Shopee Mengenakan Biaya Transaksi Siluman ke Penjual

Saya penjual di Shopee, yang sejak tanggal 13 November 2022, semua pesanan yang masuk ke saya dikenakan biaya tambahan kartu kredit sebesar kurang lebih 2,5%-3%. Saya mempertanyakan tentang biaya tersebut ke CS Shopee dan dijawab bahwa transaksi yang kena potongan biaya kartu kredit, masuk ke kategori transaksi mencurigakan, maka biaya transaksi dibebankan ke penjual.

CS Shopee dengan arogannya menyatakan sistem Shopee sudah diatur sedemikian rupa untuk otomatis mengenali transaksi yang mencurigakan. Sebagai catatan, hanya pesanan dengan metode pembayaran kartu kredit yang dikenakan biaya transaksi kartu kredit siluman ini.

Link toko saya: www.shopee.co.id/bcorp, produk yang dijual kategori handphone dan aksesoris. Saya lampirkan beberapa detail order yang dikenakan biaya siluman: Ada nomor ordernya, foto barang sebelum di-packing dengan resi yang menampilkan nomor order tersebut, screenshot dari video yang menampilkan kondisi paket setelah di-packing.

Shopee yang mengadakan promo diskon kartu kredit bank-bank tertentu dan ada pembeli yang menggunakan promo tersebut, tapi malah penjual yang dicurigai dan dicap penjahat? Logikanya bagaimana?

Saya tidak pernah menerima order palsu selama berjualan di Shopee. Semua order yang saya kirim ada bukti video lengkap yang menunjukkan kondisi barang sebelum packing, beserta print resi info pembeli dan kondisi/bentuk paket setelah di-packing. Video tersebut juga sebagai dokumentasi untuk saya sendiri jika ada pembeli yang komplain.

Jika Shopee butuh bukti video untuk order yang mana pun saya siap memberikan. Termasuk order-order di bulan September dan Oktober. Hanya karena ada beberapa penjahat, bukan berarti semua penjual adalah penjahat. Jangan secara sepihak menuduh penjual melakukan aktivitas mencurigakan.

Bryant Rudy
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Transaksi yang (katanya) mencurigakan dikenakan tambahan potongan. Sistem yang mendeteksi transaksi mencurigakan secara otomatis dengan algoritma menduga-duga. Penjual dicurigai dan di cap penjahat.

    Ini sih pasar angker. Jual-beli mencurigakan kena palak tambahan dari preman. Dalih premannya, mereka pakai sistem canggih berdasarkan praduga. Penjual dicurigai bikin suasana tambah horor. Belum kunti yang cancel order dan tuyul yang cari-cari salah kasih rating jeblok.

    Yakin mau jualan di pasar kayak beginian?

    • Minum air di sumur yang sudah kamu ludahi ya kayak SELLER kamu ini, menjelekkan yang punya kios ( SHOPEE ), sementara yg punya kios memberlakukan tarif sewa tapi kamu gak terima, ingin terima sewa kios secara gratis, di shopee semua ketentuan dan kebijakan sudah ada berdasarkan hukum yg berlaku, bukannya terimakasih, bisa jadi kamu memanipulatif transaksi di tokomu menggunakan kartu kreditmu, shopee itu cermat dan update jika ada transaksi FAKE !!! maling teriak maling ya kamu ini .

      1

      • Di online gak namanya tarif sewa, yg ada potongan keuntungan, itu sama model kayak di ojek online, cuma gak boleh ada potongan potongan siluman, karena itu merugikan pihak penjual, jualan di marketplace bukan nya untung malah banyak masalah!! blum lagi jualan untung cuma sedikit dan ada pinalti, akun di blokir pihak marketplace dan lain lain, dan blum asuransi yg tidak ada di Shopee, jualan barang mahal kalau hilang di kurir makanan cuma 10 kali ongkir pergantian barang nya, paham!?

        • Elu munafik banget kebanyakan bacot, kalau gak mau aturan dan ketentuan sistim ya jangan jualan disitu, kebanyakan bacot tapi masih berkecimpung di shopee, kan sudah saya bilang perumpamaan shopee alias kios, semua juga ada biaya admin, semua orang juga pada tahu kalau sistim market place digital buka sewa kios tapi admin, ini perumpamaan bego !!!! Lagian si seller itu memanipulasi fake order menggunakan Kartu kreditnya.

          • Iya biaya admin biaya penanganan biaya aplikasi. Jualan 400.000 kenak potongan 20.000. Trus kita belum packing dll kita ambil untung berapa ya.. Kasih saran dong.

