Kurir Bekerja Semaunya Sendiri, Paket Diretur ke Penjual Tanpa Diantar ke Pembeli

Saya seller di Shopee dengan akun arimbi.arimbi. Saya sangat kecewa sekali dengan kinerja Shopee Xpress yang hobi sekali retur, bahkan tanpa kirim ke alamat buyer sekalipun. Jangankan sampai 3x percobaan pengiriman, sekalipun gak ada dikirim ke alamat buyer. Semua paket saya NON COD dan yang ini repeat order, nomor resi sebelumnya SPXID027498267828 dan SPXID026902957226. Namun sayang kurir bebas bermalas-malasan kirim dan main retur saja.

Saya sudah komplain ke grup SPX dan RM tidak ada hasil. Malah pihak SPX mencoba membohongi saya dengan memberi informasi palsu. Kenapa saya gak komplain ke CS? Jawabannya pasti via email, sudah lama dan pasti 100% gak nyambung jawabannya. Jadi percuma, cuma bikin emosi, nanti kalau komplain CS lagi dijawab sama seperti email sebelumnya dengan nama pengirim berbeda. Parah!

Sebelum paket retur sampai ke saya, saya sudah info ke kurir kalau paket retur itu tidak akan saya terima. Namun hebatnya tiba-tiba statusnya diubah selesai retur, atau retur paksa, dan itu atas perintah atasan dan manajemennya. Bukannya memperbaiki kesalahan, tapi malah bertindak seenaknya seperti itu sampai saya datangi gudang Candi Sidoarjo dan bertemu SA atas nama Ibel, tapi sama saja, nihil.

Selanjutnya untuk ketidakprofesionalan pihak manajemen Shopee dan Shopee Xpress, sama seperti kasus di atas, paket saya diretur tanpa ada pengiriman ke buyer. Paket dari Surabaya sudah DITERIMA DC MEDAN, tapi bilangnya ditolak bandara. Lucu.

Saya komplain ke seller management dan grup SPX gak ada hasil. Akhirnya saya sampaikan ke RM-nya juga. Akhirnya RM bilang paket akan diklaim (paket retur SPX baliknya pasti rusak, makanya saya tolak). Sudah saya follow up, tapi masih nunggu, ya sudahlah, yang penting sudah jelas klaim retur tapi ternyata itu bohong.

Setelah lama saya tunggu ternyata seller management baru bilang kalau sudah lewat waktu klaim. Padahal jelas-jelas saya sudah komplain dari paket mau diretur, dan sudah saya follow up, dan sudah ada info kalau diklaim, tapi kok tiba-tiba bilang lewat batas waktu klaim?

Semua chat dan bukti tracking sudah saya lampirkan. Bagaimana bisa perusahaan sebesar Shopee tapi cara kerjanya seenaknya sendiri? Gak punya aturan atau punya aturan tapi bebas untuk diabaikan? Boleh kasih informasi palsu atau bohongi customer? Bukan di level bawah saja, tapi sampai level manajemen juga seperti itu. Saya masih ingat sekali dulu komplain masalah cross label dijawab enteng sama driver SPX “cross label itu biasa, semua seller juga gitu“. Tidak adakah yang profesional di Shopee?

Terima kasih.

Yudi Ekasari
Sidoarjo Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

72 komentar untuk “Kurir Bekerja Semaunya Sendiri, Paket Diretur ke Penjual Tanpa Diantar ke Pembeli

      • 13 Desember 2022 - (09:26 WIB)
        Permalink

        Sama shopee juga naik
        Malah yg duluan ada notif naik itu shopee
        Baru si ijo nyusul

        6
        1
        • 14 Desember 2022 - (23:16 WIB)
          Permalink

          Klo beli online jgn terpaku pd satu aplikasi belanja online…sy selama di lazada COD terus dan nggk ada problemasitas yg berarti memang kdg ada seller yg TIDAK AMANAH biasanya lsg q komplain ke lazada ato gua batalin ato gua tolak saat brg dtg

      • 13 Desember 2022 - (09:28 WIB)
        Permalink

        Saya juga sama
        Bahkan saya bukan paket cod lohh
        Paket yg sdh pembeli bayar
        Malah ga dikirim
        Bukan 1 atau 2 paket
        Sdh ada 3
        Pdhl pas pakai jnt aman sampe
        Ini masa pas pake shopee express ga sampai
        Ditanya alasannya gak bisa jawab
        Aneh bin ajaib
        Bukan paket cod dan alamat jelas tapi ga dikirim kan lucu.

        • 14 Desember 2022 - (08:17 WIB)
          Permalink

          Sama dong, kurir Shopee Xpress memang tidak profesional. paket saya tujuan jakarta ke Jakarta dipaksa retur dengan alasan kondisi cuaca. Padahal dari tracking sebelum jam 8 malam masih proses pengiriman tapi dihari yang sama juga jam 11 malam status dipaksakan retur ke saya.

      • 14 Desember 2022 - (22:37 WIB)
        Permalink

        Sekarang biaya administrasi tambah biaya layanan. Nggak tau nanti biaya apa lagi. Harga barang seratus ribu kepotong berapa buat packing juga. Mereka mo untung berapa. Rakus banget

    • 12 Desember 2022 - (13:56 WIB)
      Permalink

      Si ijo juga sama aj ka.klo CS oke lbh bagus.tp mslh asuransi klo hilang hati2 loh ka.ribet.ternyata barang yg dijual hrs ad ijinnya sprti bpom.sni atau apalah br diganti

      5
      1
    • 13 Desember 2022 - (18:56 WIB)
      Permalink

      Paket dari bandung kirim ke rembang,
      Hari sabtu pesan ,, mungkin sabtu minggu libur.
      Senin siang paket siap,, baru di pickup rabu malem,, hari minggu sampai rembang dan dikirim tapi sampai malem dicancel alasan waktu tidak cukup.

      Senin nya dikirim lagi nyampe pas magrib.
      1 minggu nyampe gedek nunggu, biasa pake yg lain 2 hari max 3 hari nyampe.
      Spx bagus awal doang dulu pagi2 dah nyampe makin kesini ga beres molor mulu

  • 11 Desember 2022 - (05:17 WIB)
    Permalink

    Tutup aja untuk pengiriman shopeenya n ganti expedisi…kan banyak ada jne,jne,ninja,si cepat.

    • 12 Desember 2022 - (13:11 WIB)
      Permalink

      Sama om..saya jg banyak bgt paket retur selama pake spx..malah ga bsa di non aktifin lagi jasa kirim nya..banyak selelr saya komplain..katanya menolak paket,padahal sampe jg kaga??? Kampret emang spx..sdh isi form untuk penonaktifan jasa kirim nya..tp d tolak..PEMAKSAAN INI NAMANYA..kalo bagus kurir nya?? Lah pada malea semua..mana tracking palsu mlu lagi…

      11
      1
      • 12 Desember 2022 - (13:54 WIB)
        Permalink

        Bisa ka dinonaktifkan.saya lgsg telp cs ny dan komplein sambil marah.dab mereka suruh kita isi form san beswrta alasannya .trus email ke mreka .dan proses 7 hr.akhir ny shopee express sy mati.emg kurang ajar itu shopee express ga jelas kerja nya mau bilang dia pakai asuransi ttp aj klaim ny hrs tarik urat.dan waktu itu pernah saya labrak mereka ke kantor nya barengan am org legal saya.mslh ny shopee express suka ambil duit kita krn ketidaksesuaian ongkir.dia waktu itu ambil duit saya total hampir 3 juta.kan gila.akhir saya kesana 3 hr lgsg uang saya diblkin.

        11
        1
        • 12 Desember 2022 - (14:50 WIB)
          Permalink

          Mungkin kurir nya tidak sejahtera, saya sudah keluar jadi kurir shopee express , kerja dan pendapatan tidak sebanding , jadi pelayanannya kurang maksimal mungkin, padahal kurir ujung tombak marketplace yaa ,,,

          14
          1
          • 12 Desember 2022 - (23:29 WIB)
            Permalink

            Itu ada sesuatu yg saya ga bisa bilang disini ya.. Cuma yg jelas, shopee skrg tidak menunjukkan no kontak agar kita seller tidak bisa menghubungi..
            Barang saya yg retur ada sekitar 70an paket dlm 6 bulan trakhir.
            Dan semua paket yg retur itu akun bodong. Semua yg retur saya tanyakan apakah pihak kurir ada yg menghubungi.. Dan tidak ada satupun yg menjawab.
            Yg jadi pertnyaan, apakah itu org iseng atau dari pihak oren sndiri yg berbuat demikian.
            Cara gampangnya ya tinggal matiin COD nya aja.. Semua yg gagal kirim 95% COD

        • 13 Desember 2022 - (09:30 WIB)
          Permalink

          Nah makanya saya juga takutnya begitu om. Bisa seenaknya potong duit seller alasan selisih ongkos. Harusnya gak boleh sepihak dong. Konfirmasi dulu. Biar kita cek siapa yg salah.

