Surat Pembaca

Skor Traveloka PayLater Turun Terus

Dear Traveloka,

Sebelumnya saya informasikan, bahwa posisi saya di Platinum Level 2 dengan limit Rp50 juta.

Sebelumnya saya tidak ada masalah dengan PayLater Traveloka, baik pembayaran maupun skor. Itupula yang membuat skor saya naik terus sampai mentok. Namun akhir-akhir ini ada keanehan, yang mana setiap transaksi apa pun yang saya lakukan menggunakan Traveloka PayLater menghasilkan skor negatif.

Sebelumnya saya introspeksi dulu dan menanyakan ke CS Traveloka, di mana kesalahan saya pada tanggal 30 Oktober 2022 dan mendapat jawaban sebagai berikut:

Di sini CS mengatakan bahwa ada pesanan yang dilakukan pada hari yang sama, yang berakibat ke penurunan skor dan untuk menghindarinya jangan pesan di hari H atau H-1. Kemudian gunakan kredit limit maksimal 40% saja.

Baiklah, dua masukan itu saya terapkan untuk transaksi selanjutnya. Pada bulan November, saya melakukan pemesanan hotel jauh-jauh hari sekitar 4 hari sebelum hari H. Kemudian limit yang saya pakai baru 6 juta dari 50 juta, jauh dari batas atas 40% tadi. Ditambah saya tidak pernah terlambat bayar cicilannya. Maka saya berharap skor naik, meskipun sedikit asal positif. Ternyata tidak, skor terus turun dan negatif terus. Bahkan setelah saya tanyakan apa kesalahannya kali ini, jawab CS-nya hanya seperti ini :

Dua poin yang disebutkan di atas yang bisa mengakibatkan penurunan skor itu tidak saya lakukan. Toh skor terus anjlok sampai hampir menghabiskan poin. Semakin saya gunakan PayLater dengan cara yang baik, semakin anjlok skor saya. Sebelum komplain hari ini tadi (tanggal 9 November 2022) penurunan skor saya -5, setelah komplain malah turun lagi ke -6.

Maaf Traveloka, saya tahu ini hak Anda untuk menurunkan skor atau menaikkan skor, tapi aturan main kan sudah Anda cantumkan di publik dan itulah pegangan yang dilakukan pengguna. Kalau kemudian aturan itu jadi tidak berlaku, bagaimana pengguna bisa fair dalam bertransaksi menggunakan layanan Anda? Ini namanya tidak ada aturan.

Saya sudah bertahun-tahun menggunakan Traveloka dan baru kali ini mendapat perlakuan aneh begini. Jika memang ingin menurunkan level saya, bilang saja alasannya, tidak perlu kucing-kucingan begini. Toh tidak masalah bagi saya kalo mesti turun level asal alasannya jelas.

Terima kasih.

Andi Riza Syafarani
Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Saya juga mengalami hal yg sama, pesan dan bayar setiap bulan lancar, tapi skor terjun bebas dari limit 50 jt menjadi 20 jt

      • Kejadian Yg anda alami sama spt yg saya alami. Skor kredit sdh msk level platinum. tp tiba2 bsk terjun bebas/merosot. tdk msk logika. itu saya sebut Alasan Klasik dr Traveloka.

      • Saya juga mengalami hal yg sama, pesan dan bayar setiap bulan lancar, tapi skor terjun bebas dari limit 50 jt menjadi 20 jt

  • Tentunya ada alasan yang kuat dari Traveloka membuat skor anda turun yang kadang kadang bersifat rahasia yang kalau diberitahu kepada customer, maka customer berusaha mengakalinya.

    • Jika Pengelola layanan sudah menginformasikan Syarat dan Ketentuan Berlaku secara Publik, maka tidak boleh ada ketentuan rahasia yang tiba2 membypass aturan. Kalo ada berarti pengelola tidak konsisten dengan aturan yang dibuatnya sendiri dan merugikan kosumen. Silakan pahami hal ini.

      • Sdh bos bawa santai saja tdk usah terlalu di pikirkan, Kl penting yg di pakai. jika tdk terlalu mendesak mending gak usah di gunakan limit nya. secara kan sdh konsisten bayar tepat waktu tp tdk ada nilai plus nya dr Traveloka.

  • Memang dampak negatifnya apa ya dengan skor diturunkan begitu?
    Apakah limit akan diturunkan kalau skor turun?
    50jt setahu sy sudah limit tertinggi Traveloka paylayer

    • Limit Traveloka bisa turun demikian juga dengan Levelnya. Silakan cek Syarat dan Ketentuan Traveloka Paylater.

  • Skor turun bisa juga dikarenakan karena masih ada cicilan yang berjalan. Sistem cicilan itu kan menahan limit sementara sisa tagihan belum terbayar sudah direimburse ke paylater. Skor traveloka itu bergantung kepada akumulasi transaksi. Jadi bisa dibilang skor negatif akan terus terjadi sampai cicilan anda lunas. Kalau mau naik skor lagi ya perbanyak transaksi lagi tapi jangan cicilan.

    Atau upgrade ke paylater card. Bayar penuh di traveloka nanti baru ajukan cicilan ke BRI selalu co branding traveloka card.

  • Kenapa tidak upgrade ke CC Traveloka PLC? Karena tidak ada penawaran. CC Traveloka PLC itu based on invitation (cek syarat dan ketentuan) bukan berdasarkan pengajuan seperti Tokopedia Card atau OVO Ucard. #cmiiw