Kredit Sudah Lunas, tapi Masih Dipersulit untuk Pengambilan BPKB

Kepada Yth. Pimpinan WOM Finance Surabaya Timur,

Saya sudah baik-baik melunasi (Rp37 juta sekian) sisa angsuran saya beserta dendanya, atas nama Kalista Sukma Mindarani. Namun saat saya ingin mengambil BPKB untuk keperluan ganti plat nomor, kenapa dipersulit? WOM Finance juga mengganti perjanjian secara sepihak tanpa saya diberitahu sebelumnya dan setelahnya isi perjanjian diganti.

Di perjanjian awal saya tanda tangan, WOM Finance berjanji 7 hari kerja BPKB saya bisa diambil. Kenapa sekarang sudah lebih dari 15 hari kerja belum bisa diambil? Katanya akan dihubungi, tapi sampai detik ini pun belum dihubungi. Sudah mengganti perjanjian secara sepihak dari 7 hari kerja menjadi 14 hari kerja, BPKB mobil saya pun sampai saat ini belum diberikan kepada saya.

Kemarin saya urus ganti plat nomor dan STNK pakai legalisir BPKB, itu pun saya keluarkan uang lagi loh buat WOM. Minta legalisir masih bayar lagi, padahal saya minta legalisir di Polda, gratis. Saya urus sendiri karena pihak WOM meminta biaya jasa urus yang sangat amat mahal. Saya urus sendiri ,biaya semuanya Rp2.600.000, sedangkan pihak WOM minta semua bersih Rp3.800.000. Gila sih, jasanya aja 1,2 juta rupiah loh.

Tolong pimpinan WOM yang sudah menzalimi saya, segera kembalikan BPKB saya yang ditahan dan belum bisa diambil. Pemerasan kalian tidak akan bisa saya ampuni. Sudah lunas, masih dipersulit ambil BPKB. Itu BPKB mobil punya saya sendiri loh, kenapa dipersulit? Sudah ganti isi perjanjian seenak udel kalian, sekarang ambilnya pun sulit.

Saya sudah buat surat keberatan ganti perjanjian sepihak, tetapi tetap saja tidak digubris oleh pihak WOM. Tolong ini yang terakhir saya meminta keluarkan BPKB saya, jika tidak digubris juga saya akan menempuh jalur hukum. Terima kasih.

Kalista Sukma Mindarani
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan WOM Finance atas Pengaduan Ibu Kalista

Dengan hormat, Menanggapi pemberitaan media online mediakonsumen.com yang tayang pada tanggal Kamis, 8 Desember 2022 dengan judul “Kredit Sudah Lunas,...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Itu surat pernyataannya salah kaprah. Harusnya bukan anda yg tulis dan ttd. Tapi mereka yg tulis dan ttd ditambah cap perusahaan jd kuat. Itu permainan biasanya bpkb dijaminkan lg ke pihak lain buat modal jd tuh agak lama. Jgn mau suruh bayar denda lg karna dianggap gak ambil BPKB kayak finance seblah

    • Kan saya yang ingin cepat dikeluarkan sesuai perjanjian awal begitu kak jadi saya yg tulis itu surat pernyataan nya.

      • WOM Finance, Kapok saya b3urusan dengan WOM Finance. Leasing ga jelas.

        Kalau seperti itu, BPKB di gadaikan lagi kali untuk perluasan modal usaha mereka.

        Jika 14 hari tidak dikeluarkan. Laporkan polisi n gugat ke panitra.

          • Hampir Semua Pelaku Usaha (Perusahaan Pembiayaan) Itu CULAS, Butuh Kehati-hatian Dan CERDAS.. Untuk Kasus WOM, Saran Saya LAPORKAN Ke Polisi Dengan Pasal 372 KUHAP Krn Delik Penggelapan Nya Sudah Masuk.. Jika Tidak, Gugat Melalui BPSK (Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen) Dikota Anda Dan Biasanya Konsumen Akan Dimenangkan Berdasarkan Pengalaman Saya..

      • kalau anda dulu dikasih salinan perjanjian,gugat saja ke panitera pengadilan dengan dasar salinan perjanjian

        • anda cari tahu apakah di wilayah anda ada Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM)???kalau sy ketua LPKSM YKM di wilayah Kab.Pemalang

      • Fyi juga untuk konsumen lain, jangan pernah ambil di WOM Finance, saya juga udah ngalamin, semoga aja bangkrut tuh perusahaan leasing ga jelas suka penggelapan.

