Surat Pembaca

Transfer Uang dari Aplikasi DANA, tapi Tidak Diterima Rekening Tujuan

Pada tanggal 03 Januari 2023 pukul 09.20, saya melakukan top up DANA sebesar Rp2 juta dari rekening Bank Mandiri.  Setelah itu, saya melakukan transfer dari DANA ke rekening Bank Sahabat Sampoerna pada tanggal yang sama pukul 09:21 sebesar Rp2 juta. Status transaksi dari resi yang dilampirkan DANA adalah berhasil. Namun pada pukul 18:30 uang tersebut tidak diterima oleh rekening tujuan, padahal saldo DANA saya terpotong.

Lalu saya menghubungi CS DANA via chat, email dan telepon, nomor pengaduan: 22836786. Semua info dan dokumen yang diperlukan sudah saya lengkapi via aplikasi dan email. Ketika saya tanya ke CS via telepon berapa lama saya harus menunggu, mereka menjawab tidak dapat memberikan kepastian dan hanya disuruh menunggu. Setelah itu, chat CS via aplikasi juga tidak digubris. Sampai dengan saat ini tanggal 5 Januari 2023, saldo saya belum juga kembali baik saldo DANA maupun ke rekening tujuan yang saya transfer.

Harus berapa lama lagi saya menunggu agar PT. ESPAY (DANA) mengembalikan uang saya? Saya sudah menunggu selama 4 hari, tetapi tidak ada kejelasan terkait uang saya. Tolong segera kembalikan uang saya, karna uang tersebut saya gunakan untuk membayar uang kos bulanan. Terima kasih.

Christine Budihardjo
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan DANA terhadap Keluhan Ibu Christine

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen. Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Ibu Christine dengan judul “Transfer Uang dari Aplikasi DANA,...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Heran masih aja yg pakai dana. Dana tuh bermaslah bgt. Udh banyak bgt kasusnya. Saya pernah seminggu kirim uang gak masuk. Hrs telp setiap hari ke CS. Setelah dana masuk langsung saya uninstall

    • @wahyuni Saya tidak pernah mengikuti info soal DANA yang ternyata bermasalah karena pengalaman sebelumnya setiap bulan saya pakai untuk bayar uang kosan gapapa. Baru kali ini kejadian seperti ini dan karena kejadian ini saya baru tau soal kasus mereka. Kalau dari awal saya tau mereka sangat bermasalah seperti ini, tentu saya tidak akan menggunakannya. Terima kasih untuk sharingnya?

      • Kasus saya udh lama kak. Mukin udh 1thn yg lalu. Sempet IG dana diserbu yg alamai nasib yg sama buanyakk bgt. Dan makin ke sini makin jadi kasusnya. Jd menurut saya jgn pakai dana lagi. Ini hanya menunggu giliran aja sih yg kena kek gini. Tp biasanya masuk MK langsung dproses. Semoga cepat balik yah uangnya?

    • Sepertinya tiap pengguna dana minimal pernah atau akan mengalami hal spt ini. Krn di MK keluhan soal dana terus wlo msh byk yg pake krn dianggap bagus.

      • Coba cek ke IG nya. Komen udh 10rbu lebih. Kurang lebih bernasib sama. Komen juga udh mule dibatasi. Jd ni tinggal nunggu waktu aja si?

        • @wahyuni, iya kak, kemarin itu setelah penerima info saya kalau uangnya gak masuk, saya langsung komplain ke CS dan cari2 info dari IG mereka. Dari situ saya baru tau kalo ternyata DANA bermasalah dan banyak banget yang komplain ? mana komen2 di IG mereka sekarang dibatasin kan, jadi kita juga semakin bingung. Btw makasih ya kak untuk sharingnya ??????

      • @DSTH, iya kak bingung juga kenapa mereka bisa kaya gitu, perusahaan gede tapi penanganan terhadap komplain konsumen kurang responsif ???

      • Sy mengirimkan saldo dana tetapi yg menerima saldo kiriman sy tdak merasa kiriman saldo sy masuk, tolong bantuannya

        • @asrul halo kak, mungkin kakak bisa langsung menghubungi CS DANA via aplikasi ataupun email kak, tapi emang CS DANA agak slow respon cuman dicoba aja dulu kak supaya dapat nomor laporan.

