Surat Pembaca

Masalah Pembayaran Tagihan IndiHome Menggunakan BNI Mobile

Pelayanan Bank BNI, sangat buruk sehingga merugikan saya secara materi dan non materi. Pada tanggal 20 November 2022, saya sudah melakukan pembayaran biaya berlangganan IndiHome melalui aplikasi BNI Mobile. Pembayaran berhasil, dengan bukti muncul mutasi yang tercatat mengurangi saldo tabungan saya.

Namun tiba-tiba tengah malam saat memasuki tanggal 22 November 2022, pekerjaan saya terganggu karena putus koneksi internet. Setelah saya cek ternyata akses telepon dan internet saya diblokir oleh pihak Telkom.

Saya segera menghubungi 147 untuk melakukan klarifikasi, kenapa akses telepon dan internet saya diisolir, sedangkan saya sudah membayar biaya berlangganan. Ternyata menurut penjelasan pihak call center Telkom 147, saya belum melakukan pembayaran.

Lah?! Lalu pembayaran saya melalui BNI Mobile Banking pada tanggal 20 November pukul 08:55:01 WITA itu larinya ke mana?

Segera saya hubungi call center BNI di 1500046 (pasti rekaman percakapan saya mereka simpan). Singkat cerita pihak call center BNI 1500046 mengatakan bahwa tidak ada transaksi pembayaran IndiHome pada tanggal tersebut di atas.

Gimana sih? Terus uang pembayaran tagihan biaya IndiHome saya lari ke mana? Lalu kenapa bisa muncul bukti transaksi/transfer sukses dengan bukti tambahan biaya transaksi pembayaran Telkom? Kalau begini saya rugi berganda, sebab Telkom itu sadis, kalau pelanggan terlambat membayar tagihan. Sudah akses diblokir, eh masih dibebani denda.

Terlepas manajemen yang mana yang kesatria bertanggungjawab atas hal ini, saya sampaikan bahwa keadaan ini amat sangat merugikan saya sebagai nasabah Bank BNI dan sebagai pelanggan Telkom IndiHome.

  1. Pekerjaan saya terhenti karena akses pekerjaan saya diisolir/diblokir.
  2. Pihak Telkom pasti membebani saya dengan denda yang mana saya sama sekali tidak bersalah.
  3. Saya harus keluar biaya tambahan karena terpaksa menggunakan data selular agar bisa melanjutkan pekerjaan saya.

Moekti Ali
Balikpapan, Kalimantan Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT. TELKOM Regional VI atas Surat Bp. Moekti

Dengan Hormat, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan Bapak Moekti tanggal 25 November 2022 berjudul “Masalah Pembayaran...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Anda tidak bisa cukup membayar kemudian bersikap bodo amat mengganggap dunia ini baik-baik saja. Install aplikasi MyIndihome untuk mengecek apakah pembayaran anda sudah terkonfirmasi. Dan jangan bersikap bodo amat dengan membayar di ujung batas waktu. Begitu ada masalah lantas ngeluh, ini niatnya mau nge-prank atau bagaimana?

    • Anda tidak tau fakta detail sebenarnya jangan bersikap MAHA TAHU dengan keadaan sebenarnya.

      Jangan kurang ajar bilang bodoh kepada orang lain.

      Hati-hati dalam berkomentar, sebab bisa berdampak tidak baik kepada diri anda.

    • Orang sok tau dan sok ikut campur tanpa pemahaman masalah seperti anda ini yang bikin rusuh keadaan.

      Hp aja yang smart tapi orangnya malah tidak smart. Hahahahaha

      • Betul pak,kadang kita ini di MK cari bantuan solusi,tapi saya jga heran orang yg tidak bersangkutan justru berkomentar yg pedas .mestinya kalau tidak bisa kasih saran/solusi ,alangkah baiknya diam . Kadang justru menyalahkan,seharusnya toh kalau tau kalau kita yg salah,pakailah kata2 yg sopan dan beradap untuk mengingatkan kita.
        Salam saudara untuk semua pembaca MK,semoga sehat selalu

    • Maaf,bapak pegawai Telkom..?atau ? Komentar bapak tidak solusi,tapi justru provokasi,alangkah baiknya tutur kata yang sopan,kalau tidak bisa kasih saran dan dukungan alangkah baiknya kita diam. Disitu sudah ada email dari bank bersangkutan,otomatis TRX sukses. Dari situ udah kelihatan syistem mana yg eror..Semoga kita dianugerahi pemikiran yang baik dan akhlak yg baik pula.Untuk bapak Muktiali semoga masalah cepat teratasi dengan baik,dan pekerjaan tidak terganggu. Terima kasih.

