Surat Pembaca

Penjual yang Salah, Mengapa Pembeli yang Malah Direpotkan?

Pada tanggal 17 Desember 2022, saya memesan serum seharga Rp315 ribu dan krim seharga Rp99 ribu melalui toko Venuss di Shopee, dengan nomor pesanan: 221217UB4UFS38. Malamnya, terlihat bahwa paket telah diserahkan ke kurir J&T dengan nomor resi: JP2916392410.

Pada tanggal 19 Desember 2022, paket tersebut pun sampai di tempat saya. Saya buka paketnya dan melakukan video unboxing. Ternyata, barang yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan saya. Penjual mengirim krim dan toner mini. Saya cek krim memang sudah sesuai pesanan. Namun, serum yang saya pesan tidak terdapat di dalam paket, justru adanya toner mini size 30 ml, yang harganya tentu saja jauh lebih murah daripada serumnya.

Saya chat penjual dan mengirimkan video unboxing. Namun penjual mengatakan akan mengecek CCTV dan admin packing dulu. Penjual pun kurang responsif dan kurang ramah dalam menghadapi komplain saya. Pun tidak menjelaskan solusi yang ditawarkan. Saya sampai meminta bantuan admin toko tersebut yang terdaftar di Tokopedia untuk menyampaikan keluhan kepada admin toko di Shopee.

Akhirnya saya mengajukan pengembalian dana untuk serum tersebut secara penuh. Barulah pada saat itu, admin membalas chat saya di kolom diskusi dan mengakui kalau memang mereka keliru memasukkan produk dan mengganti solusi menjadi pengembalian barang dan dana, tanpa berdiskusi dengan saya terlebih dahulu. Setelah itu, mereka menjelaskan kalau mereka mengurusi banyak paket. Namun, saya pikir, itu bukanlah alasan untuk mereka bersikap begitu.

Seller tetap ngotot meminta barang dikembalikan. Padahal, sudah saya jelaskan dari awal, sebelum saya mengajukan komplain, bahwa melakukan pengiriman barang itu akan sangat merepotkan saya. Pun, saya sudah dirugikan materi karena barang yang dikirim tidak sesuai dan harganya jauh di bawah barang yang saya beli, rugi waktu karena harus mengajukan komplain yang prosesnya lama, dan harus ditambah kerepotan apabila disuruh mengirim barang. Karena tidak ada kesepakatan, penjual mengajukan masalah ini ke Shopee.

Saya usulkan untuk memotong saja dana yang harus dikembalikan. Namun pihak penjual menolak, dengan alasan mereka tidak ada fitur tersebut. Saya katakan bahwa saya bisa mengajukan dana sesuai yang disepakati apabila penjual mau diajak berdiskusi. Namun, sudah terlanjur diajukan ke Shopee jadi harus menunggu keputusan Shopee.

Sebenarnya agak riskan dengan hal begini karena di Shopee, untuk masalah komplain memakan waktu yang lama. Saya berharap Shopee lebih pro ke konsumen karena pengalaman sebelumnya, Shopee lebih pro ke penjual. Penjual yang salah, lalu mengapa pembeli yang harus direpotkan?

Ratna Susanti
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Aturannya memang begitu. Barang dikembalikan seperti semula (jika perlu dikemas ulang sama seperti saat diterima) dan dana dikembalikan penuh kepada anda. Tidak bisa dana dikembalikan hanya dari selisih nilai total barang terkirim, karena merusak tatanan sistem di marketplace dan bisa dipakai sebagai celah yang bisa merugikan buyer atau seller.

    Jika anda menginginkan cara belanja yang membolehkan dana dikembalikan berdasarkan nilai selisih harga barang yang diterima, silahkan belanja di marketplace lain dengan kebijakan seperti itu.

    • Betul kak, sbnrnya cara nya mudah, apalagi penjual nya respon chat kita, berdasarkan pengalaman sy, jika kita sdh pengajuan pengembalian barang dan dana, pilih uang nya mau di balikin langsung ke rekening kita jg bisa, dan disetujui toko, nanti kita dpt resi buat kirim paket balik ke toko, dari expedisi jnt terdekat, klu penjual sdh Terima barang nya, pasti uang otomatis balik, masuk rekening kita, nanti ada informasi nya kak

      • Saya pernah kayak gini, alhamdulillah dapet sellernya yg asik. Waktu itu beli beberapa jilbab tapi dikirim ga sesuai dengan ukuran yg saya mau, saya bilang gapapa saya beli ga usah retur tapi kan harganya beda, apa ga bisa dibalikin kelebihannya. Trus setelah cek ricek sama stoknya seller, ditransfer deh via shopeepay oleh seller.
        Sebenernya kayak gitu malah lebih mudah sih, buyer ga dirugikan waktu dan biaya untuk retur, stok seller pun jadi terjual.

    • Lalu bagaimana dengan pihak toko yang sengaja mengirimkan item yang salah? Kalau memang merusak tataan matketplace & stok item di toko itu?

  • Ini yang terjadi apabila pembeli hanya mau ikut aturan pembeli. Pembeli lupa bahwa ada pihak lain yang mesti mengikuti prosedur yang sudah diterapkan.

  • Ini beli dishopee kok admin Tokopedia diminta tolong buat ke admin shopee buyer nya ngantuk apa katrok gak pernah belanja online????

    Sudah sop nya begitu jika brg cacat/gak sesuai dg pesenan saat di beli saat retur ya dikembalikan ke seller nya ntr duit ente balik.

    Kalau gak mau ikuti aturan SOP retur di market place nya beli ke Indomaret Sono/ Alfamart dkt rmh ente biar gak salah dpt brg Krn secara belanja offline, hadeuh tinggal di kota gede tp masih seperti wong polosok daerah pola pikirnya

    • Dari cerita anda, anda membeli barang secara bundle jadi cuma 1 item yang anda checkout kalau beberapa item itu bisa anda komplain salah satu atau lebih.
      Bukan shopee berpihak pada seller, prosedurnya emang begitu.
      Pengembalian dana cuma selisihnya tidak bisa kecuali mau deal dealan diluar sistem MP.

      • Pernah kejadian beli barang promo di shopee beli 2 gratis 1 tp barang yg dtg tanpa bonus akhirnya minta refund sejumlah harga barang 1X2:3 dan seller menyetujui. Clear.

        Pernah juga beli barang agak banyakan itemnya dan ada Miss juga akhirnya saya forward ke seller hitung2an barang yg jenis dan harga tidak sesuai pesanan. Akhirnya minta refund selisih nya. Penjual mengiyakan. Case closed.

        Dan baru baru ini beli di Tokopedia komplen gegara barang lagi2 yg datang gx sesuai pesanan akhirnya saya ungkapkan knp saya komplen akhirnya saat masuk tahap resolusi knp cm 2 solusi yg ditawarkan. Akhirnya saya pilih refund and retur. Nah pas mau retur bingung donk nih barang ntar di pickup atau hårus anter ke expedisi. Akhirnya chat lah Tokopedia care dan responnya membuatku tercengang. Katanya seller menyetujui resolusi yg diajukan dg memilih opsi refund without retur. Sekian. Eh belom... Karena emang niat awal gw beli bukan mau nipu akhirnya gw cek nomor seller di gojek dan Alhamdulillah terdaftar akhirnya gw rerefund sebagian dana yg balik ke nomor tersebut via gopay. Finally Silent Ending.

        Intinya jika kita beranggapan sbg konsumen itu adalah raja maka jadilah raja yg mengayomi, bukan mendzolimi. Tunaikan dulu kewajiban baru menuntut hak.

  • Sop memang sdh bgitu, ente yg meropatkan diri ente sendiri....klo gk mw salah...beli offline sj, gtu aja koq repot

  • Ane pernah minta opsi seperti itu. Dan di setujui oleh Admin Resolusi. ?

    Banyak penjual maksa produk dan ngarep agar pembeli tidak memperhatikan barang. Minta juga ke pihak Shopee agar itu toko di moderasi karena unsur kesengajaan.

    • Nah, ini shopee lebih pro ke seller sih kak, meskipun si seller mengakui memang salah sepenuhnya di mereka. Dan seller mengelak opsi yg saya berikan dg alasan "tidak tau dan tidak bisa". Kemudian, saat dicek alamat pengembalian, ini alamatnya Agen J&T, bukan alamat toko tersebut, bahkan di alamat yang tertera di pengembalian pun tulisannya 'J&T Sakura Agen'. Ini sih jadi pengalaman saya kapok belanja di shopee.

      • Lu Yang Gak Paham Tata Cara Aturan Tiap Marketplace... Hal Yang Kaya Begini Kok Dimasukin di MK Sih... Lain Kali Kalo gak Mau Repot Beli Aja Di Pasar

      • Ngga ada bukti shopee lebih pro ke seller, dari cerita anda... Semua marketplace aturannya memang begitu... Barang rusak / salah kiriman harus didokumentasikan dulu, ajukan komplikasi. Jika disetujui mediator (dr pihak marketpkace), barang dikirim balik. Nanti seller wajib mencantumkan alamatnya... Sesuai kesepakatan, bisa dibalikin uangnya atau dikirim barang baru yg sesuai pesanan anda... Semua marketplace alur besarnya ya seperti itu... Dan kelihatannya memang tidak ada fitur (di pihak seller) untuk pengembalian sebesar selisih nilai barang. Karena namanya salah kirim, data yg disimpan sistem ya hanya barang yg semula anda pesan saja.

  • Sebenar nya bukan merepotkan tapi ya saling membantu akibat ada kesalahan atau kasuistis.. salah atau tidak sesuai ya bantu kembalikan dan atau returkan...

  • Sop nya emang seperti itu kak. Mau penjual sengaja atau tidak ya kita harus kembalikan barang untuk proses pengembalian dana. Masalah kita jadi repot dan kehilangan banyak waktu itu sudah resiko beli online kalo ngak mau repot langsung ke toko saja

    • Mngkn mksdnya bukannya repot klo harus kirim balik barang, tapi rugi di ongkir, kecuali pas pengembalian dana ada kesepakatan sudah berikut penggantian ongkir balik nya

  • Sebelum curhat dsni, seharusnya anda tanya2 dl perihal mslh yg anda hadapi. Selama ini belanja dan retur barang, ga bs cm yg cacatnya aj yg di balikin.

  • Bilang aja mau brang gratis. Seller salah udah nawarin pengembalian barang n dana. U ga mau balikin barangnya tp mau duitnya balik? Enak amat hidup lu.