Surat Pembaca

Paket Hilang dalam Pengiriman, Penjual yang Menanggung Rugi

Saya adalah salah satu seller di Shopee. Saya menyampaikan keluhan saya atas pelayanan dari pihak perusahaan kurir Anteraja dan Shopee. Yang mana saya dirugikan oleh pihak Anteraja atas kelalaian pekerja mereka, yang telah menghilangkan produk saya pada saat pengiriman barang pesanan ke pelanggan saya.

Nomor Pesanan: 2209306KPX23RX
Nomor Resi: 10005868588505
Nomor Pengajuan Pusat Resolusi Shopee: 22101104S70UG9M

  • Tanggal 30 September 2022, pembeli melakukan order dan paket telah dikirim (di-pick up) Anteraja.
  • Tanggal 08 Oktober 2022, status pengiriman menyatakan, paket telah tertukar/salah tempel label
  • Tanggal 11 Oktober 2022, pembeli memutuskan klik Pusat Resolusi di Shopee
  • Tanggal 17 Oktober 2022, hasil keputusan pusat Resolusi Shopee menyatakan akan melakukan pengembalian dana ke pembeli dan penjual, karena melebihi batas waktu yang ditentukan, dan untuk penjual disuruh menunggu untuk proses pengajuan klaim
  • Tanggal 18 Oktober 2022, saldo pengembalian dana sudah masuk ke seller, tapi hanya sebesar Rp90.000. Sedangkan nominal barang yang dihilangkan adalah Rp570.000.
  • Tanggal 19 Oktober, 25 Oktober, dan 2 November 2022, 3 kali saya menghubungi Shopee via live chat, dan mendapatkan jawaban di email. Dengan isi email yang sama yaitu pengembalian dana sudah sesuai dengan ketentuan yaitu 10x ongkir karena tidak menggunakan asuransi.

Masalahnya di sini adalah, di Shopee tidak ada fitur untuk mengaktifkan asuransi. Pembeli tidak bisa asuransi, seller juga tidak bisa mengaktifkan asuransi. Pengiriman menggunakan Anteraja tidak ada layanan asuransi juga untuk pengiriman reguler yang kerja sama dengan Shopee.

Saya di sini sebagai penjual, hanya bertugas terima order dari pembeli, dan memproses pesanan. Untuk ekspedisinya itu yang pilih adalah pihak pembeli/diatur oleh pihak Shopee, dan yang menghilangkan adalah kurir dari Anteraja, bukan kurir pribadi saya. Sangat tidak masuk akal, yang menghilangkan adalah kurir Anteraja, tapi saya yang dirugikan. Uang pembeli di kembalikan full, tetapi seller hanya di ganti 10x ongkir, yakni Rp 90.000.

Sewaktu saya komplain, dari pihak Shopee mengatakan bahwa penggantian dari pihak Anteraja. dan saya di suruh menghubungi Anteraja.

Tanggal 05 November 2022, saya menghubungi pihak Anteraja, dan dari pihak AnterAja mengatakan kalau untuk masalah nominal pengembalian dana, keputusannya berada di tangan Shopee, bukan dari pihak Anteraja. Walau Anteraja yang menghilangkan, tapi tanggung jawab penggantian ada di Shopee, kata CS Anteraja yg bernama Steven. Saya ada rekaman pembicaraannya atas seizin CS tersebut.

Dari Shopee suruh menghubungi Anteraja, sedangkan Anteraja suruh menghubungi Shopee. Saya menghubungi Shopee melalui Call Customer Service lagi, dan menjelaskan bahwa pihak Anteraja mengatakan bahwa nominal penggantian ditentukan Shopee. Lalu dari pihak CS Shopee mengatakan untuk menunggu dan akan memberikan jawabannya di email.

Pada sore harinya, CS Shopee mengirimkan jawaban di email yang mengatakan bahwa nominal penggantian dana sudah sesuai yaitu 10x ongkir dikarenakan tidak adanya asuransi. Disini sangat lucu sekali, padahal sudah di jelaskan dan Shopee tahu bahwa kirim Anteraja reguler itu tidak ada buat tambah asuransi. Aplikasi Shopee sendiri tidak membuat fitur untuk mengaktifkan asuransi, seperti marketplace lainnya.

Di sini sangat jelas saya sangat dirugikan pihak perusahaan kurir Anteraja, yang mana kesalahan ada di pihak mereka, tetapi saya yang dirugikan. Untuk Shopee, saya harap bisa meningkatkan layanan dengan memberikan fitur asuransi di aplikasinya yang bisa diaktifkan seller.

Melalui surat ini saya harap pihak Anteraja ataupun Shopee segera mengganti full kerugian saya.

Andry
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Anteraja atas Surat Bapak Handy Andry

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Andry yang berjudul: “Paket Hilang dalam Pengiriman, Penjual yang Menanggung Rugi” di mediakonsumen.com pada...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saran saya, Non-aktifkan semua jasa kirim selain Shopee Express. Karena hanya Shopee Express yang memberi jaminan pengembalian dana 100% untuk barang hilang atau rusak kepada PENJUAL, tanpa ribet asuransi.