Surat Pembaca

Shopee Menolak Pengembalian Barang

Saya melakukan transaksi pembelian sebuah buku di Shopee pada tanggal 21 Oktober 2022, dengan nomor pesanan: 2210210BNS2WKE. Saat saya melakukan pesanan, tanpa memperhatikan secara detail, bahwa ternyata buku yang saya pesan bukan buku baru melainkan buku bekas (seller buku bekas).

Tanggal 28 Oktober 2022 pesanan saya datang dan langsung klik barang diterima. Setelah itu barang saya buka dan ternyata buku tidak bisa digunakan, karena banyak tulisan yang dicoret/blok dengan spidol, sehingga tulisan pada buku tidak bisa terbaca.

Sebenarnya saya gak keberatan menerima buku bekas, karena memang kesalahan saya tanpa melihat secara detail buku yang dijual oleh seller, asal saja buku tersebut bisa digunakan. Saya mencoba chat dengan seller, seller menyetujui pembatalan. Selanjutnya mencoba membatalkan ke Shopee, tapi ditolak dengan alasan saya sudah klik barang diterima.

Saya sangat kecewa dengan kebijakan Shopee yang menolak pembatalan meskipun seller sudah menyetujui pembatalan. Thanks.

Firman Ichsan
Makassar, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Seller berani bilang di batalkan karena dana sudah dia terima, artinya dia bilang iya cuma buat nyenengin pembeli aja, karena nggak mungkin shopee akan narik dana lagi dan barang nggak mngkin bisa di kembalikan lewat shopee

  • Bukan kesalahan di shopee nya, menu klik terima pesanan artinya pembeli setuju betul bahwa barang bener2 sdh diterima dgn baik. Bukan menjadi tanggung jawab shopee lagi, Jika memang sesuai diskusi dgn pihak seller setuju, ya diselesaikan secara manual. Diluar sistem shopee yg transaksinya sudah selesai.

  • Kalo udh begini ya diselesaikan di luar aplikasi. Sistim shopee sudah tidak bisa proses klaim anda setelah anda klik terima barang, market place manapuj akan spt itu. Anda kirim bukunya, seller kembalikan uang anda.

  • penulis 11 12 dgn yang review produk, rate 5 stars: "Barang sudah diterima, blm dicoba/blm dibuka"

    mau kesel tp yasudahlah

  • Transaksi dah selesai mana bisa diaktifin lagi, lain kali cek dulu barangnya baru klik terima

  • Begitu tombol "Diterima" ditekan, proses jual-beli dinyatakan selesai. Saya sarankan TS untuk berhubungan dengan seller di luar platform marketplace karena seller sudah bersedia untuk menukar bukunya.