Surat Pembaca

Kebijakan Pengembalian Barang Shopee Merugikan Konsumen

Permasalahan saya terkait nomor pesanan: 221105A5WTQY8Q melalui Shopee. Pesanan berupa Celana Pendek Cargo Quickdry Isalo 0543, warna abu ukuran XL, dari toko Avtech. Ini merupakan pesanan saya yang kedua, pesanan pertama produk yang sama ukuran L. Ternyata produk yang sama terima ini ukurannya lebih kecil dari L, padahal di tag dan label tertulis XL. Karena ragu, saya ukur ulang ternyata memang jauh berbeda dari deskripsi produk. Produk tidak muat dipakai.

Saya mengajukan komplain ke seller dan diminta untuk menggunakan fitur pengembalian barang di aplikasi Shopee. Saya ikuti dan barang dikirim ke warehouse Shopee di Jakarta.

Namun komplain saya ditolak oleh pihak warehouse. Dengan alasan pesanan sudah sesuai size dan warnanya, serta tag sudah lepas dan transaksi selesai. Untuk penyelesaiannya saya diminta menghubungi seller kembali. Padahal saya sudah meminta agar lebar pinggang diukur ulang dan disesuaikan dengan deskripsi produk, tetapi tetap diabaikan.

Seller bersedia menukar produk, tetapi saya yang menanggung ongkos kirim retur dan penukaran produk. Jadi, saya harus membayar ongkos kirim dua kali Denpasar-Surabaya untuk kesalahan seller.  Saya merasa sangat dirugikan dengan kebijakan seperti ini.

I Nyoman Ginastra
Denpasar, Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini: