Surat Pembaca

Bahasa Penagihan Akulaku di WA yang Tidak Sopan

Penagihan Akulaku semakin lama semakin tidak sopan. Padahal selama ini jika saya mendapatkan WA saya selalu balas dengan baik-baik, tapi kali ini mereka membalas saya dengan kata-kata yang tidak sopan. Saya sendiri pasti akan membayar tagihan di Akulaku, tapi mereka membalas chat saya dengan kata-kata kasar seperti “bacot” dan “di mana otakmu”.

Mohon Akulaku tindak karyawan yang seperti ini. Apakah pantas perusahaan besar seperti Akulaku mengeluarkan kata-kata yang tidak sopan seperti ini?

Dan tolong jangan memakai foto profil orang lain untuk mengancam orang yang punya hutang. Karena beberapa kali saya dapat WA dari Akulaku dan saya lihat foto profilnya menggunakan foto orang lain. Apalagi itu foto-foto orang dari Indonesia bagian timur, bukankah itu sama saja mencemarkan nama baik orang?

Ratna Wulansari
Sukabumi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Akulaku terhadap Surat Saudari Ratna Wulansari

Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Saudari Ratna Wulansari pada tanggal 6...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Setiap utanger yang posting dimari persoalannya selalu sama. Solusinya ya segera dibayar atau lapor polisi. Nggak guna posting di Media Konsumen.

    Udah 3 bulan itu. Kalau strip 3 bisa bikin suami girang tapi bikin pacar keringat dingin. ?

    • betul, ga ngefek mau posting ky ginian 100x sekalipun, dc dimana2 memang gitu, kasar, kl sopan santun orang2 ga bakal bayar.
      resiko berurusan dgn galbay pinjol ya dc ini. kalo ga mau ditagih dc, ya jangan telat bayarnya.

      sebentar lg ada aja yg komen kalo sy dc atau kerabat dc wkwkwkwk

      • Dicicil aja om, gausah permasalahin penagihannya, cuma nambah bikin pusing aja. Lebih baik fokus cari uang buat cicilnya aja, gausah nambah2in beban fikiran.. Saya dulu juga gitu di akulaku pernah masalah hampir 7jt pas pandemi, tapi saya telpon ke cs nya jelasin semuanya, ada dc yg ancem2 juga saya suruh dateng aja, saya bikinin kopi gitu saya bilangnya. Ada beberapa dc yg dateng, tapi bacotnya ga seserem di chat wa???. Saya bilang saya mau cicil sampe lunas.
        Akhirnya saya cicil sampe lunas dan sekarang diaktifin lagi saldonya dan bisa buat nyicil sama ambil tunai, ya walaupun tetep dibatesin. Sekarang saya pake cuma buat urgent2 aja.
        Solusi terbaik masalah hutang ya cuma dengan melunasinya, itu aja.

        • Ga usah minjem di pinjol lg udh, klo blm jera mah ga bakalan stop minjemny, nanti klo masih ketagihan minjem di pinjol ujung²ny posting media konsumen.

          Stop pinjol dri sekarang

      • Semangat teh jaga kesehatan kalo belom ada ckp sekali balas ada ,memang penabihan mereka jauh dr prosedur ntah knp mereka legal

    • @teguh
      1. Kalo lapor polisi itu ga semudah pemikiran kamu,,,kalo mau diproses dikepolisian, kamu harus ikuti prosedur prosedur nya, kl cuma lapor aja ga bakal diproses, kl ikuti prosedurnya waktu kamu habis bolak balik kantor polisi.
      2. Masuk media konsumen jauh lebih efektif, karena akan ditanggapi langsung oleh pihak akulaku, dan apabila terbukti, DC tersebut akan kena penalty / teguran,

      • 1. Anda uda pernah lapor polisi ga sih. Kalau ikuti prosedur ya hrs donk. Yg namanya cari keadilan tentu butuh perjuangan. Hanya dgn lapor polisi baru bisa buat dc2 laknat itu berhenti melanggar hukum. Cobalah baca berita yg byk, uda brp byk dc2 yg kena tangkap krn melanggar hukum. Ok lah, anda takut abis waktu bolak balik kantor polisi, kalau gt gugat secara perdata ke pengadilan. Sidang perdata bole mohon secara online. Hanya upload2 dokumen saja. Bisa anda kerjakan tengah malam. Biaya sidang pun sangat murah dan terjangkau.

        2. Masuk mk memang baik tapi itu tdk membuat dc biadab jera. Makanya anda liat mereka semakin semena2 krn memanfaatkan psikologis debitur yg tdk berani lapor polisi.

