Surat Pembaca

Refund Berhasil, tapi Tetap Ditagih dan Diteror Telepon oleh Debt Collector

Saya tertipu oleh penjual di Akulaku, saat membeli meja makan. Resi yang diinput oleh penjual tidak bisa dilacak. Akhirnya saya melakukan refund di Akulaku tanggal 14 November 2022. Pengajuan refund diterima dan berhasil pada tanggal 17 November 2022.

Seharusnya masalah selesai sampai di sini, tapi justru masalahnya baru mulai. Biarpun status refund saya berhasil, tapi tagihan tetap berjalan. Saya sudah menghubungi customer service Akulaku berkali-kali, tapi hasilnya nihil. Tagihan tetap berjalan dan sekarang, tanggal 02 Desember 2022 sudah tanggal jatuh tempo.

Hampir setiap hari saya menghubungi customer service Akulaku, tapi tidak ada solusi, hanya disuruh menunggu. Padahal hari ini sudah tanggal jatuh tempo.

Seminggu sebelumnya saya diteror oleh debt collector Akulaku, yang menyuruh saya untuk membayar tagihan. Padahal saya sudah jelaskan kalau saya sudah melakukan refund, tapi debt collector tidak mau tahu dan memaksa saya untuk membayar atau dia akan meneror saya setiap hari sampai saya membayar.

Sampai saya membuat artikel ini, saya masih ditelepon oleh debt collector Akulaku setiap 1-2 jam sekali. Apa segitu bobroknya sistem Akulaku sampai refund saja harus menunggu berminggu-minggu? Sampai tanggal jatuh tempo pun belum dihilangkan juga tagihan yang sudah di-refund.

Sariah Parinduri
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Akulaku terhadap Surat Saudari Sariah Parinduri

Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Saudari Sariah Parinduri pada tanggal 04 Desember 2022 dengan judul “Refund Berhasil,...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Kayaknya masalah utamanya bukan debt collector, tapi tagihan yang seharusnya sudah hilang saat refund tapi masih ada dan bisa bikin SLIK jelek karena akan dianggap keterlambatan.

      • AkuLaku aku delet, nggak ngerti sistem penilaian sperti apa, Limit dikasih besar, tapi ngggak bisa dipake...dicairin apalagi..
        Belanja di AkuLaku bukan tempatnya, hargany Gila mahal banget, cicilan juga nggak Wort it..
        Semoga forum ini bisa menjadi Evaluasi buat AkuLaku..klo ingin melangkah seperti Merchant Merchant besar yang ada PayLaternya nggak usah nanggung..

    • Sudah saya blok dan mereka menghubungi lagi dengan nomor lain. Sampai ganggu saat saya sedang kerja.

      Yang saya khawatirkan itu SLIK saya karena sudah ada keterlambatan pembayaran pada aplikasi, sedangkan saya hubungi customer service katanya suruh diabaikan, dan mereka gak menjamin uang saya akan dikembalikan kalo saya bayarin dulu tagihannya.

        • Hari ini tagihan sudah hilang, tapi denda tetap ada karena sudah lewat jatuh tempo 3 hari.
          Saya mau follow up lagi.

      • Pake app true caller aja bu aktivkan blokir no yang tidak ada di buku kontak biar mereka ga akan bisa nelpon lg

    • buat laporan kepolisian saja jika terus diteror, jika anda hanya adu mulut dan ngasih seribu alasan itu percuma, karena anda telah dianggap oleh mrk nasabah galbay. saran saya kepolisi jika anda ingin bebas teror,

    • Cuekin aja, kalo telpon angkat tapi diamkan biar mereka ngomong apa juga lu ga denger. Itu bukan kesalahanmu jadi stay cool saja. Ntar lama² juga bosen sendiri. Pokonya kalo disuruh bayar JANGAN MAU!!!

  • Akulaku aku delet tuh..limit besar tp nggak bisa dipake..udah gitu bunganya tinggi..untuk aplikasi bagus BRI Ceria, Jenius BTPN..