          • 13 Desember 2022 - (12:49 WIB)
            Permalink

            Aq bli di pasar aja klo gitu

        • 16 Desember 2022 - (23:07 WIB)
          Permalink

          Mending belanja di tiktok aja tanpa tambahan biaya, codnya jg tanpa biaya penangan, aman dan murah komplain jga mudah

    • 12 Desember 2022 - (13:13 WIB)
      Permalink

      Udh Lebih Dari 1 Bulan, Shopee Berlakukan Aturan Wajib / Otomatis Aktif Jasa Kirim Shopee Xpress dan J&T.
      Jadi Mau gk Mau Kalau Masih Jualan di Shopee, Kedua Jasa Pengiriman Tersebut Otomatis Bakal Tetap Aktif.

      • 14 Desember 2022 - (18:52 WIB)
        Permalink

        Banyak penjual yang complain disini saya baca nya , mohon maaf bapak ibu yg paling pinter , saya sudah berkecimpung di dunia ekspedisi hampir 3 tahun, silahkan rasakan sendiri jadi kami ( kurir) satu hari aja , nnti juga tau rasanya , jngan cuma bisa komplain aja

        1
        10
    • 13 Desember 2022 - (06:32 WIB)
      Permalink

      Tidak bisa di tutup, shopee secara sepihak mengaktifkan shopee express tanpa persetujuan seller, dan semua seller tidak bisa menutup/non aktifkan jasper shopee express.. ini sudah berlangsung bbrp bulan.. mau komplain dengan cara apa pun tidak ada cara untuk menutup jasper shopee express..

    • 13 Desember 2022 - (11:22 WIB)
      Permalink

      Shopee express di paksa aktif ga bisa non aktifin lgs Kan ya? Mesti telp C’s baru non aktifin. Di disable gt

    • 13 Desember 2022 - (14:28 WIB)
      Permalink

      Nggak bisa om.spx itu punya nya shopee.nggak bisa di nonaktifkan.wajib dipake untuk semua seller

      • 14 Desember 2022 - (09:45 WIB)
        Permalink

        Skrg pas kurir spx semenjak dijadikan mitra dan dibayarnya perpaket. Makin ga beres ya kerjanya.

        • 15 Desember 2022 - (10:22 WIB)
          Permalink

          Saya 2x pesan dishopee pakai shopee express, hari H status siap dikirim ke alamat pembeli, ditunggu sampe malam juga ndak nongol2 tiba2 statusnya berubah paket akan dikembalikan ke pengirim… Trrpaksa pesan ulang dan nunggu lg, setelah itu dah hapus shopee, sekarang pakai lazada atau toped aja, sejauh ini aman2 aja… Cmn lazada ada beberapa seller yg bermasalah sih, tp klu hati2 belanjanya jg tetap aman kok.

  • 12 Desember 2022 - (09:06 WIB)
    Permalink

    Kurir shopee express seenaknya sendiri,digagalkn sendiri dijadwalkan ulang sendiri tapi di tulis pembeli yg minta jadwal ulang.
    Paket dari surabaya ke gresik sampai 5 hari gak sampai2,kurir kalau gak niat kerja di ***** aja kayak gtu sangat merugikan.

    • 12 Desember 2022 - (12:58 WIB)
      Permalink

      Saya mah sering kek gt kak,pdhl pembeli g dhubungi dulu untuk pengirimanya,tiba2 dbatalkan sepihak oleh jasa kirim.

    • 13 Desember 2022 - (12:29 WIB)
      Permalink

      Gaya bahasa muthia spx itu sangat vickyP sekali ????

      TS ini pasti mabok 7 keliling mencoba mencerna itu tulisan.

    • 15 Desember 2022 - (01:16 WIB)
      Permalink

      Jangan salahkan kurir itu terjadi biasanya dari manajemen yang kurang memperhatikan kondisi kesejahteraan kurir sebagai ujung tombak perusahaannya yang mungkin terlalu membebani kurir dengan target yang over dengan harga yang murah di setiap perpaketnya.
      Kalo menyalahkan kurir lebih baik beli di warung terdekat atau di pasar lebih efektif
      Memang semua ada sebab dan akibat,kenapa kurir begitu pasti ada sebabnya kenapa kurir begini pasti ada sebabnya juga.

