Buruknya Mediasi Shopee dan SiCepat, Kiriman Terlambat dan Dibatalkan Pembeli

Saya adalah salah satu seller di Shopee dan sudah beberapa tahun berjualan online di marketplace Shopee dengan lokasi toko online di Kabupaten Bandung. Pada tanggal 21/11/2022 pukul 20:52 WIB, saya mendapatkan pesanan dengan nomor pesanan 221121NF9FQGEK dan tujuan pengiriman Kabupaten Bandung.

Kemudian paket dikirimkan pada tanggal 22/11/2022 keesokan harinya kepada kurir SiCepat. Biasanya karena masih satu lokasi kabupaten yang sama, paket sudah dapat diterima konsumen keesokan harinya (23/11/2022)

Namun sejak tanggal 23/11/2022 pada pelacakan paket tidak ada perubahan posisi dan pada tanggal 27/11/2022 konsumen mengajukan pembatalan transaksi ke pihak Shopee. Akhirnya transaksi masuk mediasi Shopee.

Dalam mediasi dengan pihak Shopee saya mengungkapkan menolak pembatalan dengan alasan keterlambatan bukan dari pihak saya (seller) tapi dari pihak ekspedisi (SiCepat).

Tanggal 29/11/2022, keputusan final dari mediasi Shopee mengabulkan permintaan pembatalan oleh konsumen dengan alasan paket sudah dalam proses retur ke seller oleh ekspedisi SiCepat.

respon Shopee

Saya tidak masalah dengan keputusan ini, namun ada satu bagian kalimat yang mengganjal di pikiran saya, kenapa saya harus menghubungi pihak kurir jika paket belum saya terima? Dan kesan kuat bahwa Shopee lepas tanggung jawab jika kemudian paket saya tidak kembali/hilang atau kembali dalam keadaan rusak, saya harus urus sendiri proses klaimnya ke pihak ekspedisi.

Dan benar saja, hingga keluhan ini saya tuliskan, paket saya belum kembali!

Saya sudah beberapa kali mencoba menghubungi pihak dispute Shopee dan hanya jawaban normatif yang saya dapatkan untuk menunggu tanpa ada deadline kepastian waktu  masalah ini terselesaikan dan atau  meminta saya berkoordinasi dengan pihak agen pengiriman terkait paket saya.

Saya coba menghubungi CS SiCepat, juga tidak ada kepastian di mana posisi paket saya dan kapan saya bisa menerima paket saya kembali

CS SiCepat

Saya sudah mengikhlaskan paket saya hilang dalam pengiriman. Namun saya sangat menyayangkan pihak Shopee yang tidak melindungi seller dari ketidakprofesionalan kurir untuk dapat berjualan dengan nyaman (seller tidaklah gratisan berjualan di marketplace, ada potongan admin fee dari pihak marketplace).

Dan ada kesan kuat Shopee lepas tangan terkait masalah ini. Padahal Shopee harusnya punya kuasa lebih untuk memaksa pihak ekspedisi memberikan kepastian paket saya dan memberikan kompensasi kepada seller, jika memang paket saya hilang dalam pengiriman.

Pengalaman berbeda saya dapatkan di marketplace kompetitor Shopee yang berwarna biru, sebagai seller saya merasa dilindungi dari ketidakprofesionalan pihak ekspedisi dan mendapatkan kompensasi atas ketidakprofessionalan pihak jasa pengiriman.

Semoga Shopee ke depan bisa lebih baik.

Yohannes
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Bapak Yohannes

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Yohannes dengan judul “Buruknya Mediasi Shopee dan SiCepat, Kiriman Terlambat dan Dibatalkan Pembeli” pada tanggal...
Baca Selengkapnya

27 komentar untuk “Buruknya Mediasi Shopee dan SiCepat, Kiriman Terlambat dan Dibatalkan Pembeli

  • 9 Desember 2022 - (19:43 WIB)
    Permalink

    Saya baru aja mengalami, cs Shopee dengan sepihak mengambil keputusan bahwa paket proses pengiriman ke seller dan dana penjualan dikembalikan kepada buyer tapi di status Shopee maupun pihak expedisi paket masih tidak jelas.
    Dan Shopee hanya mengambil keuntungan tapi tidak bertanggung jawab jika ada masalah dipihak expedisi

  • 9 Desember 2022 - (23:12 WIB)
    Permalink

    entah kenapa ya SOP shopee berbeda ya?? pengalaman dengan marketplace hijau, proses dispute dianggap selesai, jika seller telah mengkonfirmasi menerima barangnya kembali dalam keadaan sesuai dan baik.

    Saya pernah juga mengalami retur barang yang ternyata isinya bukan barang saya dan diganti oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dengan barang yang tidak ada nilainya buat saya.

    itulah pentingnya proses dispute tetap dalam pengawasan pihak marketplace hingga benar-benar selesai, bukan di selesaikan di tengah jalan.

    • 10 Desember 2022 - (21:08 WIB)
      Permalink

      Lagi lagi si oren ? Sampai bosen hampir tiap hari ada aja masalah. CS si oren perlu sekolah lagi tuh..biar pinter ?

