Surat Pembaca

Top Up e-Money Berhasil di Aplikasi DANA, tapi Saldo Tidak Masuk

Kronologinya pada tanggal 4 Desember 2022 pukul 04.48, saya melakukan top up saldo e-money sebesar Rp50.000, dengan nomor kartu 6032 9828 0379 3049 menggunakan aplikasi DANA di handphone saya Redmi Note 9 Pro. Pada detail transaksi diinfokan “Transaksi Berhasil” sehingga saldo DANA terpotong secara otomatis.

Kemudian saya mencoba untuk update saldo di aplikasi DANA dengan fitur NFC di handphone. Namun saldo tidak bertambah, sehingga saya memutuskan untuk update saldo melalui mesin ATM. Setelah meng-update saldo pada mesin ATM tersebut, saldo tetap tidak bertambah.

Saya juga melakukan update/cek saldo melalui beberapa aplikasi seperti Tokopedia, Shopee dan aplikasi Livin’ Mandiri, tetapi memang saldo tidak masuk/bertambah.

Sampai hari ini tanggal 4 Januari 2023 saldo belum juga masuk. Saya sudah melakukan komplain lewat fitur bantuan DANA dan juga kirim email ke DANA, tetapi tidak ada penyelesaian sampai hari ini. Terlalu lama penyelesaian masalahnya

Mohon untuk dapat diselesaikan dengan cepat. Dengan kejadian ini saya kecewa dan saya pribadi tidak ingin melakukan top up uang elektronik kembali di aplikasi DANA.

Dena Arta Putra
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan DANA terhadap Keluhan Bapak Dena

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen. Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Bapak Dena dengan judul “Top Up e-Money Berhasil di...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Kejadiannya sama,saya juga punya saldo diakun ada 306 rb,mau beli pulsa seharga 50 rb dan 30 rb.Tp saya batalkan,tp saldo saya yg 306 rb malah hilang,tinggal 7 rb.Saya sudah komplain ke cs Dana,cuma blm ada tanggapan,yg jawab hanya robot/komputer.Sampai sekarang saldo saya masih blm balik lagi ke akun.

  • 19 maret 2023 saya mengalami kejadian serupa top up via link aja ke kartu tap cash bni transaksi sukses tapi saldo di update tidak bertambah. Coba complain via link aja cuman di ladeni sama bot chat dan buang² pulsa telpon menunggu operator pengaduan yang tengah sibuk bekerja menerima pengaduan yang tak kunjung selesai. Hari ini saya menerima email bahwa kasus ditutup karena transaksi sudah "sukses" raib di telan jin. Sementara pada hari itu e tol bni memang bermasalah karena saya coba top up manual tidak bisa. Baru sekitar jam 12 siang melakukan pengisian di gerbang tol terakhir sukses terisi secara manual.

  • Sya isi saldo emoney lewat aplikasi dana dari tanggal 22 April jam 18.11 sampe sekarang belum ada saldo masuk ke kartu e-money saya,padahal saldo dana sudah otomatis terpotong,sudah chat dkomplen d riwayat dana tapi balasan hanya suruh menunggu sudah 3 hari .
    Sudah update saldo ke ATM,Livin mandiri dan Alfamart ttep tidak ada saldo masuk/pending saldo..
    Tolong kejelasannya dari pihak dana gimana ini ?

    • Wah ternyata memang banyak yg bermasalah seperti saya juga ya, saya top up emoney dari tgl 27.04.2003 kmrn sebesar 400 ribu sampai skrg blm masuk², sampai sudah tlp CS mandiri tidak bisa membantu karna kesalahan ada di pihak Dana, sudah chat maupun Tlp CS Dana hanya di kasih konfirmasi tunggu sampai 3 hari, padahal itu emoney di pakai urgent untuk masuk tol kmrn plg dari mudik. Sampai akhirnya harus top up kembali lewat alfa. Parah², gmna kalo saya ada di dalam Tol.

  • wah ternyata banyak juga ya kasusnya, mulai sekarang harus dipertimbangkan baik-baik transaksi via DANA yang katanya “aman, nyaman, dan terpercaya”.
    saya juga baru mengalami hal serupa.
    pada tanggal 30-04-2023 saya melakukan top up e-money Mandiri dengan nomor kartu 6032 9825 0755 3145 menggunakan saldo DANA, top up pertama pada pukul 22:21 nominal Rp. 100.000 dan yang kedua pada pukul 23:28 dengan nominal Rp. 20.000. namun setelah beberapa saat saldo di e-money saya tidak juga bertambah bahkan setelah pukul 00:00.
    kemudian, keesokan harinya saya mencoba top up menggunakan e-wallet lain (shopeepay) sebesar Rp. 20.000 ternyata berhasil masuk ke saldo e-money saya. sedangkan yang saya lakukan menggunakan DANA di hari sebelumnya tidak masuk sama sekali hingga sekarang padahal menurut aplikasi, status transaksi keduanya “sukses” dan saldo DANA saya sudah terpotong.
    saya sudah coba komplain via live chat di aplikasi DANA namun sudah 3 hari hanya disuruh menunggu respon dan belum ada solusi sama sekali. sudah coba via email juga namun responnya sama, hanya disuruh menunggu.

    • Pada 19 mei 2023 pukul 20:08 saya melakukan transaksi top up kartu e money mandiri sebesar 401.499, namun begitu saya update saldo pada kartu saldo di kartu tidak bertambah.
      Saya minta kembalikan saldo