      3
      3
  • 12 Desember 2022 - (12:29 WIB)
    Permalink

    Shopee itu udah di ambang kebangkrutan, karyawan sea bank udah banyak yg di PHK, shopee india pun udah bangkrut/di tutup, jd mungkin udah gk ada lagi biaya transfor untuk kurir.

  • 12 Desember 2022 - (13:23 WIB)
    Permalink

    Rusak
    Rusak
    Rusak

    Hmmm,,, itu packingnya gimana ya?
    Kalo packing rapih jarang ada kasus rusak.

    Minimal pake kerdus dan di dalam kerdus di tambah cacahan kertas untuk meredam benturan.

    Kalo masalah di packing seharusnya seller yang di Soe oleh pihak market, karena merusak nama baik.

    Cihiyu

    • 14 Desember 2022 - (03:56 WIB)
      Permalink

      Saya sebagai seller juga gitu . Udah mas kita balik lagi ke offline. Jual online GK usah barang mahal mahal toh biaya layanan juga naik semua .mau cari untung yg untung aplikasinya belom lagi persaingan nya banyak.

  • 12 Desember 2022 - (15:05 WIB)
    Permalink

    Horror..!
    Saya transaksi ratusan kali di toko Ijo aja mulai harga puluhan ribu sampai drone harga 7 jutaan…
    Aman, kalau ada komplain, CS ijo fast respon…

  • 12 Desember 2022 - (15:37 WIB)
    Permalink

    Saya mantan Expedisi di expedisi merah, paham lah ha
    Mau ngasi sedikit “INFORMASI” buat agan2

    Paket retur ada 4 kendala

    1. TLC (TREE LATTER CODE) atau KODE AREA/KODE DAERAH tujuan Alamat penerima “BERBEDA” / Kecurangan ONGKIR

    2. Pihak Maskapai/Bandara Menolak Pengeriman Barang tersebut yang terindikasi Mudah Rusak/Berbahaya/ilegal

    3. Pengirim/Pembeli Itu yang mengajukan Retur

    4. Paket Rusak Sebelum di Kirim kan ke PENERIMA

    Dari Chat itu bilang “BARANG RUSAK/PENYOK” nah coba fotokan waktu packing nya gan ?
    Tapi 2x ya ? Aneh juga sih bisa2 nya sampe 2x Penyok si retur , Gimana mereke nyortir nya, maen lempar2 aja gitu ?

  • 12 Desember 2022 - (17:56 WIB)
    Permalink

    Harusnya Shopee jgn arogan mau makan semua, pengiriman seperti dipaksa aktifkan SPX.. Padahal SDM SPX ngak mumpuni.. Kurang orang juga.. Satu2nya ekspedisi yg siapin kurir buat pick up juga. nyusahin penjual juga

  • 12 Desember 2022 - (18:31 WIB)
    Permalink

    Saya sebagai pembeli mengalami pake ?????? ??????? , dari Bandung ke kab. Bandung 7 hari paket baru sampai..
    Sedangkan dari depok , jakarta, Bogor pake ???????, ?&?, ??????? 2&3 hari smpi ke Kab. Bandung…
    Mulai skrg klo ekspedisi ?????? ??????? gabisa di ganti ekspedisi lain langsung Cancel.. Kapok & bikin emosi

    1
    1
  • 12 Desember 2022 - (18:48 WIB)
    Permalink

    Meskipun kasus nya beda, saya juga sempet dibikin dongkol sama shopee. Cuma saya sebagai pembeli. Ketika retur barang Maen tolak aja, padahal memang paket gak sesuai Dan pembeli juga uda konfirmasi di chat. Barang dikembalikan dari gudang shopee setelah lebih dari 2 minggu. Dan itu perlu belasan Kali telepon CS nya. Bukan sistem pengiriman ya aja yang bermasalah. Tapi sistem warehouse nya juga. Aturan kalo misal sistem nya belum oke, ya jangan dikirim ke warehouse. Kirimnya ke penjual aja langsung.
    Ikut komen semoga managemen shopee bisa memperbaiki sistemnya.

  • 12 Desember 2022 - (20:37 WIB)
    Permalink

    Dari tahun 2018 sampai sekarang langganan di Lazada dan Ninja express.
    Belum pernah ada masalah dalam pengiriman paket.
    Kemarin coba shop dua kali malah gagal terus/diretur Sam jnt.