  • Klo transaksi besar lebih baik bank to bank saja, pakai bifast, saya rasa 2.500 uda cukup baik harganya.

    • Saya tidak pernah mengikuti info soal DANA yang ternyata bermasalah karena pengalaman sebelumnya setiap bulan saya pakai untuk bayar uang kosan gapapa. Baru kali ini kejadian seperti ini dan karena kejadian ini saya baru tau soal kasus mereka. Kalau dari awal saya tau mereka sangat bermasalah seperti ini, tentu saya tidak akan menggunakannya. Terima kasih untuk sharingnya?

    • @Dimas iya mas, setelah kejadian ini saya memutuskan lebih baik transaksi bank to bank seperti biasa aja, lebih aman dan kalaupun ada kendala penanganan nya sepertinya lebih cepat. Terima kasih untuk sarannya ??

      • Ya.. Lebih baik bgtu, apalagi transaksi besar.. Moga dananya cepet kembali ya... Dan ini sebagai pengalaman saja.

  • kasus dana itu sudah sangat banyak, gak cuma disini tp di forum forum lain.. ada indikasi penggelapan dana atau sengaja modus tahan dana pengguna untuk diputarkan dibisnis kripto oleh mreka, tp gatau jg sih bener gak nya..

    dengan keluhan udah segunung gitu apa sih yang gak mungkin, aplikasi kualitas sam pah dengan layanan cs buruk juga.

    org org akan kehilangan kepercayaan apalagi menyangkut soal uang

    • @albert iya saya gak nyangka kalo ternyata mereka punya banyak kasus seperti ini.. thankyou buat sharingnyaa..

  • pernah 1x nyangkut juga.
    alhasil tiap hari saya spam tuh CS sampai duit saya balik.
    tapi habis itu belum pernah alamin lagi.
    biasanya pemakaian saya sampai habis tuh limit 40jt / bulan

    • @bryan kakak spam CS nya via apa kak? nunggu berapa hari sampe duitnya balik? thankyou buat sharingnyaa..

    • harusnya belum sih kak soalnya saya pakai DANA biasanya cuma sekali dalam sebulan buat bayar uang kosan biar gak kena fee transfer..

  • Sekarang temen temen ku banyak yg pake dana jga
    Cuma kalo mau transfer atau top up ku saranin jangan langsung banyak-banyak...
    Untuk menghindari siapa tahu pending..

    • @zain iyaa kak, gak nyangka juga kalo bakal kejadian kaya gini, pengalaman sebelumnya selalu aman jadi kirain gak bakal ada apa2.. thankyou ya kak buat sarannyaa..

  • DANA biasanya dipakai para Gamers bertransaksi . . .!
    Artinya bukan untuk transaksi yg serius dan penting kan ya . .!??

    • @ibrohim halo kak, sepertinya orang2 yang menggunakan dana gak cuma gamers aja sih, soalnya saya bukan gamers dan saya pakai DANA hanya untuk bayar uang kos tiap bulan untuk menghindari fee transfer..

  • Maaf kak Tanya ,apakah uangnya sudah masuk setelah memuat berita ini?
    Saya juga mempunyai kasus yg sama nominal nya 10jt belum masuk trx sejak tgl 27 desember 2022.

    • @parnita halo kak, sampai sekarang uangnya belum balik, dari pihak CS DANA juga cuma info untuk menunggu karena masih dicek oleh tim mereka via chat di aplikasi. Apa kakak sebelumnya udah buat laporan?

      • Parah bener ya, saya sudah menghubungi CS cuma disuruh nunggu, udah dm via IG juga belum ada respond ?

        • iya kak, CS nya emang slow respond banget. mau tlp langsung ke CS juga mikir 2x karena pulsanya mahal banget. semoga bisa cepat balik ya kak uang kita ?

    • Banyak sekali uang segitu untuk apa di simpan ke dana mending di rekening ATM bank, kalau untuk bisnis pulsa dll di link bisa milik BUMN

  • Maka nya, saya g pakai lagi dana, auto un instal .. Selalu bermasalah... Apalagi buat tf yang angka nya lumayan besar... Kalau angka nya kecil, cepat dan tidak ada masalah....

    • @bobby, iya nih kak saya pengalaman selalu berhasil transfernya jadi gak kepikiran ada kejadian kaya gini ? sekarang jadi mikir2 lagi kalau mau pakai DANA ?