Surat Pembaca

Transfer via ATM dari BCA ke Mandiri Tidak Masuk

Pada hari Sabtu tanggal 24 Desember 2022 pukul 1.59 dini hari, saya melakukan transfer dari rekening Bank BCA saya ke rekening saya di Bank Mandiri via ATM. Namun saat dicek via Livin’ Mandiri, ternyata transfer saya tidak masuk. Padahal dana sudah terpotong dan transaksi dinyatakan berhasil di ATM BCA. Struk transfer pun sudah keluar.

Akhirnya saya telepon ke pihak Bank Mandiri, dan saya diminta mengajukan laporan ke pihak BCA terkait hal ini. Setelah saya mengajukan laporan, diminta menunggu maksimal sampai 6 hari kerja. Saya tidak bisa menunggu selama itu, karena itu uang mau saya pakai untuk bayar kontrakan dan kebutuhan lainnya yang jatuh tempo kemarin tanggal 25 dan juga untuk kebutuhan harian.

Kalau harus menunggu, sampai berapa hari? Masa iya saya harus ngutang dulu untuk kebutuhan sehari-hari. Saya tidak ambil tunai terlebih dahulu, karena saya percaya BCA tidak akan mengalami kendala. Namun ternyata malah kejadian dana tidak masuk.

Kalau sudah begini saya yang dirugikan waktu, harus menunggu 6 hari kerja, dimulai hari ini. Terus harus berapa lama saya menunggunya? Pihak BCA gak bisa pastikan kapannya. Ya kali saya harus menunggu luntang lantung untuk duit pribadi saya sendiri. Bilangnya di-urgent-kan, tapi tetap saja pelayanan gak bisa cepat. Harus menunggu beberapa hari kerja ke depan.

Sekalinya mau buat m-banking biar gak bolak-balik cek ATM juga dipersulit, karena gak bisa verifikasi data di aplikasi BCA-nya. Lapor lagi ke BCA, bilangnya bisa dibantu tapi menunggu 2 hari ke depan. Ya udahlah, semua aja dibikin nunggu. Kecewa banget kali ini sama BCA.

Handayana
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan BCA atas Surat Bapak Handayana

Menanggapi keluhan Bapak Handayana di Redaksi Media Konsumen tanggal 26 Desember 2022 dengan judul “Transfer via ATM dari BCA ke...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • pernah juga kyak gini, uang yang sy transfer lagi dibutuhkan saat itu tapi dana gak masuk2... tapi sy biarkan 3 hari akan kembali sendirinya.

      • Waduh ini kenapa ya di grup fb sama di media konsumen kebanyakan masalah Bca ini selalu transfer mulu yang jadi masalahnya, yang tadinya pengen pindah kesana jadi ragu.

        • ya terserah dong mau transfer kek mau apa kek, bukan itu yg jd masalahnya.
          kayak orang kirim surat tp ga sampe (nyasar), terus elu ngakak guling2, sudah ada email kenapa kirim surat segala.
          capek deh sama org ky gini

  • Bapak/Ibu Pelanggan bisa DM/Mention kembali ke Twitter @HaloBCA atau menghubungi via aplikasi haloBCA. :) Tks (4/4) ^Nari

    • Yg saya mau tau disini proses sudah sampai mana.
      Saya juga tau semua butuh proses. Tiap kali ditanya hanya sedang diproses tp sampai mana prosesnya. Itu aja yang perlu saya tau. Kalo cuma disuruh nunggu ya susah jg lah.

    • Next time, klo mo transfer beda bank pakai flip aja, FREE alias tanpa biaya admin dan prosesnya jg cepat. Saya byr kontrakan tiap bulan dr BCA ke BNI juga pakai flip, bayar ini-itu beda bank jg via flip, lebih simple lg daftar mBanking dulu dan jg hindari transaksi antara jam 00:00-01:30 krn umumnya sdg maintenance system. Semoga masalahnya cepat selesai dan uang anda bisa kembali.

