Surat Pembaca

Penipuan dengan Modus Bisnis Kerja Online di Situs jd6688.shop

Kemarin saya lihat lowongan pekerjaan part time di Instagram, dan ada satu iklan yang muncul mengenai pekerjaan part-time online penghasilan 500 ribu – 1 juta per hari. Setelah itu saya klik, dan mengisi nama lalu langsung diarahkan ke nomor WA 0838-7583-8488, yang mengaku sebagai staf layanan Pelanggan Sistem.

Sesudahnya saya diinformasikan untuk memberikan informasi berupa Nama, Usia, Pekerjaan, Kota asal, Info iklan dari mana. Setelahnya dijelaskan cara kerja dan diberikan link website http://jd6688.shop untuk melakukan registrasi pada website mereka dan mengirimkan uang Rp100.000 yang akan diberikan bonus 20% sebesar 20 ribu rupiah untuk pendaftaran awal.

Dalam kasus ini, saya diminta untuk mengerjakan misi-misi pesanan, dengan nominal Rp800.000. Masalah terjadi di sini, uang tidak dapat ditarik. Di dalam akun saya, dengan ID rashelia pada website tersebut terlihat, nominal atau saldo akun Rp900.000.

Saat saya ingin melakukan penarikan, malah diminta mengirimkan uang kembali sebesar Rp2.400.000 dan Rp4.800.000. Dalam proses menarik uang dengan total Rp8.000.000 (Rp800.000 + Rp2.400.000 + Rp4.800.000), saldo akun saya menjadi Rp12.164.000.

Pihak penipu menjanjikan seluruh saldo akan dikembalikan, dan meminta lagi dana sebesar Rp12.164.000. Alasannya untuk aktivasi akun, melalui chat dari CS nomor WhatsApp 0821-6193-3549, yang direkomendasikan oleh “mentor” saya bernama Sartika Maharani S.E dengan nomor WhatsApp 0821-6180-6003. Setelah saya mengirimkan dana sesuai yang diminta tersebut, dikatakan bahwa aktivasi akun saya baru berhasil 50% dan untuk menjadi 100% saya diminta untuk mengirimkan uang sebesar nominal yang sama yaitu Rp12.164.000.

Pada keesokan harinya, 7 November 2022, saya menghubungi Bapak Johan Sebastian di nomor WhatsApp 0821-6180-6157 untuk meminta pertanggungjawaban dan pengembalian dana. Bapak Johan Sebastian bersedia memberikan jaminan agar semua uang saya dapat ditarik, dengan mengirimkan Surat Pernyataan ditandatangani di atas materai 10.000, dan yang tandatangan a.n. Paulus Nahak, S.AG, M.M selaku General Manager Fund Management dan Johan Sebastian selaku Ass Operational Marketing Management.

Dengan didapatkannya jaminan tersebut, saya bersedia melakukan pengiriman uang kembali sebesar Rp12.164.000, dikarenakan perjanjian dapat menarik seluruh uang di dalam akun saya sebesar Rp29.193.600.

Setelah transfer berhasil untuk aktivasi akun hingga 100%, saya kembali menemukan tidak dapat menarik uang saya, dengan alasan yang disebutkan oleh Bapak Johan Sebastian, akun saya memiliki sistem pelanggaran penarikan. Untuk menyelesaikan hal tersebut, saya diminta untuk mengirimkan kembali uang sebesar Rp12.164.000 dan Rp17.029.000.

Dikarenakan saya sudah depresi dan saya ingin uang saya kembali, saya kembali mengikuti instruksi tersebut, karena saya melihat sistem penarikan pada website tersebut dengan kedua nominal tersebut yang sebelumnya saya coba tarik pada tanggal 6 November 2022.

Pada tanggal 7 November 2022, saya hanya mengirimkan uang sebesar Rp12.164.000, dengan pemecahan melalui QRIS Rp10.000.000 dan Rp1.216.400. Nominal QRIS kedua sudah saya tanyakan dengan menyatakan kesalahan nominal tapi Bapak Johan Sebastian tetap meminta sesuai QRIS yang ada; seharusnya nominal dipecah Rp10.000.000 dan Rp2.164.000.

Nominal tersebut akhirnya saya kirimkan di sore hari tanggal 7 November sesuai mutasi rek BCA dengan seluruh detail no referensi transaksi yang akan saya cantumkan di bawah. Untuk nominal Rp17.029.000 tidak saya jalankan pada tanggal 7 November dikarenakan sudah mencapai batas limit transfer. Dengan itu, saya meminta permohonan kepada Bapak Johan untuk mengirimkan keesokan pagi harinya walaupun YBS mendesak dengan cara mengirimkan melalui bank lain.

Pada 8 November, dengan keyakinan uang saya dapat kembali, saya meminta QRIS kepada Bapak Johan Sebastian dan diberikan detail pemecahan transaksi senilai Rp10.000.000 dan Rp 8.029.000 (nominal yang seharusnya Rp7.029.000 menjadi Rp8.029.000 karena saya mengerti bahwa secara sistem logika hari sebelumnya kekurangan Rp 1.000.000).

Setelah melakukan transfer dengan total nominal Rp18.029.000; saya kembali menemukan uang saya tidak dapat ditarik dengan alasan limit penarikan dari akun saya dan dianjurkan oleh Bapak Johan Sebastian mengirimkan uang kembali sebesar Rp 15.000.000,- untuk dapat melakukan penarik seluruh dana total pada akun saya dengan ID rashelia pada website http://jd6688.shop untuk nominal saldo akun total Rp87.165.000,-.

