Surat Pembaca

Sudah Hampir 6 Bulan Inden Yamaha Aerox 155 Connected, Yamaha Belum Memberikan Kepastian

Saya Rachmat Riyanto, ingin menyampaikan perihal pemesanan sepeda motor Yamaha Aerox 155 Connected yang telah saya pesan/inden sejak tanggal 30 Mei 2022 dan sampai dengan hari saat saya menyampaikan ini, belum ada kejelasan dari pihak Yamaha.

Saya melakukan pemesanan Yamaha Aerox 155 Connected secara cash melalui Sentral Yamaha Medan dengan Sales a.n Yudhi. Saya melakukan pemesanan menggunakan identitas Ibu saya, karena KTP saya sudah berdomisili di luar Medan. Sales menyampaikan bahwa indennya sekitar 2 bulan untuk unit seri Aerox 155 Connected ABS, sedangkan untuk seri yang saya pesan, tidak lebih lama dari ABS. Akhirnya saya memutuskan untuk memesan/inden serie Standar (Aerox 155 Connected).

Setiap bulan saya menanyakan info progress ketersedian unit yang saya pesan, namun jawaban dari Sales menyatakan bahwa belum ada info. Pertengahan Juli sempat ada keinginan untuk membatalkan pesanan, namun saya urungkan niat saya karena saya sangat menginginkan unit sepeda motor tersebut.

Pada pertengahan Juli, tepatnya tgl 13 Juli 2022 saya mendapatkan info bahwa pemesanan yang diutamakan adalah yang pemesanan yang dilakukan secara kredit, dan ada perbedaan antrean antara cash dan kredit. Informasi ini mengundang rasa penasaran saya, hingga akhirnya saya mencoba menghubungi Customer Service Yamaha via email.

Berdasarkan penjelasan yang disampaikan oleh CS via email, jangka waktu indent antara pembelian cash dan kredit sama saja, dan saya disarankan untuk menanyakan nomor antrean ke dealer pemesanan.

Berdasarkan email dari CS Yamaha, saya menanyakan nomor antrian saya di Yamaha. Saya berada di urutan ke-35 waktu itu (26 Agustus 2022).

Kemudian saya menanyakan terkait timeline pengerjaan dan distribusi sepeda motor dari Yamaha. Pertanyaan saya tidak direspon dan sales pun mulai sulit dihubungi.

Karena sulit dihubungi, saya datang langsung ke Sentral Yamaha Medan untuk mendapatkan jawaban, dan benar saja si Sales tidak dapat memberikan informasi terkait timeline pengerjaan dan distribusi. Apakah iya, perusahaan sebesar Yamaha tidak memiliki timeline pengerjaan dan distribusi unit sepeda motor?

Akhir bulan Oktober, saya mendatangi kembali Sentral Yamaha Medan. Kali ini si Sales sudah benar – benar tidak merespon WA saya, sehingga saya datang ke Dealer dan minta bertemu dengan atasannya. Saya bertemu dengan Sdr. Rizal. Dari sdr. Rizal saya mendapatkan info bahwa saat ini Yamaha Aerox yang saya pesan, kabarnya sudah berhenti produksi (sudah tidak keluar lagi).

Pernyataan ini seperti membenarkan perkiraan saya bahwa Yamaha memang tidak memiliki timeline pengerjaan dan distribusi unit sepeda motor. Jika Yamaha memiliki timelinenya, seharusnya Yamaha bisa memperkirakan kapan estimasi distribusi unit sepeda motor, dengan memperhitungkan berapa banyak jumlah inden yang sudah masuk dan berapa banyak unit yang sanggup diproduksi.

Selang beberapa hari setelah itu, Yamaha merilis serie terbaru untuk Yamaha Aerox 155 Connected Standard dan juga ABS. Saya sudah inden hampir 6 bulan, tidak ada kejelasan info mengenai unit yang saya pesan, Yamaha malah sudah launching serie terbaru. Mohon info dan kejelasan dari Yamaha, karna banyak customer yang mengalami hal serupa.

Terima kasih.

Rachmat Riyanto
Kota Madiun, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Emng susah sih beli cash
    Aku aja pcx 5 bulan belum turun, itupun katanya masih antri d nomer 27..
    Itu aku pesan dari harga 31 jutaan sampe 32 jutaan belum turun juga
    Karna enggak sabar ya akhir nya ambil adv dan pas kebetulan ada adv

    • Saya beli Lexi di Bintaro Tangsel cash, besoknya motor diantar. Bpkb dateng ma stnk sebulan kemudian, pa krna motor kurang peminatnya lexi ya?

  • Saya Pesan Yamaha Aerox 155 ABS warna hitam di PRJ 2023 tgl 16 Juni 2023 rencana pembayaran cash Spk No: 202306171659081686995948019378500 urutan indent 17, 3 bulan juga belum dapat, dealernya PELITA Motor Jakarta, bilangnya produksi nya sedikit dan sebulan paling cuma terima 2-3 motor AEROX dan itu dibagi dengan yg kredit.

    Dealer lain SARTIKA motor nawarin ada stock bisa 1 hari dateng dengan nambah pembayaran 2.5 - 3 Juta dari harga OTR yang tertera di website https://www.yamaha-motor.co.id/product/all-new-aerox155-connected/.

    Dealer lain di Sumber Mas Motor Kalibata ketika di datangi langsung , sales nya juga terang-terangan bilang jika Cash harga di Up 2.6 s/d 3 juta

    Di Online Dealer Tokopedia YAMASAKTI Jakarta Barat, sales nya info kena biaya tambahan revisi faktur 2.65 juta dari harga OTR 30.960.000.

    Jadi memang kesimpulannya sales Yamaha nyari duit tambahan dengan cara seperti itu, karena kalau cash. infonya kalau pembelian dengan cara kredit mereka dapet komisi dari leasing...CMIIW