Surat Pembaca

DC Pinjol yang Mengancam Akan Melakukan Penggalangan Dana

Di sini cuma mau berbagi cerita aja. Tanggal 1 November kemarin kepepet butuh dana dan tidak sengaja ketemu app Money Kilat yang katanya sudah sertifikasi OJK. Dan bodohnya saya juga gak cek dulu kebenarannya di OJK karena sanking butuhnya.

Dan setelah pengisian data dan pengajuan disetujui dan dana cair tapi ternyata dari berbagai aplikasi ilegal. Jadi misal pengajuan dana 10 juta, yang saya terima cuma 3.8 juta dengan banyaknya potongan dan itu dari berbagai aplikasi pinjaman ilegal.

Dan bukan cuma itu saja, tempo yang saya pilih 91 hari itu bisa jadi 7 hari. Dan ini belum jatuh tempo DC sudah nagih dan mengancam akan melakukan penggalangan dana.

Sudah melakukan pengaduan katanya jika mengganggu bisa mengadu ke waspadainvestasi@ojk.go.id atau cyber tapi dilempar terus. Bahkan kemarin juga melakukan pengaduan ke aduankonten yang Kominfo juga tidak ada tanggapan.

Sudah mengirimkan email juga dengan menyertakan berkas ke Polsek sekitar tapi tidak ada jawaban. Sedangkan DC makin menjadi bahkan ada aplikasi Pinjam Emas yang saya tidak melakukan peminjaman ke perusahaan mereka juga ikut-ikutan nagih dengan ancaman-ancaman yang gak enak banget didengar.

Jadi saya harus bagaimana?

Nelly
Surabaya

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Emg trik pinjol ilegal suka nyatut logo OJK. Akhirnya kdg yg kurang teliti atau riset dlu kejebak dgn tenor dan bunga yg gila. Saran saya sih kuatin mental aja kasih tau kerabat/relasi yg udh ke sadap kontaknya di mereka, semisal ga sanggup bayar. Teror akan terus ada selagi belum ada pelunasan karna semua data pas ngajuin udh di sadap dluan. Kalo ada dana pelunasan = stop teror. Klo ga ada dana gausah dibayar pun gapapa tp resikonya teror terus2an. Semoga cepet selese masalahnya.

    • Iya sudah tukar pendapat juga sama teman dengan yang pernah punya kasus yang sama dan kata polisi dan pengacara yang menangani ya sekalian aja jangan dibayar karena mereka ilegal. Tapi yang ditakutkan DC malah ke rumah dan malah bikin rame.

      • Ga usah dibayar .
        Anggap aja dpt bansos .
        Ilegal ga ada hukumnya , Akun FB, IG, WA semua diprivate .
        Terutama WA , nanti kalau ga diprivate biasanya di bikinkan group wa ambek DC nya

        • Saran terbaik adalah Tidak Usah di Bayar sama sekali Ponjol ilegal, Kuatkan mental dan Fokus kepada apa yg bisa kita lakukan spt biasanya, fokus bekerja, fokus pada keluarga.
          Jgn hiraukan teror mental dari DC Pinjol ilegal, belajar cuek dan jgn merespon Telp, WA atau SMS dari DC Pinjol ilegal.
          Telp kawan2, keluarga dan lainnya yg pernah di telp oleh DC Pinjol ilegal, bilang mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, semua ini karena kebutuhan mendesak dan akn sgera d selesaikan.
          DC Pinjol ilegal tdk akan pernah berani menurunkan DC lapangan karena merekan adalah ilegal, hanya berani sebatas teror online, (Kuatkan Mental Anda).

        • Ga bakalan datang Dc PINJOL ILEGAL banci semua....saya minta alamat kantor y...ga di kasih.....kantor y NGUMPET....Sya tantang ajak ketemuan ga berani.

          • Sy sdg mengalami hal yg sama, bbrp kontak di wa sama dc, mau nanya ke yg udah ngalamin, kira2 dc itu akan wa ke semua kontak kita atau cuma random aja???