      • Sama di bca finance juga sulit untuk pengambilan bpkb padahal sudah lunas,nunggu 5 hari harus bolak balik harus daftar online dengan segudang pertanyaan,bikin kapok untuk kerjasamanya.

      • Sudah terjadi penyelesaian masalah kasus ini. BPKB sudah kembali kepada saya dan semua sudah clear. Pihak WOM sudah meminta maaf kepada saya karena ada misscom antara pusat dengan cabang dan saya pun sudah meminta maaf karena sudah up masalah ini. Dengan ini saya menyatakan masalah ini sudah clear. Tuntas dan jelas. Terimakasih.

    • Emang banyak preman nya itu leasing. Pernah Sy kredit 5 mobil Krn sesuatu hal beberapa di tarik dan udah clear serah terima kendaraan. Eh dua tahun kemudian BI chek Sy muncul Krn trlambat byr angsuran. Usut punya usut ternyata kredit mobil itu diteruskan oleh org lain dg pake nama saya tanpa sepengetahuan saya. Dan org itu terlambat angsuran nya.

      • Sudah terjadi penyelesaian masalah kasus ini. BPKB sudah kembali kepada saya dan semua sudah clear. Pihak WOM sudah meminta maaf kepada saya karena ada misscom antara pusat dengan cabang dan saya pun sudah meminta maaf karena sudah up masalah ini. Dengan ini saya menyatakan masalah ini sudah clear. Tuntas dan jelas. Terimakasih.

    • Sudah terjadi penyelesaian masalah kasus ini. BPKB sudah kembali kepada saya dan semua sudah clear. Pihak WOM sudah meminta maaf kepada saya karena ada misscom antara pusat dengan cabang dan saya pun sudah meminta maaf karena sudah up masalah ini. Dengan ini saya menyatakan masalah ini sudah clear. Tuntas dan jelas. Terimakasih.

    • BPKB motor saya dari September 2019 sama Mandiri Finance Indonesia ga ada kejelasan juga. Sampai detik ini BPKB saya masih sama mereka. Leasing ga ngotak.

    • Beray dia mau duid dan kerjaan yg harusnya gaperlu di kerjain, itung" buad jajan rekreasi tahun baru tambahan jalan" emang sih semakin kita sudah besar semakin kotor tubuh dan pikiran kita, jujur masuk surga, ya makan batu makan angin terus cape, masuk neraka yang enak ada kesempatan garap hajar bleh mainin, masup neraka rame" mereka pikir begitu.

    • Seharusnya bikin aja surat somasi dikasi tengat waktu dg ancaman jika tidak ditanggapi maka akan ditempuh jalur hukum.. posisi anda sdh benar krn kewajiban sudah ditunaikan & anda berhak menuntut apa yg sudah menjadi hak anda ..

      • Sudah terjadi penyelesaian masalah kasus ini. BPKB sudah kembali kepada saya dan semua sudah clear. Pihak WOM sudah meminta maaf kepada saya karena ada misscom antara pusat dengan cabang dan saya pun sudah meminta maaf karena sudah up masalah ini. Dengan ini saya menyatakan masalah ini sudah clear. Tuntas dan jelas. Terimakasih.

  • Buat laporan polisi kalau pihak WOM menahan dan menolak mengembalikan BPKB yang sepenuhnya sudah hak TS. Delik aduannya bisa pakai pasal penggelapan (Pasal 372 KUHP).

    Tapi entahlah apakah TS masih punya nyali untuk lapor polisi. Lha wong bikin surat pernyataan aja ngawur.

    • Maaf kak, ngawur bagaimana ya? Itu saya di dikte oleh customer service WOM. Karena sy ga pernah buat jadi saya di dikte begitu. Dan juga dibawahnya ada tanda tangan saya diatas materai.

      • Suratnya di ketik Bu, jangan tulisan tangan di atas materai .

        Jika 14 hari BPKB tidak dikeluarkan . Laporkan polisi aja Bu, penghelepan BPKB yg sudah menjadi milik anda.

      • Itu merupakan surat pernyataan keberatan krn aturan tsb mmg mereka sendiri yg buat.. baiknya anda bikin surat somasi .

