Surat Pembaca

Telat Bayar Sehari Sampai Seminggu, Sudah Diancam Akan Didatangi oleh DC Lapangan

Salam untuk para pembaca Media Konsumen dan pihak Kredit Pintar,

Saya ingin menyampaikan keluhan tentang kendala penagihan Kredit Pintar, yang jatuh temponya seminggu lalu. Sehari setelah jatuh tempo, saya dihubungi oleh dua nomor WA penagih, tapi saya gak respons. Beberapa hari setelah jatuh tempo sampai sekarang, makin banyak nomor penagih yang menghubungi saya dengan ancaman mengirim foto DC yang mau datang ke rumah.

Saat ini saya belum bisa bayar karena saya belum bekerja dan kesulitan keuangan. Saat ini saya sedang berusaha mencari kerja. Saya respons oknum penagih itu baik-baik dan menjelaskan alasan yang tepat. Eh mereka malah membantah, memaksa, dan memeras saya terus tak henti-henti.

Pengalihan Data

Saya sudah melaporkan bukti-bukti screenshot chat oknum penagih ke email Aduan Konten, AFPI, Konsumen OJK, Waspada Investasi, Cyber Crime, tapi malah tambah jadi banyak nomor-nomor penagih yang meneror saya. Saya juga sudah mengirimkan bukti-bukti screenshot chat oknum penagih ke email Kredit Pintar, tapi jawabannya itu-itu saja, pakai bot.

Katanya Kredit Pintar itu berizin dan diawasi OJK! Kenapa rasanya ilegal banget? Ternyata Kredit Pintar itu bekerja sama dengan penyedia jasa penagih hutang Qinwey atas nama agen Winda Listari. Cara penagihan mereka para itu sangat kasar dan tak sopan, bahkan sampai mengganggu kontak darurat saya, yaitu keluarga. Saya sudah mengubah kontak darurat di profile akun Kredit Pintar saya, tapi keluarga saya masih terganggu.

Mana tanggung jawab OJK? Saya sangat terganggu, sakit hati dan kecewa dengan ancaman nomor-nomor penagih hutang Qinwey atas nama Winda Listari. Saya keberatan atas perilaku petugas penagihan. Mereka para penagih hutang itu masih saja main-main terhadap hukum. Mereka para penagih hutang Qinwey itu harus diberikan sanksi tegas. Tolong jangan kirimkan nomor-nomor penagih hutang yang meneror dan mengancam saya seperti itu lagi.

Saya tunggu permintaan maaf dari Kredit Pintar, tindak lanjut laporan, dan sanksi tegas oknum penagih hutang Qinwey!

Johanna Marietta
Palembang, Sumatera Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Kredit Pintar atas Surat Ibu Johanna Marietta

Kepada Yth. Ibu Johanna Marietta Kusuma di Palembang, Sumatera Selatan Sebagai tindak lanjut dari pengaduan yang disampaikan sebelumnya dan surat...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • @ts
    Ckckck..Blunder parah, sudah tidak kerja, ibu meninggal, abis kena tipu.. malah ambil Pinjol Solusinya...ya Tuhan...

    Ibarat sudah berdarah kena cakar kucing, malah makin nekat minta masuk mulut Harimau..

    Sampe gk bisa berkata apa apa lagi deh ...

  • Perlu dipahami bahwa semua lembaga penyedia pinjaman tidak beroperasi atas dasar perasaan.
    Mereka tidak peduli dengan perasaan penulis namun lebih peduli dengan piutangnya yang sudah jatuh tempo.

    Sama halnya ketika penulis memutuskan untuk membuat pinjaman. Pihak aplikasi juga beroperasi atas dasar bisnis bukan perasaan.

    Jadi sebaiknya penulis segera mencari solusi yang terbaik untuk menyelesaikan hutangnya, karena bagaimanapun keluhan yang penulis sampaikan apapun hasilnya pinjaman tersebut tetap perlu diselesaikan terlepas dari apapun perasaan penulis.