      • 11 Desember 2022 - (19:42 WIB)
        Permalink

        Shopee lagi dan si cepat lagi.. Heran aja perasaan bermasalah mulu.. Kalau gak dengan konsumen nya ya dgn seller nya…. Anehnya Shopee masih pake kurir ini….

    • 15 Desember 2022 - (09:18 WIB)
      Permalink

      Akhirnya dapat respon tertulis dari sicepat di artikel ini, akhirnya paket dinyatakan hilang (akhirnya), dan agar dapat ganti kerugian, seller disarankan mengkonfirmasi kepada CS shopee (entah apa yg harus dikonfirmasi).. bukankah status transaksi di shopee sudah batal ?
      Kenapa harus dipersulit proses refundnya ? Bukankan sicepat Tahu no transaksi dan no resi, kenapa tidak langsung saja berkoordinasi dengan shopee agar dana dapat langsung masuk dompet penjual? Pengalaman saya di marketplace berbeda tidak serumit ini.

      Ribet amat, seperti tidak berniat melakukan refund, jika untuk proses refund saja dipersulit.

  • 10 Desember 2022 - (12:54 WIB)
    Permalink

    Shopee+sicepat ini memang combo maut. klo gk lambat, paket retur tanpa alasan, atau paket hilang, masalahnya itu” mulu.

    3
    2
    • 10 Desember 2022 - (14:14 WIB)
      Permalink

      wkwkwk iya benerrrrrr….bulan oktober sy uda kena,kmaren dri total 13 paket yg dipick sicepat,4 dinyatakan rusak di jln & TIDAK ADA PENGGANTIAN DANA SAMA SEKALI & brg sampe ke sy lg lg lebih dri 1 bulan??…Saat itu jg lgsung sy matikan ekspedisi ini..memang sampah bgt trnyata

  • 10 Desember 2022 - (14:30 WIB)
    Permalink

    Kmren blnja tpi lewat si ijo beli lampu phillips di official store,awalnya gk sadar pake sicepat langsung okein aja trus bayar.. Paket dikirim dari medan ke padang, ditracking pertama dari medan-pekanbaru, okelah diterima mungkin jalur daratnya harus kesana dlu, ditracking lagi dikirimlah itu paket ke jkt timur, lalu ke jkt utara..ngapain di puter2 gtu paketnya? Mana 2 hari stuck di jkt utara.. Udah di email cs sicepat, gk ada balasan samsek.. Klo tau gini nnti klo pake sicepat mending cancel blnja aja

  • 10 Desember 2022 - (15:15 WIB)
    Permalink

    ?????????? ????? ???? ?????? ??????? ???? ????? ???? ??????? ?? ??? ??????? 5 ???? ????? ??????…

    ???? ????? ?? ??? ??????? ???? ???? ???? ???? 2 ???? ??????..

    2
    1
  • 10 Desember 2022 - (15:48 WIB)
    Permalink

    Waduhhh ……gak kapok² yah tiap hari ada keluhan gini..msh juga dipake keduanya…

  • 10 Desember 2022 - (17:17 WIB)
    Permalink

    Dan pastinya penulis Surat Pembaca ini tetap akan terus berjualan di sopi, walaupun banyak trouble, demi kelangsungan bisnis

    • 10 Desember 2022 - (17:37 WIB)
      Permalink

      Apakah anda akan berhenti bekerja pada sebuah perusahaan hanya karena 1 atau 2 hal yg tidak sesuai dengan harapan anda ? Dan mengabaikan manfaat yg telah anda dapat dari perusahaan tempat anda bekerja ?

      Masalah seperti ini bisa terjadi di semua marketplace, apakah kemudian anda akan berhenti berjualan di marketplace ? Konyol sekali argumennya..

      Media konsumen bukanlah sarana balas dendam, tapi agar suara kita yg kecil ini bisa didengarkan petinggi marketplace agar ada perbaikan kedepannya karena tentu mereka akan menjaga reputasi yg telah mereka bangun dengan susah payah..

      9
      3
  • 10 Desember 2022 - (17:21 WIB)
    Permalink

    shope memang respon cs nya ribet sama bertele tele…beda sama tokopedia cs nya aktip…kalo untuk xpedisi sicepat memang banyak masalah…tp saya tetep pakai sicepat karena saya jualan sabun cair…sicepat paling tidak banyak aturan untuk pengiriman cairan..kalo jne dll bawel wajib paking kayu dll

    • 11 Desember 2022 - (06:10 WIB)
      Permalink

      Lu mau nulis di media konsumen ribuan kali juga gak akan merubah sistem di platfon tersebut, bnyk kasus seperti anda tapi males nulis di media, yg ada kebanyakan nutup akun dan lebih menguntungkan jualan live streaming, bisa di tiktok, Facebook dan snack video dan lain nya, tanpa ada potongan dan berurusan dengan pihak ketiga, tapi itu terserah anda menentukan pilihan yg terbaik

    • 11 Desember 2022 - (07:02 WIB)
      Permalink

      nomor laporan shoope 1600098108152688681

      nomor orderan
      221201HP1D4CDE

      nomor resi sicepat
      004161236892

      NOMOR RETUR (barang dalam paket hilang, tapi paket sampai keadaan rusak diantar)
      22120600NCCE3D6

      sudah mediasi sama pembeli untuk menyetujui pengembalian dana nya, akan tetapi aturan SHOOPE cukup sampai disini,dengan mudahnya langsung meneruskan uang transaksi ke pembeli tanpa menanyakan perihal barang diterima balik sampai selesai ke seller.

