Surat Pembaca

Pelayanan dan Penanganan Komplain BRI Sangat Buruk

Pada tanggal 10 November 2022, saya melakukan setor tunai via ATM BRI di Bank BRI cabang. Setor tunai pertama berhasil, dengan nominal Rp4.050.000. Lalu saya melanjutkan setoran kedua. Saya sudah sempat curiga, mesin berproses lama, tidak seperti setor tunai pertama.

Setelah lama saya tunggu, akhirnya setruk keluar, nilainya Rp4.40000, tapi keterangannya: “Transaksi dalam proses”. Akhirnya saya komplain.

  • Komplain pertama: CS bilang disuruh menunggu 2×24 jam. Nomor tiket: 42990372. Ok saya tunggu.
  • Komplain kedua: Beda CS beda lagi jawabannya, saya disuruh menunggu 10 hari, plus saya disuruh komplain via inbox FB dan Twitter. Saya turuti.
  • Komplain ketiga: Saya komplain via inbox FB sama Twitter, sama saja malah tidak selesai.
  • Komplain keempat: Beda CS, bilang suruh menunggu 10 hari kerja.
Bukti setor tunai, setruk keluar tapi status "Transaksi sedang diproses"

Saya sudah patah semangat, akhirnya saya menunggu sampai kemarin tanggal 23 November 2022. Namun jawabannya sama saja, disuruh menunggu 10 hari kerja. Padahal kalau dihitung itu sudah 14 hari, 4 hari Sabtu dan Minggu itu sudah 10 hari kerja. Herannya sampai tanggal 24 November 2022 ini pada jam saat saya menulis keluhan saya ini saldo juga belum masuk juga.

Penanganan dan pelayanan yang buruk dari BRI, umbar slogan mempermudah UMKM buat ngutang, faktanya masalah saya saja uang kita itu tertahan dari tanggal 10 tidak ada kejelasan, Bilangnya akan dihubungi, notifikasi email/SMS, faktanya cuma klise. Terlampir bukti selama proses komplain sampai saat ini.

Bambang Supriyanto
Purwodadi, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atas Pengaduan Bapak Bambang Supriyanto

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Sy jg mengalami hal yg sm. Pelayanan dari BRI UNIT TIMPORONGAN SEGERI PANGKEP SULSEL sgt buruk... Kredit kami sdh cair dri tahun lalu, smpe skrg REFUND ASURANSI blm cair. Hanya dijanji2 dn diover kiri kanan alasannya itu tggjwb dri Asuransi.. lha, wktu akad kredit BRI smua yg handle, smpe pembayaran angsuran asuransi tiap bulan via BRI dipotong lgsg dri angsuran. Giliran kami mau klaim refund, mereka smpaikan silahkan berurusan dgn pihak asuransi.. Beginilah jadinya kalau rekruitmen karyawan asal2an, yg jdi korban nasabah.. Krn pelayanan sgt buruk.. Tdk punya malu.. Digaji tinggi, tpi pelayanan sgt rendah dn buruk

      • setau saya, yg namanya asuransi urusannya sama pihak asuransi, sy di BTN aj lunas kpr Juni 2021, asuransi cair desember 2021. Pasti cair sih tp ya nunggu dulu, karena ada prosesnya, kalau udah cair dr pihak asuransi pst langsung masuk rekening kok.

    • Intinya pelayanan dari BRI mmg buruk.. Kejadian tdk mengenakkan kami rasakan juga di Unit Timporongan Segeri Pangkep.. Sgt mengecewakan pelayanan yg kami trima..

    • Jujur,sy juga punya kisah buruk tentang Bank BRI,makanya sekarang untuk saya pribadi ,BANK BRI dan KOMUNITASNYA HARAM BAGI SAYA,

  • ane pernah tuh dan bikin pengaduannya di brimo, alhamdulillah malah 3 harian dah selesai laporannya. Sering2 cek mutasi aja pak, mana tau duitnya dah balik.

    • Ok kak Saldo langsung di balikin setelah sya share di media konsumen pda tgl 24 mlam, yg saya heran, knp nunggu di share sana sini baru di tanggapi serius, setiap hari kita cek mutasi, mkanya di atas saya sampaikan rugi wakt rugi uang saldo, pulsa dll.

      • kayaknya duit lu balik bukan karena media konsumen om. Lu posting disini tgl 27 November, sementara duit lu balik tgl 24 november. artinya duit lu balik sblm lu posting di medkom dan itu sesuai SLA yg diblg cs. kalau duit lu sdh balik ya nikmati aja ga usah caper. hahaha

        • loh kok caper? dia cuma minta hak uang dia balik kok, masa harus di komplain lewat mediakonsumen dulu baru di tindak lanjut, ya harusnya bri ngasih notif atau telpon kek kalo komplainnya memang sudah selesai jadi ga perlu rame di media konsumen, atau di BRI gada kaya gitu ya? nunggu rame dulu baru di selesaiin hehehehe

          • Ada namanya SMS/Email Notifikasi dan BRI juga bisa cek mutasi lewat Online. Ini sih sendernya aja yg kebawa emosi, harusnya kalo mau bikin artikel cek dulu udah balik apa belum, biar kaga malu njir ?