        Negara sudah menyediakan fungsi pelayanan buat pencari keadilan tetapi kalian tdk mau memanfaatkannya. Setelah itu baru teriak2 dc kebal hukum, pinjol kebal hukum. Hellow... mereka itu tdk kebal hukum tetapi kalian lah yg tdk berani melapor

        • Asal becakap aj ya.. klo d lht dri chat tsb lapor polisi mau buat laporan ttg apa. Kan blm memenuhi unsur tindak pidana atau minimal perbuatn tidak menyenangkan...
          Trus mau gugat perdata, isi gugatan nya apa??? Hukum ap yg mau anda buat. Buat di media konsumen mmg udh pling bennar. Krn bakalan di respon langsung sma pihak akulaku. Atau klo ngak ya lapor OJK.. it pun hrus pnya dalil yg kuat.

          Jdi klo ngasi saran ya kira2 berfaedah dan tidak malah nambah kerjaan.

          • @ bro Hardianto setuju bro,,, mereka ngomong lapor polisi itu terlalu dimudahkan, cuma berdasarkan kebanyakan baca berita berita aja tanpa ada pengalamannya, dan tanpa tau kasus DC yg dilaporkan kepolisi kasusnya apa.
            Sekalipun diproses itu proses buat laporan aja,, ga ada proses lanjut,,, biasa abis buat laporan ditanya lagi mau diproses lanjut tidak.... kalo kita mau diproses lanjut ya udah ngerti lah,,, memang ga pakai biaya apa apa nyari org,,, Ga bedanya kita buat laporan kehilangan kendaraan, Abis buat laporan pasti ditanya mau proses atau tidak

          • Hallo bro Hadrianto. Disini kita tdk sedang membahas isi chat dece apakah sudah masuk unsur atau blm, disini kita kasi tanggapan atas komentar bro Hadi yg mengatakan lapor polisi pake prosedur, kalau cuma lapor2 ga diproses. Pernyataan itu yg kita tanggapi. Lain kali belajar membaca dan memahami dulu ya pak baru baru kasi tanggapan.

            Utk bro Hadi. Kalau oknum dc sudah melampaui batasnya dan melanggar hukum dan anda tdk berani mengambil langkah hukum utk melindungi diri anda dan keluarga anda, maka tdk ada org lain yg bisa melindungi anda, jadi ya nikmati saja teror dari dc. As simple as that.

    • Ini si salah nasabah nya, ya wajar di tagih nya jadi kasar begitu, karna udah 80 hari telat nya, mungkin sebelumnya di tagih secara baik baik, terus di bls sama nasabah nya juga, karna ada respon jadi sebelum sebelumnya di tlp, di wa aecara baik baik, tapi karna lama lama gak ada pembayaran, makanya jadi di tagih nya secara tegas, org nya aja mungkin ngeyel, gak ada masuk pembayaran jadi ending nya begitu

      • Memang aku laku skrng aneh, saya telat 1 hari karena kondisi cuaca waktu itu. Trs pagi harinya sdh saya bayarkan lunas tetapi msh sampai sore hari di wa ditelp srh ngelunasin segera dikirimkan bukti ttp nagih. Sore harinya no yg pernh saya isikan pulsa diwa untuk mengigatkan saya untuk bayar. Mdh2an kedepannya lbh baik lagi dlm penagihannya akulaku, saya dah mls pakai skrng.

      • Kalo gak mau kaya gtu bayar tepat waktu, kalo gak mau pusing ato sakit hati ya jgn ngutang ke pinjol?? Kan bisa pinjem ke tmn ato sodara, ??

    • Cerdas. Sudah 80hari pasti tidak niat bayar

      Ada kalimat pasti saya bayar tp yaa namanya perusahaan gabisa menunggu, kita aja marah kalo nagih tanpa kepastian dr si penghutang.

  • kelakuan Akulaku memang gitu bahasanya, saya ditagih di wa ada kesan intimidasi seperti kalimat mau diberi efek jera,,, trus saya tanya maksudnya mau ksh saya efek jera apa?, Trus diancam mau diproses foto selfie, sama data KTP,,,
    # Note buat pihak akulaku, keterlambatan sebulan mau diproses foto selfie dan data KTP mksdnya apa?? Mau sebar data foto selfie saya gitu?
    Kl cerita proses BI checking ngapain pakai blg mau proses foto selfie saya,, urusan foto selfie apa???
    Lagian apa ada org telat bayar 1 bulan langsung masuk bi checking???

    • Memang masih bisa hidup tenang ya, punya penghasilan tetap tiap bulan sebagai PNS tapi nunda-nunda bayar hutang?
      Kalau tiba2 tercabut nyawa dari raga, apa gak lebih menyeramkan ditagih malaikat Zabaniyah?

      • 1. Saya bukan PNS, ga nyambung coment lu bro
        2. Semoga lu dan keluarga selalu berkecukupan jgn sampai ada hutang ya.

