Surat Pembaca

Kecewa dengan Layanan Ganti Unit Baru HP Xiaomi

Pada Kamis pagi, tanggal 22 Desember 2022 lalu, tiada angin tiada hujan HP Xiaomi 10 T Pro saya tiba-tiba mati total. Siangnya saya bawa ke Service Center Xiaomi dan dikatakan untuk perbaikan hanya bisa dikirim ke Jakarta dan harus menunggu maksimal 5-7 hari kerja, serta tak ada jaminan data kembali.

Saya sempat bertanya apakah ada pilihan lain? Namun karena hanya itu pilihannya, mau tidak mau harus tanda tangan serahkan HP dan perlengkapannya. Untung saat itu saya bawa kotak HP-nya dan memang yang kurang adalah casing HP, karena sudah saya gunakan setahun lebih dan sudah sobek sehingga saya buang, dan charger karena digunakan di rumah.

Sabtu pagi ternyata barang belum dikirim ke Jakarta sama sekali, dan saya ditelepon tentang kelengkapan. Ya sudah, daripada saya balik ke sana kirim charger doang, saya bilang itu saja. Harapan saya terbesar tentu saja HP bisa menyala kembali. Bagi saya, data di HP lebih penting daripada harga HP itu sendiri. Bayangkan foto-foto dan data disertasi saya juga ada di sana.

Tunggu punya tunggu, hari Rabu sore 17.44 saya mendapat WA dari Xiaomi: “Dikarenakan ganti unit dengan tipe Mi 10 T Pro 8GB RAM 256GB ROM Aurora Blue tidak tersedia, apakah Bapak/Ibu setuju jika penyelesaian perbaikan dilakukan ganti unit dengan model Mi 11 T Pro (2.84GHz 12GB 256GB Meteorite Gray). Tanpa dikenakan penambahan biaya.” (screenshot terlampir).

Senang? Jujur senang aja lah di-upgrade HP-nya, saya sempat info ke grup teman-teman saya, sampai dikomentar “Wah Xiaomi seperti Apple dong”. Namun kalau boleh memilih saya lebih senang data saya kembali dengan HP lama. Bagi saya data HP lebih berharga daripada HP baru.

Setelah menunggu, baru hari ini, Selasa 2 Januari 2023, HP-nya tiba di Surabaya dan siangnya saya bisa mengambilnya di ESC Plaza Marina, sesuai tempat saya mengajukan komplain garansi. Alangkah terkejutnya saya, karena ternyata yang katanya HP baru, diberikan dalam keadaan terbuka dan tidak lengkap apa pun. Benar-benar hanya HP doang, dan yang menandakan kelihatan baru hanya casing masih ada stiker, itu aja. Hp baru loh ini, setahu saya biasanya ada isi baterainya, tapi ini di-charge bentar baru bisa nyala, tapi tak lama sudah habis lagi baterainya.

Ya ampun Xiaomi, niat kasih baru tidak sih? Okelah kalau mau dibuka karena kuatir dijual lagi ama pengguna (emang Anda rugi apa sih?), tapi casing pun tidak diberikan? Berapa sih nilai casing Xiaomi? Di toko luaran loh dijual termahal casing bening itu aja hanya Rp50.000. Saya yakin Xiaomi produksi sendiri jauh di bawah harga itu. Charger dan USB tidak diberikan dengan alasan ketika saya ajukan komplain garansi tidak lengkap charger + kabel USB-nya.

Lah charger dan USB tipe mi 10 T Pro loh beda banget ama mi 11 T Pro, gitu ya gak diberikan? Saya bilang ya ampun, saya bayar belikan charger dan USB-nya juga kenapa sih. Sampai segitu perhitungannya kah Xiaomi ? Niat memberi baru, tapi dipreteli semua, hanya diberi 1 dus dan HP unit saja.

Waktu saya kembalikan loh masih ada converter USB jack ke USB C dan juga converter charger-nya. Itu saya tanya juga dijawab yang unit baru gak ada. Jadi ya diberi, tapi yang lama diambil semua.

Saya pelanggan Xiaomi dari Xiaomi belum masuk resmi Indonesia sejak 2014 HP Xiaomi Note 3, dan baru kali ini benar-benar merasa keterlaluan sekali Xiaomi ini. Perhitungan amat ngasih pengganti baru. Saya jengkel karena tidak ada pemberitahuan apa pun juga kalau bakal dipreteli gini. Ketika saya kirim, saya hanya mengharap HP saya hidup, kalau memang hanya mau mengganti unit HP-nya saja kalau sebelumnya diinfokan baik-baik tidak akan bikin pelanggan sekecewa gini. Bilangnya baru, tapi dipreteli, itu apa masih baru namanya?

Itu pun saya tanya masa berlaku garansi HP pengganti dihitung dari HP lama. Jadi masa garansi hanya tinggal 3 bulan. Tak yakin dengan HP-nya bisa bertahan 2 tahun lagi kah? Jadi hanya dikasih garansi sisa berlaku?

