Surat Pembaca

Terulang Lagi, JNE Tidak Mengirim Pesanan Saya

Saya Wenny, saya belanja di Shopee tanggal 26 November 2022. dengan menggunakan jasa kurir JNE Trucking, nomor resi pengiriman: JT69380072656. Estimasi sampai tanggal 7 Desember 2022, tetapi sampai surat ini dibuat (17 Desember 2022) barang belum juga sampai dan status pengiriman masih di warehouse JNE dan tidak berubah semenjak tanggal 6 Desember 2022.

Ini sudah kasus kedua seperti ini. Kasus yang pertama, permohonan refund saya berkali-kali ditolak karena memang barang sudah dikirim oleh seller, padahal kesalahan murni ada di JNE. Setelah refund pun tidak ada penjelasan dari JNE, ke mana dan bagaimana barang saya itu, serta tidak ada permintaan maaf dari JNE langsung ke saya.

Sekarang kejadian lagi, dengan barang yang lebih banyak dan besar ukuran kirimnya, masa iya hilang?? Masa iya kardus besar bisa keselip lalu hilang? Saya belanja jauh sebelum periode harbolnas dan nataru lho, masa alasannya overload??

Tolong ini JNE tidak bisa belajar dari kesalahan dan pengalaman banget ya. Membuang buang waktu konsumen untuk komplain dan segala macam. Belanja online bukannya jadi praktis malah jadi susah. Bayangin seller-nya, pasti rugi berkali-kali lipat kalau seperti ini.

Wenny Indriyarti Putri
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • ente udah pernah belanja di shopee blm?? di shopee itu gak bisa pilih ekspedisi..apalagi kalo belanjaan banyak berat dan besar lebih murah pake kargo dan dr sistem pasti lg dipilib JNE TRUCKING...paham ente?? cobain belanja di shopee makanya..mainnya yang jauh...ya ya ya

      • Mba, sy pengguna aktif belanja di shoppe, di shoppe bisa pilih kurir, setelah cekout (jangan lebih dari 2menit), mba langsung pilih kurir, mau reguler atw hemat atw cargo.dari hemat nanti ada 2 atw 3pilihan antara j&t ekonomi, jne ekonomi, 1lg kurir shope sy lupa namanya.
        Kalau reguler ya j&t reguler, jne reguler, ada sicepat, ada beberapa yg lain.
        Kalau pilih cargo ada jne kargo, ada 2lg sy lupa namanya.
        Jd, kalau anda sudah punya pengalaman buruk dg jne di kota anda, coba dg kurir jnt juga ada cargonya, shope expres standar juga ada cargonya.
        Memang di tiap kota beda2 pelayanan kurir, meskipun sama2 jne, tp bisa jd dikota lain bagus, dikota lain lagi buruk. Sy pengalaman juga dg jne yg bagus dan yg buruk dibeda kota.

        • Tergantung toko juga kali, saya member platinum...sumpah belanja online rasa offline...bnyak masalah di belanja online. Apapun aplikasi ny sama az. Saya saran kan ketimbang online mending offline biar saling memajukan daerah ny masing2. Dan klu memang diharus kan online mending metode COD, Sebab penjual bnyak low respon. Jika tak sesuai pesanan kita bisa menolak pesanan tsb.

      • Langsung ke kantor cabang'y aja.aq jg dulu gthu hampir mw 2 minggu baru dianter.dilaporan sampai 3x gagal kata'y melebihi waktu kirim padahal g dikirim sampai tak tungguin.kl msh ditungguin g bakal datang2

        • Kurir banyak betingkah. Dikawasan jambi aja mesan barang pakai COD sudah gak bisa karena udah dicap merah. sekarang malah shopee otomatis gak bisa lagi COD. gegara kurir otomatis retur barang kembali kepemiliknya alasan tidak terjangkau. DIJAMBI INI khususnya TANJUNG JABUNG TIMUR KURIR COD nya malas - malas. kalau ada barang COD bakal diretur mereka balik ke penjual shopee tanpa ada telepon ke kita. banyak disini kena.

      • Bener sekali mbak saya juga ngalami tidak hanya 2x mbak bahkan berkali2, saya komplen tidak ada tanggapan sama sekali dari pihak JNE maupun pihak pengelola aplikasi jual beli online, saya dulu pakek Lazada karna kejadian itu saya langsung uninstall aplikasi Lazadanya soalnya si lazada berpihak pada kurir bukan pada saya padahal kesalahan itu murni dari kurir 100% dan waktu itu COD saya di nonaktifkan oleh lazada seketika langsung saya balas dengan meng-UNINSTALL aplikasinya.

