Surat Pembaca

Shopee Mengenakan Biaya Transaksi Siluman ke Penjual

Saya penjual di Shopee, yang sejak tanggal 13 November 2022, semua pesanan yang masuk ke saya dikenakan biaya tambahan kartu kredit sebesar kurang lebih 2,5%-3%. Saya mempertanyakan tentang biaya tersebut ke CS Shopee dan dijawab bahwa transaksi yang kena potongan biaya kartu kredit, masuk ke kategori transaksi mencurigakan, maka biaya transaksi dibebankan ke penjual.

CS Shopee dengan arogannya menyatakan sistem Shopee sudah diatur sedemikian rupa untuk otomatis mengenali transaksi yang mencurigakan. Sebagai catatan, hanya pesanan dengan metode pembayaran kartu kredit yang dikenakan biaya transaksi kartu kredit siluman ini.

Link toko saya: www.shopee.co.id/bcorp, produk yang dijual kategori handphone dan aksesoris. Saya lampirkan beberapa detail order yang dikenakan biaya siluman: Ada nomor ordernya, foto barang sebelum di-packing dengan resi yang menampilkan nomor order tersebut, screenshot dari video yang menampilkan kondisi paket setelah di-packing.

Shopee yang mengadakan promo diskon kartu kredit bank-bank tertentu dan ada pembeli yang menggunakan promo tersebut, tapi malah penjual yang dicurigai dan dicap penjahat? Logikanya bagaimana?

Saya tidak pernah menerima order palsu selama berjualan di Shopee. Semua order yang saya kirim ada bukti video lengkap yang menunjukkan kondisi barang sebelum packing, beserta print resi info pembeli dan kondisi/bentuk paket setelah di-packing. Video tersebut juga sebagai dokumentasi untuk saya sendiri jika ada pembeli yang komplain.

Jika Shopee butuh bukti video untuk order yang mana pun saya siap memberikan. Termasuk order-order di bulan September dan Oktober. Hanya karena ada beberapa penjahat, bukan berarti semua penjual adalah penjahat. Jangan secara sepihak menuduh penjual melakukan aktivitas mencurigakan.

Bryant Rudy
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Kalau dicurigai dicegah dong, bukan ambil kesempatan ambil cuan dr transaksi (yg dicurigai) haram.

  • Kalau saya sih jualan mending ke t*ped atau bukal*pak aja, shopee kalau udah jadi star seller biaya admin nya makin menggila, kalau yoped maks 1,75% sedangkan BL maks 1,5% kapok jualan di shopee. Maklum lah milik orang Tiongkok jadi gitu, rakus

    • ***** rasis, biaya jualan di tokped udah mulai naik tuh januari 2023 mulai dari 2% sampai 4.5% per kategori produk rakus juga gak? Dan pembeli tokopedia juga udah mulai tinggalin tokped karena promonya banyak syaratnya. Ditambah BL udh sepi kaya kuburan.

      • Heran deh dengan pemuja Taiwan barat, nyebut China dikata rasis, udah nyebut Tiongkok juga tetep rasis, padahal nyebut nama negara bukan nama ras ?

      • Kan toped baru naik, sedangkan shopee udah dari kapan? Makanya saya jualan di shopee ga mau upgrade star seller karena banyak biayanya. Kalau saya malah jualan barang seken di BL cepet laku dari pada tempat lain

  • Wedeeh pda ribut, padahal saya jarang pindah dari shoope, tapi ydah beberaa bulan gak pernah belanja online kecuali pulsa dan memang pulsa ada kenaikan
    Untuk pulsa harganya udah seperti kios2 kecil dikampung, gak lagi menguntungkan beli pulsa di shopee.
    Kalo belanja barang karena udah beberapa bulan ga belanja onlinr gak tau sih, tapi kalo pendapat pribadi saya ya itu udah ketentuan mungkin dan kalo ongkirnya mahal biasa saya cancel belanja sampe nemu harga termurah. Gak dapat yg murah ya gak belanja. Gak usah panik ?

    • Oh ini yg komplen seller ya, wajar panik ya bisa jadi orang2 batal belanja ?
      Ini masalah kartu kredit lagi, saya gak mau buat kartu kredit gara2 memang kartu kredit gak dijelaskan detail alur dan biayanya, lihat promo kayaknya enak tapi udah buat kartu ntar ada potongan sana sini denda dan semacamnya. Ini kemungkinan masalah kartu kreditnya bukan dari shopee