        • ga bakal ada yg dateng itu aman .. klo terganggu sama teror w.a atau tlp ya di nonaktifin atau di hapus akun ajah w.a iegal emng gt berani nya cuman di online ajah.. ga berani dateng ajh... yg penting jgn takut jgn kebawa omongan si dc takut nya mental jadi down

      • Langsung aj ke Polda aj mbak.klo emang si DC nya ngancam mau serba data dan ancaman lainny.nnti tunjukan bukti laporny ke si DC klo mbk udh proses ke polisi.kpn hari juga ad yg dri Surabaya model kyk gtu langsung tanpa panjang lebar langsung lapor ke polsek,dan kemudian di terusin ke Polda karena ancaman udh masuk ranah pidana.
        Klo pinjaman ilegal gk usah di bayar dan mereka tidak ada DC lapangan ny

      • Aku pernah di posisi ini ka, kaka ke Polda aja lgsg, buat pelaporan nanti dpet surat, suratnya itu kaka update terus biar semua kontak tau, kalo2 misalnya galbay. Krna jelekny apk ilegal, ksp yg gak ada kaitannya itu bahkan ikut nagih.

        • Terima kasih semua atas tanggapannya, begini saya kapan hari juga sempat bayar tapi bagi mereka itu biaya perpanjangan dan tidak mengurangi pokoknya. Jadi ya saya agak berat kalo setiap bayar itu masuknya cuma ke biaya perpanjangan bukan ke pengurangan pokok.

          • Jng di byr sama sekali mbak,mbak udah rugi Krn teror mrk setiap hari bisa merusak suasan hati dan mengganggu pikiran mbaknya,rajin2 aj blokir semua no mrk JD gbsa di hub mbaknya,nanti mrk yg kesel sendiri dan akhrnya menyerah,kalau dtg dan ktmu drmh marahin aja mbak jng tkt

          • Kasusnya sama seperti saya,,pinjam di aman tunai,,awalnya iya ngancam2,,tp saya diemin terus,,WA sya baca lalu hapus,,banyak bgt ancamannya,,dari yg ngatain an**Ng,,mau sebar data,,mau Galang dana dll,,tp cuma gertak sambal aja,,saran saya diemin aja,,telp ga usah diangkat,,lama2 bosen sendiri,,

          • mau tanya kalo dear rupiah (ringan pinjam) sama abadi dana itu ilegal ga? soalnya jatuh tempo masih 3 hari aja udah di teror dan di WA semua kontak saya. kalo kontak dihapus dan foto di hapus juga itu masih bisa di WA kontaknya ga? mohon bantuannya kakak kakak

          • Mba boleh minta akun ig atau kontaknya gk? Saya juga kemaren sempat download money kilat tapi langsung saya uninstall pas saya mau install lagi gabisa karna saya mau bayar hutangnya udah di tagih sm dc di wa. Kira2 gimana ya????

          • Aku baca mba annisa tangggal 15 des
            Sama aku lebih parah lagi
            Di tagih tapi mengatas namakan aplikasi yang ngga pernah aku pakai
            Mana dua hari berturut turut dia kirim bukti transfer dari si money kilat dan gunain foto aku.
            Aku sudah buat krologi dan juga screenshot bukti chat. Ini lbh baik aku lapor kemana ya. Ke LBH atau aku ke polda krna udh 2 x lho

      • gk usah dibayar, bukti chat buat laporan kepolisi, ingat kasus ini bukan Ranah OJK, ojk hanya menangani pinjol yang terdaftar/teregristrasi saja, ini sudah masuk ranah pidana dan sudah wewenang aparat kepolisian, pinjol ini akan kena pasal berlapis termasuk pasal TPPU( tindak pidana pencucian uang) tindak pidana Undang" ITE" tindak pidana penyelenggara / ijin usaha keuangan yg diatur BI. jadi jangan melapir kepolisi secara online, datang saja kepolres buat laporan, jika nanti dipintu keluar ditanya wartawan diceritain saja. ingat syarat melapor kepolisi cukup bukti chat WA dari DC. jadi semua chat jangan dihapus. DC ilegal itu itu sampai kapanpun gk bakal datangi kamu, kalau bilang mau datang itu hanya gertakan saja, pinjol ilegal ini pasti dikejar polisi, karena ada dagingnya, jdi jangan ragu untuk melapor ya, pinjol ilegal ini buruan paling gurih dan paling diminati?

      • Suami saya juga tahun lalu terjebak pinjol, diancam setiap hari, foto disebar k semua kontak, di bilang maling, di bilang buronan. Cuma krna uang yg gak seberapa jadi rugi ratusan juta. Sampai minjam bank, koperasi kantor, org tua, saudara krna gak tahan di teror terus.
        Krna gak enak juga takut bermasalah dikantor. Udah bayar sebanyak itu tapi gak selesai selesai jug, akhirnya suami ganti no hp semua kontak dihp dihapus. Skrg udah gak ada sebar kontak lg.
        Sampai skrg rasanya masih dendam bngt sama org org yg kerja di pinjol ilegal, saya doain semoga hidupnya gak akan pernah tenang, krna udah buat hidup org susah. Kalau gak di dunia tunggu saja pembalasannya di akhirat nanti.