        • Klo menurut sy tergantung lokasi dan daerah tempat Jasa, pengirimsnnya berada, klo daerah sy di tangerang
          Semua jasa pengiriman 99,9999 persen bagus terimakasih

    • Gak heranlaah, aku aja pake layanan YES maksud hati mau nyampe cepat eeh malah uda 4 hari g nyampe2

      • Sama kejadiannya menimpa saya.

        Pakai JNE YES, Yakin Engga Sampai Sampai.. perlu 4 hari baru sampai.

        Ini Media Konsumen sepertinya sudah malas muat suara pembaca keluhan JNE.

    • Saya pernah ngobrol dengan masing2 petinggi ekspedisi, meraka sama bilang tidak mungkin 100% paket terkirim semua, namanya resiko hilang pasti ada. Jadi paket hilang itu wajar, yang penting sudah ada pasal² pengantian barang dari pihak ekspdisi tgl di ikuti aja prosedurnya.

    • Saya pernah pakai JNE,istri saya yg belanja tapi hampir saja sih??cuma bukan pakai Shopee,pelayanan Shopee bagus tapi memang agak lambat mungkin krna gratis ongkir kali ya?.Istri saya belanja via face book yg ada iklan promo tapi pembayaran via COD.Pihak JNE ga mau kirim barang dan menyarankan sistem transfer ke pihak kurirnya,Alhamdulillah istri saya ga mau percaya dan balik langsung wa ke sellernya.Tapi sellernya bilangnya sistem COD jgn mau kalo suruh transfer. Alhasil dibatalkan saja..makanya jadi pembeli hrs smart dan istri saya lebih percaya pada Shopee krna sudah member gold dan berbelanja di toko online Shopee hampir 5 tahun..

    • Sampai saat ini paling oke pake JNE sih.. Saya seller ya. Pernah hilang barang yang saya kirim, sekitar 4jt an. Di ganti kok. Di telpon juga. Ada permintaan maaf juga. Cuma di tokopedia. Yang CS nya ikutan bantu komplain. Klo di shopee mah kita dibiarin. Coba aja ajuin komplain. ?

      • iya sy juga sebagai seller klo kirim jauh2 ke luar pulau pernah pecah harga 16 jutaan pure diganti murni, krn kita asuransi dan packing kayu, dan packing kayu juga dr JNE, yg penting kt mau ajukan klaim sendiri ke JNE Call centre, kirim bukti pembelian, chat sm seller, screenshoot resinya, proses biasanya smpe diganti 7-14 hari kerja dan no tlp yg bs ditlp biasa harus stanby selalu on, krn tim investigasi akan selalu update perkembangan

        • Menurut saya semua jasa kirim meski murah tp jangan murahan, utamakan kepuasan pelanggan donk

  • Klo kasus spt ini justru sy gk pernah hubungi ekpedisi, buang waktu, energi, pulsa, uang & responnya akan selalu "akan ditindaklanjuti". Cukup hubungi seller atau mp-nya via live chat utk Investigasi ke ekpedisi. Itu pengalaman di toped & blibli.

  • @Wenny
    Mbak, di shope kl ga salah setelah checkout transfer bisa milih kurir. Rasanya ada waktu nya 10 menit .

    Kl dr shope rata2 bgt dah problem kurir apapun. Beda halnya dengan MP tokped/bukalapak bisa milih kurir sesuai keinginan sebelum cekout.

    Saran saya untuk kedepan, order brg nya di tokped/bukalapak aja. Kl sellernya blm ada toko dikedua MP tsb suruh buka.

    Saya sering nyuruh sellernya dr shope suruh buka di tokped/bukalapak.

  • Bisa diganti jasa kirimnya tp hanya diberi waktu dalam hitungan menit sekarang. Kalau cargo ya paling hanya bisa diganti jnt cargo atau sicepat gokil. Menurut feeling saya, itu bukan karena tidak mau kirim, kemungkinan itu paket rusak. Apalagi isinya cairan semua. Pembelian 1 jt isinya hampir semua cairan, bisa dibayangkan betapa berbahayanya. Mungkin lain kali bisa dicoba pembeliamnya dipecah jadi 3 paket sehingga lebih aman.

