Surat Pembaca

Tidak Merasa Download atau Pinjam, Tiba-tiba Ada Transfer Dana Masuk dari Kredit Pintar

Terima kasih kepada Media Konsumen yang sudah memberi saya kesempatan untuk mengutarakan pengalaman saya. Pada hari ini tanggal 8 November 2022, saya mendapati transfer dana masuk yang bersumber dari aplikasi pinjol Kredit Pintar sebesar Rp841.500 (foto terlampir).
Saya merasa tidak men-download ataupun mengajukan dana ke aplikasi tersebut. Akhirnya saya langsung menghubungi pihak Kredit Pintar melalui via telepon. Jawaban mereka adalah mereka memberikan nomor virtual account dan saya diminta mengembalikan dana sebesar nominal tersebut dengan tambahan biaya admin Rp 20.000.

Saya merasa keberatan dengan hal tersebut jika harus menambah biaya admin Rp 20.000. Akhirnya saya transfer ke nomor virtual account yang diberikan sesuai dengan nominal yang saya terima saja yaitu Rp841.500.

Saya berharap kejadian seperti ini tidak terulang kembali. Saya juga berharap perihal biaya admin Rp20.000 tidak jadi masalah ke depannya, dan mohon kiranya pihak Kredit Pintar tidak lagi sembarangan transfer dana yang sama sekali tidak diajukan.

Muhamad Ihsan Nurohman
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • ya kalo ga merasa, abaikan saja, anggap sebagai rezeki nomplok. kalo nongol di SLIK, atau ada penagihan, tinggal bilang saja saya ga pernah pinjam apapun, minta buktinya kalo saya pernah pinjam disana. Paling mati kutu tuh. Dibikin simple aja

    • Seperti nya dia ga sadar dapet telp Telemarketing.. saya juga pernah soal nya.. Selamat Pak dapat pinjaman langsung approve.. saya cuma bingung aja.. apa iyah beneran Approve.. iseng lah saya kasih no Rek BCA saya.. ehh Bener Cair.. ? baru deh ketauan siapa yg Trf.. begitu saya intall aplikasi nya.. Login pake no hp.. ehh bener tagihan saya ada dsana ?

  • Hati-hati ini modus baru penipuan pinjol. Jika anda menerima transferan dan berniat mengembalikan, sebaiknya kembalikan ke rekening pengirim YANG SAMA, dengan sepengetahuan pihak bank. Katakan kepada bank bahwa anda menerima transfer salah alamat dan berniat mengembalikan.

    Saya agak menyayangkan alih-alih minta ke bank, anda justru menghubungi pengirim (si rentenir pinjol) dan mau menuruti untuk mengembalikan ke rekening berbeda (VA). Semoga kedepannya anda tidak dijebak untuk membayar cicilan Rp. 841.500 setiap bulannya, meski anda tidak berhutang kepada mereka.

  • Datang aja ke KCP BCA nanti ketemu dengan bagian CS, request tolakan transfer.
    Justru yg aneh knp pinjol bisa tau norek nya TS darimana ya? ?

    • Meresahkan memang semua pinjol...berbagai cara modus dilakukan.
      Seharusnya dari berbagai kasus OJK
      Menutup semua pinjol yg legal dan ilegal apalagi.

      • Hati2 jika ingin mengembalikan dana...jgn sampai tertipu...hrs ke aplikadi pinjolnya....seandainyabdiminta ke nomor prubadi urungkan...walau dibialang dia bosnya pemilik aplikasi.
        karena begitu anda transfer balik..uang akan raib...dan anda tetap punya hutang yg wajib dibayar.
        ini jg modus penipuan.

  • Sudah banyak korban berjatuhan buah dari kebijakan pinjol paylater dll semuanya yang membuat kebijakan membuat fintech ini harus bertanggung jawab terhadap segala sesuatu terkait kasus yang terjadi, selamat datang di pengadilan akhirat kelak bisa menjadi tersangka kasus nya di hakim tunggal

  • Rejeki bang. Kontak2 orang deket apus2in aja dulu. Trus kalo ditelpon debt colecctor save aja nomor2nya supaya sesama debt collector berantem. Kan mereka ada akses ke kontak

    • Jika kita mendapatkan transferan salah alamat jangan pernah kirimkan ke rekening lain selain ke rekening pengirim awal.
      Ini trik untuk menghindari kasus penipuan dan pencucian uang.

    • Ga akan ada lah bang.. kan ga ngeinstall aplikasinya.. jadi kontak d handphone tetep aman harusnya. Tapi bener alangkah baiknya mengembalikan ke norek yg di transferkn Atawa minta pihak bang untuk menolak transferan.

      • tapi biasanya. kalau belum pernah login/daftat, dari pihak kredit pintar pun tidak akan tau norek kita, kecuali norek kita sudah bocor atau diketahui oleh orang2 yang tidak bertanggung jawab

  • Itulah jebakan rentenir online,diem diem transfer g lama nagih uang dan g lama mengirim orang nagih ??...heranny kok bs tau rekening orang apakah kerja sama dgn oknum perbankan..

  • Tumben gak ada, biasanya kl ada urusan beginian langsung ada yg Auto comment" makanya jauhi RIBA"

    • Buat para cowok tolong jauhi riba, mending deketin susi, sari, nana... Kalau dekati riba nanti maho dong.. ?

    • Dia kaga minjem kaga nginstall pula tong.. udah jauh.. si riba nya aja yg kegatelan nguber sendiri.. wkwkwk

    • Betul mas. Hari ini yg ngomongin riba sepi, padahal biasanya saling berdebat adu pendapat siapa yg paling suci, padahal satu aliran ????

  • Semua pinjol ilegal n legal sama aja kerja nya..sekrg bagaimana kita bikinpinjol semua bangkrut dan DC kembali ke jalan yg bener..pdhal DC juga sama dia pinjam juga ke pinjol ..pinjol its money laundry. Ojk n aparat ga bisa hentikan...masyarakat indonesia bersatu Hentikan

    • Saya juga ngak tau bang, tiba2 di rekening sudah ada transferan masuk atas nama dari aplikasi tersebut