Sistem penarikan website tersebut menunjukkan perintah “Anda harus menyelesaikan 1 pesanan pencairan ini untuk menarik uang tunai”. Dengan kecewa hati yang mendalam dan saldo yang tersisa di rekening bank BCA saya adalah Rp7.011.529,99, saya menyatakan ini sebagai kasus penipuan.

Besar harapan saya untuk mendapat bantuan dari seluruh pihak yang terlibat, baik dari Bank INDONESIA, Bank BCA dan seluruh Bank yang terlibat, CCIC POLRI (Cyber Crime), OJK, dan KOMINFO, maupun Merchant QRIS LinkQu yang digunakan Penipu untuk mengembalikan dana kerugian yang saya alami sebesar Rp61.521.000 secara paksa.

Saya juga memohonkan bantuan dari segala pihak yang berwenang yaitu POLRI Indonesia serta jajarannya untuk menindaklanjuti kasus yang sangat meresahkan ini AGAR TIDAK ADA LAGI KORBAN.

Dalam kasus ini, dapat diberlakukan Pasal 28 Ayat 1 menyatakan,

“Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam transaksi elektronik.” Berdasarkan Pasal 45A, setiap orang yang melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 Ayat 1 akan dipidana dengan pidana penjara paling lama enam tahun dan/atau denda paling banyak Rp 1 miliar. Adapun, Pasal 378 berbunyi, “Barang siapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum, dengan memakai nama palsu atau martabat palsu, dengan tipu muslihat, ataupun rangkaian kebohongan, menggerakkan orang lain untuk menyerahkan barang sesuatu kepadanya, atau supaya memberi hutang maupun menghapuskan piutang diancam karena penipuan dengan pidana penjara paling lama empat tahun.”

Dengan memberikan efek jera secara finansial, sosial dan mental kepada pelaku penipuan, saya mohon bantuan semua pihak di INDONESIA untuk bekerja sama memberantas modus kejahatan ini.

Jika uang yang didapatkan pelaku penipuan ini adalah untuk hal-hal yang sifatnya baik, seperti memberikan makan serta biaya sekolah anak panti asuhan, menyumbang ke komunitas sosial yang membutuhkan demi KESEJAHTERAAN MASYARAKAT INDONESIA, saya yakin semua korban akan mendukung usaha dengan memberikan donasi.

Akhir kata, saya ingin menyampaikan bukan masalah besar kecilnya uang yang diperkarakan, tapi masalah mental dan finansial korban yang dipertaruhkan.

Rashel
Bekasi, Jawa Barat

Catatan redaksi (diperbarui 15/11/2022): Bukti transfer/pembayaran melalui QRIS LinkQu terlampir.
Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • No comment deh karena bakal rame di bully sama sesepuh disini, semoga urusannya cepat selesai ya bu

    • Seperti nya ini kasus yg saya hadapi jg kak...
      Kalau saya di website https://mdb88.shop/index/user/login
      Website itu masih bisa saya akses, dan saldo akun saya 22.550.000
      Pihak mentor menyuruh saya melakukan tranfer lg untuk bisa menarik dana dari akun tersebut tp blm saya lakukan karna saya sdh kehabisan uang..
      Saya jg berharap uang saya bisa kembali.
      Seperti nya ini modus yg sama..

      • Semoga cepat selesai urusannya. Terimakasih telah berbagi pengalaman, semoga kita tetap waspada dengan modus seperti ini. Beberapa pekerjaan, yang seharusnya bebas biaya, mengharuskan kita membayar sejumlah dana untuk 'administrasi', semoga kita tidak terjebak.

        • Saya jg sama sedang mengalami bahkan sampai pinjol😭 uang saya habis 😩 saya pikir benar2 bekerja ternyata malah ditipu

          • Saya juga mengalaminya saat ini Bun..malah saya gadaikan motor saya keorang lain .yg satu dialihkan ke wa..dan yg satu lagi lewat telegram.malah saya diancam klu tidak TF dan melakukan tugas berikutnya..dgn mentor khatrina Munaf dan yg satu lagi Joan anggraeni

          • Ya Alloh... Ternyata banyak yg kena tipu ya, sy juga hampir kena tipu, modusnya jg sama, ada misi untuk menyelesaikan tugas, tugas 1-9 tdk di suruh trf, ketika menginjak tugas ke 10 baru saya di suruh trf sebesar 198rb, akhirnya saya trf tp pakai duit yg dari mereka, lanjut untuk tugas berikutnya saya di suruh trf lagi dg nominal minim nya 1jt100 ribu, tp tdk saya trf karena sy tdk punya duit, sy bilang ke mereka kasih sy waktu utk pinjam duitnya dulu, mereka menjawab OK KAK, tp tdk sy trf sampai beberapa hari, baru tadi malam saya blokir semua Grup mereka, SPV mereka dan Admin mereka, setelah sy membaca di berita ini.

