Surat Pembaca

Travelio, Mohon Proses Refund Saya!

Istri saya memesan unit apartemen melalui Travelio, untuk disewa dari tanggal 3 Desember 2022 sampai dengan 3 Desember 2023. Lalu kami melakukan cek unit pada tanggal 22 November 2022. Setelah cek unit dan merasa cocok, kami lakukan pembayaran hari itu juga via virtual account Mandiri karena kebutuhan mendesak.

Namun setelah dilakukan pembayaran, status menjadi pending dan kami menunggu dari pihak Travelio.

Setelah menunggu lama, hari Kamis tanggal 1 Desember 2022 (H-3 check-in), diinfokan oleh pihak Travelio bahwa ada penambahan biaya.

Di sini kami sebagai konsumen merasa Travelio seperti “aji mumpung”, karena sudah waktunya yang dekat. Akhirnya kami pilih opsi refund, karena dari sisi kami juga tidak mau menambah biaya dan mencegah hal-hal aji mumpung lainnya.

Kami juga sudah melakukan prosedur untuk refund, yang mana nomor rekening sudah dikirimkan dan kami follow up SETIAP HARI untuk mengetahui sejauh mana proses refund-nya.

Namun tiba-tiba per kemarin malam (6 Desember 2022), Travelio menyatakan kalau unit sudah dikonfirmasi oleh owner dan proses refund tidak bisa dilakukan.

Dari urutan kronologi di atas, kami meminta kepada pihak Travelio:

  1. Untuk melakukan refund, dikarenakan kita sudah konfirmasi untuk refund dan pihak Travelio menyetujui refund.
  2. Mempercepat proses refund dikarenakan proses refund yang berbelit-belit dan terkesan menyulitkan.

Terkait poin-poin permintaan di atas, saya sangat dirugikan baik materiil maupun imateriil. Saya harap proses refund dapat segera selesai dengan tenggat waktu seperti percakapan di WhatsApp, 1 – 5 hari kerja. Saya tunggu itikad baik saudara, jika tidak ada konfirmasi sampai dengan tanggal 8 Desember 2022, maka akan kami tempuh jalur hukum. Terima kasih.

Suhendi
Kab. Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Dear all,

    Travelio saat ini sedang memproses refund saya ya. Terima kasih atas kerjasamanya ya.

    Regards,
    Suhendi.

  • Mungkin buat yang nyangkut terkait pembayaran dan gk puas dengan chat bisa langsung diskusi ke tim csnya di officenya ya mereka welcome kok.
    So far kemarin kita diskusi langsung dan dapat titik temunya. Terkait proses refund yang mungkin butuh waktu, kita bisa menerimanya.

    Terima kasih respon cepatnya ya, as discus dana bisa di refund ya.

  • Tambahan saran ya buat travelio.

    Bisa dibuat feature auto expired/batal otomatis kalo misal owner/penjual lama responsenya.
    Kayak pesen barang di marketplace ijo merah oren kan ada batal otomatis tuh kalo seller gk konfirmasi.
    Dan ketika batal otomatis bakal auto refund.

    Jadi pembeli gk kelamaan di php.
    :)

  • update per tanggal 8 des 2022 jam 20.00 sudah dilakukan refund oleh pihak travelio yah.
    Thanks kerja samanya.

  • ini untuk 1 tahun ya pak?
    kenapa tidak langsung ke ownernya saja tanpa pihak ketiga?
    apakah lebih murah via travelio?

    • yes om, udh coba compare dan hitung lebih murah via travelio sih voucher diskonnya lumayan buat yg 1 tahun.

      • Memang seharusnya booking 1 tahun lbh murah, tetapi saya dijebak saat membooking ada promo gratis IPL jika booking 1 tahun, tetapi kenyataan ya Sy dibebanoan IPL Dan mereka mengatakan kalo booking 1 tahun IPL tidak gratis, hanya dpt diskon jika booking bulanan ?!?!##_&# dafuk. Aneh Dan licik. . Travelio rating 1 aja

  • Kami jg sangat" kecewa sama travelio, karna unit di jual tp saat sdh menjalankan transaksi dan kami sdh bayar full ternyata di pending, kami tunggu 2 hari dan taunya di tolak owner dng alasan owner tdk mau, di relokasi ke unit lain eh, ternyata sama jg di tolak sama ownernya. Tp jelas" di buka di aplikasi travelio kalau unit tersebut bisa di sewa, akhirnya kami minta refund dengan desakkan selama 2 harian kurang lebih akhirnya uang kami kembali, terima kasih. Jd kami sangat" kecewa sam TRAVELIO