  • Tanggal 22 November 2022 sudah dihubungi pihak BNI dan pihak Telkom 147, sekitar jam 9 akses indihome saya sudah normal.

    Tentang kenapa pembayaran saya melalui BNI tidak langsung masuk ke Telkom / indihome hingga membuat akses saya diisolir, saya tidak tau penyebabnya.

    Namun yang pasti selama bertahun-tahun saya selalu membayar tepat waktu dengan jumlah sesuai tagihan.

    Dengan ini saya sampaikan masalah sudah selesai.

    Saya harap teman-teman yang berkomentar agar BIJAKSANA dan santun. Jangan sok tau agar tidak memperkeruh keadaan.

    • Saya kemarin juga spt itu, transaksi pembayaran via BCA sukses dan saldo rekening terpotong tgl 20 November. Tgl 22 indihome ku jg terisolir dikarenakan pembayaran blm dilakukan. Saat itu saya jg rugi biaya dan waktu karena harus telp ke 147 yg terkena pulsa, msh harus ke plasa telkom dan jg ke bank BCA. Ngantri di BCA aja smp 2 jam. Menurut ku itu bkn kesalahan dr pihak bank tp dr indihome nya karena bny pelanggan yg membayar dr berbagai bank jg mengalami pemblokiran indihome

  • Tanggal 20 November telkom mengalami masalah pada sistem pembayaran karena banyak bayar pada batas akhir yaitu tgl 20. Telkom memberikan kelonggaran sampai tanggal 22, karena itu anda baru diisolir tanggal 22. Banyak yang mengalami masalah seperti anda.
    Saran: berikutnya bayarlah pada awal bulan untuk menghindari masalah error pada akhir batas pembayaran, tagihan indihome tgl 5 sudah bisa dibayar.

    • Terimakasih sarannya.

      Sebenarnya yang jadi masalah adalah sistem BNI ke Telkom, sebab saya bayar melalui BNI sudah tepat waktu dengan jumlah sesuai yang ditagihkan.

      Terkait Telkom ada kendala atau BNI gagal membayarkan tagihan saya ke Telkom, maka seharusnya tidak menjadi sebuah alasan mengisolir atau merampas hak saya. ??

  • KALAU AKU ORANGNYA ANTI TAGIHAN, BEGITU MUNCUL CONTOH ADA TAGIHAN PDAM LANGSUNG TAK BAYAR TANGGAL 1 ITU JUGA, MAU BAYAR SEKARANG ATAUPUN NANTI PASTI DITAGIH JUGA, PERPANJANG STNK AJA KURANG 2 BULAN SEBELUM JATUH TEMPO LANGSUNG TAK BAYAR SAAT ITU JUGA

    • Maaf pak,kalau semua orang mampu seperti bapak,mungkin tidak ada BPJS dan bansos pak,semoga bapak sehat selalu dan makin kaya. Salam saudara

  • kenapa judulnya menyudutkan INDIHOME jelas2 disini BNI yang salah lah wong udah keluar mutasi dan pemotongan saldo kok pede banget bilang ga ada transaksi

    • Sudah jelas disitu menyebutkan BNI dan bukti screenshot BNI kok masih gagal paham...

      Sistem Telkom / indihome memang bermasalah.

      Jadi keduanya juga salah.

      Kalau tidak bisa memberi solusi, tidak perlu menghujat.

  • BNI dan BRI sering kayak gitu. Pembayaran pake virtual account kadang gagal. Saldo berkurang tapi gak nyampe ke penerima. Saya sering menemukan kasus seperti itu khususnya mahasiswa di kampus saya tempat bekerja. Mengakunya sudah bayar pake VA dengan bukti bayar yg diserahkan ke saya. Tapi di sistem pembayaran kami belum masuk bahkan sudah di cek di rekening koran