Buruknya Mediasi Shopee dan SiCepat, Kiriman Terlambat dan Dibatalkan Pembeli

Saya adalah salah satu seller di Shopee dan sudah beberapa tahun berjualan online di marketplace Shopee dengan lokasi toko online di Kabupaten Bandung. Pada tanggal 21/11/2022 pukul 20:52 WIB, saya mendapatkan pesanan dengan nomor pesanan 221121NF9FQGEK dan tujuan pengiriman Kabupaten Bandung.

Kemudian paket dikirimkan pada tanggal 22/11/2022 keesokan harinya kepada kurir SiCepat. Biasanya karena masih satu lokasi kabupaten yang sama, paket sudah dapat diterima konsumen keesokan harinya (23/11/2022)

Namun sejak tanggal 23/11/2022 pada pelacakan paket tidak ada perubahan posisi dan pada tanggal 27/11/2022 konsumen mengajukan pembatalan transaksi ke pihak Shopee. Akhirnya transaksi masuk mediasi Shopee.

Dalam mediasi dengan pihak Shopee saya mengungkapkan menolak pembatalan dengan alasan keterlambatan bukan dari pihak saya (seller) tapi dari pihak ekspedisi (SiCepat).

Tanggal 29/11/2022, keputusan final dari mediasi Shopee mengabulkan permintaan pembatalan oleh konsumen dengan alasan paket sudah dalam proses retur ke seller oleh ekspedisi SiCepat.

Saya tidak masalah dengan keputusan ini, namun ada satu bagian kalimat yang mengganjal di pikiran saya, kenapa saya harus menghubungi pihak kurir jika paket belum saya terima? Dan kesan kuat bahwa Shopee lepas tanggung jawab jika kemudian paket saya tidak kembali/hilang atau kembali dalam keadaan rusak, saya harus urus sendiri proses klaimnya ke pihak ekspedisi.

Dan benar saja, hingga keluhan ini saya tuliskan, paket saya belum kembali!

Saya sudah beberapa kali mencoba menghubungi pihak dispute Shopee dan hanya jawaban normatif yang saya dapatkan untuk menunggu tanpa ada deadline kepastian waktu  masalah ini terselesaikan dan atau  meminta saya berkoordinasi dengan pihak agen pengiriman terkait paket saya.

Saya coba menghubungi CS SiCepat, juga tidak ada kepastian di mana posisi paket saya dan kapan saya bisa menerima paket saya kembali

Saya sudah mengikhlaskan paket saya hilang dalam pengiriman. Namun saya sangat menyayangkan pihak Shopee yang tidak melindungi seller dari ketidakprofesionalan kurir untuk dapat berjualan dengan nyaman (seller tidaklah gratisan berjualan di marketplace, ada potongan admin fee dari pihak marketplace).

Dan ada kesan kuat Shopee lepas tangan terkait masalah ini. Padahal Shopee harusnya punya kuasa lebih untuk memaksa pihak ekspedisi memberikan kepastian paket saya dan memberikan kompensasi kepada seller, jika memang paket saya hilang dalam pengiriman.

Pengalaman berbeda saya dapatkan di marketplace kompetitor Shopee yang berwarna biru, sebagai seller saya merasa dilindungi dari ketidakprofesionalan pihak ekspedisi dan mendapatkan kompensasi atas ketidakprofessionalan pihak jasa pengiriman.

Semoga Shopee ke depan bisa lebih baik.

Yohannes
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Bapak Yohannes

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Yohannes dengan judul “Buruknya Mediasi Shopee dan SiCepat, Kiriman Terlambat dan Dibatalkan Pembeli” pada tanggal...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya baru aja mengalami, cs Shopee dengan sepihak mengambil keputusan bahwa paket proses pengiriman ke seller dan dana penjualan dikembalikan kepada buyer tapi di status Shopee maupun pihak expedisi paket masih tidak jelas.
    Dan Shopee hanya mengambil keuntungan tapi tidak bertanggung jawab jika ada masalah dipihak expedisi

  • entah kenapa ya SOP shopee berbeda ya?? pengalaman dengan marketplace hijau, proses dispute dianggap selesai, jika seller telah mengkonfirmasi menerima barangnya kembali dalam keadaan sesuai dan baik.

