Surat Pembaca

Kecewa dengan SOP Pengembalian Dana Shopee yang Tidak Sesuai

Selamat pagi,

Saya Dwi, salah satu pengguna Shopee dan Shopee Mitra. Saya cukup kecewa dengan proses pengembalian dana dari pihak Shopee, yang cenderung lama dan berbelit-belit.

Saya melakukan pembelian voucher McDonald’s senilai Rp100.000 dengan harga Rp85.000 di Shopee, dengan nomor pesanan: 2672616408242509059, pada tanggal 2 Januari 2023 pukul 06.41, dengan metode pembayaran ShopeePay. Namun setelah berhasil melakukan pembayaran, beberapa detik kemudian muncul notifikasi pesanan saya dibatalkan/gagal tanpa alasan yang jelas dan langsung masuk pada proses refund.

Keterangan CS awal 1x24 jam bisa lebih cepat

Pada awalnya saya kira, sesaat setelah pembayaran dana akan langsung kembali ke saldo ShopeePay saya (karena pembatalan dilakukan oleh sistem). Namun ternyata tidak, setelah saya tunggu beberapa jam saldo belum kembali. Saya berinisiatif bertanya kepada customer service tentang refund tersebut, lalu mendapatkan jawaban proses pengembalian 1×24 jam. Dari informasi tersebut, saya tunggu hingga 1×24 jam. Namun besok harinya, bahkan hingga sore, dana masih belum kembali.

Saya berinisiatif lagi untuk tanya ke pihak CS Shopee kembali. Namun jawaban yang saya dapat adalah harus menunggu 10 hari kerja. Menurut saya sangat tidak masuk akal disuruh menunggu refund selama itu, karena cancel by system, bukan oleh saya sendiri.

Saya berharap pihak CS Shopee bisa segera me-refund dan membenahi proses refund dana, sesuai dengan SOP yang sudah dicantumkan di halaman Shopee: “Jika menggunakan ShopeePay, pengembalian dana membutuhkan proses 1×24 jam”.

Dwi Ratih Refiyanti
Sleman, DIY

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar