Surat Pembaca

Aplikasi Pinjol Dompet Rumah yang Meresahkan dan Tidak Bertanggung Jawab

Selamat pagi semua dan salam sejahtera,

Di sini saya mau menceritakan sedikit tentang aplikasi pinjol Dompet Rumah yang sangat meresahkan. Awalnya saya dihubungi dan ditawari pinjaman. Kebetulan waktu itu saya ada kebutuhan untuk biaya rumah sakit ayah saya. Saya mengiyakan, tapi dengan catatan kalau limit dan tenor rendah saya tidak jadi ambil. Mereka menjawab “Iya, boleh dicek dulu di aplikasi”.

Namun begitu pinjaman disetujui, saya cek dan saya lihat di aplikasi ternyata tidak sesuai dengan harapan saya. Tenor pinjaman terlalu pendek/singkat, hanya 7 hari. Akhirnya saya bilang cancel, tapi mereka bilang tidak bisa di-cancel, dengan alasan dana sudah disetujui.

Logikanya kalau kita hanya mengecek limit dan tenor, itu belum fix pasti dan aplikasi belum bisa dibilang done (disetujui). Akhirnya setelah sedikit berdebat di chat WA, akhirnya saya tutup dan log out dari aplikasi. Namun tanpa sepengetahuan saya tiba-tiba dana tersebut ditransfer ke rekening saya dan tiba-tiba diinfokan kalau saya ada hutang sebesar Rp1.500.000 dan minta dibayarkan segera.

Saya kaget dan saya minta bukti kapan ditransfernya. Mereka kirimkan bukti beserta data-data saya waktu awal saya mendaftar di aplikasi. Saya bilang memang iya saya ada mengajukan, tapi dari awal saya bilang kalau limit dan tenor tidak sesuai, saya cancel. Namun bagian kolektor mereka tidak mau tahu dan meminta saya segera membayar hutang tersebut.

Singkat cerita saya berdebat dan beradu argumen. Saya bilang saya tidak tahu kalau diam-diam mereka mentransfer uang itu ke rekening saya, salah siapa? Akhirnya saya memutuskan untuk print buku tabungan saya hari ini dan mengeceknya. Kalau memang dana tersebut ada, saya bilang saya akan kembalikan dana itu.

Ternyata dana yang ditransfer nominalnya Rp900.000 dari pinjaman pokok Rp1.500.000. Begitu besar potongannya dan tenor hanya 7 hari. Kita tidak jadi ambil pinjaman, malahan diam-diam main transfer aja.

Saya minta kebijakan dari pihak Dompet Rumah untuk merespons saya, karena saya hanya akan kembalikan sesuai nominal yang ditransfer ke rekening saya, yaitu Rp900.000 dan bukan Rp1.500.000. Karena dari awal saya sudah bilang CANCEL/TIDAK JADI.

Terima kasih dan semoga pengalaman pahit saya ini bisa menjadi pembelajaran untuk kalian semua juga.

Junaidi Wijaya
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Apa sih susahnya bilang "tidak, terima kasih" kalau ditawari ini-itu? Kalaupun anda tertarik, bisa riset dulu lewat mesin mencari di internet. Sebagian besar renten online via aplikasi (utamanya yang illegal) menerapkan limit dan tenor ketat karena sistem utang-piutang bukan berbasis jaminan atau agunan.

    Masalah anda umum akibat "terlanjur", sama dengan beberapa korban lain yang pernah memuat surat pembaca di Media Konsumen ini. Sejauh yang saya ketahui, tidak ada penyelesaian memuaskan berkaitan masalah ini. Solusinya, anggap saja rejeki nomplok (jika anda tidak punya hati nurani) atau kembalikan nominal yang sama ke rekening pengirim. Untuk menghindari teror, buang/jual entitas digital terkait pinjol termasuk kartu SIM, ponsel, dst.

    Catatan: Setahu saya pinjol Dompet Rumah pernah diblokir dan ditutup satgas waspada investasi di tahun 2021.

  • itu aplikasi illegal tdk terdaftar di OJK ciri2nya pinjol illegal tenor cuma 1minggu sudah jatoh tempo, ga usah di bayarkan ngapain. Siapa suruh maen langsung TF aja, udh anggap aj itu bonus atau hadiah dr orang yg tdk dikenal..???, Pinjol illegal mau di berantas biarkan aj dia yg rugi tuh..??

  • Terima kasih smua untuk saran dan info nya,dana juga sudah sy kembalikan tapi masih aja di tlp/di wa di tagih2 terus, pusing bikin hidup ga tenang aja.

    • Sebenernya pengen kerjain aplikasi pinjol ilegal kaya gini. Pinjem ga bayar tapi kontak kita isi nomor2 debt collector supaya pada berantem d telpon tuh debt collector. Ada punya data nomor2 kontak debt collector ga ya

    • Semua aplikasi pinjaman/fintech baik legal maupun ilegal, tetap saja bajingan semua.
      Saya selalu di tlp berkali² di tawari pinjaman walaupun sudah saya tolak dan bilang terima kasih tidak perlu tapi tetap saja di tawari.
      Apakah mereka² pinjol² / fintech² itu kerja gak pakai otak?atau mereka gak punya otak?
      Sudah di tolak masih saja di tlp² penawaran

  • Mantab... cuma mau test dapet berapa tapi anda kasih data2 anda ke mereka.
    Saran saya, hindari pinjol.. merk apapun.

  • Haduh.. Pinjol lagi pinjol lagi.. Masih mending pinjol buat berobat.. Nah ada juga pinjol untuk nafkahi kakek zeus dan princess

  • Sudah banyak korban yang jatuh karena dampak pinjol seharusnya depkeu, OJK,BI dan Kominfo menutup semua praktek bisnis riba abad modern ini kalau para pengambil kebijakan tidak mau maka selamat datang di pengadilan akhirat kelak bisa menjadi saksi atas kebijakan yang telah membuat kerusakan di muka bumi

  • Klo ditranfer brarti kita sdh ksih data termasuk juga nomor rekening...pinjol ilegal tenor 7hri, dikembalikan atau klo kita mau galbay pling 2 bln sdh berhenti2 sendiri telpnya...mrka gk ada DC lapangn cm lwat telp saja

  • Abaikan dan cuekin aja. Lain kali lebih teliti jangan asal duit lgs ijo.. teliti dulu, resmi ga, baca dl review2nya dll..