  • 13 Desember 2022 - (03:52 WIB)
    Permalink

    Anda dipaksa suruh out itu gan dari penjualan sopi, cuma anda Masi bertahan aja padahal itu bukan jalan anda jualan di sopi

    • 13 Desember 2022 - (09:27 WIB)
      Permalink

      Aku sih yakin penulis Surat Pembaca ini tetap bertahan jualan di sopi. Penjual online mah ga ada kapok²nya

      • 13 Desember 2022 - (11:27 WIB)
        Permalink

        Ya mau gimana lg bro pasti pada buka marketplace wajib ungu, merah, orange, ijo ?. Kalo ga jualan Kan LG sepi kesedot pemain besar Dan importir semua lgs mail ke marketplace .. jd berasa para penjual …

  • 13 Desember 2022 - (15:32 WIB)
    Permalink

    Shopeee juga mau bangkrut. Kan abis phk karyawan banyak. Wajar lah kalo kerja jadi asal2an. Tenaga kerja berkurang otomatis kerjaan jadi nambah

  • 14 Desember 2022 - (07:04 WIB)
    Permalink

    Kalo TDK out dari sopi brrti anda orang hebat…
    Pantang menyerah sebelum parah..! semoga sukses kedepan nya pak amin

  • 14 Desember 2022 - (10:16 WIB)
    Permalink

    Saya cuma jualan di tokoijo waktu pembeli komplain barang rusak (yg rusakin pembeli sendiri) CS Tokopedia malah nelpon saya ngurusin masalah komplain, keren ga tuh ?, akhirnya pembeli ganti rugi kerusakan

    Terimakasih Tokopedia

  • 14 Desember 2022 - (18:07 WIB)
    Permalink

    Smw expedisi pasti ada aja yg kurirnya bermasalah..Tu Krn kesejahteraan Kurir sekarang Cenderung *Kurang*..
    Ga ada Gaji Pokok,Uang bensin ataupun Tunjangan lainnya
    pendapatan hny diitung per paket yg Sukses Dikirim..itu pun paling 1rb -1200 per paket…
    Kurir pasti milih2 paket dng tujuan yg ada barengannya, dan pastinya jika cm 1 paket alamat jauh pasti bakal cancel bagaimanapun alasannya ..Wajar,Manusiawi meskipun tidak profesional..
    Cb bayangin,kirim 1 paket yg perkiraan waktunya lama n habis bensin banyak tp cm dapet 1rb rupiah…
    Kalo ada yg bilang itu resiko jadi kurir, Coba Anda2 yg terhormat ber empati…Memisalkan Anda2 brada di posisi mereka..
    Kurir bekerja untuk cari nafkah demi keluarga,bukan demi Semakin Meningkatkan Wajah,pamor n Nama besar Sebuah Expedisi yg Notabene gak peduli dengan Kesejahteraan bawahannya…
    #Maaf jadi panjang bercerita,krna saya tau pasti posisi Kurir..karena saya ex kurir..resign dari expedisi J&xxxx(Logo Merah) Krn alasan Di Mitrakan…(gaji pokok,Uang bensin,tunjangan) 0Rupiah..
    Terimakasih

    1
    2
  • 14 Desember 2022 - (18:24 WIB)
    Permalink

    Jualan/beli online lebih banyak ribetnya daripada jualan/bel offline.
    Banyak masalah. Kekecewaanlah. Penipuan lah, ketidakpuasanlah, kerugianlah, ..

  • 15 Desember 2022 - (06:06 WIB)
    Permalink

    Itu dari masing2 driver shope,.
    Saya juga driver shope, baru biji saya mengantarkan pesanan spx bukannya di beri nilai yg bagus malah saya di beri nilai buruk,
    Itu saya tidak suka.
    Saya melakukan pengiriman spx mau food sdh semaksimal kemampuan.untuk pengiriman spx itu sesuai si pemakai jasa spx jika barang tidak sesuai pembeli, ya pembeli berhak kembalikan,jadi sebagai pengguna jasa spx dan pembeli food jgn asal memberi nilai buruk driver, lebih baik kalian pengguna jasa spx hub ke pembeli. Kalian hanya tinggal pake jasa driver tp kalian tidak mengerti kondisi driver dijalan kayak bagaimana, begitu juga perusahaan shope sendiri dgn mudah menerima semua laporan buruk yg di tujukan kedriver,belum pasti driver salah. Jika semua kesalahan itu menjadi kan driver sebagai sasaran itu sama aja kalian yg merusak akun shope driver dari pemilik akun tersebut.

