Surat Pembaca

Ulasan Pembeli yang Provokatif Disertai Gambar yang Tidak Pantas

Terima kasih sebelumnya kepada Media Konsumen. Saya selaku penjual di marketplace Shopee, pada tanggal 5 Desember 2022, saya menerima pesanan dengan nomor pesanan: 221205U4X5BHPD, berupa 1 pc handsfree Samsung AKG type C original. Sebelum dikirim, saya sudah test di hp saya sendiri (Samsung S21 FE) dan normal.

Tanggal 9 Desember 2022, barang sudah diterima dengan baik oleh pembeli. Namun pembeli dengan sengaja memberikan ulasan yang tidak objektif, tanpa bukti jelas dan meng-upload gambar yang tidak pantas. Tanpa komplain ke penjual atau Shopee dan chat apa pun ke penjual.

Saya sudah coba ajukan ke admin Shopee supaya dihapus ulasan tidak pantas tersebut. Admin Shopee hanya memberikan solusi di sini: “Harus meminta izin pembeli untuk menghapus penilaian”. Nomor laporan: 1601107086643744773.

Padahal di aturan Shopee sudah jelas tidak boleh ada unsur provokasi apalagi sampai meng-upload gambar yang tidak pantas/menyebarkan konten provokasi: https://seller.Shopee.Co.Id/edu/article/6862

Intinya, kalau memang dibiarkan begitu, berarti setiap pembeli bebas untuk memberikan ulasan rating/menjatuhkan saingan usaha dan memprovokasi pembeli lain agar tidak belanja di toko tersebut. Padahal penjual di Shopee sudah mengeluarkan biaya iklan/ads dan dikenakan biaya admin yang tidak sedikit (3,2 persen) kategori aksesoris hp.

Terima kasih, saya harap dibaca oleh pihak Shopee dan memberikan win-win solution.

David Chandra
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Makanya kalo jualan yang jujur, barang busuk ya gausah sok pake ngaku2 ori. Masih untung lu dikasih gambar begitu doank, kalo di luar negeri lu bisa dituntut ganti rugi atau di bui.

    • Memang Anda Check dagangan Saya ???, Tuntut Apa Ngak Kebalik Yang Provokatif Siapa Anda Karyawaan Shopeee ???

      • Ahh kak. Kl jualan di MK harus kebal gituan. Sy sering dpat bgitu. G ada komplain. Tau² beli 5 barang berbeda. Semua rate.nya 1. Udah gtu g pakek foto. Yaa kecuali itu brang sy produksi semdiri, lah ini buatan pabrik. Macem pisau cukur bermerek. Rate rendah. Lah salahnya dmna? Nama sesuai harga murah. G ada kurang. Isinya maki² semua. Udah gtu memang hukum alam kak. Mau sy permasalahin males. Lah sy star+ bnyak paket perhari.nya. nguras emosi tenaga waktu kl ngeladenin ke CS. Paling langsung sy semprot di ulasan sekalian dan blok ?

      • Gimana ya, gak tau siapa yg salah, tapi sering banget sih, ketemu seller yg buat deskripsi barang asal asalan udah dikomplain baik malah ngelunjak, dikasih review negatif ga terima, disini saya gak menyalakan ataupun memihak siapapun ya, karna saya jg gak tau detail permasalahannya gimana

    • Komentar Anda juga Sopan Dikit, Baca2 Baik dulu Postingan saya itu Juga di sensor oleh Pihak Mediakonsumen Gambarnya.

      • Susah sih klo jualan yg beli manusia primitif. Laporin aja ke CS shopee klo ikutin arahan shopee klo shopee GK mau bantu baru buat status di MK . Biar kena dua-duanya.

      • Versi penjual ori versi pembeli KW dengan harga 27rb kira2 ini termasuk barang ori apa KW perinsipnya harga berbanding lurus dengan kwalitas.

    • Gw baru lihat ada kompain an di review nya ada bintang 1, ni seller klhtn nya kayak gag mau di komplain,
      Dan dilihat dari handle customer jg lebih ke gag punya etika, menyebarkan privasi customer, dan terkesan ke kanak kanak an.

    • Banyak yg komen asal goblek.... Pada nyalahin seller.... Padahal kalau dibaca benar-benar, buyer memang salah karena posting gambar gak sopan.... Padahal seller gak nyalahin review bintang kecil, tapi mempersoalkan feedback pakai gambar gak sopan.

  • Karakter pembeli itu banyak ragamnya. TS Sedang apes aja ketemu dengan pembeli tulalit yang kebetulan banyak lagak. Pakai jam Casio KW, mungkin juga sepatunya merek Nikah dan bajunya merek Korkodile. Mungkin pengen nyoba earphone merek Samsung tapi hape yang dipakai merek Pisang, ya potensi kompatibilitasnya rendah.

    Tidak ada informasi dan foto fisik lebih detil yang diberikan TS, sehingga saya tidak tahu apakah earphone itu memang KW atau ori. Foto dengan gestur tangan seperti itu masih bisa diperdebatkan meskipun tabu pada suku tertentu.

