Surat Pembaca

Pembeli Meminta “Gestun”, Penjual yang Kena Getahnya

Terima kasih sebelumnya untuk Media Konsumen, atas kesempatannya kepada saya untuk menyampaikan pengalaman buruk berjualan di Blibli. Saya adalah penjual di Blibli, dengan nama toko: BLANJA, ID Toko: BLA-70069. Pengalaman buruknya bermula ketika salah satu pembeli, dengan nama pelanggan Damar Wulan, mengorder produk saya dengan nomor pesanan: 3423366080.

Produk yang saya jual yaitu Charger Aki Charger Accu Limited, dengan nominal pembelian Rp1.111.110. Namun kemudian si pembeli menginginkan barang fisik tidak dikirim, melainkan dicairkan saja uangnya ke rekening pembeli (gestun). Saya menolaknya, karena itu merupakan bagian dari pelanggaran.

Akhirnya saya tidak memproses orderan tersebut, dan orderan tersebut dibatalkan oleh CS Blibli. Si pembeli mengancam akan melaporkan ke pihak Blibli dan memfitnah toko saya, bahwa toko saya bisa melakukan gestun.

Benar saja,  pada hari yang sama toko saya langsung di-suspend oleh Blibli. Si pembeli konfirmasi melalui WA, bahwa benar dia melaporkan ke Blibli bahwa toko saya bisa melakukan transaksi gestun dengan top up saldo. Terlampir chat dari pembeli melalui WA.

Kemudian saya melakukan pelaporan terhadap Blibli. Informasi yang saya dapat, bahwa toko saya telah melakukan pelanggaran penjualan. Namun dari pihak Blibli tidak memberikan bukti pelanggaran dan tanpa mengkonfirmasi ke saya sebagai penjual, toko langsung di-suspend dan dana puluhan juta rupiah tertahan di wallet Blibli, tidak bisa dicairkan.

Di sini saya tidak diberi kesempatan untuk pembelaan diri, keputusan langsung dari Blibli melalui email bahwa toko dinonaktifkan permanen. Dana akan yang tersisa di wallet akan dikembalikan ke rekening selama maksimal 30 hari kalender sejak 3 Oktober 2022. Namun sampai saat ini sudah melewati masa tunggu untuk dana penjualan saya masih belum ditransfer ke rekening.

Setiap hari email jawabannya sama, akan dikembalikan maksimal 30hari kalender. Namun nyatanya tidak sesuai janji. Sampai detik ini dana penjualan belum ditransfer, setelah telepon ke Blibli, infonya akan coba untuk diteruskan ke tim terkait. Setelah berbulan-bulan menunggu lama, akhirnya tanpa kejelasan dana kapan akan dicairkan.

Melalui tulisan di Media Konsumen ini, semoga pihak Blibli dapat membaca dan merespons. Saya sebagai penjual hanya meminta hak saya (saldo penjualan) kembali. Demikian disampaikan terima kasih.

Roni Sukmana
Bandung Barat, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Blibli perihal Pembeli Meminta Gestun, Penjual yang Kena Getahnya

Menanggapi surat keluhan yang dikirimkan oleh Seller kami, Saudara Satria dan Saudara Roni Sukmana (BLANJA-BLA-7006), yang diunggah di Media Konsumen,...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Halo, Selamat siang kak , ditemenin Bonny sekarang^^ Maaf jadi nggak nyaman, izin cek ya - Bonny

    • Nih yg jahat ada 2: pembeli & Blibli...yg pembeli niat curang, bgitu gak dilayani langsung fitnah .nah yg Blibli nya EMANG PUNYA NIAT RAMPOK SALDO SELLER..ga mungkinlah Blibli ga tau kalo toko penjual sedang difitnah Krn penjual kan udah kasih bukti percakapan dgn pembeli?? Nih emang bliblinya punya niat jahat juga buat ngerampok dana sellernya sendiri

      • Bener nih Blibli dan buyer tsb yg jahat nih si buyer tukang fitnah semoga kena karmanya, dan Blibli aji mumpung sengaja mau nahan uang seller semofa kena karmanya juga ya pihak2 yg udh pada jahat dan menzolimi org lain ini..