    Saya pernah juga mengalami retur barang yang ternyata isinya bukan barang saya dan diganti oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dengan barang yang tidak ada nilainya buat saya.

    itulah pentingnya proses dispute tetap dalam pengawasan pihak marketplace hingga benar-benar selesai, bukan di selesaikan di tengah jalan.

    • Lagi lagi si oren 🤔 Sampai bosen hampir tiap hari ada aja masalah. CS si oren perlu sekolah lagi tuh..biar pinter 😁

      • Shopee lagi dan si cepat lagi.. Heran aja perasaan bermasalah mulu.. Kalau gak dengan konsumen nya ya dgn seller nya.... Anehnya Shopee masih pake kurir ini....

    • Akhirnya dapat respon tertulis dari sicepat di artikel ini, akhirnya paket dinyatakan hilang (akhirnya), dan agar dapat ganti kerugian, seller disarankan mengkonfirmasi kepada CS shopee (entah apa yg harus dikonfirmasi).. bukankah status transaksi di shopee sudah batal ?
      Kenapa harus dipersulit proses refundnya ? Bukankan sicepat Tahu no transaksi dan no resi, kenapa tidak langsung saja berkoordinasi dengan shopee agar dana dapat langsung masuk dompet penjual? Pengalaman saya di marketplace berbeda tidak serumit ini.

      Ribet amat, seperti tidak berniat melakukan refund, jika untuk proses refund saja dipersulit.

  • Shopee+sicepat ini memang combo maut. klo gk lambat, paket retur tanpa alasan, atau paket hilang, masalahnya itu" mulu.

    • wkwkwk iya benerrrrrr....bulan oktober sy uda kena,kmaren dri total 13 paket yg dipick sicepat,4 dinyatakan rusak di jln & TIDAK ADA PENGGANTIAN DANA SAMA SEKALI & brg sampe ke sy lg lg lebih dri 1 bulan🤣🤣...Saat itu jg lgsung sy matikan ekspedisi ini..memang sampah bgt trnyata

  • Kmren blnja tpi lewat si ijo beli lampu phillips di official store,awalnya gk sadar pake sicepat langsung okein aja trus bayar.. Paket dikirim dari medan ke padang, ditracking pertama dari medan-pekanbaru, okelah diterima mungkin jalur daratnya harus kesana dlu, ditracking lagi dikirimlah itu paket ke jkt timur, lalu ke jkt utara..ngapain di puter2 gtu paketnya? Mana 2 hari stuck di jkt utara.. Udah di email cs sicepat, gk ada balasan samsek.. Klo tau gini nnti klo pake sicepat mending cancel blnja aja

  • 𝙿𝚎𝚗𝚐𝚒𝚛𝚒𝚖𝚊𝚗 𝙿𝚊𝚔𝚎𝚝 𝚙𝚊𝚔𝚎 𝙎𝙝𝙤𝙥𝙥𝙚 𝙚𝙭𝙥𝙧𝙚𝙨𝙨 𝚓𝚞𝚐𝚊 𝚙𝚊𝚛𝚊𝚑 𝚍𝚊𝚛𝚒 𝙱𝚊𝚗𝚍𝚞𝚗𝚐 𝚔𝚎 𝙺𝚊𝚋 𝙱𝚊𝚗𝚍𝚞𝚗𝚐 5 𝚑𝚊𝚛𝚒 𝚋𝚎𝚕𝚞𝚖 𝚜𝚊𝚖𝚙𝚊𝚒...