      • Harusnya anda yang bukan membuat surat pernyataan bu. Karena anda yang menuntut hak anda. Dan dalam narasi itu membuat tuduan ke anda sendiri. Karena ada tak patuh 14 hari kerja. Secara hukum tapsirnya begitu. Kan yang salah pihak wom yang harus membuat pernyataan harus pihak WOM bukan ibu. Kalau misal digugat anda yang salah. Dimata hukum kalau pernyataan anda yang membuat. Peraturan hukum orang yang salah yang harus membuat pernyataan. Disini ke salahnya. Semoga dapat segera teratasi

        • Seharusnya ibu jangan bikin surat pernyataan, harusnya pihak wom yg bikin ( peryataan) untuk menyerahkan BPKB ibu, kan BPKB ada di pihak wom, biasanya BPKB di jaminan lagi sama pihak wom nya buat nambah modal

    • Sudah terjadi penyelesaian masalah kasus ini. BPKB sudah kembali kepada saya dan semua sudah clear. Pihak WOM sudah meminta maaf kepada saya karena ada misscom antara pusat dengan cabang dan saya pun sudah meminta maaf karena sudah up masalah ini. Dengan ini saya menyatakan masalah ini sudah clear. Tuntas dan jelas. Terimakasih.

  • wah WOM bandit nih, hak orang ditahan. Laporin ke polres terdekat, nanti deliknya biar petugas yang mengurusnya. Ceritakan kronologisnya ke petugas

    • Sekedar saran.. saya pernah bekerja di leasing, tapi bukan WOM. Tapi saya pernah dengar masalah BPKB di WOM dari admin saya yg pernah kerja di WOM.
      Tidak seperti kebanyakan leasing, BPKB konsumen WOM disimpan terpusat. Jadi kalo ada pelunasan, maka BPKB harus diambil dulu oleh cabang ke pusat. Makanya selalu butuh waktu untuk pengambilannya. Dan sebagaimana saya jelaskan sebelumnya, karena BPKB di simpan di pusat, maka sangat tidak diperkenankan BPKB ada di kantor cabang. Jadi misal si konsumen dijanjikan untuk mengambil BPKB tgl 10, maka si konsumen harus benar2 datang tanggal 10. Nah jika setelah lewat tanggal 10, maka BPKB akan kembali dikirim ke pusat. Jadi kalo Ampe miss tanggal pengambilan, ya proses harus diulang dr awal. Kalo saya gak salah ingat, mungkin lewat 1 hari masih bisa, asal tu BPKB belum dikirim balik ke pusatnya.
      Dan jangan mengandalkan telepon/kabar dr kantor cabangnya. Takutnya mereka lupa.. mending datang aja sesuai tanggal yg dijanjikan.

    • Sudah terjadi penyelesaian masalah kasus ini. BPKB sudah kembali kepada saya dan semua sudah clear. Pihak WOM sudah meminta maaf kepada saya karena ada misscom antara pusat dengan cabang dan saya pun sudah meminta maaf karena sudah up masalah ini. Dengan ini saya menyatakan masalah ini sudah clear. Tuntas dan jelas. Terimakasih.

  • itu pernyataanya salah bukan seperti itu , seharusnya yang buat itu wom bukan anda , yang ingkar itu wom bukan anda bu jadi gak perlu surat pernyataan . itu salah.

    • Sudah terjadi penyelesaian masalah kasus ini. BPKB sudah kembali kepada saya dan semua sudah clear. Pihak WOM sudah meminta maaf kepada saya karena ada misscom antara pusat dengan cabang dan saya pun sudah meminta maaf karena sudah up masalah ini. Dengan ini saya menyatakan masalah ini sudah clear. Tuntas dan jelas. Terimakasih.

  • Saya juga pernah mengalami hal yang sama dengan penulis sekitar tahun 2015, BPKB motor saya juga ga di kasih padahal sudah lunas dan semua bukti pembayaran sudah saya berikan tapi ga juga di berikan, ada teman yang nyaranin suruh lapor ke OJK di sertakan dengan semua bukti pembayaran dan pelunasan, setelah di panggil dan duduk bersama di OJK, akhirnya pihak OJK menyuruh pihak leasing untuk memberikan BPKB yang telah di lunasin cicilan pembelian motor, sehari setelah perintah dari OJK baru pihak leasing berikan BPKB, kalau boleh saya saranin coba lapor ke OJK kalau memang belum di kasih......

  • Kl mau nglsingin bpkb paling gampang ga ribet kl udah lunas proses pengbilan bpkb jg gapang pke mandiri finace.itu yg sy alamin