Surat Pembaca

Permasalahan Terkait Jatuh Tempo GoPayLater dan Laporan yang Ditutup Sepihak

Dear Redaksi,
CC: Gojek, Findaya, GoPayLater,

Tulisan ini dibuat sehubungan dengan tidak adanya penyelesaian atas permasalahan mengenai pelaporan yang saya adukan, dengan nomor tiket #142170905 pada menu “Pusat Bantuan” di aplikasi Gojek. Tiket tersebut ditutup secara sepihak, sementara pada pelaporan tersebut masih terdapat tanggapan dari customer. Namun laporan tetap ditutup, tanpa ada balasan ataupun penyelesaian.

Saya adalah pengguna aktif dari layanan GoPayLater. Saya tidak pernah bermasalah dalam hal pembayaran transaksi tagihan GoPayLater saya. Namun seiring dengan pergantian tahun 2023, terjadi kendala pada layanan GoPayLater, yang saya rasa seharusnya dapat terselesaikan secara internal oleh tim GoPayLater dengan tiket #142170905. Yang menjadi masalah adalah pemakaian pada tanggal 1 Januari 2023, dikenakan jatuh tempo tanggal 2 Januari 2023, dengan masa tenggang 7 Januari 2023.

Adapun kronologi permasalahan akan dibagi menjadi 2, yaitu sebagai berikut:

Kronologi Pertama
  • Pada tanggal 1 Desember 2022 pukul 01:32 pagi, saya melakukan pembayaran tagihan untuk bulan November 2022 sejumlah Rp2.160.300 dan biaya GoPayLater Rp35.000.
  • Kemudian setelah pembayaran berhasil, limit telah disesuaikan, saya kembali melakukan transaksi pada 1 Desember 2022 pukul 01:35 dan transaksi tersebut berhasil. Jatuh tempo terinformasi di sistem pada aplikasi Gojek, tanggal 1 Januari 2023 (di kronologi 1 tidak ada permasalahan).
Kronologi Kedua:
  • Pada tanggal 1 Januari 2023 pukul 05:56 pagi, saya melakukan pembayaran tagihan untuk bulan Desember 2022 sejumlah Rp2.234.950.
  • Kemudian setelah pembayaran berhasil, limit telah disesuaikan, saya kembali melakukan transaksi pada 1 Januari 2023 pukul 05:57 pagi dan transaksi tersebut berhasil. Namun langsung terinformasi bahwa jatuh tempo pada tanggal 2 Januari 2023 dan terdapat keterangan “Bayar sebelum 7 Januari 2023 biar gak denda denda Rp2.000/hari”

Berikut adalah lampiran gambar:

Saya merasa hal tersebut terjadi karena kesalahan sistem. Sehingga saya menghubungi pihak Gojek pada tanggal 2 Januari 2023 untuk dibuatkan laporan koreksi, dengan mengacu pada data transaksi Kronologi pertama.

Adapun laporan saya melalui telepon tersebut diterima dan dilaporkan dengan nama pelaporan “Salah menghubungi layanan” dengan nomor tiket #142167069. Jawaban atas tiket tersebut tidak memuaskan dan langsung saya tanggapi. Namun tiket tersebut juga ditutup oleh pihak Gojek/Findaya. Karena tidak puas, saya kembali melaporkan keluhan saya melalui email ke email tujuan: cs@findaya.com dan laporan saya terdaftar dengan nomor #142170905.

Melalui surat ini, saya harap ada keseriusan dari pihak Gojek/Findaya dalam menangani setiap keluhan customer. Jika ada kesalahan yang terjadi secara sistem, harapannya dapat diselesaikan dengan baik, bukannya menutup laporan customer ketika masih ada tanggapan (interaksi) dalam pelaporan tersebut.

