Surat Pembaca

Aplikasi Pinjol Tanifund di Playstore Penipu

Awalnya memang saya yang salah, karena memilih pinjol untuk mendapatkan pinjaman uang. Kesalahan saya bertambah, karena memilih aplikasi Tanifund di Google Playstore, yang awalnya saya lihat komentar sebelum download bagus-bagus, tapi ternyata aplikasi Tanifund tersebut penipu.

Karena saya merasa aplikasi pinjol Tanifund bagus, maka saya download dan melakukan pendaftaran. Kemudian untuk melanjutkan konfirmasi terkait pendaftaran, aplikasi Tanifund tersebut  langsung mengarahkan chat via WA. Selanjutnya untuk langkah peminjaman uang sebesar Rp5 juta mereka meminta saya untuk transfer uang sebesar Rp1 juta dengan keterangan sebagai biaya jaminan ke nomor rekening yang di berikan kepada saya via WA. Yang mana uang 1 juta itu akan kembali bersamaan dengan pinjaman Rp5 juta yang dijanjikan.

Bodohnya, saya langsung transfer, karena memang untuk dana Rp1 juta saya ada. Setelah saya transfer dan saya kirimkan bukti transfernya ada balasan WA, saya diminta untuk transfer kembali sebesar Rp2 juta, dengan keterangan biaya administrasi dokumen dan dijanjikan akan kembali bersamaan dengan pinjaman Rp5 juta dan Rp1 juta yang sama transfer sebelumnya.

Dikarenakan saya tidak ada dana lagi, maka saya WA kembali bahwa saya tidak ada dana lagi dan meminta uang saya yang 1juta kembali. Namun ternyata mereka tidak bisa mengembalikan langsung uang saya yang Rp1 juta, dengan alasan proses dan sebagainya lalu menjanjikan 1 minggu akan kembali.

Seminggu kemudian saya minta kembali uang saya, tapi mereka tidak mau mengembalikan dengan alasan tidak jelas dan berjanji akan mengembalikan uang saya pada tanggal 1 bulan berikutnya. Seiring berjalannya waktu, saya terus menagih via WA. Namun sampai dengan tanggal 1 berikutnya, belum ada itikad baik dari mereka dan malah nomor saya diblokir.

Saya coba buka aplikasi Tanifund kembali, ternyata nomor WA yang awal telah ganti dan saya coba WA ke nomor Tanifund yang baru sesuai aplikasi, ternyata bisa dan ada balasan robot. Namun setelah saya WA janji pengembalian uang saya, kembali lagi nomor saya diblokir lagi dan sampai sekarang mereka belum mengembalikan uang saya. Apakah Tanifund, aplikasi ilegal??

Demikian, terima kasih banyak Media Konsumen. Semoga jadi pelajaran bagi kita semua.

Neneng Khairunnisa
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Ojk, Afpi, lembaga perlindungan konsumen, dan polisi hanya makan gaji buta..Menunggu banyak jatuh korban baru menindak keluhan masyarakat..katanya ada pengawas siber online dan lain2..tapi nyatanya pinjol penipu dan yang suka teror dan mengancam masih berkeliaran. Ilegal sma legal sama saja judulnya menagih pakai gaya preman.

      • Betul sekali.. OJK, POLISI dn negara sprti tidur tdk ad guna dn makan gaji buta. Ini sprti bom waktu, tinggal menunggu aj Suatu saat korban2 pinjol sprti ini yg notabene rakyat, akan berontak. Tgu aja !!!

        • Mau pinjam tapi di suruh ngasih uang, saking butuhnya logika jd ilang... jelas penipuan lapor. Tp biaya lapor lebih gede

      • Mas bro, ini aplikasi rilis tgl 16 des, baru didownload 100 kali, dan jumlah review ada 6 ditulis ditgl yang sama 21 des, bintang 5 dengan bahasa sales.