      • Mbak.. DC itu gak akan berani kerumah. Kalo kerumah teriakin aja maling... Biar semua warga ngumpul..

        Gue jg pernah jd korban pinjol..
        Solusi nya. Jgn bayar. Ganti no HP/WA. Trus kerabat dan teman" Kontak mbak. Di kasih tau jgn tanggapin.. Kalo bisa kerabat atau keluarga mbak ganti no jg.

        Skrg gue bisa hidup tenang tanpa d gangguin DC pinjol.. Dan sampai saat ni gak ada satu pun DC yg datang..

        Skrg hidup cuma sekali jd gak usah takut..

        • yg mereka hubungi no darurat yg dcantumkan waktu daftar atau semua kontak yg ada di hp kak?

      • Kemarin saya juga Bru aja mengalami dari 3 aplikasi pinjol ilegal yg ada di dalam aplikasi pinjol ilegal abadi dana.mereka sdh menyebar data dan foto saya dengan kata kata yg tidak pantas.sdh lapor di waspada investasi tetap g di respon.lapor di aduankonten@kominfo.go.id jga responya gitu gitu aja.ya udahlah milih untuk sementara ini g akan saya byar.soalnya kerugian saya lebih banyak daripada hutang saya.krna nama saya adh di jelekkan.

      • Haloo kak bole nanya ..apa kasus nya sudah selesai ..kakak galbay ? Data di sebar ga ya kak ? Saya juga lagi mengalami kasus yg sama dengan yg ilegal sudah bayar perpanjangan tapi ga kurangin pokok nya ..kemaren Kaka solusi nya apa ?

        • Kak! Boleh minta kontak yg bisa saya hubungi, wa telegram atau ig?
          Saya ingin bertanya, soalnya skrg saya berada di posisi ini ?

      • Kak saya lagi nglamin kasus yg sama ...Kaka kemaren galbay apa di sebar kontak ? Tolong info solusi Kaka kmaren ya kak ..aku pun lagi Al-Amin yg sama skrg

      • Mba gimana ya cara lepas dari money kilat? Saya kemaren juga download aplikasi monyekilat tapi pas uang cair saya uninstall pas jatuh tempo mau saya bayar aplikasi di playstore gaada jadi saya bingung mau bayar gimana? Mau saya download lagi di playstore gaada soalnya? saya takut banget kalo sampe data saya di sebar luaskan soalnya

    • Terlepas ilegal atau tidak yg berhutang tetap harus bayar.

      Kalo dapet cair 3 jutaan ya bayarlah sesuai hutangnya itu dan kalo merasa terbantu dgn 3 jutaan itu bayarlah lebih sedikit utk terima kasih

      Sangat aneh byk yg menganjurkan tidak bayar hutang malah ada yg bilang durian runtuh

      Selanjutnya jgn pinjam ke ilegal

      • Sy bukan membela pinjol tp hargailah diri sendiri kalo punya hutang, terlepas hutang ke bajingan, perampok atau koruptor ya tetap kita hutang ya hayarlah sesuai yg kita dapat

        • Kan katanya sudah pernah bayar tapi dibilangnya tidak mengurangi pokok hutang. Apalagi pinjam 10jt dikasihnya cuma 3.8jt. Itu namanya rampok! Kalau rampok atau maling itu seharusnya ditangkap bukan dibayar! Kenapa? Karena dari awal mereka sudah bohong bilangnya sudah ada ijin OJK tp ternyata penipu!

      • Jangan di bayar, tahun 2020 suami saya pinjem 2jt jadi ratusan juta
        Saya sampe jual semua aset dan hutang sana sini karena tidak kuat mental, namun setelah lapor polisi bilang tidak usah bayar yang penting kuat mental.

