Surat Pembaca

Akulaku, Apa Salah Aku?

Dear Akulaku,

Salam hormat dari saya, yang setiap hari Anda hubungi WA saya. Anda sayang banget ya sama saya? Tapi sayangnya saya gak sayang sama Anda. Kenal Akulaku pun saya tidak, kenapa Anda meneror saya?!

Dear Akulaku, saya tidak mengenal nama “tersebut” yang setiap hari Anda tagihkan hutangnya ke saya. Kalaupun saya ada di nomor kontaknya, bukan berarti saya mengenal orangnya. Meskipun saya kenal orangnya, saya bukan orang yang akan mencampuri masalah mereka.

Anda salah kalau Anda berharap saya akan jadi debt collector Anda untuk menagihkan. Karena bukan tanggung jawab saya. Jadi tolong, hentikan WA teror Anda ke saya. Saya salah apa? Hutang saja saya takut, apalagi mengenal pinjol kayak Anda ini. Ngeri.

Lihatlah di bukti screenshot, itu baru sebagian, belum teror telepon Anda! Malam di atas pukul 22.00 Anda telepon saya. Salah saya apa? Bukan saya yang hutang sama Anda! Apakah ada jalur hukum yang bisa saya tempuh untuk menghentikan teror ini? Tolong untuk pembaca, beri saran untuk saya.

Sekali lagi, Akulaku salah aku apa?

Priyo Handoko
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Akulaku terhadap Surat Saudara Priyo Handoko

Jakarta, 11 Januari 2023 Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Saudara Priyo...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya mengalami hal serupa, saya memang ada menggunakan paylater akulaku, tidak ada tunggakan pembayaran, tp hampir tiap hari di wa DC akulaku disuruh bayar hutang dgn ancaman mau dihubungi semua kontak di hp saya.
    1. Saya tidak ada tunggakan cicilan yg jatuh tempo.
    2. Andai aja ada tunggakan jatuh tempo harusnya DC akulaku hanya boleh menghubungi kontak daurat yang saya cantumkan, itupun diperbolehkan hanya ketika saya tidak merespon what's app atau telpon dari pihak akulaku.
    3. Setelah saya cek pada aplikasi akulaku, memang ada perizinan akses kontak yg diminta diaplikasi akulaku, yg artinya akulaku bisa melihat semua kontak di hp saya.

    # Akulaku harusnya legal, koq DC nya ga beda dengan DC aplikasi ilegal

    • Sementara saya sudah ajukan komplain dgn cs diaplikasi akulaku, apabila tidak terselesaikan dgn baik akan saya masukin ke media konsumen juga

        • Udah akulaku minta waktu 20hari, aku ksh waktu 3 hari ga selesai masuk media konsumen,,, ditunggu aja mesdiankonsumen dari aku,,,, atau Abang boleh buka media konsumen cari dc kredivo, urusan kredivo sama aku aja dimedia konsumen blum selesai, akulaku mau nyusul masuk media konsumen

          • Hajar terus bos,jgn kasih kendor..EMG akulaku DC ny GK tau aturan..nagih ke nasabah/wa jam 1 pagi..untuk para DC tugas anda cuma mengingatkan tagihan ke nasabah,TDK boleh menagih ke orang lain selain debitur,itu sudah tertera di peraturan yg di kluarkan bank indonesia tahun 2009.untuk para DC hentikan semua teror yg anda berikan ke nasabah.coba klo kluarga anda di teror terus menerus sama DC,gmn perasaan anda??
            Untuk semua para nasabah pinjol,klo udh ada teroran,ancaman,makian dri smua DC pinjol stop bayar aj,gk usah di bayar..biar pinjol bangkrut di muka bumi ini.
            Percuma punya lembaga negara seperti OJk(otoritas jasa keuangan) dan AfPi tapi tidak ada gunanya dalam mengatasi pinjol2 nakal,dgn para DC yg tidak punya sopan santun dlm menagih nasabah.
            Klo OJK dan AfPi bilang suruh bayar utang,ok utang emang harus di byar,tapi gmn tanggapan OJK dan AfPi jika ada pinjol2 legal nakal dan para DC yg busuk,mulutny tidak pernah sekolah,TDK punya adap kemanusiaan,tata cara sopan santun jika bertamu ke nasabah..
            Jangan jangan OJK,afpi dan perusahaan pinjol ada main,sehingga OJK dan AfPi susah utk menutup pinjol

          • Mungkin bisa ajukan komplain via email, saya pernah tapi dengan Home credit. Kasusnya, saya tidak mengenal nasabah a.n tersebut, namun saya di hubungi terus menerus. Akhirnya saya kirim keluhan via email. Seandainya pada waktu itu tidak di respon, kemungkinan saya akan mendatangi Head officenya. Semoga bisa jadi referensi ?

