Surat Pembaca

Koin Shopee Saya Mendadak Hangus Tanpa Pemberitahuan

Kepada pihak Shopee yang terhormat,

Saya sebagai pengguna Shopee member Platinum dengan username: joni_fongiadi, ingin menyampaikan keluhan kepada pihak Shopee. Perihal Koin Shopee saya yang tiba-tiba dihanguskan oleh Shopee pada tanggal 1 November 2022, sebesar 499.012 koin, tanpa ada notifikasi atau pemberitahuan sebelumnya.

Padahal koin yang banyak tersebut baru saya dapatkan pada tanggal 28 Juli 2022, yakni sebesar 539.340 koin, atas pembelian 1 unit POCO F4 GT (12GB + 256 GB) seharga Rp8.999.000.


Sebelumnya saya benar-benar tidak tahu bahwa koin Shopee yang didapatkan akan kedaluwarsa. Kalau pun akan kedaluwarsa, ya seharusnya tidak secepat itu dong. Kalau tahu Koin Shopee saya akan segera kedaluwarsa, tidak mungkin saya sebodoh itu mendiamkan dan mengorbankan koin Shopee yang saya dapatkan dengan susah payah.

Seharusnya pihak Shopee juga ada kasih pemberitahuan atau semacam notifikasi ke pelanggan Shopee, khususnya yang nilai koin Shopeenya banyak dan akan segera kedaluwarsa. Minimal ada notifikasi 1 hari sebelum koin Shopee tersebut kedaluwarsa, untuk mencegah konsumen dirugikan. Namun ini sama sekali tidak ada.

Setelah koin Shopeenya hangus, baru muncul notifikasi bahwa koin Shopee sejumlah 499.012 koin telah hangus. Apakah saya tidak terkejut setengah mati dan kecewa berat? Nilai Koin Shopee yang hangus sebesar 499.012 koin bukanlah nilai yang kecil. Apakah ini disengaja oleh Shopee atau semacam trik untuk menjebak pelanggan Shopee agar pihak Shopee bisa merampas Koin Shopee milik pelanggan dalam jumlah yang besar?

Melalui surat pembaca ini, saya berharap pihak Shopee bisa mengerti kondisi yang saya alami. Mengingat saya yang telah menjadi pelanggan setia Shopee dan sudah memiliki status sebagai Member Platinum. Sehingga saya berharap pihak Shopee bisa mempertimbangkan, untuk mengembalikan koin Shopee saya yang telah hangus dan memberikan saya kesempatan untuk menggunakan dan menghabiskan koin Shopee tersebut.

Pihak Shopee boleh kasih saya tenggang waktu minimal 15 menit ataupun maksimal 1×24 jam. Saya pasti akan sangat berterima kasih kepada pihak Shopee kalau permintaan saya ini bisa dipenuhi. Karena bagaimanapun Koin Shopee itu adalah hak pelanggan punya.

Jujur saja, karena masalah Koin Shopee yang tiba-tiba hangus ini, saya menjadi stress berat dan frustrasi, serta menjadi hilang kepercayaan terhadap Shopee. Karena saya merasa seperti dijebak dan dirampas hak milik saya.

Akhir kata, saya berharap pihak Shopee bisa kasih solusi yang terbaik untuk masalah saya ini. Demikian surat pembaca ini saya sampaikan. Atas perhatian dan bantuannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Joni
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Kamu ini bukan dirampas haknya tapi kamu sendiri yang teledor gak cek syarat dan ketentuan Shopee.
    Sudah ada penjelasannya kalau koin Shopee akan hangus di akhir bulan KETIGA sejak didapatkan.
    Kamu dapat koin bulan Juli.
    Bulan pertama : Agustus
    Bulan kedua : September
    Bulan ketiga : Oktober

    Ya itu benar akhir Oktober hangus koinnya. Secara sistem itu bukan perampasan tapi kesalahan user sendiri gak paham syarat dan ketentuan platform yang dipakai.

  • Aturan 3 bulan kadaluarsa sudah lama diterapkan.
    Berarti anda tidak membaca syarat ketentuan yang sudah tertera jelas.
    Sebenarnya anda juga tidak rugi, koin adalah bonus bukan uang anda.

  • "tidak mungkin saya sebodoh itu mendiamkan dan mengorbankan koin Shopee yang saya dapatkan dengan susah payah."
    tapi nyatanya anda boddoh gak baca koin exp. 3 bln setelah dapat..

    "saya menjadi stress berat dan frustrasi"
    sudah gak usah dipikiran pak sampai stres, wong kesalahan anda sendiri .

    yuk semangat ngumpulin koin lagi kak

    • 50.000 Koin Shopee kadaluwarsa pada 30-11-2022. Semoga nanti dibelanjain dulu ya, takutnya hangus pula dan bikin komplain kedua di sini.

      • Iya kak. Koin shopee akan hangus dalam 3 bulan. Sebaiknya kakak cek koin shopeenya per minggu jika memang suka belanja buat dapatkan cashback. 50.000 koin shopee kakak akan berakhir tgl 30 nov ini sebaiknya dipakai di merchant saja kak, krn bisa pakai koin shopee 50%. Kl kakak suka kuliner, bisa bayar pakai shopee pay atau belanja bulanan di hypermart, primo supermarket, foodmart. Kalo superindo sekarang tidak bisa pakai shopee katanya tidak kerjasama lagi.

  • itu di screenshot ada info 50 ribu akan hangus tanggal sekian. sebaiknya digunakan dulu biar gak tambah stress

  • Anehnya kok ada kata didapatkan dengan susah payah ya. Bukannya didapatkan secara mudah? Tinggal klik voucher cashback.

  • Sudah biasa itu ???
    Aku yg seneng ngumpulin koin, pernah hampir 1 jt tapi eman buat dibelanjain aja tiap akhir bulan juga kepotong kok, kan emang sebelumnya sudah ada pemberitahuan 5-10 hari sebelum kadaluarsa
    Sampe aku bikin vt di tiktok buat bagi" koin shopee ?

    • Akun shopee saya di ban sepihak oleh pihak shopee karena alasan penyalah guna vourcher free ongkir padahal vourcher free ongkir kn emang shopee yang sediain ... Saya kecewa berat Sam ashopee dengn menggunakan alasan yng tidak jelas memblokir perangkat hp saya jadi tidak bisa menggunakan shopee lagi

  • Emang syarat seperti itu 3 bln hangus, kalo mau buat petisi sana biar masa aktif ditambah 6-12 bulan, makanya koin sope itu paling tdk laku misal promo sama 5% mending toped/blibli/Lzd