    • SEHARUSNYA OJK DAN APARAT YG BERWENANG BISA TERUS GENCAR MENUTUP DAN MENGUSIR PARA PERUSAHAAN2 PINJOL YG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB BIAR MASYARAKAT TIDAK TERJEBAK LAGI DAN RESAH DNG PINJOL2 SPT INI SDH BANYAK SEKALI KORBAN2NYA DARI PINJOL2 SPT INI SAMPE BUNUH DIRI ADUH MIRIS MENDENGARNYA

      • MASYARAKAT YG HARUSNYA LEBIH CERDAS, PINJOL ILEGAL GAK CUMA PAKAI APLIKASI ONLINE, BANYAK YG VIA SMS, KALAUPUN NOMER UDAH DIBLOKIR DIA MASIH BISA BELI NOMER AKTIF DI COUNTER, BANYAK OKNUM COUNTER YG MASIH BIASA JUAL NOMER AKTIF, ENTAH DAPIN NIK & NOMER KK DARI MANA

    • Ga usah dibayar ...ilegal itu money laundry ..diemin aja m.kiri. stts nama dan ft anda dicatut utk hal yg merugikan.sc ilebal ga ada no kta DC legal ...

    • Saya juga pas skrng ini lagi mengalami kak.sebar data dan foto saya oleh pihak pinjol ilegal.dengan kata kata tidak pantas.ya sdh skrng saya ogah mau byr buat apa.karna mereka sdh menjelekkan nama baik saya.kerugian kita yg sdh jadi korban kn lebih banyak dalam hal meteriil.tidak sepadan dengan hutang kita di pijol mereka.

  • Setau saya ilegal ga ada DC, dan ga akan masuk slik OJK. Tapi resikonya itu teror dan sebar data, dibuat grup WA yg isinya kontak hape kita yg udh ke sadap sama mereka.

      • Mbak jangan kuatir.
        Di mata hukum, transaksi mbak vs pinjol ilegal itu tidak sah.

        Itung-itung mbak dapet 'durian runtuh'.

        Sebaiknya mbak kondisikan dengan semua kontak yg ada di HP (dibroadcast) baik WA maupun SMS atau broadcast DM punya medsos mbak bahwa, "Kalau ada yang nagih2 dari DC pinjol ilegal, itu percobaan penipuan pake data saya. Harap waspada".

        Kemudian di HP mbak itu kan ada aplikasi pinjol ilegal, sebelum uninstall pastikan blok di bagian permission dan set semua DENY, kemudian uninstall.

        Oiya, ini ada link dari kominfo di twitter:
        https://mobile.twitter.com/kemkominfo/status/1464477989815537667

        Secara hukum, status anda masih "diatas angin". Bahkan si DC itu bisa masuk bui kalau mau diusut.

        Dijamin 100% ga bakalan ke rumah. Lha kalau dia datang ke rumah anda sama dengan "bunuh diri".

        Saya yakin seyakin-yakinnya para DC pinjol ilegal ini baca postingan anda.

        Anda kembalikan dana itu = anda salah ?. Dah terima aja, halal itu.

        Asal anda tau, pinjol ilegal itu sudah merugikan negara bisa tembus triliunan rupiah! Dan sedang diusut tuntas oleh satgas waspada investasi. Bukannya mereka males nanggapi keluhan masyarakat. Tapi mereka mengumpulkan data, setelah itu pasti disikat sampai ke akar-akarnya. Kita tunggu tanggal mainnya saja.

        Dah sekian dan selamat anda dpt rejeki ?

      • saya satu dari sekian banyak korban yg sudah habis puluhan juta untuk meladeni pembayaran pinjol ilegal yg beranak pinak ini karena polosnya masyarakat Indonesia tentang hukum pinjol di Mei 2021 di awal2 mereka muncul. klo sekarang Mbak enak, seluruh masyarakat lho sdh tau pinjol ilegal menyesatkan bahkan sdh ada yg bunuh diri dan berita resmi sdh banyak beredar pinjol ilegal tidak usah dibayar, aparat pemerintah jg membuat pernyataan demikian. lalu apa lagi yg Mbak takutkan? ada saudara komplain dpt teror atas nama kita? bilang saja hp kena hack saat nyoba iseng pinjol blokir saja toh semua orang sdh muak dgn pinjol ilegal yg demikian. smoga bermanfaat

        • Menurut dugaanku apa benar app pinjol illegal bisa menyalahgunakan data yg kita kirim untuk meminjam lagi ke App pinjol lainnya? Misal kita pinjam di App A sebesar 10 juta terus kita disuruh kirim data2 termasuk foto KTP dan foto diri, kemudian oleh App A tersebut data itu dipakai lagi buat peminjaman ke App lainnya. Jadi dari 10 juta tiba2 pinjaman kita bisa sampai 30 juta atau lebih dan tiba2 kita di tagih oleh App lainnya yg kita sebenarnya tidak pinjam sama sekali ke App tersebut? Gimana tanggapannya suhu?