          • Saya baru hari ini mengalami hal yang serupa, total saya hampir 40juta yaa allah raib begitu aja.
            Entah kenapa rasa nya kaya aneh aja kalo buka group nya tapi gak bisa sadar sepenuhnya, setelah sadar 100% ternyata saya sudah melakukan kesalahan besar karna segampang itu tf kesembarang orang dan yang parah nya lagi yang 1 group sama saya kemungkinan fiktif semua tapi seolah2 dia memang berada diposisi saya yang lagi memperjuangkan untuk uang kembali jadi yaaa saya kebawa suasana group
            Gak bisa berkata2 lagi setelah group nya dinonaktifkan admin dan saya cuman bisa nangis sejadi2 nya karna uang ya g saya perjuangkan kembali malah hilang begitu aja

        • Saya baru di tipu juga oleh iming2 kerja simple online menghasilkan duit besar...Nama PT nya juga tri berkat dan pake Fruugo juga aplikasinya..spertinya kita harus viralkan di stasiun televisi atau media agar Polisi mau bergerak..ayo para korban bisa berkumpul mengadukan situs penipu ini..saya tunggu reaksi teman2 semua ya...Trima kasih

          • bisa gak ya, klo kita coba buat group wa atau apa pun. lalu kita buat jadwal tuk ramai2 melapor ke Polda dan panggil media agar diliput dan diviralkan. untuk bukti2 nantinya bisa kita kumpulkan bersama. krn mungkin klo lapor sendiri akan sangat kecil atensi dari aparat beda hal klo kita ramai2 dan diliput media. bisa dibilang memang akan buang2 waktu, krn mungkin uang tidak akan kembali, tp klo tdk demikian, pasti korban akan bertambah terus.

          • Anjir sama kita coq ketipu 3 juta gara gara itu juga , katanya tim musim mas Halah bullshit ternyata, nih saya ada no wa nya
            0831-5927-5974 (indri saswita)
            0821-2467-5307 (Jesica)
            No dua penipuan profesional ?

          • Sama di budm saya juga gitu pas saya komen di group wa budm karena saya ditipu sekian sekian juta ,pas ada anggota yang nanggapi saya langsung dikeluarkan dari group budm

        • Jadi budm ini penipuan jg kak,,aduh saya jg udh deposit pertama 1,3 yg kedua 2,6 skrg msh hrs isi deposit lagi 7,8 tp blm saya isi soalny udh mentok bgt uangny ga ada lagi

          • Duuh...masih banyak korban...indikasi ada pembiaran..saya koq yakin sudah banyak yang bikin laporan...tapi?
            Aah....ya sudahlah....

          • iya kak, itu penipuan. sama persis. seperti yang saya alami 3 bulan lalu. itu dlu saya namanya misi double mereka menyebutnya seperti itu.

          • sama tuh modelnya,nanti kalau lama lama naik terus depositnya sementara alasanya misi selanjutnya belum selesai dari tugas satu dih parah misi di dalam misi ada misinya lagi yang tambah besar terus loh anehnya

        • wah sama ni saya baru tadi malam bu mau narik 15.786.000 kok banyak disuruh transfer ini itu perasaan nambah nambah terus,sudah itu waktu saya tanya kegroup wanya eh kok langsung di keluarkan saya dari group.bahaya ini hati hati ya buat yang lain

      • Sama Bro.. saya juga tertipu.. model nya kita like2 gitu.. atau model seolah2 beli barang menaikan view toko online.. awal nya sama.. selesaikan misi dapet 100rb ga bsa di tarik.. selesaikan misi selanjut nya top up karna nilai barang yg di like 200rb.. terus meningkat.. sampe akhirnya skip dehh.. saya ketipu 700rb.. ?

        • Ini juga terjadi kepada saya.. Di web itu jg. Kena tipu 9 juta. Yg dr 1 juta sampai 9 juta gk bisa ditarik dengan alasan persis di atas. Pdhl sy cmn petani dn hampir mau struk kerna kejadian tersebut.. Slalu dukung usut sampai tuntas

      • Kak, sepertinya kita satu web. Aku juga baru kemaren lusa kena tipu di web yg sama. Saya tidak bisa narik uang saya karena dimoderasi. Sekrang lagi proses lapor ke pihak berwajib. Semoga uang kita bisa kembali yaa kak. Besar harapan saya ?

      • saya juga baru kena tipu , kejadiannya sama seperti saudara ini link websitex
        h**ps://bisnisdm.shop/index/my/index
        sampai sekarang saya juga selalu dihubungi untuk menyelesaikan tugas padahal sudah selesai smua .dan saldo dana saya tidak bisa ditarik karena sudah tidak ada uang , banyak sekali alasannya dsuru bayar fakturnya supaya aman dan sebagainya,,semoga uang saya bisa kembali dan pelakunya bisa tertangkap

      • saya juga sama mbk akun firsttradevip1.com, masih bisa saya akses , di dalamnya ada 12jt , alasannya saya di suruh kirim 13jt untuk saya bisa tarik dana nyelesaikan tugas, karna saya juga rasa janggal dan tdk ada lagi dana , saya meminta stop di kembalikan saja uang saya 10jt rugi tdk apa2, tetapi mereka maksa saya untuk ttp isi , saya blg knp td perusahaan saja bantu . awalnya sudah terjebak, karna dengan iming2 uang bisa di tarik jadi nya terpengaruh untuk mengisi terus menerus.