    • makanya saya anti sama semua paylater", bunga tinggi. mending pake cc banyak diskon dan sistem jelas asal bayar tepat waktu tidak ada bunga. AF bisa minta hapus

      • Tp kk saya citybank dah 14 tahun. Tiba Tiba di tutup sepihak gara gara 1 tahun ga Ada pemakaian ?

    • Hubungi aja terus akulaku nya...kl bisa samperin kantor nya..,cuekin aja dc..emg mereka krjaan nya udh gitu kl ada limpahan dri partner..sprti akulaku..yg penting bukti refund msh ada..biasa nya sistem komputer akulaku nya yg ngaco...blm update...kl ada pengancaman dri dc...lngsung minta ktmuan aja drmh..atau sm2 ke Polsek..bikin laporan...dijamin para dc..pasti ga mau...

      • Setiap hari sudah saya hubungi lewat livechat, sosmed dan telepon, cuma disuruh tunggu doang.

          • Iya.
            Hari ini tagihan sudah hilang, tapi denda masih ada karena sudah lewat 3 hari dari tanggal jatuh tempo. Seakan-akan memang sengaja diulur sampai lewat jatuh tempo.

            Saya mau follow up lagi.

  • Emang dari dulu Akulaku a.k.a Akutipu sering bermasalah. Kasih bukti bu kalo sudah melakukan refund. Kalo masih ngeyel DC-nya ancam balik lapor ke polisi. Paling langsung takut DC-nya.

  • Mampir sama kejadian yg sy alami sy keditipu akun sy dibobol dan ada pesanan barang yg sy tidak pesen tiba2 ada tagihan masuk sy disuruh bayar sudah dilaporan kekantor akulaku tidak ada solusinya malah sy disuruh bayar sy tidak mau bayar ditlp dc sampai mau datang kerumah

  • Kasusnya sama kayak yg fyp di tiktok beli iPhone pakai paylater di Shopee, harga 9juta di retur. Limit kembali ke akun paylater tp bunga dr transaksi tetap lanjut sebesar 1,5juta wajib di bayar, ngeri sekali riba memang, g dapat barang pun masih bayar bunga nya

  • Itu kerjasama antara mereka, meskipun Refund berhasil , mereka akan tetap di tagih. Jika anda punya bukti semua Refund anda, jangan pernah takut , jangan, gusar jangan pernah di bayar tagihan tersebut . Hadapi dengan tenang. Mereka DC hanya mencari kelemahan nasabah kepanikan nasabah supaya kita bayar tagihan. Andai tagihan anda bayar, maka DC yg lain akan datang lagi untuk meneror dan menagih Anda.
    Simpan semua bukti Refund mereka tidak akan berani nagih datang ke rumah.
    JANGAN PERNAH DI BAYAR TAGIHAN YA.

    • Kecewa dgn sistem dan cara kerja akulaku.tgl 16 november bayar,nyata kode va via bank bca sebesar 1.498.000.Tagihan tetap muncul serta denda berjalan.sampai hari ini tgl 5 Desember,total tagihan hampir 2 jt,20 hari kami menunggu dari pihak terkait dgn no laporan 10119764.tapi tetap tdk ada penyelesaian.

  • Sama yang saya alami untuk pembayaran pinjaman di akulaku.sudah byr dhn kode va akulaku sebesar 1.498.000,tapi tagihan tetap total serta denda yg berjalan.sy lgsg lapor email dan live chat akulaku,tp menunggu sampai 20 hari ini.skrg sdh hampir 2.jt.jls di permainkan dan alasan sistem.

  • Saya juga pernah ngalamin yang sama. Bukti pembayaran sudah dibayar pun sudah saya kirim. Tapi disistem mereka gak ilang. Itu kasus 2021. Dan sampai 2022 pun masih ada. DC pertiga bulan sekali. Meneror trus. Karena jengkel aku upat2 tu dc. Sambil aku kirim bukti pembayaran. Tiga bulan berhenti gak ada teror. Tapi 3 bulan selanjutnya berulang begitu. Terakhir bulan lalu. Saya aja ketemuan dcnya dirumah dan gak ada yang datang. Kan kurang ajar... Semenjak saat itu saya gak gunakan akulaku lagi. Emang ******* aplikasi akulaku