      • Klo baca dr chatnya seperti nya seller memang pernah maenan gestun. logikanya gak mungkin si Customer to the point minta kirim via dana. Dan pihak penjual pun gak bilang chat nya bahwa dia jualan aku barang beneran. Mungkin tokonya memang pernah Gestun. Makanya dia pilih seller tsb. Cuma lagi apes aja dpt customer kayak t*i. Saya aja jualan hp di e-commerce. Gk ada yg pernah minta gestun apalagi sampe ke chat wa pribadi gtu. Maunya jual hp beneran aja. Klo customer nya mau jual lagi hpnya ya silahkan.

        • iya kayaknya sellernya emg jasa gestun soalnya ada chat pribadi.
          dan itu yg transaksi kayaknya reseller ke reseller jadi yg chat itu gak ambil pusing dia bilang kan pake akun akulaku org lain.
          pihak merchant juga gaakan semena2 langsung blok dia bakal telusuri yg masuk dana dari apa aja mungkin yg masuk dana paylater smua gak ada yg beli cash.

          • gajuga, saya seller juga, dan banyak rekan seller yg ngeluh di media konsumen maupun di twitter toko mereka disuspend gitu aja tanpa alasan yg jelas. pdhl ada saldo penjual disana nominal sampai 50jt++.
            ga memihak siapapun di kasus media konsumen yang ini, cuma mau nyampein bahwa statementmu "pihak merchant gaakan semena2 langsung blok, akan telusuri dlu" sangat tidak valid. tolong jgn membela perusahaan yg udah jelas sering mendzalimi usernya.

      • Setuju.. bahkan ada kemungkinan buyernya itu settingan.. jadi udah Kong kalikong sama oknumnya. Mungkin sekenario awalnya kalaupun Gestun berhasil akan dilaporkan. Untung sellernya ga ngeladenin. Tapi nekat amat sampai dilaporkan dan di Suspen. Kebangetan banget ini Blibli kalau ga diberesin oknum yg kaya gini.

      • Betul nih malah kita berfikir jangan² pembeli dan blibli bersekongkol. Semoga aja pihak blibli punya niat baik untuk mengembalikan dana penjual, tlg pihak blibli itu bukan dana kau maka kembalikanlah hak si penjual.

      • Emang saya cek juga sercurity safenya kurang di market place ini makanya saya milih tutup akun dan kembangin di tokped dan shopee karna lebih jelas, mudah dan teratur dari segi penarikan dana dan segi kemanan pelanggaran ... Gak main suspend aja ... Untuk bli2 gak lagi deh buka akun disana serem

      • Saya juga pernah mengalami suspensed dengan dana di tahan selama hampir 5 bulan.
        Sampai bosan mengirim email, WA & menelepon.

        Memang E-commerce satu ini luar biasa tidak ada bagus-bagusnya

    • Kenapa setiap persoalan harus di follow up dulu baru di selesaikan masalah nya, ketahuan kalau team work nya kurang menghargai pelanggan nya. Kalau sdh msk media begini kan nama perusahaan nya jd jelek

    • Ngeri juga ya jualan di Blibli kalau ketemu buyer seperti ini :(
      Thanks ya TS sharingnya..
      Saya juga seller di Blibli, baiknya tiap saldo yang masuk wallet langsung ditarik aja.
      Atau itu bs jd dari penjualan yg berjalan ya?
      Karena kan tiap jam 12 auto masuk ke rekening.
      Seharusnya Blibli tidak berhak menahan saldo Seller,
      Image Blibli jadi jelek di mata para sellers karena case seperti ini.

    • Siang Ka..jadi ikut mau crita ak jg lagi kesel kecewa pake banget sama LAZADA..masa pengembalian dana ku ditolak padahal katanya dari seler udah acc melepaskan dan untuk dikembalikan tapi dr pihak lazada menolak pengembalian dana tanpa ad konfirmasi..lapor ke CS ngmng sama robot..uang ga seberapa tapi ko ditahan..

    • Ini jualannya charger aki kok dikirim BOPIS pake kode satlement?? seharusnya charger aki dikirim fisik. mungkin ini emng toko gestun atau toko Fake order

    • pake logika aja...
      seller mana mungkin terang terangan bisa tawarin Gestun ke Pembeli?...
      dan gimana sipembeli bisa tahu kalau tokonya tawarkan Gestun, sedang barang tidak diproses oleh penjual, utk menghindari kecurangan...

      jangan jangan Blibli lg butuh dana talangan dari Saldo para Seller.