      • Ada yg janggal tampaknya. " Saya tranfer dari rekening bank BCA SAYA ke rekening Mandiri SAYA. Terus katanya urgent. Lah kalo urgent ngapain di transfer ambil aja duit nya langsung lha wong transfer antar rekening sendiri. Dah rahasia umum juga jgn transaksi di jam segitu rawan gagal. Sya juga pernah mengalami transfer jam segitu dan bener memang nga "realtime" Apalagi kalo beda bank. Dan kalo ada masalah ya memang SOP nya begitu. Makanya sebelum buka rekening di suatu bank, pelajari SOP dan syarat dan ketentuan yg berlaku di bank yg kita tertarik jadi nasabahnya, kalo sudah baca tertarik baru jadi nasabah bank tsb, kalo tidak ya cari bank lain yg punya SOP serta syarat dan ketentuan yg pas dengan aktifitas kita

        • Kenapa janggal. Memang saya transfer biar klo ada apa2 gampang. Karena mandiir yg ada mbankingnya. Ga usah sok udzon sama org

  • Namanya 6hari kerja bisa cepat bisa lambat di tunggu aja pasti balik kok , bank punya SOP ga bisa di buru2... Saya kasih tau hindari transfer di jam 1 pagi sampe jam 5 karena ada pemeliharaan sistem rutin di jam2 segitu

    • Permasalahannya uang pegangan saya disitu semua. Makanya saya minta urgent.
      Saya pun mengerti hanya saya cuma minta di infokan saja proses sampai mana. Kalo hanya blng proses proses tp ga jelas sampai mananya. Saya hanya butuh kejelasan.

    • Di rekening asal saldo terpotong. Sedangkan di rekening tujuan uang yg ditransfer belum masuk. Jadi terhambat oleh pemeliharaan sistemnya siapa, BCA atau Mandiri?

  • ini yg pernah bikin sy gedeg juga, butuh dana di jam2 kritis malah gagal terus hubungi CSnya lama penyelesaian, gak heran sama BCA, gak sekali saja nasib uang sy kek gini. Namanya org butuh kepepet kan gak mandang itu waktunya kpn

    • Nah benar pak. Ini karena uang pegangan utk sehari2 saya tuh ya ketahan. Namanya kita butuh buat bayar kontrakan jg kan. Makanya minta bener2 urgent.

      • Dulu saya pun pernah alami,cuman kejadiannya dari rekening saya di bank muamalat ke rekening Ayah Saya di BNI.....syukurnya hanya Rp 150 ribu....tapi sejak saat itu klo saya butuh uang tunai....mending ambil tunai aja deh .....

        • Iya. Kayanya klo utk skrng amannya ambil tunai aja, trus setor tunai kembali ke bank tujuan. Lebih ribet tp setidaknya aman ga harus ada insiden nyangkut2an

          • Pak/Bu, proses itu dilakukan oleh system, CS mana bisa tau sampai dimana prosesnya makanya disuruh tunggu aja, karena yang bermasalah bukan hanya anda, mungkin ada puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu yang sedang ditangani bersamaan. Lu kirain kaya di kelurahan?

  • Nah gini kalo terlalu yakin nih Bank ga pernah bermasalah. Banyaaak masalahnya cuma suka ditutup tutupi aja ?

      • Saya enggak menyalahkan penulis, semoga uangnya cepat kembali/direversal dan cepat selesai masalahnya. Dan kedepannya agar jadi pembelajaran, walaupun ATM 24 jam, m-banking sekalipun. Jam-jam 12.00-01.30 itu kebanyakan sistem sedang di maintance walaupun tidak semua. Karena sy pernah mengalami, padahal itu di m-banking mau transaksi pun enggak bisa. Dan menurut saya konteksnya ATM 24 jam itu untuk tarik tunai, di luar itu spt transfer via ATM, dsb, ada jam-jam di mana sistem dalam maintance.