Surat Pembaca

Keberatan atas Biaya Pergantian Kartu yang Dibebankan ke Nasabah Padahal Penyebabnya Kerusakan ATM Mandiri

Saya Benny, tinggal di Solo. pada tanggal 26 november pukul 10.20 melakukan transaksi penarikan uang tunai di ATM Mandiri SPBU Pabelan kode mesin S1AW1CHS, Sukoharjo, Jawa Tengah. Saya melakukan 2x transaksi tarik tunai dengan besaran masing-masing Rp2,5 juta tiap transaksi.

Pada transaksi kedua saat uang diproses mesin tiba-tiba komputer ATM mengalami bluescreen. Singkat cerita uang Rp2,5 juta di transaksi saya yang kedua tersebut tidak sempat keluar dari mesin namun di mutasi rekening saya tertulis berhasil menarik Rp2,5 juta.

Kemudian saya telepon ke 14000 untuk menceritakan kejadian tersebut, dari CS memberi solusi kartu debit saya agar diblokir dahulu karena masih stuck di dalam mesin ATM pasca komputer ATM mengalami bluescreen. Kemudian CS juga menanyakan alamat email saya untuk follow up masalah pengembalian uang Rp2,5 juta tersebut maksimal 7 hari kerja.

Namun yang membuat saya keberatan adalah informasi dari CS terkait pergantian kartu debit baru untuk datang ke cabang terdekat membawa KTP dan buku tabungan serta dikenai biaya administrasi 20 ribu rupiah.

Saya jujur saja keberatan, bukan masalah nominal melainkan ini terjadi karena kesalahan dari mesin ATM sendiri yang mungkin kurang terawat sehingga mudah mengalami bluescreen/BSOD yang bukan dari kesalahan saya. Sehingga saya tidak mau memberikan sepeserpun uang administrasi atas pergantian kartu debit baru tersebut.

Mohon kepada jajaran petinggi Mandiri agar masalah sekecil ini diperhatikan, nasabah juga perlu kenyamanan bertransaksi. Terlebih yang melakukan kesalahan bukan nasabah (kehilangan) melainkan karena error sistem ATM. Apakah etis jika tetap membebankan Rp20 ribu sebagai biaya administrasi untuk kartu debit baru saya?

Benny Suryawijaya
Sukoharjo, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bank Mandiri atas Pengaduan Bapak Benny Suryawijaya

Menanggapi pengaduan Bapak Benny Suryawijaya, kami sampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak alami dan kami ucapkan terima kasih atas...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Itu kan kendala kartu ATM nya Tertelan mesin yaa, seharusnya Gratis saat ganti Kartu Baru, beda Cerita kalau misalkan Hilang. Cs Bank nya yg kurang Update berartii