  • 15 Desember 2022 - (07:34 WIB)
    Permalink

    Layanan Shopee Xpress memang mengcewakan. Beberapa kali sy beli di shopee dg expedisi Shopee Xpress, pengiriman lama, pelayanannya lambat, bahkan pernah pesanan saya dinyatakan hilang dalam pengiriman.
    Parahnya lg di aplikasi, pembeli tdk bisa memilih expedisi tp hanya ada satu Shopee Xpress

  • 15 Desember 2022 - (07:55 WIB)
    Permalink

    Saya sudah sering sekali belanja online dan selalu buat alamat tujuan “Diambil sendiri” atau “Diambil ditempat” meskipun pilih metode pengiriman di shopee ya diantar ke alamat karena masih banyak toko yang gak aktifkan ambil di agen shopee. Mau ambil ditempat indopaket juga belum terjangkau wilayah kalimantan. Yang ada cuma agen shopee. J&T dan Shopee Express kalau mau pilih ambil ditempat gak bisa harus diantar kurir. Biarin aja saya diketawain, dihina, dll. Yang terpenting barang saya terima.
    Buat pembeli, kalian kan yang pesan barang online ya harusnya selalu cek status pengiriman. Kalau kurir gak antar ya bisa jadi hujan, banyak paket dan blm bisa ngirim di hari yang sama, lokasi tujuan terlalu jauh, dll. Bisa kan ambil sendiri. Habis pulang kerja datang aja buat ambil ke kantornya, pasti ada kok stafnya di gudang nungguin.
    Itulah resiko belanja online. Apalagi pakai voucher bisa jadi gratis ongkir. Silahkan datang ke kantor gudang sortir atau drop point, tanyakan paket dengan menunjukkan nomor resi, nanti diambil ke gudang kalau memang ada atau dikasih nomor kurirnya kalau sedang coba dikirim. Kelamaan di gudang sortir juga gak bagus. Bisa jadi barang rusak/hilang.

    • 17 Desember 2022 - (03:06 WIB)
      Permalink

      Reseller ataupun pembeli produk. Saya sarankan jgn pernh menggunakan jasa Ekspedis SPX , karna ga cuma 1 2 org yg mereka rugiin. Seluruh pelosok indonesia kbnyakan dibikin rugi sm ni ekspedisi. Respon ga ada , di komplen nunggu jwb email berhari hari , ga ada solusi , dan parahnya PENGANTARAN KE ALAMAT PUN GA ADA ! apalagi barang yg sdh mau dipakai tp ga ada pengantaran rasanya pengen gua bom tu kantor SPX.. selama saya kalo ketiban sial dapetnya ekspedisi SPX saya lgsg ambil ke kantor nya langsung ! Dan eatimasi barh yg hrsnya reguler 3-4 hri sampai , ini bsa smpe 8 hri. Ga masuk akal ! Dan sangat merugikan. Kalo ga ambil di kantor ga ada pengantaran dan ga akan di anter2 tu brg. Entah apa yg mereka antar , angin ato debu. Paket2 saya klo pke ekspedisi ni dia ga pernh dianterin. Kacau!

    • 17 Desember 2022 - (03:11 WIB)
      Permalink

      Lah trs gunanya alamat apa dong ? Kalo ujung2 nya ambil DP atau ambil sendri.??? Pembeli kan pakai online shop krn ingin mempermudah belnja , kalo ambil dikantor sndri mnding belanja langsung turun lapangan lah ke mall ato ke pasar. Yg ada tu kinerja kurir hrs ditingkatin ini msalhnya SPX itu terkenal malas untk mengantar brg ke customer! Mereka terlalu pandang enteng. Masalah hujan di rute lah tau ada kendala lah, yg pastinya hrs ngabarin ke Customer! Ini satu pun respon si kurir aja ga ada. Tau2 ga smpe2 aja tu brg2 dan bkin cust mau ga mau ambil d kantor.

      • 16 Mei 2023 - (06:53 WIB)
        Permalink

        kak info nya dong kakak ngambil paketny di kantor spx mana dan apakah berhasil di ambil barangny, soalnya aku sebagai pembeli sudah menunggu 2 minggu dari tgl 2 mei 2023 dan estimasi tgl 6 mei sampai, tapi sampai saat ini barang ny gk sampai-sampai malah barang ny balik lagi ke kota awal pengiriman dari medan dc ke jakarta dc eh malah balik lagi ke meda dc, terima kasih

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 72 komentar sampai saat ini..

Kurir Bekerja Semaunya Sendiri, Paket Diretur ke Penjual Tanpa Diantar…

oleh Yudi Ekasari dibaca dalam: 2 menit
72