Surat Pembaca

Sudah Setahun Sinyal XL SOS

Saya menjadi pelanggan setia XL Axiata sudah lebih dari enam tahun, karena layanan yang diberikan cukup memuaskan, khususnya untuk layanan data. Banyak varian harga yang ditawarkan dengan harga relatif murah dibandingkan dengan operator sebelah.

Awal permasalahan muncul saat awal tahun 2022, saya pindah rumah sekaligus kantor. Sinyal 2G maupun 4G nol bar di dalam maupun luar ruangan. Jalan kaki 100 meter ke arah yang mendekati BTS XL, maka sinyal mulai muncul.

Dilihat dari sisi wilayah, rumah saya tidak berbukit, tidak ada gedung tinggi atau penghalang lainnya. Jika diukur dari Google Maps, jarak antara rumah dan BTS XL terdekat, kurang dari 2 Km. Jika diukur dengan jarak tempuh, kurang dari lima menit untuk sampai di BTS XL terdekat dengan sepeda motor atau mobil.

Selama satu tahun ini, nomor XL yang tadinya jadi nomor utama untuk data, karena kendala sinyal tersebut, maka saya menggunakan dari operator lain. Namun, permasalahan lainnya muncul dengan buruknya sinyal XL tersebut, layanan telepon regular tidak bisa dilakukan, karena sinyal SOS terus. Jika kondisi sinyal buruk seperti ini, berpengaruh juga sama daya tahan baterai yang terus menerus mencari jaringan.

Sebagai informasi tambahan, di rumah dan kantor yang saat ini saya tinggal, ada lima perangkat yang menggunakan nomor XL dan AXIS, lima perangkat saya gunakan dari berbagai merek.

Langkah yang disarankan oleh CS XL via Twitter, 817 “Restart perangkat, pancing jaringan manual, copot SIM card pindahkan ke device lain”. Semua langkah tersebut tidak membuahkan hasil dari kelima perangkat tersebut, saya mohon pihak XL Axiata untuk memperbaiki secara langsung BTS-nya.

  • Lokasi BTS terdekat XL Axiata: Serongan, Gunung Batu, Desa Talagamurni, Kec, Cibitung 43172
  • Lokasi yang dikeluhkan, rumah dan kantor: CV. Muara Berkah Apresindo, Kp Cibungur, RT.19/RW.1, Ds. Talagamurni, Kec. Cibitung, Kab. Sukabumi, Jawa Barat, 43172.

Dena Permadi
Sukabumi, Jawa Barat


Update (1 November 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak XL Axiata sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • di tempat saya xl sinyalnya kuat, inrernetnya cepat, padahal dulu lemot banget. saya dulu sampai protes berkali kali masalah internet lemot, bikin kesal tahu. untung sekarang udah internet xl udah cepat

  • Yah mau bagaimana lagi ya, dari penjelasan TS memang indikasinya sinyal tidak kuat. FYI, kekuatan sinyal tidak bisa diukur hanya dari satu menara BTS karena koneksi seluler menggunakan teknologi triangular yang membutuhkan setidaknya 3 menara dan device harus berada di dalam area segitiga menara-menara tersebut. Lokasi TS kemungkinan berada di ujung coverage jaringan dan apesnya juga diluar area coverage.

    Jadi kembali ke XL apakah mau memperluas jaringan dengan menempatkan setidaknya 2 menara BTS lagi. Atau menggunakan operator lain yang coverage-nya lebih baik.

    • Bener banget yang ditulis TS tsb. XL emang gitu, entah gimana team teknis nya, setiap pasang BTS, mungkin tdk pernah kontrol setelah pemasangan selesai.

      Ini yg dialami saya juga, Tower XL keliatan dri rumah, tapi sinyal naik turun, sering lag. Hubungi CS gak membantu, hanya disuruh Restart. Itu juga CS XL jawab di komentar pertama, pas kita DM, yg jawab robot.

  • agak percuma sih kalo ngeluhin masalah sinyal di suatu tempat.
    XL atau operator lain akan menilai layak ga diberi BTS. Kalo pengguna sedikit, ga menguntungkan, buat apa mendirikan BTS dsana.
    Saran sy sih ganti operator aja yg sinyal kuat disana.

    • Si TS kan bilang, itu sudah ada BTS XL disana, jika sudah ada BTS tinggal operator mengoptimalkan BTS yg ada.
      Konteksnya, bukan membangun BTS baru.
      Lagian, ada aturan dari Pemerintah ko, bahwa wilayah yang blank spot, operator akan di denda Rp 2 Milyar

  • Kualitas XL itu beda dengan Telkomsel ya.
    Ini sesuai dengan apa yang saya alami.

    Selatan rumah saya itu pantai, dan tidak ada lagi daratan disana.
    BTS yang menjangkau rumah saya Telkomsel jaraknya hampir 3 KM
    sedangkan BTS terdekat itu XL jaraknya hanya 1.2 KM.

    Anehnya, Sinyal XL itu hanya 50% yg bisa ditangkap, padahal towernya keliatan.
    Sedangkan Telkomsel, 2G & 4G nya full bar.
    Mungkin beda kualitas dan Teknologi kali ya, lagian, XL jarang kontrol ke lapangan, jadi jeblok jaringanya

  • XL disini juga sinyal paling buruk, percuma kalo komplen ke CS. Hanya disuruh RESTART dan copot sim..
    Dah lama pindah ke Indosat

  • XL emang gitu.
    Sy kemarin liburan ke pantai ujung genteng, sinyal xl buruk disana, gak bisa digunakan untuk internet