        Saya sependapat bahwa lembaga terkait sering terlambat,tapi dikasus yang baru dan obvious gini harusnya tidak pernah terjadi.

        Hampir setara kebodohan belanja online barang rating 1 dengan harga yg gak masuk akal,ketika barang sampai tidak sesuai lalu marah2.

  • Kasihan sih. Tp mau gimana lg, logika gk dipake, mgkn krn kebingungan harus cari dana dr mana lg. Masa org butuh uang harus dimintain dulu uang baru bs cair.
    Semoga beres urusannya, tp saran saya lupain itu uang, tp paling gk keluhan ibu ini berguna utk org2 yg sama putus asanya spt ibu, wlo sebenarnya udh jutaan kasus spt ini tp org tetep gk mau belajar dr kesalahan atau males baca informasi.

  • ini orang otaknya lagi buntu mungkin tidak berpikir cerdas, masa mau pinjam uang harus tranfer dulu uang, di turutin lagi.

  • Penipuan macam Ini sama kaya yg lamar kerja onlen itu dimintain duit dulu suruh transfer buat biaya ini pas dah bayar suruh bayar lagi biaya lain dan gak ada habisnya.. kesimpulan jgn mudah percaya sama app/web yg baru dikenal.

    • Aplikasi TaniFund yg anda download jelas aplikasi scam karena saat ini aplikasi TaniFund yg asli sedang tidak tersedia di Google play store.
      Aplikasi TaniFund yg saat ini ada di google play store adalah aplikasi palsu & ilegal.

      Mengharapkan uang yg sudah anda transfer bisa kembali, sangat tidak mungkin. Karena anda sudah jadi korban penipuan.

      Semoga anda bisa mendapatkan ganti yg lebih baik. Aamiin...

  • Cek di PlayStore aplikasinya masih ada sampai saat ini. Heran juga sama Google, aplikasi2 penipuan kek gini kok bisa dilolosin yah? ? Padahal dari namanya aja udah jelas2 nyatut nama perusahaan startup P2P yg legal (meski dah mau bangkrut).

      • Rating di playstore itu bisa pake semua akun google bisa review & kasih rating. Di hp android bisa pasang akun email google sampai puluhan. Beda dgn ios app store yg cuma bisa 1 akun utk 1 perangkat.

    • Lho, bukannya memang Tanifund sedang diawasi dan ditangguhkan oleh OJK, beritanya santer 2 bulan ini, banyak yang gagal bayar dan rugi, sepertinya mau di tutup OJK. Kok bisa paham media konsumen, tapi gak ikut perkembangan digital ya...,

  • Sudah saya laporkan ke pihak Google. Semoga bisa di takedown secepatnya. Organisasi Tanifund yang asli ada di alamat web http://www.tanifund.com dan tidak memiliki aplikasi (baik di Google Play Store maupun Apple AppStore) karena memang bentuk usahanya bukan jasa permodalan tanpa agunan layaknya pinjol.

  • Saya tidak menjudge menggunakan pinjol mungkin ada keperluan mendesak atau apa, tp akan lbh baik melakukan research dulu apakah pinjol tsb terdaftar di ojk ,dan melakukan perhitungan bunga, dan setau saya pinjol itu pinjaman tanpa anggunan, kenapa harus ada jaminan, dan bila pun ada biaya akan dipotong dari pinjaman bukan harus tf terlebih dahulu

  • Lain kali lebih berhati-hati dan melakukan riset dulu. Apalagi berkaitan dengan finance. Terlebih lagi jika diminta transfer dulu. Sudah merupakan tanda-tanda penipuan..

    Mau pinjam uang, kok disuru transfer, apapun alasannya sangat aneh. dari logika sederhana saja sudah tidak beres.

    • Parah emng dari apk nya ajaa udh gak jelas dari fitur" nya.
      Apk nya baru yg ngasih ulasan juga itu komplotan semua makannya bintang nyq 5 semua