      • Saya juga baru saja kena penipuan ini. sampai nominal 300ribuan., dana saya masih aman. nama web nya mm66.shop/page
        ini saya kemarin kena 3.900.000
        untuk mencairkan itu dia minta saya TF lagi 6 juta agar tugas bisa diselesaikan, padahal awalnya dia tidak menjelaskan hal tersebut. Dengan berat hati saya tidak transfer lagi.,tapi saya malah di telfon2 sama yg 1 group dengan saya dengan dalih tugas 1 kelompok maka anggota kelompok harus menyelesaikan tugasnya masing2 agar anggota lainnya komisinya bisa cair. Tapi saya rasa yg menghubungi saya itu adalah komplotan mereka juga.
        akhirnya berat hati dana saya masih dibekukan sekitar 3.900.000- sampai hari ini saya berkomentar., dana saya tersebut tidak bisa saya tarik dan masih ada di akun tersebut.

        Kira2 apakah tidak ada teman2 yg mampu (Hacker) yg bisa membantu untuk mencairkan dana tersebut?? Hitung2 untuk membantu kita2 yang sudah kena tipu ini.

      • Sya juga baru saja mengalaminya, sya udah bingung mau lakukan apa, gmna ya biar uang bisa kembali?

        • Binggung sy mw comment yg ginian
          Jujur scara gg langsung aku pernah ketipu bahkan nominal yg gg sedikit juga tapi dari sini kita harus lebih mawas diri apalagi kalau sampai uang sudah berpindah tangan sulit rasanya untuk kembali walau cuman se sen doang

      • Kalo saya di web depop.top kasusnya sama sepertinya cuma terakhir saya diminta transfer 7,4 JT an saya sudah tidak punya uang lagi sementara uang saya yg sudah masuk sekitar 5,5jt . Padahal saya orang kecil korban PHK pandemi COVID-19 tidak punya pekerjaan uang yg kena tipu 5,5jt uang tabungan untuk makan sehari2, memang sedih rasanya.

      • Saya juga baru mengalami kejadian ini..walau tidak sebesar yg di alami mbk nya. Tp bagi orang bawahan seperti saya itu nilai yg besar biar hanya berkisaran satu jutaan tp itu saya boleh minjam sama tetangga

    • Logika saya langsung nge lag,maaf semoga segera selesai masalahnya walaupun saya rasa sangat sulit sekali

      • Pada awalnya memang lancar, mreka melakukan pembayaran.
        Karna sudah kadung masuk uang kita makanya bisa kita tfr berkali2, krna mreka menjanjikan akan mengembalikan setelah tfr. Sya kena
        di situs //ricanafi.vip/index/user/register

    • Saya juga kena tipu diweb fidshop modusnya sama KA saya lapor ke lapor.go.idtapi belum ada tanggapan
      Sampai sekarang masih wa minta menyelesaikan tugas agar dana bisa di tarik.
      Kita harus viralkan biar penipu di tangkap dan
      Semoga yg lain tidak kena tipu

    • Game penghasil uang dan pekerjaan sampingan dengan janji penghasil banyak uang ini memang sudah menjadi bagian penipuan sekarang, berbagai cara mereka lakukan untuk memperoleh kentungan pihak mereka. Semoga pihak yang berwajib bisa mengatasi hal seperti ini dan menghukum mereka, sangat banyak korban dengan janji-janji palsu penarikan

    • Saya juga sama. Tp web amazone. Si mentor menyuruh saya untuk masuk grup. Waktu tugas pertama nggak ada anggota baru selain saya. Kira2 anggota grup wa ada 8 org. Setelah tugas pertama selesai uang kembali. Oleh mentor grub wa disuruh menyelesaikan tugas ke2. Disini saya mulai curiga. Chat² an org dlm grub agak aneh. Bahasanya terlalu baku dan kaya copy paste. Tugas pertama saya 3x setor , total setoran 100 rb. Untuk tugas ke 2 , saya deposit 2x. Nggak banyak, total deposit yg saya keluarkan 300 rb. Krn merasa aneh saya gak menyelesaikan tugas ke 2. Disitu anggota baru dalam grub wa mulai muncul. Iming² menyelesaikan tugas ke 2, dia deposit sebayak 7jt dan dapat bonus 5 jt. Seakan akan nyuruh kita menyelesaikan tugas biar dapat bonus sebanyak dia. Klo belum selesaikan tugas duit yg kita setor gak bakal balik. Awal mikir mau lanjutin krn anggota baru dapat bonus banyak. Dana beku di akun saya ada 2jt. Gak bisa diambil sebelum tugas selesai. Klo mau nyelesain tugas harus setor uang dulu klo uang di akun kita kurang. Tp untung gak jadi. Saya mikirnya klo saya setor uang sampai 7 jt kaya org tsb ,ya kalo balik. Klo nggak?, Lagian saya gak kenal mereka 1 orgpun di grub tsb. Bisa jadi org baru tersebut komplotan. Waktu setor uang nama akun bank org² tsb juga aneh. Nama org asing. Dan ganti² akun. Moga aja gak ada lagi yg kena penipuan model begini. Banyak yg sampai terpuruk uang banyak kan mungkin mikirnya pingin uang yg kita setorin balik. Seengak.nya bonus gak dapat tp modal kita balik. Klopun dikasus.in kanyak.nya sulit , apalagi klo pingin uang balik. Si penipu pake akun bank lebih sari satu. Bisa puluhan malah. Tutup akun satu masih banyak yg lain.

    • Saya juga baru kena tipu,awalnya saldo dr 250 sampai 650 bisa di tarik ,,di atas 1jt 2jt sampai 6jt uang masuk ahirnya ga bisa di tarik katanya saya melanggar karna buru² tarik saldo ...😭...h**ps://capitaland66.com/index/index/home....saya dapet link itu dari iklan Instagram...ternyata penipu

    • ga usah ngata2in dan ga usah ajak orang lain ngata2in. bersyukur anda sdh baca sehingga anda mgkn beruntung tdk terjebak di dalamnya. bersyukur kepada Tuhan bukan malah jadinya mau ngata2in orang lagi kesusahan. belajarlah sedikit jadi manusia yang punya hati.

