Surat Pembaca

Telat Bayar 8 Hari, Sudah Diancam DC Akan Datang ke Rumah

Kejadiannya beberapa hari yang lalu. DC Kredit Pintar WA saya, dengan embel-embel, jika saya bayar tagihan akan dapat diskon. Lalu saya balas, saya sedang mengumpulkan dana untuk membayar. Padahal saya baru telat 8 hari dan sebelum jatuh tempo saya juga diteror-teror seperti itu.

DC tersebut mengancam dengan mengambil alamat saya, dan akan berkunjung ke tempat tinggal saya. Mereka kasih batas waktu pembayaran sampai pukul 1.

Tolong dong perusahaan Kredit Pintar ajarkan DC Anda menagih dengan cara yang baik dan tidak mengancam. Itu yang membuat masyarakat galbay, karena kelakuan DC-DC tersebut. Mereka juga membuat banyak korban pinjol bunuh diri karena perbuatannya.

Askelin Gloria
Balikpapan, Kalimantan Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • @Askelin Gloria
    Bayar full cash ke bagian lapangan kalau udah ada duit. Jangan lupa bukti serah terima dana. Serta dokumen lunas dibubuhi stempel basah perusahaan dan tandatangan pejabat yang berwenang.
    Jangan lupa kartu ID dan surat tugas kolektor lapangannya harus valid dan foto juga orangnya.

    • sdah jelas dsini anda yg salah,melanggar perjanjian saat mengajukan pinjaman.DC bilang mau kerumah?
      dsitu dlm ucapan yg terucap dri DC bukan satu pengancaman.
      dsini anda yg salah tpi anda merasa terdzolimi.

      • melanggar perjanjian ada hukumannya yaitu denda, jadi tenang saja, si pelanggan dapat sanksi yang setimpal kok. menagih orang yang melanggar perjanjian juga ada aturannya,ikuti saja aturan dari OJK

      • Menurut saya DC nya masih sopan kok, ga ada mengeluarkan kata2 kasar/sumpah serapah/binatang. Wajar kalau telat bayar ya pasti DC Dateng ke rumah. Tapi klo emang pas ke rumah DC ngeliat situasi TS bener2 tidak mampu, bahkan rumah jelek, dan buat makan saja susah, biasanya akan diberikan keringanan, Krn DC kan harus laporan ke TL nya/Admin nya.
        Saya bukan DC ya ges. Cuma IRT

  • Anda juga salah sih, kan perjanjiannya harus tepat waktu tanggal bayarnya, jelas aja mereka menuntut Anda bayar, jangan lupa bayar tepat waktu jangan selalu playing victim pak. Itu resiko minjem di aplikasi pinjol, juga pun gaada jaminan barang buat mereka saat anda meminnjam, jelas resiko mereka besar

    • Yg buat konsumen galbay ya karena pinjam diluar kemampuan jd ga cukup penghasilan buat bayar cicilan dan atau emang niat ga bayar kok malah dc yg disalahin

      Dari chat Anda tidak kasih kepastian kapan mau bayar dan bahkan msh ngumpulin uang berarti saat pinjam Anda Anda sdh hitung kemampuan utk bayar cicilan secara tepat waktu belum ?

      Tagihan 1 jutaan, dibilang kecil ga tp ya jelas ga besar. Cari pinjaman sejumlah uang segitu harusnya ga susah kalau Anda dipercaya ama teman/saudara bisa juga jual/gadai hp dulu dan lunasin

      Percuma tulis surat di MK krn kesalahan bukan di peminjam

      Note : sy bukan dc ?, abis kalo ksh saran orang bayar utang suka dibilang dc ???

      • Anda yg nunggak, anda yg koar² seolah olah terdzolimi. Ane baca segitu masih mending DC nya, ga ada kata² kasar. Klo sekedar mau didatangin ke rumah ya wajar, emang mereka mesti nagih kemana? Pinjol ngasih pinjaman ke kita itu ga ada jaminan apa² cuma modal KTP.

        • Jangan takut, tetap tenang,
          yang utama itu penuhi saja kebutuhan diri sendiri,jangan panik & stress, Jangan malu, kalau tidak sangup bayar, ya bilang saja belum ada uang.
          Karena Resikonya ya di telpon & SLIK OJK,
          kalau DC bilang mau datang, ajak saja jumpa dirumah ( jangan di luar rumah )
          dan usahakan ada pendamping, jangan done, Video pembicaraan,
          bilang saja kalau ada uang, di bayar,
          jangan takut.

    • Namanya kebutuhan mendadak... Klo masih 8 hari telat dn diancam didatangi ke rumah ya persilahkan saja... Klo tamu datang baik2 ya d terima baik2 klo ngajak rame ya tinggal panggil aja orang kampung... Gitu aja...

    • ikuti aja aturan OJK tentang penagihan, urusan nasabah tidak tepat waktu membayar ada hukumannya, dan itu hukumannya luar biasa berat yaitu diblokir BI. jadi gausah bikin opini ga masuk akal, pakai aturan yg berlaku aja.

  • Penyebab banyak masyarakat gagal bayar hutang karena tidak memiliki pengetahuan dan kecerdasan dalam mengelola keuangan. Bukan karena DC.
    Tidak mengukur kemampuan bayar saat mengajukan pinjaman. Akhirnya yang terjadi tagihan sudah jatuh tempo masih belum ada uang untuk membayarnya. Tagihan makin besar karena denda. Ambil pinjaman lagi untuk nutup hutang sebelumnya. Begitu terus sampai putus asa dan bunuh diri untuk yang mentalnya lemah. Dan jumlah pengemplang hutang jauh lebih banyak daripada yang bunuh diri.

    • Dimana2 dc emg begitu..khusus nya..lwt jatuh tempo,mskipun blm jatuh tempo atau pas jatuh tempo...tim penagih ga mau disebut Reminder...pdhl udh tau itu reminder..kcuali lwt jatuh tempo, saran nya usaha kan byr aja..plus bunga denda harian nya...kl msh harian kn kcil..kcuali udh lwt bulann..,kl pengancaman..lapor Polsek trdkt..suruh dc nya mnghdp aja krmh..atau sm2 mnghdp ke Polsek..dijamin dc pasti ga mau...

      • Napa ya org2 di sini. Komen realistis dari sudut pandang yg g memihak si peminjam di bilang DC wkwkwk makanya hidupnya pada g ada kemajuan dan ngamuk2 di kolom komentar ya bgtulah tukang galbay, klo bukan dari feed google chrome g bakak tau situs ini eh parah isi komen nya suruh g bayar lah dll wkwk ciri2 calon napi

  • Resiko minjol y sprti itu kak,abaikan sj wa,tlp,klo diintimidasi tgl sertakan bukti buat laporan ke polda,percuma lapor OJK ga da respon..wajar klo nerror namanya juga legal rasa ilegal jd DC nya brani2 klo lewar online,,tantangin kerumah mn berani Dc mental tempe???

  • yang koment mayoritas...orang yg gak pernah ngutang..jd gak tau posisi orang yg sedang susah seperti apa...y semua kembali ke si peminjam harus bijaksana dalam menyingkapi semua masalah...kl dc biar aja dia datang trs kasih keterangan aja kapan bisa bayarnya

  • Sedikit lah berempati dgn sesama manusia. Mungkin dia galbay karena ada alasan lain seperti musibah atau apa. Untuk kalian para DC yg menagih dgn kasar dan tdk punya etika. Ajak ketemuan n hajar basmi sikat.