Surat Pembaca

Pesanan Seolah-olah Dikirim, Agar Penjual Tidak Kena Penalti

Dari banyak kali belanja di Tokopedia, ada beberapa penjual yang minta saya agar melakukan cancel dengan alasan barang tidak ada stok. It’s okay lha, karena barang saya beli bukan sesuatu yang urgent.

Kali ini saya beli mesin cuci di official store Samsung, tulisannya sih begitu “official“. Pas hari terakhir akan cancel otomatis, mendadak ada yang menelepon tapi gak saya angkat. Nggak lama dia kirim WA, minta agar orderan saya dibatalkan, karena barang “no stock” dan mereka sebagai penjual bisa dipenalti bila melakukan cancel. Alasan klasik, tapi berhubung lagi sibuk di kantor saya lupa sampai melewati batas jam otomatis cancel. Ternyata setelah buka aplikasi Tokopedia, saya lihat barang sudah dikirim.

Saya hubungi lagi penjual dan mereka menjawab “seolah-olah” terpaksa kirim, padahal barang gak dikirim. Ceritanya demi tidak kena penalti maka pembeli yang dikorbankan. Selang sehari, saya iseng menghubungi Tokopedia Care. Sayangnya saya lupa screenshot percakapan saya dengan pihak Tokopedia Care (online). Jawaban mereka hanya berdasarkan text book, tanpa sedikit pun menyimak inti keluhan pembeli yang ditipu, status barang dikirim padahal kagak ada barang yang dikirim.

Saya tidak masalah dengan lamanya proses refund. Yang menyebalkan adalah kenapa Tokopedia melakukan pembiaran terhadap praktik ada penjual meminta pembeli melakukan cancel demi tidak kena penalti? Kedua, petugas layanan Tokopedia Care sepertinya harus dilatih agar lebih cerdas dalam menyimak “poin” keluhan pembeli.

FX Suprapto
Balikpapan, Kalimantan Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Samsung Electronics Official menggunakan custom delivery dan ongkir dihitung gratis.

      Itu sepertinya yang handle karyawan newbie dan panik saat stok kosong. Diarahkan supervisor (yang juga newbie) meminta supaya pembeli melakukan cancel order, sesuatu yang tidak perlu untuk brand sekaliber Samsung.

      Kesalahan TS (kemungkinan) tidak chat untuk konfirmasi stok terlebih dahulu, kesalahan umum untuk pembeli newbie. Urusannya receh sebetulnya, tapi karena pelakunya newbie semua maka nampak jadi masalah besar.

      • Masalah Bgitu aja komplain di MK, toko udah sopan bgitu gak usahlah "dihukum" dan "dipermalukan" di media...dimana CINTA KASIHMU?? kecelup di comberan ya ajaran KLISE nya??

          • Alah, Lo juga kalau pembeli ngasih rating bintang 1 langsung ngambek nulis di mediakonsumen. Gue tau lah tulisan-tulisan Lo di mediakonsumen. Sama aja kan.

          • Maaf saya balas untuk Penjual Pedagang. Dia kan suka nulis komplain juga di mediakonsumen, pembeli ngasih rating 1 di tokonya aja dia tulis di media konsumen. Tapi dia kok menyudutkan penulis artikel. Sesama suka komplain mah jangan saling membully lah.

      • Betul menurut sya sih masalah simpel, tp krn pembelinya lebay dan penjualnya amatiran jdi terkesan masalah ?

      • Teguh iman saya duga adalah buzzer tokped. Atau fansboy tokopedia,atau seller fanatik pecinta Tokopedia. Dimana ada artikel komplain tentang Tokopedia selalu ada dia menyudutkan penulis artikel.

      • Ngapain tanya stok. Offical store Tokopedia itu di wajibkan ready stock tiap untuk tiap produk yang tersedia di etalase belanjanya. Itu sudah kewajiban toko dengan centang ungu seperti toko diatas. Jika ternyata barang kosong, pembeli berhak dapat voucher belanja dari Tokopedia.

        Itulah konsekuensi toko jika berlabel Official Store di Tokopedia.

    • Mgkn toko official Samsung punya cabang di Balikpapan jg, byk toko official pemilik merek spt itu di toped.

    • Yaa memang CS semua market place perlu dilatih lg agar lebih profesional dalam menangani setiap masalah ??