  • Mending blnja gituan di warung tetangga dekat rumah mbak, langsung dpt barangnya..klopun ada selisih harga itung kasih rejeki buat tetangga, buat apa kejar2 promo klo kenyataannya bikin dongkol ati...

    • Wkwkwkwk
      Saya mau belanja online atau dimana khan itu hak saya ya…sy belanja online bukan berarti sy gak pernah beli di warung ya khan….kok komennya malah jd kemana2 wkwkkwkwkwkw

    • JNE EMANG BURUK TAPI UNTUK YG MURAH DAN BANYAM GERAI NYA HANYA DIA...KITA SELER KADANG PUYENG JUGA..PEMBELI KOMPLAIN SAMA TOKO AJA TAU NYA.PADAHAL BAYAT ONGKIR YG TERIMA JNE

  • kerbau saja gak akan jatuuh 2x dilubang yg sama, kok ada manusia 'pintar' yang ketagihan jatuh kekubangan.. seolah gak ada marketplace lain..

  • Ya sdhlah si TS mngkn suka blnja online krna haus promo..terus saja sah² aja hak dia,, mau jatuh kedua kali atau ketiga kali dilubang yg sama ... Paling koar² lagi di MK

  • Saya sebagai seller di beberapa marketplace kayaknya semua sama saka ekpedisi itu entah jne atau jnt. Banyak lokasi di luar jawa, banyak pembeli yang disuruh memgambil sendiri di kantor. Kurirnya nggak mau antar. Mungkin karena cabang tidak sebanyak di jawa atau fee dari pengantaran tergolong kecil

      • Memang saat ini penjual dan pembeli harus sama-sama aktif cek. Banyak ekspedisi beberapa wilayah (kantor) memang kurang baik pelayanannya. Semoga cepat selesai, Kak

      • Tapi istri saya klo berbelanja dishopee selalu diberitahu sellernya klo ekspedisi misalnya ga ada atau ga bisa.Ada baiknya chat dlu sebelumnya dgn seller biar tidak terjadi seperti ini lagi ka?..ya walaupun online tidak mungkin kan tidak terjadi hal2 yg tidak diinginkan.Biasanya toko online menyediakan fitur2 chat dgn sellernya juga sambil diperingatkan agar tidak menstranfer demi kenyamanan berbelanja dan pihak Shopee juga tidak bertanggung jawab bila itu terjadi..

    • Ga usah lagi jualan atau beli di shopee bukan 1 2 yg komplain udah banyak...shopee itu aplikasi perantara antara penjual dan pembeli tapi jika ada masalah dari pihak shopee ga mau tau ga bisa selesaikan masalah atau kendala penjual dan pembeli...inti nya SHOPEE CUMA MAU AMBIL KEUNTUNGAN ga bisa mengatasi masalah

      • Tapi ini masalahnya bukan di shopee, tapi di JNE nya…orderan sy yg lain di tanggal yg sama sampai sesuai dgn jadwal…hanya yg dengan JNE TRUCKING ini saja yg bermasalah

    • Coba deh anda baca… komen yang saya balang “ngegas” itu komen yang seperti apa…
      Ada yang komen saya “pintar” sampe disamain sama kerbau…
      Ada yang komen ujug2 suruh saya belanja offline aja itu g2 bantu dan bagi rejeki ke tetangga (ini khan sok tau banget, emang tau drmana saya gak pernah belanja di pasat atau di warung tetangga)

      Yang komen2 begitu tidak melihat esensi dari saya menulis artikel ini….
      Khan di artikel ini tidak ada kalimat saya menanyakan bagaimana solusinya??? Atau tidsk ada saya menanyakan saran dan masukkannya….

      Artikel ini murni keluhan saya sebagai customer dan juga sebagai info kepada yang membaca bahwa ada lhoooo kejadian seperti ini….jadi bisa lebih waspada ketika memakai jasa ini…. Begitu…

      jadi artikel ini gak perlu di komen gak perlu diberikan saran kritikan apalagi solusi….
      Dibaca aja dan cukup tahu aja bahwa ada kejadian seperti ini…

      Begitu saudara2 sekalian…
      Jelas ya kenapa saya ngegas
      Karena komennya (yg saya gas) nyenggol duluan…
      Aturan mah kalo mau ngatain ya dalam hati aja gak usah di tulis di sini…jatohnya jd kayak komen di akun gosip ????