          • Komplen percuma, mending blokir tuh wa, pasang aplikasi true caller blok nomer tsb. Stamina hrs cukup kuat utk menghadapi teror apapun. Hanya satu kata lawan.

          • Hari ini saya ditelp cs akulaku. Dengan nama michele dan zalwa dengan no +622150959985. Merka menanyakan tentang surat pembaca yang saya buat. Minta maaf dan berjanji akan blokir nomor saya untuk tidak dihubungi pihak akulaku lagi. Mereka menanyakan email saya untuk mengirimkan notifikasi yang intinya surat pemberitahuan bahwa saya tidak akan dihubungi lagi. Jadi saya sampaikan email saya. Janji mereka 1 jam akan dikirimkan notifikasinya. Ternyata tidak ada email sama sekali sampai sekarang. Dia mau kirim email jika saya bersedia screen shoot semua wa penagihan. Mereka masih main ancam ternyata. Jika saya tidak kirim ss nya. Aneh. Padahal ditelp mereka janji akan kirim emailnya. Bayangkan saya harus screen shoot satu satu sejak bulan november tgl 3. Tentu saya keberatan dengan aksi arogan mereka. Sore ini masih ada nomor nomor asing hubungi saya. Sungguh sangat keterlaluan. Mereka akan tetap ganggu hidup anda. Meski bukan anda yang berhutang sama mereka. Sangat mengerikan. Sungguh.

          • Dan sekarang saya takut. Email yang saya berikan di salah gunakan.. astaga. Bukan saya yang berhutang ribetnya kayak gini . Akulaku laknat sekali.

          • Saya sudah dapat balasan dr Akulaku mengenai notifikasi. Baru saya ketahui skrng melalui. Semoga dengan adanya Email ini. Sudah tidak ada panggilan dalam bentuk apapun dari Akulaku.

        • Bisa di tuntut balik buat laporan ke polisi aja di barengi sama kuasa hukumnya, terkadang kalo sendirian buat laporan suka lambat.

    • perusahaan sebesar akulaku ga punya dana buat cek kontak darurat kenal atau tidak dengan nasabah, ketololan akulaku

    • #sampai sekarang pihak akulaku ngeles bilangnya pembayaran saya tidak terdeteksi, padahal diakun akulaku saya aja saya cek tidak ada tagihan, lucu banget, kalo pihak akulaku ga mendeteksi pembayaran saya, koq diaplikasi akulaku saya ga ada tagihan,,,, harusnya kl ga kedetek diaplikasi akulaku saya masih ada tagihan,,,
      Padahal ss wa DC nya kesaya udah saya kirim ke akulaku, tp masih ngeles terus akulakunya,,,, disini saya ambil kesimpulan, DC. Akulaku brani sebar data dan bisa akses ke semua kontak hp saya dikarenakan data tersebut termasuk kontak didalam hp, dgn sengaja diberikan pihak akulaku kepada DC nya untuk menakuti dan mengancam serta menyebarkan data saya agar saya bayar hutang,,, klpun ada hutang data kontak dihp itu pribadi, bukan disalah gunakan, ini ga ada hutang aja diancam seperti itu.
      # uninstal apk akulaku,,, akses perizinan yg diminta apk akulaku ga bedanya dgn apk ilegal,,, udah gitu masih disalah gunakan lagi,, dipakai buat ancam nasabah yg ga ada tunggakan,,, AKULAKU LEBIH PARAH DARIPADA APK ILEGAL,,, APK ILEGAL AJA KL DIBAYAR GA ADA LAGI ANCAMAN SEBAR DATA KE SEMUA KONTAK DI HP

      • Diakulaku sy tidak ada riwat tagihan sy tidak pesen barang tapi disuruh bayar tiap bulan sy diteror disuruh bayar

    • Ini aplikasi akulaku beneran? Diawasi OJK loh akulaku.. Itu yg ngutang yg namamya hartinah umur udah 60 thn loh.. Bukannya batas max yg boleh pinjam 55 thn yah

  • 2023 akulaku lebih tenang, karena dapat suntikan dana dari investor perusahaan jepang.wkwkkkk

    • Akulaku emang ngeri DC.nya ..