      • Klo bisa bukti tranferan di sertain kak....turut prihatin kak dan terima kasih atas postingannya yg bisa membuka mata buat seluruh pembaca di indonesia...tapi aneh juga kak kenapa kaknya terobsesi dengan pengembalian dana kakak yang dengan mudahnya mentranfer ke rekening yg tidak jelas tujuannya...harusnya kaknya stop di awal karna memang sudah ada niat penipuan....

        • saya sdh sertakan dan tim redaksi tidak menerbitkannya. saya hanya mau uang saya kembali, krn hari senin tgl 7 nov itu ada orang di 1 group wa dgn saya yg melampirkan uangnya dia kembali 98 jt 800 ribu rupiah.

          • saya jamin orang yg 1 group wa dengan ibu dan mengatakan uangnya dikembalikan adalah satu komplotan dengan para pelaku. itu hanya pancingan agar ibu nurut dan transfer duitnya.

          • Pertanyaanya kak apa kakaknya kenal dengan orang yg ada di grub yg uangnya kembali...? Semua penipu pasti memiliki perbandingan 1:10 yang mana 1 di goalkan ato di buat contoh karna ini produk memang menjanjikan dan yg 10 yg akan jadi korban...ya semoga saja uang kaknya cepet balik...ato laporan polisi kak bisa kok rekeningnya di bekukan...

          • Komplotannya itu mb, coba mb cek no HP di grup WA. Itu nomornya biasanya serinya sama Mb. Saya jg pernah ketipu Mb.

          • kak aku juga kena tipu kaya gini, modusnya juga sama ada orang satu grup yang wa lebih dari 3 orang bilangnya juga sama kaya yang di bilang kaka tadi, tapi ternyata uangku gabisa balik aku ketipu hampir 3jt an

        • Turut prihatin atas kasusnya, mba rashel..lalu sampai sekarang kelanjutannya? apakah tidak ada solusi yang bisa membantu? sy 2 hari yang lalu juga juga kena d situs ini : h**ps://indodax-1318024917.cos-website.ap-tokyo.myqcloud.com/#/?to=My...modusnya mereka kasih reward sampai sy terbuai kl ini hanya akal2an mereka..suruh topup terus yg jumlahnya puluhan juta & selesaikan misi agar saldo bisa dicairkan..akhirnya sy sadar ditipu & saldo sy masih gantung sampai sekarang...WASPADALAH..

      • Bu,
        Saya rasa anda kena jebakan scam deh.
        Kalau online job bonafit itu gak ada minta duit duluan.

        Kemudian dr surat pernyataannya juga tidak dilampirkan alamat perusahaan, stempel perusahaan, kop surat perusahaan dan nomor surat.

        Anda harus lapor ke kominfo ini via whatssap juga bisa, twitter jg bisa, website kominfo jg bisa.
        Sya sih bukan nyalahin regulator, dalam hal ini pemerintah. Domain odong-odong begitu masih juga lolos, seharusnya ngikut "negeri tirai bambu", aturan domainnya diperketat sehingga scam/phising pun bisa diminimalisir.

        • ndak bisa lah ngikutin prosedurnya negeri tirai bambu, nanti byk kaum kreatif yg menilai pelanggaran kebebasan, domain2 aneh2 ga semuanya negatif, tergantung bagaimana kita menyikapinya

          • padahal bbrp waktu yg lalu kalo ada iklan di IG yg isinya upgrade premiere member baik itu BCA, maupun BRI pasti saya report, baik ke IG maupun WA. Begitu muncul iklan lagi saya report terus menerus. Tapi iklan job ky gini belum muncul di timeline IG saya. Sangat meresahkan.

      • Utk dpt perhatian dr pihak berwajib ibu lapor ke polisi bu. Nanti kepolisian yg akan melakukan pengembangan penyidikan ke pihak2 terkait kaya bank dll.
        Kalau ibu menulis di MK dan berharap dpt atensi dr pihak berwajib ya ga akan bu. Sekedar kasih saran aja.

      • Wah pelaku penipuan sudah ubah cara dan cukup canggih masuk ke sistem website juga.

        Anda kuat sekali kak dengan tegar menulis penipuan yg anda alami. Cukup sitematis cara mereka nipu ya, ini bisa dialami siapa saja sih. Itu yang sok mau ngatain n sok pinter belum aja kena, kalo lagi apes hal gak diduga aja bisa kena.
        Kudoain uang yg ditipu nanti balik berkali kali lipat ya kak. Amin.

        para penipu pasti kena apesnya nanti.

        • Modus seperti ini sdh sering terjadi dengan iming iming income yg wow banget dalam sekedipan mata. Kalo kita mudah tergiur dgn iming iming itu pastinya jd sasaran empuk dan gurih para penipu tsb.

          Minimal sebelum bertindak bisa searching di mbah google " Penghasilan dari shopee1666.com" Keluar semua itu busuk busuknya.

        • Terima kasih atas doa dan supportnya orang-orang baik. Semoga seluruh pihak terkait mau melakukan transparansi sehingga uang saya kembali dan kasus ini tidak dirasakan oleh orang lain.