    • Saya cuma bilang,,,. KAMU NGK SENDIRIAN, bukan ibu saja yg Galbay (Gagal Bayar) jadi Slow aja,,,, jalani hidup dengan santai,, WA/telp masuk, abaikan.
      Cara kerja DC kalau ibu balas WA atau angkat telp, ibu sudah ditandai bahwa merespon.
      DC akan terus meneror terus -menerus.
      Kalau ibu tidak merespon, ibu tidak akan ditandai dalam kertas dia, dan menghubungi ibu lagi beberapa Minggu kemudian. DC menghubungi konsumen Galbay ( Gagal Bayar ) sehari -+ 200-500 orang. Jadi DC menandai siapa yg merespon DC saat menghubungi.
      Aplikasi Ilegal ngk usah dibayar..!!
      Aplikasi Legal kalo DC datang, bilang, Kalau ada uangnya saya cicil melalui Aplikasi, jangan bayar melalui DC. ( Kalo mau bayar cicil, Jangan menjanjikan tanggal dan harinya )

      #Salam_Hidup_Tenang ✊✊✊

  • Awalnya cuma pengen berbagi cerita. Kenapa ujungnya bingung harus bagaimana? :)

    Dengan perlakuan mereka seperti itu, dengan ancaman tanpa etika dan data anda disebar ke rentenir lain, bayar/cicil saja sesuai dengan yang anda terima. Soal data anda yang sudah bocor, anggap saja konsekuensi ambil keputusan karena kepepet.

    • Kuatin mental aja bilang keseluruj kontak jika ada yg sebar data atau TLP minta jangan ditanggapi ,karena dah ambil resiko biar tenang ganti nomor kalo sayang nomor cuekin aja .menurut saya sih dah palang tanggung dah diteror dipermalukan gak usah dibayar sekalian gak bakal ada dc

      • kalau ibu sudah gak kerja, saya kira aman untuk tidak membayar tagihan, tapi kalau ibu masih kerja takutnya dc akan meneror kantor bahkan sampai ke atasan yang ujung ujungnya ibu disuruh mengundurkan diri dari kantor

        • Sebenernya ini masalah gimana kita ngamanin data sih, jangan sembarangan kasih akses aplikasi ke data data pribadi seperti kontak, lokasi, atau data data pribadi lain lah kalo gak dirasa bener bener perlu, sekalipun itu aplikasi yg terpercaya , di dunia digital kita sendiri yg harus ngamanin data data pribadi.

          • Cara hapus data nya gmn kak kalau sdh masuk kesana y, masalah nya sdh saya hapus seluruh contact HP saya

  • Sesuai anjuran pemerinta pinjol ilegal tidak perlu dibayar. DC biasanya cuma gertak2 di telpon, apalagi ilegal tidak akan datang ke rumah. Anda ganti nomer HP saja, terus bilang ke kontak anda kalau no HP yang lama kena hack suruh abaikan jika ada tagihan.

  • Pinjol ilegal ngak usah dibayar jika mereka sudah teror n sebar data anda. Anggp saja angin lalu n Jgn takut kalo diancam.pinjam emas itu komplotan dari DC n itu modus penipuan.

  • Janji 10jt cair 3jt. Tenor 90hari jadinya 7hari. blm jatuh tempo sudah di tahih dgn teror meneror; Salah satu ciri2 pinjol ilegal.. lapor ojk blm di tanggepin juga hmmm...jgn bayar aja mereka toh gak jujur /transparan dlm hal tenor,pencairan,

  • Jgn d bayar kn KK,yg pntng KK skrg japri ja k kontak hp KK yg d sadap ma DC lw ada wa atau telfon jgn d bles hiraukan saja,sama seperti saya sengaja saya pinjol yg ilegal Ampe 6 apk masing" apk saya pinjam 2jt gx tak bayar Ampe Thun 2022 DC gx nyamperin rmh ko saya pinjam Thun 2019 gx tak bayar sengaja...

  • Ini pengalaman saya KK OJK pun menyuruh nasabah yg galbay d pinjol ilegal gx ush d bayarkan tpi ambil resiko sendiri 1 d teror,d sebar luaskan foto kita d semua kontak n bi checking kita jelek gx bisa tuk credit motor dll y, saya gx bisa credit rmh akhirnya saya pake data istri buat credit rmh...