      Lah kan rugi kami sebagai seller, kalau begini… seharusnya ditahan dahulu sampai paket diretur kembali oleh pembeli.

      nomor transaksi retur ini buat apa 22120600NCCE3D6, kalau hanya beberapa jam selesai.

      akhirnya kami rugi 90.000,
      barang kami yang hilang entah kemana.

      email sicepat tak ada respon.
      hub agen SHOOPE live, keputusan pengembalian dana pembeli sudah diselesaikan.

      beda hal nya dengan simerah, pelayanan nya TOP. cobain saja system nya… habis order lalu diretur?
      dikawal sampai selesai..
      dana transaksi akan ditahan sampai kedua belah pihak puas.

  • 10 Desember 2022 - (19:47 WIB)
    Permalink

    bener sekali, si orens dan si c**@t ini dua bestie yg seringkali bikin emosih, karena namanyaa ga sesuai ama proses kirim2 brg,mana pake nyasar bayar express tapi sampainya reguler pdhl parung ke ciputat doang,anehhh. kdg di pembelian harus selektih pilih si kurir pengiriman, jadi. kalau si seller blm proses buru2 ubah deh pilihan2 kurir,tp klo udh proses pick up udhga bs ubah, saya utk saat ini lbh suka co di tikt** Alhamdulillah mulus2 aja

  • 10 Desember 2022 - (22:00 WIB)
    Permalink

    Udah lama aku offin expedisi ini, karna kebanyakan buyer tidak mau tau kendala lama pengiriman di sebabkan expedisi, malah komplainnya ke seller.

  • 11 Desember 2022 - (01:04 WIB)
    Permalink

    Untung ga jualan di shopih ancur bgt cs nya, di marketplace ijo mah aman dan sicepat juga ga pernah ada masalah satu transaksipun di ijo

  • 11 Desember 2022 - (07:39 WIB)
    Permalink

    Sicepat sedang ada masalah krusial di SDM-nya. Harus segera direspon dengan serius.
    Beberapa hari yll saya order barang, dari Jakarta ke Jakarta, bisa2nya 3 kali berstatus AU (antar ulang). Jadi 3 hari berturut-turut sudah di tangan kurir dan baru sampai ke tangan saya.

  • 12 Desember 2022 - (13:28 WIB)
    Permalink

    Saya mengalami hal yang sama, namun akan terus saya kejar sampai kapanpun karena itu adalah HAK PENJUAL, kalau melalui media konsumenpun diabaikan akan terus dikejar ke instansi terkait agar supaya permasalahan seperti ini menjadi perhatian serius Manajemen Shopee serta OKNUM Tim Shopee tersebut ditindak.

    Modus operandi Pembeli saat ini adalah membatalkan pesanan dalam pengiriman dengan harapan disetujui Tim Dispute (ada indikasi kerjasama dengan oknum2 tertentu). Sehingga dapat uang kembali dan dapat barang (ini sudah merupakan tindakan penipuan yang kemungkinan besar dibantu oknum dalam Marketplace.

    MOHON MANAJEMEN SHOPEE memperhatikan hal ini, mohon juga instansi terkait agar membantu penanganan masalah HAK KONSUMEN yang telah dilanggar Marketplace.

    • 13 Desember 2022 - (15:00 WIB)
      Permalink

      Dalam kasus saya Barang sudah diterima Pembeli, Ekspedisi sudah konfirmasi sehingga PEMBELI mendapatkan double manfaat Barang + Dana Pengembalian.

      Sampai saat ini saya masih mengejar ke marketplace yang membuka celah modus penipuan model baru.

  • 14 Desember 2022 - (14:55 WIB)
    Permalink

    Jangan coba” deh pake sicepat, kalau ngak ilang barang. Pasti kurang, gue aj 2 paket dalam 1 resi. Beli pompa sama tabungnya terpisah, yang Dateng cuma tabungnya anjirr. Emang si cepat, kemarin” beli celana dalem hilang juga serius.

  • 14 Desember 2022 - (15:11 WIB)
    Permalink

    ini bkn fitnah tp bener,sayangnya aku lupa foto krn emang saya urgen tunggu paket ini utk segera dipakai. saa order payet swazrowski kaya berlian sekilas kecil2 blink2, eh sampe2 kotak atas sudah di robek paksa tutupnya, hedehh dia pikir perhiasan kali jd niat apa gatauu, si cepat emh bikim emosi

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir SiCepat di Shopee?

Ada 27 komentar sampai saat ini..

Buruknya Mediasi Shopee dan SiCepat, Kiriman Terlambat dan Dibatalkan …

oleh Nezzjo dibaca dalam: 2 menit
27