Yongki Solendra
Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Haloo bantu jawab. Mule 2023 memang jatuh tempo setiap tanggal 2. Jd transaksi yg dilakukan sebelum tgl 2 jatuh tempo nya tgl 2. Saya dapet kok pemberitahuan itu? beda dr tahon sebelumnya yg jatuh tempo nya akhir bulan

    • Maaf tambahan. Mksdnya gini. Jatuh tempo bulan sebelumnya itu tgl 1. Tapi transaksi yg dilakukan tgl 1 itu akan dihitung masuk bulan sebelumnya. Bulan berikutnya mule dihitung setiap tgl 2. Soale di saya keterangannya "bayar sebelum tanggal 2". Saya transaksi tgl 2 masuk tagihan bulan berikutnya. Mmg kurang ya sosialisasinya?

      • Ohh jd sekarang setiap tgl 2 toh jatuh temponye,.. btw ada yg mau ane tanya ama nih TS, ente ngebayar tunggakan, tp disaat yg sama ente jg ngegunain lg limit yg udh dibayarin agak aneh ye, jd terkesan gestun.. ?..

        • ya benar, keliatan banget TS main gestun limit paylater.
          pengeluaran nominal besarnya selalu ke merchant yg sama.

        • Sebenarnya sangat jelas bahwa mulai tanggal 30 November 2022, tanggal jatuh tempo GoPayLater adalah tanggal 1 di setiap bulan. Saya mengetahui hal tersebut. Hanya saja poin saya ialah bahwa penggunaan saya di 1 Desember 2022 masih berlaku jatuh tempo di 1 Januari 2023. Mengacu data transaksi saya di bulan Desember tersebut, saya menggunakan kembali di 1 Januari 2023 dengan pertimbangan sama yaitu jatuh tempo akan di 1 Februari 2023. Namun nihil, rupanya jatuh tempo tanggal 2 Januari 2023.

          Saya complaint di menu pusat bantuan Gojek, memang ada balasan kemudian saya menanggapi, namun tanggapan saya tersebut tanpa digubris sudah ditutup sepihak. Sebagai tambahan, saya menggunakan limit setelah pembayaran ya karena memang limitnya efektif dan tidak ada larangan bahwa limit tidak boleh digunakan setelah pembayaran dilakukan. Perihal transaksi saya tegaskan bahwa transaksi yang saya jalankan bukanlah transaksi seperti yang diasumsikan.

          Salam hormat.

          • Jangan biasakan, gali lobang tutup lobang. Tutup yang Satu menggunakan hutang yg lain. Usahakan sudah ada cukup dana untuk melakukan pembayaran tagihan. Jangan ngarapin hutang lain untuk nutup lobang yg lain, karna sudah jelas sdk akan berubah sewaktu2. Karna saya udah pengalaman banget yg begini, dari awal nya lancar jaya dan akhirnya kolaps/galbay karena kendala sistem. Klo bisa hentikan segera sebelum aset dan nama mu masuk daftar blacklist bi.

    • Iya benar sekarang gopaylater memang tanggal jatuh tempo berubah. Menjadi tgl 2 di setiap bulannya

      • Sebagai informasi mulai tanggal 30 November 2022, tanggal jatuh tempo GoPayLater adalah tanggal 1 di setiap bulan. Hanya saja karena saya menggunakan limit GoPayLater tepat di tanggal 1 Januari 2023 saat jatuh tempo atas transaksi bulan Desember 2022, sehingga munculah jatuh tempo 2 Januari 2023 seperti yang tertera di picture kronologis ke 2 di halaman utama GoPayLater.

  • Sepertinya ini kamu sendiri yang ga paham sama siklus tagihan gopaylater.
    Sekarang ada perubahan dihitung nya mulai tanggal 2.
    Jadi kalau kamu bayar tgl 1, dipakai lagi di hari yang sama, tagihan tetap ikut siklus bulan sebelumnya.
    Seharusnya kasih jeda, bayarnya di tgl 2 (besoknya) baru masuk ke siklus bayar bulan selanjutnya.

    • Baik terima kasih atas informasinya. Saya menghormati setiap komentar yang masuk pada surat yang saya angkat.

    • Menanggapi komentar "Wakwaw….ada yang mau bermain,tapi tidak tahu aturan main" bahwa saya ucapkan terima kasih. Sepertinya saya baru tahu bahwa GoPaylater adalah permainan?