    • Bukti Gambar Bisa di Berikan Oleh Pembeli Jika Memang Komplain Wajar dan Masuk akal. yang Jadi Masalah adalah Ulasan Provokatif dan Mengupload Gambar tidak Pantas dan di Sensor oleh pihak Mediakonsumen.

      • Harusnya kl masalah ulasan udah jd resiko seller ketika jualan dimarketplace,,, dan memang ulasan tidak bisa dihapus pihak shopee, itu udah dr system, ada yg baru ORI diblg kw,,, ada yg barang kw diblg sepadan kualitas dgn harga... Semua itu udah jd resiko

  • mau harga murah tapi pengen original apa gimana makanya pembeli kasih komen negatif, kadang masih bnyk orang beranggapan beli online murah pasti original, padahal sebalik nya, kalau udah harga beda ama yg resmi pastilah bukan original

    • Lu jawab dulu deh, barang lu emang asli atau OEM, kw super, kw cina, impor grade ori ataupun namanama lainnya???

      • Yang Di Jual Memang ORI nah Mau Nanya Balik yang di Upload Gambarnya Apa, Kan udah Jelas Tidak ada Komplain dan chat Masuk Logika akal sehat kalo ngak Sesuai bisa dikembalikan

        • waduh ngeri barusan lihat lapaknya shopee vigs_shop pembeli yg beri ulasan bintang 1 alamat dan no hp pembeli di umbar, maksutnya apa ya itu privasi org lu umbar. Ni penjual gak pro nih cara ngadepin pembeli, masa komen penjual kayak bocil ngajak berantem

          • Lapor aja YBS. Sebar Data Pribadi Orang siap2, Diancam 6 Tahun Bui. Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronika (ITE) nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan UU No 11 tahun 2008 Pasal 6

          • Betul ini emang penjualnya yg ga mau kalah.. pembeli komplain wajar, malah bawa bawa jilbab.. itu klo si pembeli mau panjang bisa dituntut itu bawa bawa privasi segala

      • Saran buat TS, Jika memang jual earphone Samsung ori bisa kk lampiran wtk kirim surat di media konsumen sebagai bukti kongkret dan u/ menghindari komen2 julid yg bersubsidi kw. U/ komen biasanya jika memang tidak pantas menurut aturannya biasanya akan di xxxx sama admin shopee dan bisa juga dihapus dari sistem

        • Terima Kasih Kak, sudah 2x Laporan tidak digubris oleh Admin Shopee dengan di biarkannya Ulasan Provoaktif disertai Gambar tidak pantas tersebut maka akan terjadi persaingan Bisnis yang tidak Sehat, Untuk Gambar di Sensor oleh Pihak Mediakonsumen Bukan dari Saya.

        • Mana ada headset ori 20rban. Mo bilang copotan lg??? Sekarang beli hape merk apapun udah gak dapat headset. Alasan aja cabutan gak tau cabut darimana??? Haha

      • Ya kalo sellernya model gini sih males juga mau komplain. Pasti ngotot ori soalnya dengan suara cempreng ?

        • Aku pernah jadi admin olshop di salah satu perusahaan.
          Kalo ada yang review jelek auto capek banget buat ganti ulasan nya di ganti lah dengan produk lain di kirim atau di tukar ke outlet terdekat.
          Sampe2 capek bgt kalo ngadeppin buyer bgtuan untungnya ulasan nya tidak kayak ini cuma ngasih bintang nya aja dari situ langsung chat dll pokoknya

        • Wkwk lu cek dah tuh produknya dia
          Ngaku ngaku ori dengan betdalih jack nya ada libkaran putih 3 ? dikira semua konsumen gobs lock kali wkwkwkkwkw

      • Lo kalau mau ori gw kasih ori, jadi kalau namanya pembeli minta original wajib dikasih original, emang nya lo ngambil barang ditempat gak jelas!! kalau gw dari resmi kalau original, dan kalau ente gak akan paham dimana nyari original atau gak, paham!?

      • Km nilai sendiri, headset samsung harga 27rb ori apa nggak? Dan cara seller membalas komplain ngeri bgt. Pakek nyebarin no hp konsumen. Fix penjual nakal

  • apakah barang ori sesuai deskripsi ? di komen pembeli di tulis harganya lumayan mahal ,untuk gestur tangan beda orang beda wilayah beda persepsinya

    • Jelas Itu Provokasi Coba Anda Check di Shopee Mall apakah ada Ulasan Seperti dan Apakah pantas di Lihat Oleh Pembeli dan Penjual Lain ???

  • coba bayangin jg dr sisi pembeli gan.
    kita udah bayar mahal, tp dpt barang yg ga sesuai sm ekspektasi.
    andai kalo beli nya murah jg ga mungkin jg ada yg ngomel2.

    • Saya juga Pedagang dan Pembeli. Dan Secara Logika saya Akan Komplain Secara Subjektif apa yang saya Beli Maka Saya akan Komplain dengan Bukti kuat dan Jelas. Bukan Provokasi atau ada Saingan Bisnis yang tidak sehat.

      • memang beragam cara dipakai pembeli utk mereview produk.
        ada yg kecewa dgn kata2 saja, ada yg berkata kasar, bahkan ada yg upload gambar tak patut. ya begitulah dunia marketplace.

    • Dari Sisi Pembeli. Tidak ada Komplain tidak ada Chat sama sekali dan tidak ada Kontak ke Penjual.

      Sebagai Informasi Gambar di Sensor oleh pihak Mediakonsumen, bukan dari Saya. Anda Pikir Logika Akal Sehat Jika gambar saja di Sensor oleh Pihak Mediakonsumen apakah Pantas ???

      • memang pak, sy akui pembeli itu juga salah dgn mengupload gambar yg tak pantas. sy ga membenarkan loh ya. ya sudah cepat selesai masalahnya, semoga gambarnya ditakedown

  • Cantumkan video real penggunaan di produk tersebut, sekaligus jelaskan kualitas barang yg anda jual.
    Video anda harus menepis statement soal keraguan apakah barang anda tsb ORI atau KW.
    Kalau soal ulasan memang cuma bisa dihapus ama pembeli bersangkutan

    • HP yg saya pakai buat nulis komen ini adalah Samsung Galaxy S8+, saat beli akhir 2017 dan dapat earphone AKG dalam paket penjualan nya. sudah pasti earphone original, entah berapa harga AKG tsb karena itu adalah aksesoris resmi dari Samsung.

      earphone AKG saya tsb rusak setelah 3 tahun, dan bbrp waktu lalu di online shop Lazada ada yg jual dengan harga 35 ribuan, saya tau itu KW tapi tetap saya beli. dan suara nya memang kalah jauh dari milik saya yg bawaan HP nya. bass nya kurang dapat. cempreng.

      jika memang anda menjual yg ori, berapa kah harga jual earphone tsb di toko anda? karena jika memang ori, suara nya harus bagus, bass nya lembut dan dipakai dalam waktu lama gak membuat kuping sakit.

  • Ane sebagai penjual, kalau ada cs fitnah di toko shopee saya, saya tinggal buktikan bahwa barang yg telah saya kirim terjaga, dan ori, tidak ada cacat apapun,, terus di review sama pihak Shopee, terus cs tersebut di banned dan postingan bintang 1 terhapus otomatis

    • Dear TS

      Salam 1jurusan jualan acc hp ???
      Beda ny gw jualan casing hp
      Pembeli kaya gt, cukup di laporkan dl, lalu jika produk ny blm ada rating, u upload ulang aja, yang bintang 1 di hapus / kosongin
      Ini aja sih saran gw

      NgadePin ORANG macam gitu mah sudah makanan sehari2 ?
      Gw di komen rasis aja sudah
      Judul Produk untuk Realme 6
      Kasih catatan untuk Realme 6 pro
      Di kirim sesuai judul, eh di tolak + di buatin video unboxing ny lho ??? udh lapor ke RM, hasil nya zonk ? malah gw yang kena point gegara ngatain dia.... ?????

      Judul produk untuk A22 M22 M32, stiker bertuliskan A22, komplain... Padahal yang dipake kan casing nya,bukan stiker nya ???

      Kurang nya literasi digital

  • kalo shope gak usah heran...mayoritas sistem sama sdm nya rendah...beda sama tokopedia kalo ada masalah di beresin langsung...netral gak berpihak ke penjual dan pembeli....kalo shope terlalu berpihak ke pembeli...saya jualan di shope...paket uda di kirim...cuma lama sampai gara2 xpedisi...eh pembeli komplain minta dana balik...besoknya dana dikembalikan ke pembeli...padahal saya uda kirim bukti....esoknya paket sampai ke pembeli...untung pembeli mau transfer ke rekening pribadi...intinya shope itu adminnya bodoh2...lama lama jg di tinggalkan penjual

    • Saya setuju dgn pendapat SDM shopee yg rendah karena uda sering komplain lewat chat, email dan telp jika ada masalah. Dan hasilnya 90% masalah tdk selesai alias tdk ada solusi. Makanya saya cukup senang ketika kemarin ada perampingan SDM di shopee. Semoga sampah2nya yg tdk ada guna ikut dibersihkan

    • Saya komplain sebagai pembeli shopee tpi tetap dipersulit, klo mau komplain harus kedua belah pihak ikutan bantu nyelesaikannya.. Klo cuma 1 pihak, ga akan ada penyelesaian yg memuaskan.. Klo tokopedia emg netral bget, asal py bukti aja.. Penyelesaiannya juga cepat dan yang paling penting tidak perlu menjelaskan berulang kali karna chatnya ga akan diakhiri jika permasalahannya blm selesai.

    • Betul, shope adm nya payah,
      Sayapun jualan lebih ke tokped, dan bl
      Cuma bl sekarang2 ini kurang maksimal klo ada trouble

  • itu barangnya beneran ori ga? ya kalo beneran deskripsinya ori tapi yang dateng malah KW atau OEM wajar aja sih dapet komen kayak gitu, tapi untuk gambar juga saya ga suka kasi foto yang ga ada hubungannya sama barang yang dibeli

1 2 3 6