      • Uang udh dibalikin tgl 24 november, lo baru bikin postingan 27 november. Harus nya masalah udah kelar. Bukan karena lo nulis disini terus uang langsung di balikin. Hadeuh

      • Lu nya aja gak sabaran, semua ada proses bang ada prosedurnya karyawan juga harus liat dulu datanya di database mesin atm baru ada pengembalian uang. Gua juga pernah sering malah tp sehari 2 hari udah balik ko. Initnya lu itu harus tau aturan tiap perusahaan ini bukan menyangkut 1 2 orang tp perusahaan besar bang hati2 dengan postingannya.

    • Trima ksih Media Konsumen.. Trima kasih Pincab BRI PANGKEP yg telah merespon dgn cepat keluhan kami. Alhamdulillah, keluhan kami sdh ditangani dn refund asuransi telah dijanjikan akan segera dicairkan dlm wktu 1 minggu. Sebagai CLOSING STATEMENT:
      *Smg Tuhan mmberikan kekuatan & kesabaran kpd Pincab BRI PANGKEP Pak Alfred dlm mmimpin BRI Pangkep dn segera melakukan pembenahan internal khususnya trkait pelayanan di unit Timporongan Segeri..
      *Jayalah BRI ku! Jayalah Indonesiaku!!!

      Salam hormat

  • kalo ada brimo mending liat history laporan di brimo sama sering" cek mutasi BRImo bener tuh azka diatas, atao cetak rekening koran beres, moga cepet kelar skelas BRI mahcepet kok aman bos

    • Complain ku bbrapa kali selalu selesai gak sampai 2 minggu. Karena anggap aku sedang belajar menggunakan brimo, aku santai aja. Pernah aku keringat dingin karena udah kasih ke si penerima tapi gak punya bukti. Akhirnya beres juga

  • Komplain skrg bisa pake brimo kok setau saya apapun itu kalo di bank BRI jadi ndak repot harus ke bank BRI dan cepat penanganan nya. Buka aplikasi brimo disana ada fitur pengaduan apapun. Sekedar sharing aja pengalaman saya.

  • Saya baca 27 Nov 2022 pukul 21.05 WIB artikel diposting 8 jam sebelumnya artinya 13.00 penulis dalam salah satu balasan komentar mengatakan sudah dikembalikan 24 Nov 2022, ☺️ masalah seharusnya sudah selesai.

  • sudah punya BRIMO belum?.. cukup menyampaikan aduan lewat BRIMO dan kitapun dpt memantau penyelesaiannya juga lewat BRIMO.. saran saja, segera registrasi BRIMO, jika ada masalah spt yg diceritakan tidak perlu repot repot.. kl ada yg mudah mengapa cari cari yg sulit..

    • woy baca itu komplain baik2, itu orang mau uangnya cepat balik, bukannya monitoring komplainnya. di BRI juga ada notifikasi kan kalo uang masuk ke rekening? ngapain repot2 bikin brimo mbanking segala macem, kau mau jualan brimo juga sering eror

    • Buat BRI Sebaiknya berilah pelayanan yang terbaik buat nasabah.. karena BRI tanpa nasabah tidak ada apa2nya.. dalam menangani komplain nasabah dalam berita ini...BRI tunjukkan bank profesional, intinya harus di tangani sampai tuntas masalah komplain tersebut.

  • halah pelayanan BRI emang buruk masa harus komplain dulu baru di kerjain, itu juga pake nunggu pula. udah nunggu akhirnya duit gak balik? hello itu kan duit kita, hak kita, masa iya mau di tahan2? atau jangan2 sengaja di tahan biar lupa dan di ambil ama BRI gitu?

    • Sudah2, masalah udah teratasi dan saldo sudah masuk, saya sebenernya buat laporan ini pada Tgl 24/11/22 pkul 13:59 WIB, sedangkan saldo masuk pada tgl 24:11/22 pkl 17:48 WIB, kalau di hitung dari sejak awal saya stor tunai pada Tgl 10-24 itu 15 hari, soalny ngitungny dari tgl 10 beda kalau ngitungnya dr tgl 11 baru 14 hari, kalau 10 hr kerj berart ngitungny 14 hr di kurangi sabtu dan minggu, tp dari pihak Media Konsumen menayangkan laporan saya Pada Tgl 27, tolong di baca lagi, saya sudah bilang "Kalau sampai saat ini pada tgl 24 saldo belum masuk pada saat saya buat laporan", ia mmang belum masuk pada saat itu, tp terimakasih untuk semua temen2 yg ngasih tanggapan tentang laporan saya ini ?, dan terimakasih juga pihak BRI tanggapanny

  • Sekarang ini semua CS selalu bilang "hai kak mohon maaf atas ketidaknyamanannya..." Tp pada akhirnya bikin ga nyaman untuk ke 2 kalinya... Karena masalah ga selesai huhuhu

  • Pas tgl 20 November 2022, saya mau ambil cash di ATM tiba2 gak keluar duit dan saldo tinggal 40 ribu lalu saya cek2 di mobile banking BRI saya tiba2 ada transaksi transfer keluar ke rekening lain pada tgl 18 November 2022 yang rekening saya gak kenal dan gak pernah transfer padahal saya gak ngelakuin kok bisa saldo berkurang sendiri sampe 2 kali transaksi. Pada tgl itu.