Surat Pembaca

Seller Penipu di Shopee

Saya memesan barang berupa Panci Presto di Shopee, pada tanggal 12 Desember 2022, melalui akun seller: https://shopee.co.id/serbagunastore01, dengan nomor pesanan #221212FC6G1CDV. Namun barang yang diterima beda/tidak sesuai, hanya berupa bros, padahal sesuai deskripsi seharusnya barang adalah panci presto.

Saya tidak mempermasalahkan nominal, tapi dilihat dari reviews penjual/toko hal ini sudah sering terjadi. Hal yang menjadi perhatian saya adalah mengapa Shopee sebagai marketplace yang aman menjadi tempat untuk ajang penipuan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab?

Jujur, harga barang tidak seberapa, tapi sudah berapa banyak pembeli lain yang tertipu selain saya. Mengapa Shopee tetap membiarkan hal ini terjadi? Saya sudah laporkan, tapi tidak ada tindakan Shopee lebih lanjut dan berkesan membiarkan, sehingga menjadikan Shopee sarang bagi seller penipu untuk terus melakukan aksinya.

Apa tidak ada punishment dari Shopee untuk menindak oknum terkait dan mungkin masih banyak toko serupa lainnya?

Afriana Dyah Ratnapuri
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Maaf pembeli agak bodoh review ny jelek Dan uda ada banyak testi msh beli d toko itu..untuk tindakan shopee kan banyak toko tindak penipu bikin toko lg..dmn2 market place Ada penipu toko..ga Akan abis.
    Pembeli uda tau toko jelek msh beli kurang kerjjaan

      • Banyak komen yang selalu tambah menyudutkan orang yang terkena musibah dan lebih berpihak pada si pelaku kecurangan atau penipu, bukan memberi solusi atau dorongan pada penyedia lapak agar membuat suatu sistim yang mampu mendeteksi dini si penjual nakal atau memang seler yang bertujuan menipu. Beberapa waktu lalu saya mengapresiasi seorang kurir jasa pengantaran yang sebelum menyampaikan paketnya terlebih dulu menanyakan barang apakah dalam bentuk kemasan besar dan berat atau kemasan kecil dan ringan katanya, karena ia merasa curiga dengan paket yang mau diantar yang sepertinya berupa barang tak berharga dan dia berinisiatif untuk tidak mengantarkannya ke alamat saya, tapi karena saya penasaran saya meminta kurir untuk mengantarkannya sekalipun dia harus menanggung resiko sampai sayapun rela menanggung dan memberi penggantian atas jerih payahnya.

        • Tokonya sudah dibatasi / diblokir / dihapus oleh shopee. Dari judul dan foto utama produk memang tidak sesuai dengan barang yg dikirim.

          Kelihatannya produk ini sempat memakan korban lumayan beberapa. Mungkin sistem shopee lagi "lupa" atau entah bagaimana. Krn biasanya sistem shopee sangat sensitif. Jgnkan produk yg abal2 spt ini, yg peruntukan, kategori, fungsi keseluruhan, foto, judul, deskripsi sudah benar pun, kalo ketahuan ada sedikit perbedaan dengan produk sebelumnya bisa kena blokir.

          • Shopee kalo klik lapor doang ga di hubris emang mesti masuk media konsumen. Justru mala shopee melegalkan penjualan spt ini misteri box yg menurutku Judi Dan pembodohan masyarakat yg kebanyakan masyarakat Kita di shopee kalangan bawah yg mengharapkan miracle dapet misteri box. Padahal ga mungkin
            Dapet.

        • Bukan berpihak pada penipu tp ini jelas2 pembelinya aja yg konyol sdh tau rating jelek masih aja dibeli

        • Bukan menyudutkan TS nya tp beneran TS nya rada OOn dah tau feedback byk negatif tp maksa beli, mau simpatik eh tau nya dah byk korban msh aja beli hadeuh....

          • Itu misteri box sifat nya Judi. Masyarakat yg beli shopee bisa ya kalangan bawah Dan berharap miracle Sapa Tau dapet misteri box nya. Penjualan spt ini Harus nya ga boleh. Shopee di anggap melegalkan penjualan misteri box yg pembodohan. Bukan Salah pembeli.

      • Anda kurang tampan untuk menjadi seorang pembeli, sudah tahu harganya tidak sesuai dgn jenis produk yg dijual & ditambah penilaian yg sangat buruk tapi anda masih tetap ngotot untuk membeli Panci Presto 3,5L seharga Rp.14,500.
        Jadilah pembeli yang bijak

        • Kalau seharga Rp.14,500 mendapatkan barang berupa Bros, saya rasa wajar.. yg termasuk kena tipu itu mengeluarkan uang senilai Rp.200,000 atau lebih tapi cuma mendapatkan 1 buah Bros.

        • Itu misteri box sifat nya Judi. Masyarakat yg beli shopee biasa ya kalangan bawah Dan berharap miracle Sapa Tau dapet misteri box nya. Penjualan spt ini Harus nya ga boleh. Shopee di anggap melegalkan penjualan misteri box yg pembodohan. Bukan Salah pembeli. Karena mereka berharap misteri box tsb bisa teewujud padahal ga mungkin. ini penjualan misteri box yg Sifat nya menipu juga. Bukannya dukumg ini ditutup malah nyeleneh.

      • Yah 14500 untuk harga panci sangat TDK sesuai..
        Tergiur harga murah malah zonk
        Harga bross jilbab di Kodam Brawijaya 7 rb an dpt 2 biji...
        Toh review pembeli negatif knp di beli
        Yassalam...semoga ke dpn LBH cerdas amin

      • Padahal shopee melegalkan misteri box macam gt loh. Berarti ga konsisten shopee.. mending ditutup aha penjualan berkedok misteri box.

        Itu misteri box sifat nya Judi. Masyarakat yg beli shopee biasa ya kalangan bawah Dan berharap miracle Sapa Tau dapet misteri box nya. Penjualan spt ini Harus nya ga boleh. Shopee di anggap melegalkan penjualan misteri box yg pembodohan. Bukan Salah pembeli. Karena mereka berharap misteri box tsb bisa teewujud padahal ga mungkin. ini penjualan misteri box yg Sifat nya menipu juga.

    • Yaa namnya juga bisnis online ga face to face yg beruntung akan mendapatkan barang yg diinginkan klw ga beruntung ya dpt aja brang asal2an alias penipuan, yg dipasang barang bagus ternyata realisasi zoonk. Saya 2 kali beli sepatu hasilnya tdk sesuai yg diharapkan dg harga yg sesuai.

    • Terlepas dr pembelian mbak yg g logis yaa.. aku pernah ngelaporin banyak akun penipu gini. Persis gini. Ke cs shopee. Tp mereka bilang aku g melakukan pembelian. Jd g bs diproses laporan itu. Lah masak harus ketipu dulu kl mau berbuat baik. Entah maksudnya mereka ap

    • ngakak... 757 pembeli berhasil di prank... ??? buat mas nya jadiin pengalaman pas belanja online yah.

      aq kasi tips untuk terhindar dari pedagang nakal.
      1. lihat jumlah berapa orang sdh beli produk tsb,
      2. liat ulasan atau review yg sudah beli
      3. waspada dengan harga dibawah pasar. kayak km beli iphone 16 tp dihargai hanya 2 jt

      kalau terlanjur beli
      langkah2 nya di shopee
      - jangan klik terima barang
      - biasakan direkam pada saat buka paket
      - klaim pengembalian uang bila barang yg diterima tidak sesuai.

    • Di deskripsi tidak ada bilang kalau ini hanya mystery box kok. Memang toko penipu. Makanya sudah ditutup oleh shopee.

      • Itu misteri box sifat nya Judi. Masyarakat yg beli shopee biasa ya kalangan bawah Dan berharap miracle Sapa Tau dapet misteri box nya. Penjualan spt ini Harus nya ga boleh. Shopee di anggap melegalkan penjualan misteri box yg pembodohan. Bukan Salah pembeli. Karena mereka berharap misteri box tsb bisa teewujud padahal ga mungkin. ini penjualan misteri box yg Sifat nya menipu juga. Bukannya dukumg ini ditutup malah nyeleneh........... ,..

  • Knp tdk ditindak karna seler bayar fee makanya meski rating jelek tetep dipelihara karna menghasilkan cuan, paham ?

      • Pembeli kurang hati2.
        Sperti ny toko diatas semacam menjual misteri box.
        Banyak di shopee yg seperti itu.

    • Mungkin yang pada komen juga tidak dibudayakan membaca yang jelas bahwa deskripsi barang bukan mystery box ataupun giveaway jadi jelas toko menjual barang tidak sesuai dan memang sudah seharusnya ditindak shopee.

      Perlu diingat pembeli berusia 65 tahun dimana seharusnya hal ini bisa dihindari bila keamanan Shopee diperketat terutama untuk toko yang menggunakan shopee untuk ajang penipuan.
      Bila hal ini tidak ditindak Maka hanya akan menjadikan toko orange sebagai sarang penipu terutama bagi seller yang tidak bertanggung jawab.

    • Alhamdulillah saya kemarin sempat pesan juga di shoope beli panci presto ya dapat nya sesuai dengan apa yang ada diklan mereka namun saya beli nya ditik tok pengiriman nya juga cepat pas tanggal 25.

    • Itu misteri box sifat nya Judi. Masyarakat yg beli shopee biasa ya kalangan bawah Dan berharap miracle Sapa Tau dapet misteri box nya. Penjualan spt ini Harus nya ga boleh. Shopee di anggap melegalkan penjualan misteri box yg pembodohan. Bukan Salah pembeli. Karena mereka berharap misteri box tsb bisa teewujud padahal ga mungkin. ini penjualan misteri box yg Sifat nya menipu juga. Bukannya dukumg ini ditutup malah nyeleneh... Penjualan misteri box jg dilaranf sifatnya Judi. To shopee doang yg melegalkan

  • Kamu bikin surat ini karena barang yang diterima tidak sesuai dan ujungnya kecewa karena sudah terlanjur berharap dapet panci presto seharga 14,5 ribu.
    Coba seandainya yang dateng panci presto beneran, wah senangnya pasti bukan kepalang main.
    Toko begitu memang cocok untuk memancing pembeli yang ga bisa berpikir rasional akan harga suatu produk.
    Logikanya dengan harga normal aja potensi ditipu masih tetap ada, apalagi harganya jauh dibawah normal. Sellernya harus ditindak, buyernya juga harus rasional, jangan berharap bisa dapet barang "wah" dengan harga "receh". ?