        • Gak perduli apapun aplikasinya, penagihan akan sama kak.
          Biar aman, setiap pesan wa masuk itu abaikan. Jangan di baca klo kakaknya tipikal org panikan atau yg bakalan kepikiran seharian.
          Fokus aja cri duit untk bayar/cicil hutang. Telp cs akulakunya, beritahu kondisinya sprt apa.
          Klo ada dc lapangan datang, jgn janjikan kapan mau bayar. Tpi blg akan cicil/bayar smpe lunas.
          Seperti yang terlihat dari chat wa, pihak dc enggan/tidk akan menyebutkan berasal dari pinjol mana. Karena emg jika mereka menyebutkan nama pinjolnya, mrk akan bisa di laporkan ke pihak terkait.
          Kata2 dari dc umumnya akan bersifat mengintimidasi, mengancam dan menghina. Karena mmg mereka ingin mental nasabahnya lemah, sehingga akan buru2 cri pinjaman lain untk melunasi.
          Tetap semangat kak, utg tetaplah utg yg hrus di bayarkan.
          Jgn kepikiran. Fokus cri uangnya aja biar bs d lunasin scptnya . Smoga di mudahkan .. aamiin

      • Itu urusan beliau dgn malaikat, tdk ada kaitannya dgn anda. Kau urus aja hidup kau, blm tentu kau ga punya hutang.

    • Rentenir online hampir sama semua kaya gitu bahasa nya , udah galbay aja udh ga sopan nagih nya , kalau berani datengin lah kan ada KTP dan alamat nasabah bukan ngancem2 di WA kaya gitu

    • Semoga anda segera mendapatkan rezeki yang tidak terduga berupa uang, agar segera bisa melunasi hutang piutang anda di Akulaku.

  • Ini yang saya takutkan. Tagihan saya di kontrak Amarbank dimulai bulan April 2023 tapi sejak Desember 2022 saya sudah ditagih terus dari pihak Amarbank. Saya email ke pihak bank pun diinfokan masih dalam masa grace periode dan tagihan mulai bulan April 2023. Tapi, staff penagihnya terus melulu menelpon dan chat saya. Jika saya bayar lebih awal, nantinya tidak sesuai kontrak dan justru akan jadi masalah baru karena tidak sesuai perjanjian yang akhirnya nasabah yang harus dirugikan.

  • tumbenn..
    Belum nongol PARA KAUM peminjam Pinjol yg BERTANGGUNG JAWAB bikin Pinjol MAKMUR menjamur dimana-mana komen:

    "DC DI SINI BLM ADA YG KOMEN NIH?"

    • Ya harusnya minimal kasih tanggal pastinya, "BAIK, SAYA AKAN BAYAR DI TGL SEGINI, SEGINI"

      kl hutang berbulan - bulan cuman bilang begitu,"TENANG SAYA PASTI BAYAR KOK", apalagi teman bukan, saudara bukan, apalagi tanpa agunan .. wah wajar aja yg nagih gemes .. awokawokawok

      *cm manusia otak normal yg bisa nilai tulisan ini DC apa bukan

      • Abaikan chat yg masuk.smkin di ladeni Semkin menjadi.yg penting utang tetap kita bayar.

        • Biasa saja. Nasabahnya saja yg harus komit. Sdh lebih 90 hari masih janji-janji saja. Bayar lah. Masih biasa sj kok isi penagihannya. Datang saja lgsg ke Akulaku beresin.

          • Ini juga terjadi sama ibu saya, waktu itu ibu masuk rumah sakit karena lambung hampir 3 bulan. Dan beliau pinjam buat biaya berobat, karena waktu itu saya habis kecelakaan jadi gak bisa bantu, sekarang sudah mulai di tagih bilang mau visit ke rumah.

    • Sama saya juga gemesss..punya hutang bukan di bayar .malah di bawa ke media konsumen

    • Mungkin terlalu lama menunggak sampai 80 hari
      Saya doakan semoga urusanya cepet selesai
      Di beri rejeki barokah
      Dan tinggal kan pinjol...

    • Sy jg pernah utangin temen, tiap ditagih dia marah2, "ribet amat sih lw nagih mulu, pasti gw bayar kok, takut amat gak dibayar. " Tp ya gt, gak jelas mau bayar kapan, sampe skrg aka msh gak bayar jg.

  • Mungkin yg di inginkan para penghutang DC itu gini " mohon maaf bpk/ibu, mohon segera di bayarkan utang nya Krn sudah jatuh tempo" sambil nunduk2 atau bersimpuh.. setau saya DC dr dulu kasar Krn yg dihadapi para penghutang yg telat bayar..

  • Ya saya kasihan aja sih..dan juga prihatin banyak sekali permasalahan seperti ini terjadi dan masih belum di selesaikan juga oleh pemerintah dan benar2 di awasi serta SOP yang harus di patuhi oleh perusahaan2 PINJOL...sampai saat ini pemerintah belum ada mengambil tindakan dan mencabut IZIN dari perusahaan2 yang bertindak kasar dan tidakan yang tidak diluar kemanusiaan...hal akan ini menjadi teguran untuk perusahaan yang sudah di berikan izin oleh pemerintah

    Dan yang ke 2 saya berharap kepada masyarakat perbanyak membaca dan ketahui dulu resiko kalau PINJOL dan lihat dampak yg terjadi serta sikap penagihan mereka kepada nasabahnya...

Penulis
Ratna Wulansari