Tanggapan Daru Estate Mengenai Komplain Ibu Jesy Novika

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen,

Sehubungan dengan pemberitaan Media Konsumen pada tanggal 31 Mei 2022 berjudul “Kekecewaan Terhadap Pengambilan Rumah Bersubsidi di Daru Estate“, kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan Ibu Jesy Novika alami.

Dalam menanggapi keluhan yang disampaikan, sebelumnya kami sudah menghubungi Ibu Jesy Novika di pertengahan Bulan Juli 2022 dan langsung kami tawarkan untuk pemilihan kavling melalui kontak terdaftar. Dalam kesempatan ini, kami hendak mengkonfirmasi bahwa dari pihak Developer tidak menjamin apa pun terkait pelaksanaan Akad.

Adapun untuk biaya konsumen yang tidak dikembalikan jika mengundurkan diri, untuk ketentuannya sudah disampaikan dan dijelaskan secara tertulis, hitam di atas putih, dan Ibu Jesy Novika sudah menandatangani poin-poinnya seperti yang sudah terlampir di dokumen SP3DE.

Mengenai dana yang tidak dikembalikan oleh pihak kami adalah bilamana data ditolak oleh bank maka memang hanya tanda jadi dan biaya admin yang tidak dikembalikan, tetapi jika pihak Ibu Jesy Novika sendiri yang memutuskan untuk mengundurkan diri dan sesuai dengan kesepakatan yang tertulis di SP3DE-nya bahwa dana yang tidak dikembalikan ke konsumen itu tanda jadi, biaya admin tidak dikembalikan dan biaya proses tidak dikembalikan 50%.

Jika dirincikan Biaya All-in tipe Austin Rp. 6.000.000,- (biaya booking, admin dan proses) pada waktu booking 1 Januari 2022 adalah sebagai berikut:

  • Biaya Booking: Rp1.000.000
  • Biaya Admin: Rp1.500.000
  • Biaya Proses: Rp3.500.000

Ibu Jesy Novika sudah membayar sebesar Rp6.000.000, dikurangi biaya booking dan admin Rp2.500.000, Biaya proses Rp3.500.000, dibagi 50% Rp 1.750.000. Jadi sesuai dengan SP3DE yang ditandatangani Ibu Jesy Novika memang mendapatkan pengembalian dana sebesar Rp1.750.000, karena Ibu Jesy Novika sendiri yang ingin mengundurkan diri.

Saat ini proses Ibu Jesy sudah sampai ke pengumpulan berkas, dan sudah pilih unit dari bulan Juli lalu, Akan tetapi, dari pihak Ibu Jesy Novika tidak memberikan surat pengajuan perihal perubahan data pemohon, yang semula atas nama Ibu Jesy Novika digantikan menjadi atas nama suaminya Heri Lubis. Untuk perubahan data ini, sudah kami telusuri keterangan jelasnya, dan sebagai bentuk perhatian kami, pengajuan Ibu Jesy Novika akan kami prioritaskan untuk dibantu prosesnya ke pihak Bank. Akan tetapi semua keputusan bergantung dari pihak Bank, dan bukan dari Developer.

Kami senantiasa berupaya memberikan kenyamanan dalam melayani konsumen. Saran dan masukan dari semua pihak menjadi perhatian kami, terutama dalam meningkatkan mutu dan pelayanan optimal bagi konsumen.  Apabila Ibu Jesy Novika masih memiliki pertanyaan terkait keluhan yang dialami, silakan menghubungi kami di nomor Layanan Pelanggan 0811-691-671.

Fitria
Manager Marketing
Perumahan Subisidi Daru Estate
Jl. Daru Estate No.15720, Daru, Kec. Jambe
Kabupaten Tangerang, Banten 15720

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tanggapan Daru Estate:
[Total:26    Rata-Rata: 4.8/5]
Kekecewaan Terhadap Pengambilan Rumah Bersubsidi di Daru Estate

Halo, perkenalkan saya Jesy. Pada bulan Desember 2021, kami memutuskan untuk memiliki rumah sendiri. Saya sudah cari info di Google...
Baca Selengkapnya

4 komentar untuk “Tanggapan Daru Estate Mengenai Komplain Ibu Jesy Novika

  • 9 November 2022 - (09:39 WIB)
    Permalink

    ini Jadi Pelajaran Nih, Buat semua Orang, Kalo Hidup itu Harus Ngebaca Dullu Jangan Asal tanda Tangan, Untuk Masih Di Balikin Stengah Coba Kalo Kaga dan Beneran Di tipu..

  • 9 November 2022 - (12:11 WIB)
    Permalink

    Halo ka terimakasih telah di tanggapi, berarti seperti keluhan saya sebelumnya ya agar hati-hati merekrut karyawan,jangan sampai antara penyampaian sama tertulis beda, saya harap masih tetap seperti komitmen kita jangan sampai kalo di tanya jawabannya hanya on proses, sudah 10 bulan belum ada progres masalahnya.

  • 10 November 2022 - (14:34 WIB)
    Permalink

    Responsif juga perusahanya jadi belajar dari sini kalo beli sesuatu itu harus dipelajari dulu, dan emang kuncinya harus sabar sih kalo beli rumah subsidi dan jangan tersulut sama komentar negatif jadi konsumen juga harus teliti dan smart sebelum berkoar-koar kemana mana. Bukan saya membela pihak developer ya karna saya juga konsumen dan merasa tidak terima kalo perumahan saya jadi negative minimal kita harus jalin kerja sama lah dengan marketing dan pihak developer setidaknya mereka menjadi perantara dan bantu kita untuk bisa punya rumah. Sehat-sehat pak Joko marketing yang handle saya.

  • 11 November 2022 - (10:23 WIB)
    Permalink

    Semoga permasalahanya cepet selesai ya Bu Jesy, jadi pembelajaran juga buat semua konsumen agar lebih cermat dan teliti kalo mau beli sesuatu terlebih kalo sudah ada perjanjian hitam di atas putihnya. Jangan sampai jadi boomerang hanya karena salah paham dengan marketing jadinya kemana-mana, baiknya jika masih ada yang belum jelas langsung diselesaikan ke kantor pemasarannya.

 Apa Komentar Anda mengenai Tanggapan Daru Estate?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Tanggapan Daru Estate Mengenai Komplain Ibu Jesy Novika

oleh Daru dibaca dalam: 2 menit
4