Surat Pembaca

Salah Top Up Saldo DANA ke Nomor yang Tidak Aktif

Saya pengguna aplikasi DANA. Pada hari Minggu 13 November 2022, saya salah top up saldo DANA ke nomor 8950808128967**82, seharusnya ke nomor 8950808128769**82 (terbalik 4 angka di tengah: 8967, seharusnya 8769) sebesar Rp400.000 dari mobile banking Bank Mandiri.

Saat itu saya panik, saya coba hubungi nomor telepon yang salah tersebut, tapi tidak aktif dan saya cek juga tidak ada nomor WA serta aplikasi DANA-nya. Pada saat itu juga saya hubungi Bank Mandiri, lalu saya diminta menghubungi pihak DANA. Pada tanggal 15 November 2022 saya hubungi pihak DANA dan diminta melengkapi beberapa dokumen melalui email.

Pada tanggal 17 November 2022, pihak DANA membalas email saya dengan menginformasikan bahwa sudah coba menghubungi nomor telepon DANA yang salah tersebut 1×24 jam, tapi tidak bisa.

Saya menyadari kesalahan saya. Namun sebagai pengguna DANA yang sudah cukup lama, dan baru melakukan 1 kesalahan, masa iya tidak dapat dibantu? Nomor tersebut kan tidak aktif dan tidak ada aplikasi DANA-nya, kenapa bisa berhasil ditransfer top up DANA? Jadi di mana keberadaan dana saya itu?

Mawaria
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan DANA terhadap Keluhan Ibu Mawaria

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen. Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Ibu Mawaria dengan judul “Salah Top Up Saldo DANA...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Dari kemaren kayaknya banyak yang salah kirim/transfer ya, apakah sebelum transaksi gak double check dulu? Nomornya udah betul atau belom? Ya semoga aja duitnya bisa balik.

    • @Dandy
      Karena kebiasaan malas membaca. Mungkin kedepannya aplikasi transfer duit harus menayangkan video TikTok disertai musik yang lagi nge-hits dengan narasi nomor tujuan lengkap dengan nama penerima, supaya kaum #DaruratLiterasi ini lebih mudeng.

    • Saya juga salah top up 286.000 ke nomor tidak aktif. sayang bgt minta balikin ke siapa?kenapa dana tidak punya solusi?

      • Saya jg MB barusan..kirim 290.000 ke akun dana lain yg nggk aktif..mlh ktanya dana nggk bisa blik duit ya..msa no nggk aktif tpi bisa berhasil ke kirim

    • Kejadian sama pada pagi hari ini
      Hendak top up ke rekening saya.
      Salah pilih nomor tersimpan di aplikasi mbca
      Hubungi bca tidak bisa bantu
      Hubungi dana tidak dapat bantu
      Nomor akun dana sudah tidak aktif..
      Pemilik nomor yg lama juga gak bisa dihubungi
      Benar benar gak ada solusi
      Lumayan gini hari Rp.300.000
      Mohon penjelasan pihak dana atau bca
      Bisa hubungi saya
      0878788066**

  • Kasus sama seperti saya, karena kurang teliti dalam mengisi No HP dan beda 1 angka, topup dana melalui livin Mandiri. No yg saya topup pun tidak aktif, baik telp biasa atau saya hub. Melalui WA. Akhirnya saya lebih memilih mengikhlaskan, cuma anehnya kenapa no yg tidak aktif, atau mungkin tidak terdaftar di DANA tetap bisa menerima topup saldo. Daripda pusing mending saya ikhlaskan 100rb saya untuk DANA.

  • Ahh kejadian hari ini, apes sekali dan iya nomor tujuan yg salah nomor yang tidak aktif pula.. Sudah hub cs DANA namun tidak dapat membantu.. Bingung saya jadinya nomor tidak aktif bisa berhasil.

    • Iya saya juga sama
      Salah transfer 400rb
      Dan anehnya bisa berhasil padahal akun itu tidak memiliki akun dana dan no sdh tidak aktif. Padahal no salah transfer itu no adik sy sendiri. No wa (namun sudah tidak aktif dan tidak ada akun dana) pertanyaannya dimana letak keberadaan saldo 400ribi saya itu?

  • Sy juga sama.. Salah kirim ke akun dana sy yg lama, krn 2 minggu baru ganti nomer dana. Jdi yg teringat sllu nomer dana yg lama. Akirnya suruh melampirkan bukti2 ke email dana, namun mereka responnya lamaaa sekali.. Th 2022 sy malah pernah transfer pending kesalahan dr aps Dana. Di riwayat dana tdk ada proses tf & penerima tdk menerima dana tsb. Namun saldo sy di mbanking terpotong... Sy minta kejelasan dana sampek skrg tdk ada tanggapan.. Sampek hbs puluhan ribu buat isi pulsa telvon ke cust dana ?. Uangku yg hilang 1,5jt sy benar2 gk ikhlas jengkel sm dana dlm penanganan spt ini. Semoga dana bangkrut...........

  • tolong pihak dana harus tegas atas transaksi jangan berbelit2 mintak keterangan topup dana orang yg sedang mengisi saldo dana, jangan asal terima, dan kirim biar mengurangi yg salah trasfer..

  • Saya top up 1jt 2hri yang lalu dan smpe sekarang saya masih menghubungi pihak dana . TPI di suruh menghubungi nomor tersebut secara pribadi , padahal nomor tersebut tidak terdaftar , dan smpe skrg . Hanya itu solusi dri mrka

  • Barusan saya salah top up saldo ke rekening pegawai di dana, karena kurang teliti saya salah transfer dengan beda 1 angka. Nomor tersebut tidak aktif, dan solusi dana adalah datangi gerai provider tersebut (ind*sat) dan mengaktifkan nomor tersebut apabila belum aktif. Solusi yang sangat aneh karena apabila akun tersebut tidak aktif di dana dan nomornya pu ntidak aktif tidak ada alasan untuk melemparkan masalah ini ke pihak provider. Hati2 dengan app satu ini.

  • Wah banyak juga ya yg senasib. Ya memang kesalahan pribadi masing2 faktor human eror, ga konsen. Sy pun pernah 2x .. huhu 🥲
    Sudah coba komplain tp memang uangnya ga bisa kembali. Padahal nomor yg kliru itu ga punya akun dana. Pertanyaannya, uangnya itu masuk kemana?