    𝙳𝚊𝚛𝚒 𝙳𝚎𝚙𝚘𝚔 𝚔𝚎 𝙺𝚊𝚋 𝙱𝚊𝚗𝚍𝚞𝚗𝚐 𝙿𝚊𝚔𝚎 𝙹𝚊𝚜𝚊 𝚢𝚊𝚗𝚐 𝚕𝚊𝚒𝚗 2 𝙷𝚊𝚛𝚒 𝚂𝚊𝚖𝚙𝚊𝚒..

  • Dan pastinya penulis Surat Pembaca ini tetap akan terus berjualan di sopi, walaupun banyak trouble, demi kelangsungan bisnis

    • Apakah anda akan berhenti bekerja pada sebuah perusahaan hanya karena 1 atau 2 hal yg tidak sesuai dengan harapan anda ? Dan mengabaikan manfaat yg telah anda dapat dari perusahaan tempat anda bekerja ?

      Masalah seperti ini bisa terjadi di semua marketplace, apakah kemudian anda akan berhenti berjualan di marketplace ? Konyol sekali argumennya..

      Media konsumen bukanlah sarana balas dendam, tapi agar suara kita yg kecil ini bisa didengarkan petinggi marketplace agar ada perbaikan kedepannya karena tentu mereka akan menjaga reputasi yg telah mereka bangun dengan susah payah..

  • shope memang respon cs nya ribet sama bertele tele...beda sama tokopedia cs nya aktip...kalo untuk xpedisi sicepat memang banyak masalah...tp saya tetep pakai sicepat karena saya jualan sabun cair...sicepat paling tidak banyak aturan untuk pengiriman cairan..kalo jne dll bawel wajib paking kayu dll

    • Lu mau nulis di media konsumen ribuan kali juga gak akan merubah sistem di platfon tersebut, bnyk kasus seperti anda tapi males nulis di media, yg ada kebanyakan nutup akun dan lebih menguntungkan jualan live streaming, bisa di tiktok, Facebook dan snack video dan lain nya, tanpa ada potongan dan berurusan dengan pihak ketiga, tapi itu terserah anda menentukan pilihan yg terbaik

    • nomor laporan shoope 1600098108152688681

      nomor orderan
      221201HP1D4CDE

      nomor resi sicepat
      004161236892

      NOMOR RETUR (barang dalam paket hilang, tapi paket sampai keadaan rusak diantar)
      22120600NCCE3D6

      sudah mediasi sama pembeli untuk menyetujui pengembalian dana nya, akan tetapi aturan SHOOPE cukup sampai disini,dengan mudahnya langsung meneruskan uang transaksi ke pembeli tanpa menanyakan perihal barang diterima balik sampai selesai ke seller.

      Lah kan rugi kami sebagai seller, kalau begini... seharusnya ditahan dahulu sampai paket diretur kembali oleh pembeli.

      nomor transaksi retur ini buat apa 22120600NCCE3D6, kalau hanya beberapa jam selesai.

      akhirnya kami rugi 90.000,
      barang kami yang hilang entah kemana.

      email sicepat tak ada respon.
      hub agen SHOOPE live, keputusan pengembalian dana pembeli sudah diselesaikan.

      beda hal nya dengan simerah, pelayanan nya TOP. cobain saja system nya... habis order lalu diretur?
      dikawal sampai selesai..
      dana transaksi akan ditahan sampai kedua belah pihak puas.

  • bener sekali, si orens dan si c**@t ini dua bestie yg seringkali bikin emosih, karena namanyaa ga sesuai ama proses kirim2 brg,mana pake nyasar bayar express tapi sampainya reguler pdhl parung ke ciputat doang,anehhh. kdg di pembelian harus selektih pilih si kurir pengiriman, jadi. kalau si seller blm proses buru2 ubah deh pilihan2 kurir,tp klo udh proses pick up udhga bs ubah, saya utk saat ini lbh suka co di tikt** Alhamdulillah mulus2 aja