      • sopret tu udah ga fokus di marketplace/rekber aja, segala pembayaran tagihan, pulsa, data, pengiriman barang, dicaplok dia semua, bahkan official store pun dia caplok, kita reseller barang saingannya sama produsennya langsung dong.

        aku terakhir pake sopret tahun 2021 gegara beli token 500rb, tokennya ga bisa dipake, dikomplen gak membuahkan hasil malah dilempar kesana sini. sampe skarang gada hasilnya.

        • Memanipulasi buat fake order menyalahkan gunakan gratis ongkir, terus uang yg d kredit card biar cair menyalahkan sistim shopee wkwkwk, bodoh !!!!

      • Pemerintah kurang perhatian ke jual beli online seperti ini. Sehingga si penguasa pasar bisa berlaku seenaknya.

      • Jika memang demikian kenapa seller tdk suruh bayar aja biar jelas.
        Biar hukumnya halal bukan haram.
        Ketimbang memotong hak orang tanpa ada kejelasan

      • Ini komentar paling ***** utk kasus ini!!!
        Mungkin ini pekerjanya si pasar dg loyalitas membabibuta membela tempat cari makannya yg skr tp dg pengecut krn ga berani brkomentar secara resmi atau mmg ga pny wewenang mnjawab secara resmi tp perasaan jago sok mau jd pahlawan. Dasar *****!!!

      • tapi sejujurnya,saya sebagaj konsumen,bukan penjual,juga pernah mendapati biaya siluman sprt ini, ss semua lengkap, jadi gausah bacot deh bang, versi dia biarkan jadi versi dia,versi lu ya lu simpen aja dalam bacot lu

      • Memang toko oren ini makin kesini, makin kesana. Saya lihat gratis ongkir untuk menari pengguna dan pengunduh aplikasi, selanjutnya dia fokus sama pinjol dan bikin bank sendiri (Sea Bank) padahal yang di puterin itu duit penjual yang ditahan-tahan. Pinjolnya aja itung deh ada brp macem di 1 aplikasi itu. Entah apa ijin yg di gunakan, marketplace? Perbankan? Pinjol? Belum lg potongan 7% dari penjualan 😣 untung besar 👍

    • Shope skrg gila.. biaya pengamanan nya sampai 20rban.. beda dgn lazada di sana misalnya beli barang harga 169rb jadi 175rb sdh termasuk potongan ongkir gratis,,
      Klw di shope beda lagi barang 169rb jadi 200rb sdh termasuk potongan ongkir. Gila gk tuh ??

    • Sama persis sama apa yang sekarang saya sedang permasalahkan saya kena hampir 5% karena di duga melakukan transaksi mencurigakan saya kena potongan 675Rb dari harga jualan barang saya 13499000
      Itu 675rb belum di tambah sama biaya admin yang sekarang naik jadi 3,30% kena di 445rb jadi total potongan 1.140.000 padahal untung saya aja tidak sampai sebesar itu ini merugikan banget sih bener bener ga ada penyelesaian hanya sepihak dari shopee

      • Biaya aplikasi. Biaya penanganan. Sekarang kesannya rakus banget. Padahal pada jor joran harganya. Kalo yg transaksi ratusan juta siap siap aj akumulasi pejek

    • Sekarang aja udah bangkrut udah ga mampu perbaiki aplikasinya, segala uang jualan di tarik di tahan, orang bayar utang pinjolnya jg di tahan, udah di bayar tapi di menu pinjolnya masih ada tagihan...

  • Saya uda lama ngga pake shoope ini, karna layanan ntah apa lebih besar memberlakukannya.... So banyak barang di shoope lebih mahal dan seller memang menaikkan barangnya utk menutup layanan yg diberlakukan shoope. Intinya, saya ngga mau urusan lg dengan shoope 😁.

    • Dulu saya pengguna setia shopee, setiap beli barang apapun selalu di shopee karena selain lebih murah, gratis ongkir dan juga bnyk diskon serta cashback. Tapi skrng harganya lebih mahal dari marketplace lain & voucher gratis ongkirnya bnyk syarat & ketentuannya dan untuk mendapatkan Cashback coin shopee sngt susah sekali ditambah lg sekarang kena biaya layanan Rp.1000 per transaksi.
      Skrng saya beralih ke Lazada, harganya relatif lbh murah, bnyk voucher diskon, syarat & ketentuan voucher gratis ongkirnya jg gak ribet dan belanja di Lazada tidak dikenakan Biaya layanan.