    Semoga kedepannya penulis bisa segera menemukan win win solution untuk permasalahan pinjaman nya.

    • Tugas mereka memaksa sebisa mungkin gimana uang perusahaan mereka bisa balik yg udh dipinjam. Salah satunya penawaran potongan bunga/denda. Konsekuensi berhutang di pinjaman online emg seperti itu. Kontak darurat di hubungin mungkin mbaknya sejak lewat jatuh tempo susah di hubungin. Kalo masalah kena tipu, pas pengajuan setau saya harus verifikasi wajah sama rekening atas nama pribadi. Saran saya ajak DC lapangan dtg kerumah mbak liat kondisi yg sbnernya dan biasanya ada perjanjian lagi atas keringanan sangkutan hutang mbak. Semoga cepet selese masalahnya.

        • Qinwey kan perusahaan ilegal yg ga diakui sama ojk. Kata ojk ga usah bayar malahan. Cara penagihannya memang begitu. Memakai logonya ojk kan afpi... Klo normalnya yg legal ga pernah lihatin kontak nomor apapun lapor polisi juga gpp kok atas tindakan ancamannya bukan pinjamannya.

          • maaf ya ce, kalo OJK tahu ada pinjol ilegal apa tak ada tindakan verbalnya, memberikan laporan resmi ke pihak kepolisian agar ada tindakan hukumnya, ini bahasanya ilegal lho?

  • Hmm, TS maunya gimana dong? Sehari atau seminggu kalau telat pasti ditagih. Mereka tidak peduli dengan dalih apapun, cicilan tetap harus dibayar.

    Menagih dengan ancaman, teror, dan intimidasi merupakan pelanggaran hukum. TS bisa mainkan disitu. Tapi mangkir dari utang juga bisa kena urusan yang sama.

    • jika mau realistis andai tata cara penagihan DC diproses hukum mungkin bisa antri penuh kantor polisi... yang selama ini ditangani paling yg viral2 aja atau sudah nyampe ke telinga presiden.. solusi penulis hanya 2, berusaha mencari dana untuk pelunasan atau tidak usah dibayar saja dengan resiko harus siap mental diteror dan tidak bisa meminjam lagi di kemudian hari

    • Udh dibayar blm kak? Kalo blm, ya gak bs minta pihak pinjol meminta maaf. Perlu diingat, pinjol gak kenal sm kita, dia gak peduli kita sedang kena musibah atau apapun, selama kita blm bayar akan ditagih terus menerus sampai kita bayar. Terlalu bnyk kasus gagal bayar, semua pakai alasan gak kerja, kena musibah, dll. Harusnya ingat, utang itu harus dibayar pada waktunya, bukan pada waktu punya uang.

      • Kak maaf nih, walaupun kita sudah bayar pihak dari penagihan maupun dari perusahaan tersebut tidak ada minta maafnya, bilang makasih aja juga gak ada. malah ilang gitu aja

      • Mantap? Solusi yg terbaik! Sejalan itu sama ane. Intinya jgn takut sama DC, bila perlu lawan? Masih aja takut DC ?!!

  • @Johanna
    Persilahkan DC nya ke rumah, bu.
    Perlihatkan kondisi yg ada. Pasti DC nya puter balik.

      • Mereka Pasti Datang Kok Mbak, Bisa Jadi Ngunjungin Tetangga Dulu, Atau Langsung Ke Konsumennya. Dan Penagihan Biasanya Adalah Pihak Ketiga Yang Ditunjuk Oleh Kredit Pintar. Dan Biasanya Pihak Ketiga Itu DCnya Tengil, Ngancam2 Dibandingkan Penagihan Dari Tim Kredit Pintar Sendiri.

