Surat Pembaca

XL Prio Pass Sudah 4 Kali Bayar, tapi Tidak Bisa Diaktifkan di Luar Negeri

Tanggal 11 November 2022, saya berangkat ke Jepang. Seperti tahun-tahun yang lalu, saya beli XL Prio Pass 1-2 hari sebelumnya. Karena tidak pernah masalah pada tahun-tahun sebelumnya, dan tampilan di aplikasi XL Prioritas sangat tidak jelas untuk paket aktif atau tidak, jadi saya jalan saja seperti biasa.

Sesampainya di Tokyo, tanggal 12 November 2022, saya cek kuota roaming saya, ternyata sudah terpotong Rp1,4 juta. Karena saya beli XL Prio Pass dengan pemotongan kuota, dan terpotong 2x. Saya ambil paket yang 30 hari.

Namun ketika dicek di histori, tidak ada keterangan apa-apa. Saya coba live chat, malah dikirim kode OTP yang tidak kunjung saya terima. Saya coba terus, sampai 3x malah diblok. Semua option sama, harus ada OTP, tapi OTP tidak pernah sampai.

Siang itu saya coba metode pembayaran lain, yaitu dengan OVO, sekali lagi paket 30 hari, dan saldo OVO berhasil terpotong. Karena live chat tidak berhasil, saya coba WA. Setelah lama navigasi di menu, akhirnya chat dengan manusia. Nama customer service-nya “Bravo”. Saya sampaikan keluhan saya, di minta untuk restart HP, atur APN, matikan dan nyalakan data selular, matikan dan nyalakan roaming, yang semua sudah saya lakukan lebih dari 5x. Tetap tidak berhasil.

Semua bukti pembayaran yang sudah berhasil, dan sisa saldo di XL Prioritas saya. XL prioritas potong saldo, tapi tidak ada bukti transaksi, dan prio pass juga tidak nyala.

Karena saya WA di roaming, pulsa saya terpotong lagi, dan CS Bravo dengan tidak sabaran memutus percakapan karena saya lama responsnya, sinyal saya mati nyala terus.

Tanggal 16 November 2022, karena pulsa saya sekarang tinggal Rp85 ribu (dari Rp2 juta), saya coba beli paket Prio Pass lagi untuk ke-4 kalinya. Kali ini pembayaran via GoPay. Kasusnya persis sama dengan yang di atas.

Saya tadinya percaya XL adalah operator bagus, sekarang ternyata pemakan uang pelanggan. Uang saya habis sekitar Rp3 juta untuk paket XL Prio Pass yang sangat sulit atau mungkin sudah tidak mungkin diaktifkan dan semua help center XL tidak membantu

Rincian beli XL Prio Pass yang berhasil bayar, tapi tidak bisa aktif:

  • 9 November 2022: Pulsa Pasca bayar XL Rp896.900.
  • 11 November 2022: Pulsa Pasca bayar XL Rp896.900.
  • 12 November 2022: Saldo OVO Rp896.900.
  • 17 November 2022: Saldo GoPay Rp253.080.

Marlina
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan XL Axiata untuk keluhan Ibu Marlina

Jakarta, 2 Desember 2022 Ref.CM/CU/E/002/1222/OP Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Ibu Marlina melalui Mediakonsumen.com,...
Baca Selengkapnya