      • Lazada masih sering ku pake, shopee tergantung kondisi kalo ada saldonya saja,
        Soalnya kalo cod ada tambahan biaya layanan 1000 plus biaya layanan cod tergantung harga barang,,

        • Saya sebagai buyer pun kadang masih mikir mau beli barang di Shopee. Ada banyak beban biaya yang keterlaluan. Ada biaya layanan, biaya penanganan. Coba ke Tokopakedi, cuma biaya layanan itu pun cuma 1000 perak. La ini Shoping biaya penanganan semakin besar nominal kita belanja, terutama COD ya semakin besar biaya penanganan. Ngeri sih Shoping ini ambil untungnya. Dan oh ya, untuk yg komentar membela Shoping di atas, mungkin anda Mantan Karyawan Shopee yg kena PHK kali ya hingga gabut nyasar di MK. Cermati dulu sistem online, Tas Oren ini hanya perantara, kalaupun ada biaya admin, bla bla untuk seller ya harus jelas untuk apa. Kalaupun biaya transaksi kartu kredit, kenapa segede gitunya potongannya, yg beli pakai CC kan buyer, kenapa yg dipotong sellernya.

      • Kalau ada yg nuyul atau transaksi begitu seharusnya gak di cas atau di ambil uangnya seperti ngambil pajak aja, otomatis shope ngambil uang kotor dong dipinta wkwkwkw 🤣 kocak amat ya bukanya di larang atau gimana, klo jualan ga bener pinta juga uangnya jatah Reman, ketauan lu jual di black market aja sekalian dah

        • Bukannya cas kartu kredit dibebankan ke customer? Setau sy saat cekout kena biaya dan itu dibebankan ke buyer. Koq dikenakan lg. Artinya double cas. Maklum lagi nutup kerugian. Spy bisa survive

          • udah dari jaman baheula, by tambahan kartu kredit tak boleh dibebankan kepada buyer. Mungkin shopee mengakalinya dgn memungut by tambahan tsb kepada seller.

          • Sepemikiran
            Malah skrg top up saldo aza yg masuk nya dipotong 1.500 dari top up kita,,pdhl dulu2 nggak,,kayaknya orange lagi nyati duit dari segala arah

      • Kok saya merasa ada yang janggal dalam kasus si penjual ini. Si penjual punya bukti video lengkap semua dari awal. Maaf nih, emangnya penjual mana yg nganggur videoin satu2? Coba deh tanya ke penjual lain. Yakin kalian semua pada pegang bukti video paking. Lagian dalam kasus banding shopee jika ada masalah yang diminta videokan adalah bukti unboxing ketika diterima. CONTOH MUDAH = penjual videoin paket bungkus iphone, lalu penjual kirimnya ikat rambut. Ya kali masa video si penjual dipake jadi atas dasar menang banding. Saya ga belain shopee tapi si penjual ini janggal dan si penjual sempat mengatakan dia punya semua video unboxing. hebat sekali .

  • Minum air di sumur yang sudah kamu ludahi ya kayak SELLER kamu ini, menjelekkan yang punya kios ( SHOPEE ), sementara yg punya kios memberlakukan tarif sewa tapi kamu gak terima, ingin terima sewa kios secara gratis, di shopee semua ketentuan dan kebijakan sudah ada berdasarkan hukum yg berlaku, bukannya terimakasih, bisa jadi kamu memanipulatif transaksi di tokomu menggunakan kartu kreditmu, shopee itu cermat dan update jika ada transaksi FAKE !!! maling teriak maling ya kamu ini .

  • Saya tidak suka memang dengan metode marketplace online di indo, seperti dulu sebelumnya ada rekber, maka marketplaces ini sebenernya turunan dri rekber yang banyak kelemahannya, seperti yang banyak terjadi sekarang.

    Saya lebih suka shoping online model retail, Krena sistemnya sama kaya jual offline, tpi lebih efektif dan efisien di online.. seperti amazon.

    Harusnya dirubah lagi cara metodenya, yaitu ibaratnya pihak ke 3 adalah mall yang menyewakan ruko ke penjual dengan hrg sesuai space.. dan izin penjual atau misalnya frenchise/dropshiper pun harus dicek fisik, data penjual harus sesuai KTP, pokoknya penjual harus discreening ketat agar pembeli merasa aman dan minim penipuan.

    • Saya juga pernah kena biaya siluman ketika di komplain jawaban dari CS algoritma shopee dibuat untuk mengetahui kecurangan.
      Padahal saya tdk melakukan apa2

  • Sebenernya itu potongan buat biaya iklan. Kan sebentar lagi 12:12 🤣. Duit potongan biasa udah abis buat iklan bulan lalu 🥱