  • Mulai 30 Nov 22 jatuh tempo itu setiap tgl 1. Dan kalo di tgl 1 pake ya tetap masuk tagihan berjalan. Seblumnya tgl 30

  • Aku sih ga pernah pake paylater, tp klo liat dr bukti ts msh untung ya ga kena pelanggaran transaksi mencurigakan. Soalnya saat bayar dan transaksi berdekatan. Tp tagihan itu memang harus segera dibayar, krn itu sdh aturannya ?

    • tS nya gestun limit gopaylater ya? Bae² gan nanti sistem gojek bakal ngebaca, nanti ujung²nya di blokir permanent, nanti komplen lagi deh ke media konsumen .xixixi

    • Mon maap TS. Kan sdh ada kontrak yg periode 2023 ini, dan udh dri november kok sosialisasi pake push notif.. makanya notif jng d apus smua tp d baca

    • Saya rasa jika transaksi saya mencurigakan, sudah lama akun saya mungkin dibekukan. Mengenai tagihan GoPaylater, sudah saya lunaskan. Saya tetap ikuti aturan. Dan ya, terima kasih atas kesempatan untuk memberi komentar.

  • Ini mah TS yg ga baca tnc gopaylater yg baru karena ada pemberitahuan bahwa jatuh tempo baru setiap tgl 1..jadi wajar aja klo make limit tgl 1 ya bayar tgl 2. Sebelum komplain coba cek tnc dulu jadi gak bikin malu diri sendiri ?

  • Padahal aturan baru lebih enak. Kita dikasih waktu tenggang sampe 5hr. Jd gak kena denda sampai masa tenggang itu. Paylater lain kek nya gada yg bgtu loo. Waktu jatuh tempo ya harus langsung hrs bayar. Gada waktu tenggang

  • TS nya ada notifikasi sosialisasi perihal pembayaran paylater pasti gak pernah dibaca atau jangan2 notifikasi nya di non aktifkan dari pengaturan nya.

    Ini pengeluaran nya kok mencurigakan di merchant yg sama trs nominal gede awas ketahuan Gestun nya gan....

    • Menanggapi "TS nya ada notifikasi sosialisasi perihal pembayaran paylater pasti gak pernah dibaca atau jangan2 notifikasi nya di non aktifkan dari pengaturan nya." tentu tidak berdasar dan mengarah kepada asumsi.

      Sebagai pengguna sebuah layanan, sudah sepatutnya mengetahui syarat dan ketentuan yang berlaku. Poin keluhan saya jelas ada di kronologi disertai tanggapan saya di pusat bantuan yang ditutup secara sepihak sebelum saya merasa permasalahan saya terselesaikan.

      Mengenai transaksi di merchant yang sama, saya rasa harusnya tidak menjadi masalah selama fitur pembayaran dengan GoPaylater muncul sebagai sumber pembayaran. Dan transaksi yang saya lakukan tentu tidak seperti yang diasumsikan.

  • Sorry bantu jawab mengenai GOPAYLATER by FINDAYA GOJEK saya juga pengguna layanan tersebut. Untuk sebelumnya sudah ada informasi/persetujuan bahwa tanggal jatuh GOPAYLATER tgl 2 setiap bulannya, beda dengan dulu setiap akhir bulan. Untuk sebelumnya Pihak GOJEK/FINDAYA sudah memberikan halaman konfirmasi/persetujuan bahwa tanggal jatuh tempo berubah terhitung 2023, artinya transaksi sebelum tgl 2 akan dibayarkan tgl 2 bulan itu juga bukan bulan selanjutnya, konfirmasi diberikan sekitar bulan Desember dengan mengklik tanda tangan digital. Jadi mungkin agannya kurang memperhatikan S&K terbaru dari GOPAYLATER tersebut, melihat kronologi diatas juga sepertinya agan main GESTUN dengan pembayaran dan transaksi yg berdekatan. Hati-hati akun anda bisa terdeteksi oleh sistem GOJEK dan dapat membuat akun anda diblokir.
    Jadi pahamin dulu S&K GOJEK yg terbaru sebelum menggunakan layanan tersebut.
    Terimakasih.