          Salah satu dari total 24 orang sudah mengejar ke LINKQU termasuk saya, tapi LINKQU tidak mau transparansi dan bekerjasama jika tidak ada dari pihak kepolisian (LINKQU juga tidak merespon email yang telah saya lengkapi dengan bukti-bukti transaksi lengkap dgn tgl dan jam transaksi sesuai yang pihak mereka minta).

          Buat informasi tmen2 aja, saya hari senin tgl 7 november sdh cari2 di google dan tdk ada website jd6688 ini dilaporkan. Setelah saya komen di salah satu postingan MK Suhendi / arraziq barulah banyak yang komen bahwa mereka juga kena dari website ini terhitung sejak tgl 9 - 13 November dgn nominal 34, 17, dan 19 juta. Jadi saya harap tmen2 yang masih mau ngata2in, silahkan disimpan sendiri dan bersyukur kepada Tuhan tidak menjadi salah satu korban pancingan.

          • maaf seharus nya hisa dilihat dari Nominal pembayaran gaji nya 500-1jt / hari hanya melakukan tugas" nya , kalo dikali sebulan berarti gajian nya bisa 15-30jt , dimana logika nya coba kerja dari rumah tanpa skill dan pengalamam bisa dapat gaji kisaran 15-30jt perbulan dari situ uda keliatan penipuan nya , belum lagi situs web nya juga .com bukan .co.id atau web yang berbayar , sudah tak terhitung berapa banyak yg tertipu & tergiur hanya karena gaji besar menuruti hawa nafsu tapi mereka melupakan logika .

      • Ma'af kak itu penipuan smpai kiamat pun uangnya gk akan cair kakak akan di sruh transfer lagi, lagi & lagi, saran jdi prcya model yg begituan di iklan bnyak bgt model begituan tpi ya di skip saja

      • Bu, itu jelas2 penipuan.

        Lain kali, untuk sesuatu yg sangat menjanjikan, selain janji dari Tuhan, anda jangan percaya. Pasti penipuan. Apalagi ini cukup tidak masuk akal.

        Jika diminta transfer lagi, semanis apapun kata2 dia, walaupun dia bilang bakal transfer, jangan pernah mau melakukan permintaan nya.

        Saya pernah baca, ada juga yg pernah ditipu dengan cara si penipu minta nomor kartu ATM/CC (bukan nomor rekening).

        Intinya, setop dialog dengan penipu tersebut karena dgn tipu dayanya, mereka nggak akan jera dan takutnya anda tertipu lagi dan lagi. Screenshot riwayat percakapan virtual dengan penipu tsb. Simpan juga bukti transfer anda.

        Memang kemungkinan uang anda kembali sangat sangat kecil.

        Tapi ya itu yg bisa anda lakukan jika memang anda ingin melanjutkan laporan tsb. Semoga ada tindak lanjut dan jangan sampai anda transfer lagi walaupun ada janji yg mau dia lakukan kepada anda.

      • Web itu didaftarkan oleh nomor +354.4212434 yang memang terkenal sebagai scamer... Search aja +354.4212434 di google...

      • Saya juga sama. Tapi untung baru hanya 800rb aja total kerugian saya. Lapor juga mbak ke pihak linkqu buat tracing dan dan pemblokiran. Herannya mereka pakai nama² penerima luar negeri

      • Saya juga kena mbak. Modus yg sama. Mereka pakai situs gratisan yg setelah beberapa waktu menjadi internet positif. Uang saya hilang 28 juta saat itu dgn modus persis sama,pakai nomer WA0878 3121 5019 .sekarang nomor tak aktif lagi.

      • Jd6688.shop...saya juga mengalami hal yang sama saya tdk bisa narik saldo sebesar 19 jutaan. Harus aktipkan akun lagi dengan melakukan top up sebejar jumlah saldo yg ada diakun...aneh bangetttt...bener2 merasa ditipu

      • Setuju, beruntung lah ada yg berbagi pengalaman dan cerita, bila tidak akan lebih banyak lagi korban berjatuhan, semangat ! Semoga aparat segera bertindak dan mengekspose pelaku biar jera dan wajib mengembalikan dana-dana korbannya

    • Jgn percaya mulai skrg pkok nya klo transaksi entah itu pinjaman atau apa pun yg minta d tf enag alsan pajak lah dll trs orang nya bilang nanti kembali beserta uang yg jd hak kita dh pasti tu penipuan

      • Buat Anda yang ngata-ngatain saya, daripada Anda cuma buat dosa ngata-ngatain orang yang sedang kesusahan, lebih baik jika Anda berbuat baik dengan memberikan donasi seikhlasnya ke rekening BCA saya di 6880200087 a.n RASHELIA PASCA DWITON.

        Berapapun yang diberikan akan menjadi berkat bagi saya. Dan berkat tersebut pun akan kembali kepada yang memberikan. Tuhan Allah memberkati. Terima kasih.

        • h**ps://ub88.shop/index/index/home
          Ini juga situs penipu ya.. dan rek an.pt tri usaha berkat juga rek penipu, jd jgn sampai lakukan tf ke rek trsbt...

        • Sama kayak saya ka,,emang sih nominalnya lebih kecil dari ka2,,tapi klw kita bner2 butuh berat banget,,kalau gini ingin jadi hacker yang bisa membobol rekening penipu,,kasihan sama yng sudah kehilangan

  • sakit hati saya melihat kejadian ini. kok bisa ibu transfer berkali2 dengan nominal yg cukup besar.
    ketika penarikan pertama tidak bisa seharusnya ibu udah curiga. ibu bisa tanya keluarga atau teman bukan malah nurut2 perintah pelaku.
    sorry to say, saya jamin uang ibu tidak akan kembali.

