Tokopedia Belum Melakukan Refund Limit Kartu Kredit

Assalamualaikum, selamat malam. Di sini saya ingin menyampaikan kepada pihak Tokopedia, karena saya sudah malas hanya dilayani chat penjawab otomatis, yang tidak ada solusi yang kooperatif.

Kronologi transaksi saya: Pada tanggal 12 Oktober 2022, saya melakukan pembayaran kredit kartu kredit saya sejumlah Rp9.020.000, karena saya ingin bertransaksi pembelian barang, tapi limitnya tidak mencukupi. Kemudian saya bertransaksi dengan nomor invoice: INV/20221012/MPL/2731576190. Karena menggunakan metode pembayaran kartu kredit, saya tidak sengaja terpilih cicilan 3 bulan. Setelah saya teliti lagi, langsung saya batalkan transaksi tersebut sebelum diproses seller. Apesnya setelah transaksi batal limit kartu kredit tidak langsung kembali. Sesuai kebijakan Tokopedia, pengembalian limit kartu kredit saya harus menunggu 14 hari kerja, tidak termasuk Sabtu Minggu ( sd 4 November 2022 ). Saya ikuti prosedurnya.

Setelah menunggu sesuai klaim Tokopedia 14 hari kerja, refund juga tidak ada di limit saya. Sedangkan tagihan 1 dari cicilan sudah keluar dan terpaksa saya bayar terlebih dahulu.

Kemudian saya chat CS Tokopedia, tapi tidak ada solusi. Sampai saya mengecek ke pihak bank, apa masih sifat transaksi tertahan. Rupanya memang tidak ada pengembalian dari Tokopedia. Sampai sekarang tanggal 28 November 2022 surat ini saya buat, tagihan ke-2 sudah muncul di m-banking saya dan belum juga ada pengembalian dari Tokopedia. Saya tunggu pihak Tokopedia untuk merespons kejadian ini.

Bukti chat saya dengan pihak Tokopedia saya lampirkan mohon maaf jika alur chat-nya terbalik-balik.πŸ™πŸ™

Agung Wijaya
Palembang, Sumatera Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Ini udah ada tanggapan dari Tokopedia belum, biasanya mereka langsung menghubungi kalau udah tayang begini. Untuk kartu kredit dari bank apa?

    • Kalo sekedar menghubungi sudah mas, tapi tidak ada solusi, ditanya sampai kapan pun juga tidak bisa menjawab, ya kalo memang dikerjakan kan pasti tahu estimasi berapa lama nya, terima kasih sudah meresponπŸ™πŸ™

  • Kalau ada kartu debit kenapa harus pakai kartu kredit. Kok pelunasan cc harus melalui calo tidak langsung ke bank bersangkutan. Jadi repot akhirnya.

    • Terima kasih untuk komentarnya, tapi saya yakin point penting dari seluruh konsumen yang menulis surat disini bukan untuk di koreksi cara bayarnya gmn, cara pake nya gmn nya karena itu adalah hak sipemegang dan merupakan hal yang sah/legal. Disini saya ingin menunjukan ke seluruh konsumen di indonesia agar berhati hati bertransaksi di tokopedia agar tidak terjadi kejadian yang serupa, coba kalo ada 100 kasus nilainya 10 jt berarti sudah 1M nilai uangnya,sebelum saya menulis surat ini ternyata sudah banyak kasus serupa, terima kasih

  • Waktu itu saya beli di toko ijo juga tapi barang yang ready dan dikirim lebih murah drpd di transaksi saya (kurleb 2 ratua ribu) saya dan penjual setuju melakukan komplain untuk pengembalian sisa dana sebelum transaksi diproses dan pengiriman barang oleh seller. Setelah barang sampai dan saya mengajukan komplain ke seller, tokopedia lsg ada notifikasi bahwa dana akan dikembalikan dalam kurun waktu 14 hari kerja dan memang dikembalikan sih. Gatau apa nominalnya kecil atau gmn ya makanya prosesnya cepet g sampe 14hr kerja, kalau nominal besar takutnya mereka ada birokrasi tertentu yang ribet makanya dana anda ditahan sama mereka. Soalnya kalau penarikan dana penjualan nominal diatas 10juta pun juga lama dia, beda kalo nominalnya kecil, saya dulu bekas seller si ijo btw πŸ™‡πŸ»β€β™€οΈ