      • Udah jgn dibayar mba santai aja,kl memang dia ojk peraturan ojk kl si peminjam tidak mampu bayar selama 90 hari maka data kita akan di blacklist di ojk,dan karna data kita sudah di blacklist atau bi cheking pinjaman kita dinyatakan hangus,kl ga percaya coba googling deh mba peraturan ojk kl tidak bayar pinjaman selama 90 hari,saya aja dah lebih dr 6 aplikasi pinjol yg saya ga bayar santai aja san kl dc dateng ya sambut suguhi. Kopi,bilang dah lunas karana data kita dah bi cheking.wesss kelar mending malu sekali drpd stresss mikirin hutang,ya. Emang bener hutang harus dibayar tp kl ga ada dana mau bayar pake apa minjem lg sama aja gali lobang tutup lobang

    • Ngebahas pinjol memang gak akan ada habisnya, saya gak mau menyalahkan jika orang berurusan dgn pinjol, karena seringkali dilatari kebutuhan urgent, juga tdk membenarkan karena memang riba dilarang agama. Pinjol itu (baca;penyelenggaranya) memang gak punya hati, apapun alasan keterlambatan anda makian, cacian atau seringkali penghuni kebun binatang diarahkan kepada anda. Cara satu-satunya ketika anda sudah diperlakukan seperti itu adalah JANGAN DIBAYAR! buat apa dibayar setelah anda dicaci maki seperti itu?! bertobatlah bersinggungan dengan riba walaupun sulit, minta ampunan Allah dan berdoa agar hidup kita selanjutnya dimudahkan. Lalu bagaimana dengan pinjol dan debt collectornya? Biarlah mereka hancur dan tersambar petir. Mulailah berfikir bagaimana melanjutkan hidup kedepannya, atau percayalah anda akan berfikir untuk bunuh diri jika terus memikirkan pinjol dan DCnya. Buka youtube dan cari channel Jamal official, raja galbay dan sejenisnya. Dapatkan masukan dan pencerahan dari sana. Saya bukan mengajarkan anda untuk lari dari hutang, tapi klo anda berharap pinjol bisa diajak negosiasi berarti anda sdng bermimpi. Tapi daripada keluarga anda hancur dan anda berniat bunuh diri (itu suatu kemungkinan yg besar) lebih baik lupakan, galbay saja. Hadapi saja DCnya, malu itu suatu kemungkinan tapi biarkan saja mungkin itu pantas buat kita, slik ojk kol 5 Alhamdulillah bisa menghindarkan kita dari riba. Semoga Allah memudahkan urusan anda

  • jangan memutar balikan fakta lah seolah anda korban,,, anda itu yg berhutang,,anda yg telat bayar..cb kl anda engak telat bayar,,semua pasti aman. drpd koar koar di media mending cari cara buat bayar. mana tanggung jawab ojk?? lha mana tanggung jawab anda mna??

      • siapa yg kerja ditempat haram?? siapa yg DC?? butuh kartu namaku?? biar ku kirim. jngn jdi netizen yg maha tahu atau sok tahu. jatuhnya menjijikan ,?

  • Orang punya hutang mau ama pinjol, tetangga atau saudara kalo telat bayar trus ditagih baik lewat telepon/wa atau disamperin ke rumah/kantornya ya wajar lah, trus masa didiamkan

  • Disitu ditulis belum ada pekerjaan jd blum bisa bayar

    Itu inti permasalahannya, ga punya penghasilan kenapa cari masalah dgn berhutang ke pinjol. Waktu isi permohonan akan ditanya brp penghasilan tiap bulan dan kerja apa, waktu itu emang ada kerjaan TETAP dan penghasilan pasti apa krn butuh ga pikirin nanti bayarnya gimana ?

    Hidup itu indah tp byk masalah jd jgn nambah2 masalah sendiri

    Cari kerja juga ga sulit pasti ada spt jaga toko, kerja pelayan di warteg, dsb. Yang bikin sulit krn milih2 kerja

1 2 3 5