Surat Pembaca

Review Produk Fitnah, Penjual Tidak Bisa Banding

Saya sebagai penjual di Tokopedia. Awalnya saya mendapatkan orderan dari Tokopedia, dengan nomor pesanan invoice: INV/20221205/MPL/2872296379 dan kurir sameday. Orderan masuk tanggal 5 Desember 2022 pukul 00:48 pagi dan di-pickup pagi itu juga. Artinya pengiriman sudah sesuai pesanan dan sampainya juga cepat.

Dalam list deskripsi produk juga sangat jelas, di situ saya tulis: Harga 1 pcs Rp3.800, minimal kelipatan 10. Sangat jelas sekali, bahkan di akhir deskripsi saya tambahkan “Masih gak paham bisa kirim pesan saja”. Terlampir deskripsi produknya:

Ketika barang sudah sampai, pembeli komplain dengan kirim pesan ke chat, kata-katanya mengancam. Baru kali ini saya nemuin pembeli yang seperti ini di Tokopedia.

Pembeli mengatakan intinya: “Kenapa dikirimnya cuma 10? Kan saya klik 10, mestinya 100”. Logika mana jika klik 10 dapatnya 100 pcs? Jadi si pembeli mengharapkan Rp38.000 dapat 100 pcs (mending saya yang beli aja, 1 kontainer saya borong). Tertera sudah sangat jelas harga Rp3.800 itu harga per 1 boneka (1 pcs). Catatan, pembeli tidak bisa baca apa ya?

Pembeli juga sudah saya laporkan ke Tokopedianya atas ancaman itu dan cuma dihapus pesan tersebut yang mengandung ancaman. Tidak lama berselang pembeli isi review produk dengan bintang 1 dan centang semua tuh atributnya.

Saya laporkan ke pihak Tokopedia. Tokopedia tidak bisa menghapus katanya dan akan bantu untuk bicarakan ke pembeli. Walau sudah ada bukti pun review yang sangat mencemarkan tersebut tidak bisa dihapus. Padahal sebelumnya saya pernah juga dan bisa, selama kita bisa membuktikan kebenarannya. Namun untuk kali ini tetap admin Tokopedia bilang tidak bisa menghapus, karena masih sesuai ketentuan Tokopedia.

Jadi review produk fitnah, review yang tidak sesuai fakta itu, masih termasuk syarat dan ketentuan Tokopedia). Sedangkan admin cuma bilang tidak dapat menghapus.

Admin hanya menyuruh saya bicara chat ke pembeli untuk mengemis minta dihapus. What?? Pembeli sudah mengancam saya (bahkan pesannya dihapus oleh Tokopedia atas pelanggarannya) dan tidak menyadari atas kesalahannya dia sendiri, tapi Tokopedia malah menyuruh saya untuk chat ke pembeli untuk ngemis minta dihapus? Yang benar aja solusi Tokopedia ini? Saya chat aja sudah males, malah disuruh ngemis pula?

Kalau kayak gini, semua orang bisa review menjatuhkan semua dong? Pembeli memang betul punya hak review, tapi penjual juga punya hak untuk banding. Harusnya biar adil, jika terbukti benar ya harus di-takedown. Ini kan tidak, walau terbukti benar gak bisa di-takedown review-nya.

Beda lain cerita kalau saya memang melakukan kesalahan. Mungkin saya akan terima ya. Sampai detik ini review tersebut masih bertengger. Saya kecewa banget sama Tokopedia. Kebenaran bisa kalah dengan kejahatan. Terima kasih.

Handy Suryadjaja Husin
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Bagaimana cara melaporkan ulasan pembeli di Tokopedia yang memberikan ulasan yang tidak baik padahal di deskripsi sudah tertulis jelas mohon bimbingannya

  • Pada prinsipnya tokopedia dan Shopee sama sana ga bisa hilangin testimonial... Kecuali ada kesepakatan dari si pembeli membolehkan. Prinsip nya gitu.. Kita pasti disuruh komunikasi ke pembeli walau pun pembeli nya nipu sekalipun. Kalo kasus saya sih saya ditelp pihak tokopedia lalu saya memberikan bukti yg sangat kuat.. Ga cm lisan saja.