller bikin lapak klo harganya miring yaitu 799.000,- ini trik dagang agar lapaknya diserbu calon pembeli yang kebanyakan malas baca deskripsi, coba di baca lagi di lapak tersebut sellu tertulis (eks display) ?

        Kalo pembeli cenderung hanya liat harganya yang murah makanya langsung klik beli…….kelakuan penduduk +62 maunya murah, asli, baru, bagus dan awet…. Giliran dia yng jualan maunya harting ?

        Karakteristik penduduk +62 mayoritas memang begitu…….

  • 3 November 2022 - (14:02 WIB)
    Permalink

    Saya disini ngga bermaksud membela pihak manapun hanya saja kalau saya boleh saran, yng namanya beli hape di Marketplace itu kita perlu teliti sebelum klik beli, lalu teliti sebelum klik pesanan sudah diterima dan objektif dalam merespon/memberikan ulasan atas pelayanan serta produk yang kita beli, saya sudh berulang kali beli hape di akulaku dan sejauh ini lancar jaya, ngga ada masalah seh.

    Kalo saya boleh saran belilah gadget yg anda ingin kan di official store yang ada di Marketplace manapun.

    Penipu ataupun penjual nakal ada di mana-mana tidak hanya di akulaku aja, kita sebagai konsumen yang perlu smart dalam memilah dan memutuskan.

    Setahun terakhir saya beli 2 hape, Infinix zero 5G dan Vivo T1 Pro 5G, keduanya saya beli di akulaku dan hingga hari ini keduanya lancar jaya, ngga ada masalah tuh karena saya beli hape nya di official store yang ada di akulaku sana…….dan luarbiasa nya untuk hape Infinix zero 5G nya saya beli dengan cicil 12x tanpa bunga (harga cash bayarnya dicicil 12x) dan untuk Vivo T1 Pro 5G nya saya beli dengan harga Flashsale, diskon tiga ratusan ribu.

  • 3 November 2022 - (21:11 WIB)
    Permalink

    Gak semua yang kita beli di online salah dari online shop atau penjual. Terkadang kita juga harus teliti, bukan karena murah main hajar.

    Kalau memang produk ori silahkan di periksa apakah ada claim dari produknya, saya beli tws Xiaomi, rusak, karena ada garansi resmi daripada banyak cingcong langsung claim garansi

  • 8 Februari 2023 - (13:04 WIB)
    Permalink

    ada yg dari pengguna aplikasi Akulaku yang berpartisipasi dalam fitur ambil gratis sudah berhasil menyelesaikan misi-misinya, tetapi promo tersebut tidak bisa diklaim atau tidak masuk dalam riwayat bantuan

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku Indonesia?

Ada 29 komentar sampai saat ini..

Kecewa Kepada Merchant Akulaku dan CS Akulaku

oleh Yanto dibaca dalam: 2 menit
29