  • Saya kalau disuruh cancel tidak masalah, nanti di alasan pembatalan pilih permintaan penjual.

  • sama kasus nya pak, ini sangat merugikan krn dana tertahan sampai berminggu2. seandainya lgsg batal dana lgsg kembali dan saya bisa cari ke toko lain.

    • Ya makanya penjual minta klik batalkan biar sama sama enak. Dan cepat. Jd ga berkepanjangan.

      • Teguh iman saya duga adalah buzzer tokped. Atau fansboy tokopedia,atau seller fanatik pecinta Tokopedia. Dimana ada artikel komplain tentang Tokopedia selalu ada dia menyudutkan penulis artikel. Kali ini malah ngatain pembeli newbie. Haduh.

  • tokopedia harusnya menertibkan official store seperti ini. jangan hanya karena pembatalan kena poin penalty, tp juga kalo kirim ngasal2an (misal: secarik kertas permintaan maaf) juga harus kena poin penalty, malah harusnya lebih besar penaltynya ketimbang pembatalan.

  • Sy kalau sudah di chat oleh toko untuk batalkan, langsung sy batalkan detik itu juga, ga pakai alasan lupa karena lagi sibuk dikantor.
    Sy kalau transaksi, membiasakan chat penjual dulu, barang ready stok atw tidak,mau itu penjual biasa ataupun official store.
    Itu aja sie menurut sy inti permasalahannya.
    Kecuali si toko ga info ke kita kalau barang kosong dan main "kirim" pura2, tokonya ud baik chat kasi tau, pembelinya ts bilang sibuk lagi dikantor kerja, hehe sy rasa yg sibuk kerja bukan ts aja deh.

    • Jaman sekarang harus melek informasi meski bukan di pekerjaannya, kenapa toko minta di cancel dari akunnya si pembeli karena takut akan terkena pinalti di tokonya jika yg membatalkan dari sisi penjual sendiri. Dan kenapa malah kirim? Karena pembeli tidak membatalkan pesanan sampai batas kirimnya sehingga harus pura-pura dikirim.

      Dan penjual seperti itu akan anda temui disemua marketplace karena dimarketplace pembeli lebih diprioritaskan. Sehingga penjual sering kali harus memutar otak agar akun tokonya tidak terkena pinalti oleh sistem.

      • Banyak yg menganggap tinggal cancel kok repot,,padahal ngga sesimpel itu,,gmn klo belinya pake creditcard yg dmn pengembalian limit bisa sampai 14 hari kerja,sedang limitnya tinggal segitu2nya ,,mau beli lagi udah ngga ada dana,,sedang barang butuhnya cepat,,klo pembeli order tanpa menanyakan stok mungkin masih bisa di maklumi tp kadang2 kita sbg pembeli sudah menanyakan stok bahkan untuk pengirimanya pun sudah kita tanyakan bisa cepat atau nggak nya,tp setelah di order barang tidak kunjung di kirim,,bahkan setelah menunggu beberapa hari malah batal transaksinya sedang deadline pemakaian barang yg di order udah mepet,,,belum pernah kan kalian ngalamin begitu???

    • Pembeli yg cerdas Dan baik. Semoga pembeli seperti ini di perbanyak di marketplace .

    • yup betul, intinya saling memudahkan sajalah kalau jual beli ini. kesan yg sata baca pembeli malah sengaja mempersulit, akhirnya benar-benar sulit kan kejadiannya.

  • Tidak sepenuhnya salah seller sih, kan sudah diinfokan secara baik² minta di cancel. Klo aku sih gak masalah toh kita gak sering cancel pesanan jd gak rugi jg, penjual tinggal konfirm dan uang kembali. Wajar dr pihak penjual gak mau cancel gak mau kena penalti, karena ada kerugian nantinya di mereka. Klo aku sih biasa tanya dulu stoknya sekalian lihat seller responsif gak, dan selalu aktif gak. Jgn langsung order aja karena stok di etalase itu blm tentu sesuai kadang seller gak langsung update.

  • Coba deh di cek dulu di samsung elektronik official store nya.. Pilihan kurir nya cuma custom kurir yg artinya pengiriman oleh kurir toko tersebut dan itu di hargai rp 0 .. Coba dibayangkan tuh kurir toko harus kirim ke balikpapan berapa biaya yg di keluarkan