Maaf, saya mampu kok beli charger sendiri dan kabel USB-nya. Hari ini juga saya mampir ke Xiaomi beli charger dan USB C-nya. Saya menulis ini bukan mental miskin mau gratisan, saya justru mempertanyakan ke-profesional-an Xiaomi dalam memberikan solusi.

Bagi saya data di HP lama kalau bisa kembali lebih menyenangkan dan lebih penting daripada HP baru. Apalagi kalau dibanding ngasih ganti sepertinya gak rela banget gini, pelanggan seolah tak diberi pilihan lain. Saya coba nanya kalau mau warna lain boleh tidak, mau upgrade tambah dana boleh tidak ? Dibilang tak boleh semua, hanya diberi satu pilihan setuju/tidak setuju dengan unit penggantian ini.

Ya ini cerita pengalaman saya pertama kalinya service HP Xiaomi yang mengecewakan.

Olivia
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Sy pernah klaim HP merk lain keluhan jg matot, diganti unit baru ya batangan aja, hp doang dapetnya. Box juga beda dgn dus lengkap yg dijual di toko

    Dan masa garansi ikutin hp lama saat tgl beli. Saat itu garansi tinggal 1 bulan ya hp pengganti cuma garansi 1 bulan

    Dan utk garansi utk HP, Laptop, Lcd Tv ya sama semua ikutin tgl saat beli pertama

    Spt TV ada garansi 3 taun trus taun ke 2 bulan 11 sisa 1 bulan lagi rusak dan diganti batu minta garansi diitung dr awal 3 taun kedepan ???

    Di seluruh dunia dan semua merk ga ada yg spt itu

    • Kalo orang korea bilang, ya jgn mboten2 lah.

      Boleh cek ke semua merk hp & elektronik di counter2 resmi

      Masa garansi akan ikutin saat beli dan penggantian unit hanya hp saja dan yg kita kembalikan kesana juga hanya hp

      Asesoris spt charger kan ga rusak dan garansi biasanya 6 bulan masa mau dikembalikan dan ganti baru apalagi chasing ga ada garansi

  • Lah itu syukur bu bisa di ganti unit tanpa kelengkapan..
    Kalau di S*****g mereka gak bakal mau kalau gak lengkap, karna utk klaim it semua harus ada sampai buku panduan,
    Sy sndiri sudah alami utk pengantian Unit S21 ultra saya,, semua kelengakapan di minta pihak CS,,
    Salahya ibu juga kenapa gak melengkapi apa yang mereka minta...
    Ibu jengkel kan ?
    Mungkin itu juga yang mereka rasakan pada saat mereka minta kelengkapan tapi ibu gak sanggupi...

  • Lu ngasih ke service center dalam keadaan hp gak full set, lalu di ganti dengan spek di atas nya bukannya bersyukur tapi lu minta baru dan fullset ? Gak ngotak, blok,
    Tolong pihak xiaomi tuntut aja nih orang kasih ultimatum keras pake pengacara biar kena mental,

    • Memang tuman tuh orang kdu di kepret balik, nyerahin hp sma dusbox di gnti hp baru spek lbih tnggi sma dusbox og gk mau, emg dasar orang licik nan curang

  • pengalaman saya di Samsung juga diganti baru hp-nya doang. gak ada dus, buku, charger/kabel data.
    dan garansi mengikuti/melanjutkan masa garansi hp yang rusak.

    • Kok disini pada nyerang yg punya TS sih, sampai ke rasnya, ayo jgn gitulah, bwt ts sabar ya, mmg di MK Netizenya ada yg pro, ada penyusup, ada hatersnya dan ada yg khusus bully ya...

  • Dikasih hati minta jantung, padahal harusnya bersyukur dapat free upgrade. Aku udah berkali" nanganin masalah garansian, apa yg rusak itu yg diperbaiki, apa yg dikirim ya itu juga yg dikembalikan. Ini hp udah diganti yg lebih bagus, tp ngomel" minta ini itu.
    Untuk urusan data memang gak bisa, udah sop mereka secara internasional bahwa mereka dilarang buat backup data pelanggan karena privasi, kalau mau recovery data baiknya bawa ke tukang servis aja. Sadar kalau datanya penting harusnya rajin di backup, atau paling gk nyalain singkronisasi awan.

  • Buat para pembaca biar jadi perhatian inilah tipe orang yang semaunya sendiri. Kembalikan tidak lengkap, sudah ditukari hp yg lebih mahal, mintanya lengkap.
    Urat malunya sudah putus. Ngakunya tidak perhitungan tapi tindakannya berbalik 180 derajat.

  • Si TS pasti orang suku Tionghoa yg suka memeras keringatnya orang suku Jawa di Jawa Timur. Dasar sipit kurang bersyukur !!!