    • Untung saya bukan member blibli, bukan pembeli juga penjual. Saran saya kalo mau jual beli., Pake toko online yg bagus saja jangan blibli

    • Oi Blibli .. kerja yg benar donk kamu

      Pembeli yg br*ngsek tukang fitnah malah anda bela, penjual jujur yg menegakan aturan malah anda bikin susah!!!

    • Parah bener, dimasukin media konsumen baru ada penyelesaian, ketauan klo selama ini gabut wkwkwkwk

    • Lu niat ngerampok dana seller ya? Itu seller udah kasih bukti kalo dia ga mau layani pembeli nakal, nah knapa justru pembeli nakal lu piara tapi penjual jujur lu tutup akunnya? Apa Krn ingin ngerampok dana penjual?

    • Makanya kalau jadi eCommerce seharusnya diteliti dulu dengan bijak main toko orang diblokir permanen lagi

  • Pembeli nya brengsek bener, sepertinya sdh sering melakukan hal tsb sampe yakin akun dan dana penjual bisa ditahan karena laporan fiktif nya

    • Itu buyer nya sudah meresahkan, harus ditangkap karena mungkin sudah banyak yg jadi korbannya, kasian seller yg jujur & menegakkan aturan malah dirugikan.

      • Sepertinya buyernya mantan seller sakit hati, mungkin dia punya niat ngancurin Blibli jg, patut dicurigai, kalo menurut saya harusnya Blibli ambil langkah hukum untuk buyer Damar Wulan tersebut

    • Pembeli sama marketplace nya sama" brengsek sih menurutku, yg satu matiin rejeki orang, yg 1 nahan rejeki orang

    • Bukannya fitnah, tapi dari pernyataan buyer, kayaknya buyer gestun itu mencuri dana orang, dari pernyataan "pake akun akulaku orang lain". Kalaupun benar, bisa kena pasal berlapis orang itu. Bisa lama kurungannya dan dendanya pun besar. Saran saya, mending laporkan aja ke pihak berwenang dan jangan mau diajak damai

  • Pembelinya itu brengsek. Penjual dah jujur begitu malah Blibli suspend? Karyawan blibli gak pake akal sehat.?

  • Assalamualaikum
    Saran saya, kalau Anda merasa dirugikan dan benar sebagai korban, maka sewalah pengacara dan melapor saja ke kepolisian.
    Selanjutnya anda viralkan kasus anda ke media sosial anda, keluarga anda, dan teman-teman anda. Kalau anda tidak memakai jasa pengacara, biasanya kasus anda akan KURANG PERHATIAN dari polisi dan jika kasus anda tidak viral maka kasus anda akan LAMA DIUSUTNYA.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    • Pengacara itu butuh biaya banyak, proses pelaporan ribet. Ya jauh lbh ekonomis di tayangkan di media konsumen, lbh hemat waktu. Kecuali minimal nominal ratusan juta rupiah.

      • Kalo di viralkan sih setuju. Kalo sampe panggil pengacara saya setuju sama DSTH malah makin rugi deh. Ujung2 nya malah keluar duit percuma.

        • bener. kena tipu ratusan juga aja ga kelar2, di pengadilan terus tp gada penyelesaian, ketara bgt diulur2nya. apalagi ini perkara 22jt, tekor sewa pengacara, tekor bayar ini itu. paling bener di media konsumen, seenggaknya diusahakan dulu disini.

    • Coba perhatikan awalan chat mereka, agak aneh.. Kalau sy terka sebelumnya mereka sudah ada kesepakatan, tapi ternyata ada yg membuat kedua belah pihak ini malah jadi berantem dan saling ngadu.. Tebakan saya sebelumnya mungkin seller sudah pernah melakukan sebelum sebelumnya.
      Masa iya, tiba tiba bilang kirim ke dana atas nama ini.. Padahal dia tinggal proses aja itu pesanan sesuai yg dipesan konsumen, urusan diterima atau gak yg penting dokumentasi dulu barang yg dikirim sama sellernya.

1 2 3 5