Surat Pembaca

Penjual di Shopee Tidak Profesional

Pihak Shopee yang terhormat,

Saya sebagai pelanggan setia Shopee, ingin menyampaikan komplain terhadap toko KUCA Official Shop yang berstatus Shopee Mall. Yang menurut saya sangat tidak amanah dan tidak profesional dalam menjual produknya.

Pada tanggal 11 November 2022, saya melakukan checkout pesanan atas 1 unit Kursi Malas Tempat Tidur Lipat model kapas mutiara dengan lebar 75 cm, yang dijual KUCA Official Shop dengan nomor pesanan: 221111R9GSKD53.

Tanggal 12 November 2022, saya sudah mendapatkan chat dari admin penjual bahwa produk yang saya pesan habis dan ditawari untuk ditukar dengan model lain.

Anehnya kalau model yang saya pesan habis, mengapa sewaktu saya checkout, model produk tersebut ready stock dan bisa dibeli? Lebih anehnya lagi, tanggal 17 November 2022 saya mencoba test beli model produk yang sama yang katanya habis tersebut, ternyata model produknya masih ready stock dan bisa dibeli serta bisa dimasukkan ke keranjang. Di situ masih tertera jumlah tersisa 7 buah.

Bahkan sebelum saya membeli produk tersebut, istri saya sudah duluan melakukan checkout pembelian atas model produk tersebut tanggal 6 November 2022, dengan nomor pesanan: 221106BWS7D3WD. Namun produknya tidak dikirim juga dengan alasan yang sama, yakni model produknya habis dan ditawari untuk dengan ditukar dengan model lain.

Terakhir terjadi pembatalan secara otomatis oleh sistem Shopee pada tanggal 9 November 2022, karena penjual tidak kunjung mengirimkan pesanan tepat waktu.

Melalui surat pembaca ini, saya meminta agar pihak Shopee segera menyelidiki masalah ini dan mendesak pihak penjual agar segera mengirimkan pesanan saya sebelum tanggal 19 November 2022 untuk menghindari pembatalan otomatis yang kedua kali.

Jika kali ini produk saya gagal dikirim juga, saya harap pihak Shopee bisa bertindak tegas terhadap toko “nakal” yang telah merugikan konsumen setia Shopee. Akhir kata, saya mengucapkan terima kasih kepada pihak Shopee dan saya berharap masalah ini bisa diselesaikan dengan baik.

Hormat saya,

Joni
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Buyernya goblog, kalau udah dibilang kosong ya tinggal cancel beli barang ditoko lain

    Ente ga pernah jadi seller tapi jadi buyer yang sok ngeraja bilang y@ k4n K4l0 k0son9 t1ngg@l d1Ed1t, lo pikir cek stok update apalagi punya banyak toko gampang apa? Seller udah minta maaf tinggal cancel aja idup lo dibikin ribet

    Ga mampu beli barang yang mahalan kah sampe curhat si media konsumen? Lawak kau sia anyi

  • tanya dulu stok ada atu nggak, kalau tau2 di CO, bisa jadi stok kosong, ini masih mending pihak admin sudah konfirmasi kalau stok kosong.

    mengapa bisa jadi demikian? jualan partai besar kalau tidak cekatan karyawanya ya gini, stok asli mungkin memang 7, tapi diposting di tokpedlah sopilah lazadalah, offlime lah, dll sehingga bisa jadi ada miskomunikasi pihak gudang dan admin, karena kurang cepat bertindak sehingga tidak update stok... kura2 begitu... cuman ini sudah diinfokan kosong, masih berharap aja ada,

    • terjual secara offline, tapi lambat komunikasi ke admin untk update stok pada masinh2 sosmed... eh ketabrak pkerjaan urgent lainya, jadilah itu Lupa

  • Makannya kalo mau belanja di ecomerce biasakan chat penjualnya dulu, "masih ada stock" nga. Dari situ keliatan kok. Kalo penjual bener pasti "gercep" Jawabnya.
    Dan sudah pasti itu penjualnya punya toko di ecommeece lainnya. Apalagi sudah " Officialyasien store". Sangat tidak mungkin dia cuma punya satu toko di ecommeece. Cek toko sebelah dgn nama yg sama pasti ada namanya. Yg paling penting ya itu diatas, " Biasakan chat penjual sebelum membeli untuk tanya stock. Jadilah pembeli yg cerdas , nga asala liat ada diskon aja. Daripada ribet nantinya

  • Menurut saya bila kejadiannya spt ini lebih baik pembeli langsung saja membatalkan pesanan secara manual. Utk mengantisipasi jika penjual mengirimkan barang yg sama sekali berbeda, anda yg sangat rugi. Seller dlm hal ini "belum" melanggar ketentuan jual-beli krn memang sistem masih memberi waktu pembatalan otomatis. Dan seller pun sudah benar sudah menginformasikan ketidaktersedian barang dan menawarkan produk lain. Sekarang tergantung anda, lanjut atau batal.
    Atau anda sangat menginginkan barang tsb sehingga tetap keukeuh bertahan? Sebaiknya jangan. Lebih baik cari produk lain atau seller lain.

  • Begini pak, kan sudah di chat sama penjual kalo barang nya habis, kenapa bapak masih ngeyel utk membeli di toko tersebut? Itu kan ada komunikasi dengan penjual. Bukannya penjual tidak bertanggung jawab. Mengenai stok di shopee, kebetulan saya juga seller di shopee. Stok di system shopee tidak bisa menjadi patokan apakah barang tersebut ready atau kosong, karena ketika kita mengikuti PROMO dishopee stok kita terkunci dengan minimal stok yg ditentukan shopee, misalkan jika kita kunci stok 5pcs utk promo, lalu yg 2 terjual di marketplace lain maka stok yg di shopee tidak berkurang pak. Dan kita tidak bisa dengan sengaja mengkosong kan atau mengurangi stok barang nya. Memang itu resiko kita seller, jika cancel orderan mengurangi performa toko, tp kan sudah ada komunikasi dengan pihak pembeli. Mungkin lain kali sebelum membeli, tanya dulu stoknya pak, apalagi utk barang2 yg bersifat "RARE ITEM". Alangkah baik nya jika sama2 mengerti aja pak, toh seller dan buyer sama2 di untungkan dengan ada nya marketplace seperti shopee, lazada dll. Makasih☺️🙏