  • FYI. Deskripsi tidak menjelaskan bahwa itu misteri box hanya menjelaskan itu barang berupa panci. System shopee sepertinya kurang mnyediakan fitur keamanan yang ketat karena banyak membiarkan seller semacam itu berkeliaran.

    Hanya berharap keamanan shopee bisa semacam Etsy/Amazon atau Ebay.

    • Tidak menjelas kan misteri box di diskripsi.
      Lah dari judul aja udah di tulis dengan jelas giveaway yg = misteri box, mata nya siwer kali ??

      • Giveaway, misteri box termasuk penjualan dilaranf Indonesia sifat nya Judi. Shopee marketplace dari luar mungkin ga paham . Mereka melegalkan misteri box give away berkedok penipuan . Bedakan itu..

        Itu misteri box sifat nya Judi. Masyarakat yg beli shopee biasa ya kalangan bawah Dan berharap miracle Sapa Tau dapet misteri box nya. Penjualan spt ini Harus nya ga boleh. Shopee di anggap melegalkan penjualan misteri box yg pembodohan. Bukan Salah pembeli. Karena mereka berharap misteri box tsb bisa teewujud padahal ga mungkin. ini penjualan misteri box yg Sifat nya menipu juga.

    • Yg udah tertipu segitu banyak apa dikembalikan semua tuh sis 700 terjual ke pembeli masing masing ?

    • Berarti kalo ditulis berlian permata afrika seberat 100kilogram harga 14.500 dibeli juga ya? Panci presto 3.5L harga 14.500 udah ga masuk logika atau nalar sehat...
      2 hal yang menjadi senjata utama penipu:
      1. Bazaarrr!/Sale/Cuci gudang/Promooooo kalimat semacam ini udah cukup buat nipu orang rata rata di indonesia
      2. Pembeli tanpa logika, pokoknya murah, bazar salw cucigudang dll.. beliii.. pdhl harga ga masuk akal
      Udah gt aja sekian hehe

      • Saya pernah mengalami pengalaman buruk menggunakan shopee sebagai marketplace terbesar di Indonesia.
        Mei 2022, saya datangi kantor Shopee di JKT saya kebetulan dr Salatiga, hanya utk meminta data ke Shopee rekap penggunaan shopeepay saya yg sudah tidak bisa diakses diaplikasi.
        Sayang sekali, disana bukan welcome ke pelanggannya namun hanya bisa berhadapan dengan security dan receptionis. Saya hny diminta menuliskan keluhan yg nantinya akan ditelp oleh cs, hmmm kenapa gk bisa langsung berhadapan dgn cs supaya kita bisa menceritakan apa yg kita mau.
        Selang beberapa waktu saya menunggu, ditelp sama cs nya dan saya ceritakan maksud dan tujuan saya. Setelah itu cs memproses data nya.
        Setelah menunggu agak lama proses datanya, saya kembali dihub cs melalui telp dan diminta utk meninggalkan kantor shopee sementara datanya akan dikirim melalui email dan akan kembali di telp setelah datanya dikirim.
        Sesampainya perjalanan saya di Tol Bekasi, saya kembali ditelp menginformasikan bahwa data sudah dikirim melalui email.
        Hmmm.. betapa kecewanya saya, ternyata yg dikirim adalah mutasi yg sama persis di aplikasi. 100% persis gak kurang dan gak lebih, hanya firmatnya saja yg excell.
        Tau gitu ngapain saya jauh2 datangi kantor shopee. Sontak saya kecewa dan sempat marah dengan cs yg menghubungi saya, mau puter balik ke kantor katanya gak usah, nanti mau dikirim via email saja, dan akan segera diproses datanya, minta ditunggu 2x24 jam kerja. Oke lah, mau gmn lagi.
        Setelah 2hr, saya mendapati telp dr Shopee mrnginformasikan bahwa file sudah dikirim, namun kenyataannya filenya masih sama sebelumnya.
        Ahh sudahlah, mungkin memang pelayanan Shopee seperti itu.

        #Btw saya mengajukan mutasi saldo Shopee terkait kasus penipuan yang sudah saya laporkan ke Bareskrim Polri yg nilainya lebih dari 1M (utk mutasi di beberapa akun Shopee Ratusan jutalah) dan surat laporan dari Bareskrim POLRI juga sudah saya lampirkan. Namun hasil serta pelayanannya membuat saya kecewa.

  • Penipuan berkedok misteri box.
    Biasanya tulisan misteri box ada di deskripsi paling akhir biar pembeli terkecoh.