    • mohon doanya saja ?? saya mau lihat sampai dimana Pemerintah akan bertindak dalam kasus ini demi keadilan WNI. Pemerintah jor-joran digitalisasi tapi tidak bisa memproteksi masyarakat. Seharusnya BI punya wewenang utk melacak transaksi dan menarik paksa dananya. Seharusnya BI juga berhak mencabut legalitas LINKQU. Salah satu orang dari total 24 korban info kalau pihak LINKQU tidak mau bekerjasama jika bukan dari pihak kepolisian. Sedangkan pihak kepolisian untuk terbit surat laporan polisi saja, saya sdh disuruh bayar "biaya administrasi" baru bisa keluar TTD. BARESKRIM seharusnya bisa mendetect dan memblokir serta menghack, mengekspos pelaku penipuan dgn modus ini. Sdh ada 24 korban termasuk saya sampai kmrn masih ada yg kena 17 dan 19 juta.

      • Posting kan di saja di sosmed...tiktok...ig...facebook sampai kasusnya mengudara tinggi ke angkasa...jangan pernah menyerah mendapat simpati dari netisen...klo sudah dapat banyak simpati pasti polisi cepat gerakannya...pa lagi masuk tv swasta???

        • Aduh sy jg hampir sj tergiur,dan iklan yg sejenis banyak sekali...semoga kepolisian bisa mengusut ini,sy yakin korbannya byk dgn nominal yg byk jg...mohon bantuannya kepolisian dan pemerintah??
          Terimakasih ibu yg mau menayangkan masalah ibu di mediakonsumen sehingga jadi perhatian utk yg lain supaya waspada n berhati hati

      • Proteksi pemerintah ya tergantung masyarakat juga bu, kan sdh bnyk pengumuman dimana2 mengenai penipuan modus biaya layanan bank dll. Tp kl masyarakatnya msh bnyk yg mau dpt uang bnyk tanpa kerja ya tetap akan ada penipu2 kaya begini, dan akan suaah diberantas.
        Ibu mau dpt bantuan dan perlindungan ya lapor ke instansi terkait

      • saya juga salah satu korbannya bu, cmn beda website.
        apa bisa balik ya bu dananya jika lapor polisi ?

      • 1. "Pemerintah jor-joran digitalisasi tapi tidak bisa memproteksi masyarakat".
        Aduh bu, kasus ini murni kesalahan ibu, ibu ga bisa selalu salahin pemerintah untuk setiap tindak kejahatan. Ibu kalau kena paku ranjau di jalan, ibu ga bisa salahin pemerintah karena menyediakan jalan raya. Polisi mungkin bisa menangkap pelakunya, tp jangan harap pemerintah repot" menambalkan ban ibu yg bocor.

        2. Untuk BI dan LINKQU butuh laporan kepolisian itu sudah sesuai aturan, semua lembaga memang seperti itu, ga bisa sembarangan. Kalau mereka bertindakan tanpa laporan kepolisian mereka bisa kena pasal berlapis mulai dari perlindungan konsumen, pelanggaran privasi, melakukan tindakan diluar kewenangan dll.

        3. Bareskrim memang bisa melakukan itu, tp semuanya tetap butuh prosedur, tanpa prosedur bareskrim bakal gada bedanya sama bandit

      • Kalo dalam kasus ini menurut saya seharusnya kita yg harus hati2 bukan pemerintah yg di suruh jor2an protect, ya ini ibarat gak jauh beda dngn orang yg gak di kenal lagi jalan tiba2 nyamperin anda trs bilang "mau kerja 2 jam penghasilan 1jt?" Trs anda bilang mau, akhirnya dia minta uang di saat itu juga sesuai kasus anda nominalnya, trs minta lagi dan lagi, ya di logika saja sebenarnya orang gak di kenal lagi lewat minta duit terus2an apalagi menawarkan penghasilan yg tidak masuk akal, kalo lapor polisi agak susah skrng karena terlalu banyak kasus yg di hadapi, jngn kan banyak kasus, cuma 1 kasus aja lama nya minta ampun, kinerja nya mereka di jaman skrng emang kurang giliran dpt cuan langsung gercep

      • Ya benar, saya pernah chat dan telp pihak LINKQU, mereka tidak mau bekerja sama dgn kita, tetapi jika ada dari pihak kepolisian yang meminta, mereka akan kooperatif, gitu katanya.

      • Kak, saya juga sudah email ke pihak LinkQU tapi mereka slow respon sekali.
        Gimana sekrang kak ? Apakah uang kakak bisa kembali atau setidaknya ada ganti rugi meskipun tidak semua. Bagi pengalaman kak, saya juga baru kena tipu dengan modus yg sama.

      • saya korban juga bu... ratusan juta malah :( baru aja.. ini masih d kejar2 untuk pencairan lg

        • besar sekali kaka gimana kronologinya...? Apakah seperti peng hipnotisan gitu ya??

          • bukan d hipnotis mba.. tp kita harus menyelesaikan tugas dan stor uang yang makin lama makin besar. dan tugas2 itu ga dibolehin berhenti di tengah jln. yang kmrn seharusnya bisa d tarik, jd nambah setor lg buat narik uang kita sendiri seperi kasus mba rachel. dan kita mau ambil uang kita sendiri aja dipersulit. malah kita yg di bilang pinjam perusahaan...

      • inti nya hawa nafsu mu melupakan logika mu & bukan soal lacak melacak atau hack menghack atau pemerintah ga bisa berbuat apa" , padahal kalo IBU mau lebih teliti sudah banyak iklan masyarakat yang dibuat oleh pemerintah maupun swasta agar terhindar dari tindak kejahatan dunia maya . mungkin ibu terlalu nafsu untuk mendapatkan gaju 500-1jt perhari sehingga melupakan logika

    • Serius ini gan ,saya sampe gak ngerti kok bisa berulang kali transfer dan gak berhenti. Logika saja la kerjaan sehari dibayar 500 s.d 1 Juta modal hp ditahun 2022 ini tanpa kerja lagi mana ada ? .
      Bikin situsnya ngga nyampe 200rb ,korbanya luar biasa

      • saya baru kena tadi malam mau narik 15 jt disuruh transfer lagi biar tugas selesai dan pendapatan serta depo modal bisa ditarik semua begitu ujarnya

        • Sama ka saya juga kena tipu mau narik 8.7jt di suruh transfer 14jt...aplikasi yg digunakan berkedok Banggod..h**ps://apkfab.com/banggood/com.deninelmotmanererketa.mn/***

  • Prihatin sama case nya next mbak harus lebih hati² sering² sharing udah banyak modus gini apalagi dipasang lewat iklan medsos

  • Udah bu ikhlasin aja itu pasti gak bakal balik duitnya semoga diganti yang lebih ya bu rezekinya

      • Ya allah beneran ya situs " gitu mnipu brarti saya jg ken tipu dong ?tolong dong yg bisa ambil saldony bantu saya ??

    • lapor polisi, tp meskipun tertangkap uang kita blm tentu balik, jd serba salah. lapor ke bank jg bakal di suruh lapor polisi dulu, klo deket mah sy traktir makan, setidaknya kamu ilang keselnya bbrp menit sj.

  • sampai sekarang websitenya masih bisa di akses.
    coba lapor ke kominfo biar website nya di take down agar korban tdk bertambah.

    • saya sudah lapor ke BI, OJK, SETNEG, KOMINFO, seluruh bank yang terkait dan LINKQU melalui email dan juga media sosial twitter dengan men-tag CCICPOLRI, Dapil kab Bekasi Kak Puteri di Instagram, DM dan komen di IG BI, OJK, dan lainnya.

      • Ada yg kelewat bu, di twitter mention juga pak kapolri Listio Sigit. Beliau janji pada rapat kerja dengan komisi 3 dpr kalau tidak ditanggapi oleh kepolisian, dia sendiri yg naggepin.

          • DM ke artis yg punya podcast aja, sm ke si Sabda DZ supaya di angkat ke trs di wawancara. lampir kan link laporan dr medkom ini.

        • bisa juga buat modal usaha pak Joko

          Semoga permasalahan Ibu Rashelia bisa segera terselesaikan. aamiin

          Mungkin saran saya jangan mudah percaya, dan lebih hati hati lagi.

      • Lapir langsung, kl sosmed kan yg megang admin sosmed masing² instansi. Utk dpt atensi cepat ya hrs datang langsung. Luangkan waktu anda, kan mau uangnya balik?

    • Mohon bantuan bagi teman2 pembaca menandatangani petisi https://chng.it/hXV8k9SV2G dan jika berkenan membantu share berita ini. Saya juga sudah posting di berbagai media sosial saya dari sejak 9 November 2022. Terima kasih atas doa dan bantuannya.

      • polos sekali sampe puluhan juta keluar baru sadar ketipu! mikir aja itu dpt ratusan ribu satu jam mungkin indonesia udah ga ada warga miskin

    • Simpati utk ibu....Sepertinya sudah banyak laporan yang masuk, tapi pihak Kominfo tidak dapat bertindak tanpa adanya koordinasi dengan berbagai pihak sedangkan pihak OJK dan BI hanya dapat menindak lanjut hal ini setelah dari pihak Kepolisian. Mohon pencerahan dari teman-teman bila ingin membantu. Terima kasih

  • Kasus penipuan onlen jarang ada yg diusut taulah karna keluar biaya lagi blm tentu uang bisa kembali juga, mungkin menjadi pelajaran hidup yg harus dibayar mahal jgn mudah percaya. sy juga hampir ketipu bisnis onlen vt*b diajak sdr gak taunya ilegal lbh bnyk korbanya sampe skrang kasus gajelas

  • Udah ikhlasin aja mba.. semoga nanti dapat ganti lebih banyak.. orang yg kena tipu bukan berarti orang bodoh tapi karena nafsu dan rasa takut kehilangan uang membuat akal sehat ga jalan dan akhirnya kena tipu berkali kali.. kasus mba mirip dengan kasus yg hampir menimpa istri saya tapi istri minta ijin sebelum transfer dan saya larang

  • Apakah anda sudah membuat laporan ke kepolisian? Kalau berharap payung hukum harus ada laporan terlebih dulu walaupun kecil kemungkinannya kasus penipuan online akan ditindak. Tapi kenapa sodara bisa dengan mudahnya transfer dana berkali-kali dalam jumlah besar. Harusnya sedari awal udah boleh curiga. Mudah-mudahan dah cepat selesai dan ada respon dari pihak berwenang.