      Teman saya hutang tunai 600ribu, telat beberapa hari dan saya dicantumkan sebagai kontak darurat, setiap hari saya ikut di teror dan dimaki-maki suruh menagih ke teman saya, karena saya sangat emosi akhirnya saya bilang "jangan hubungi saya lagi, atau saya laporkan polisi atas tindakan tidak menyenangkan"
      Eh malah saya dihina dengan kata2 kasar, setelah saya teman saya ternyata teror untuk dia juga sangat mengerikan bahkan saat teman saya bilang belum bisa bayar karena sakit dan cuti kerja, teman saya malah didoakan supaya meninggal ..

      • Hati hati akulaku banyak berita negatif buat mu, jangan sampe jadi gantinama .jadi akugaklaku , ya

    • Ya emang bangsat tu aplikasi akulaku
      Gak ada otak
      Tagih ke yang punya hutang goblok
      Telpon sembarang kontak aja lu
      Ini aplikasi bisa akses seluruh data yang ada di handphone yg install
      BAHAYA
      Data bisa di sebar semua

  • Wah....sama dengan saya om....saya juga dihubungi dc akulaku krn ada yg nyantumin kontak saya sbgai no darurat katanya...pdhal saya jdi pengguna akulaku yg gak pernah nunggak.

    • Lha saya bukan pengguna akulaku. ga pernah berurusan sama pinjol.. ini berasa saya yang hutang ya? .

  • Klo telp dr telp biasa ubah ajah setingannya hanya bisa menerima telp dr daftar kontak klo telp dan chat dr wa yaa tinggal blok satu persatu simple jgn di pedulikan atau klo mau skalian ladenin dgn cara kasar juga..

    • Bisa cek screenshoot wa om. Disitu no berubah semua. Ga ada yg sama karena setiap ada wa dari akulaku sya blok langsung. Tp terror ga berhenti disitu. Saya jawab kasar pun mereka ga peduli. Di screenshoot ada buktinya.

      • Bukan pak priyo, kalo di hp saya bisa di-setting seperti rekan H,jadi seengganya gabakal ada panggilan masuk sama sekali dari nomor ga dikenal entah itu marketing apalah. Cuma nanti dapet notif aja ada panggilan tidak terjawab. Setidaknya ga terlalu mengganggu kalo kaya gitu.

      • Saya akan share pengalaman cara mengatasi ditagih dc laknat atas hutang org lain.
        1. Setting hp anda utk tdk menerima panggilan yg tdk terdaftar di phone book anda
        2. Blokir semua WA chatting yg masuk dari dc laknat, tanpa membalas satu kata pun. Ingat, jgn membalas satu katapun. Semakin anda membalas, maki2an, sahut2an maka teror tdk akan pernah berhenti, krn memang mereka mengingkan respon anda. Kalau anda tdk merespon, ibarat mereka bicara dgn patung, dgn sendiri nya mereka akan berhenti dan mencari korban lain.

        Pengalaman saya : saya punya toko online dimana sudah byk melayani pelanggan. Otomatis nomor kontak kami byk terdaftar di phone book org lain yg mana ketika mereka terjerat pinjol otomatis kami menjadi sasaran teror. Dan kami sudah sangat sering mengalaminya. Tetapi kami tdk pernah merasa terganggu sama sekali. Pertama nomor kami tdk bisa menerima panggilan nomor tdk dikenal, kedua WA kami setengah dikendalikan robot, dan kami sudah pesan pd admin, ketika ada dc laknat yg WA lgsg blokir tanpa perlu membalas satu huruf pun. Haram utk berkomunikasi dgn mereka, krn mereka menggunakan metode komunikasi tdk nyambung, diduga mereka bukanlah manusia. Sampe tahap ini dc akan stress. Kenapa ? Nomor telp biasa tdk bisa dihubungi. WA selalu di blokir. Tdk ada perlawanan dari kami. Mereka pun capek. Daripada capek bicara sama patung lbh baik mereka cari korban lain. Pengalaman saya mereka hanya WA chat menggunakan 2 atau 3 nomor berbeda. Setelah diblokir semua gangguan tdk ada lg. Utk telp biasa mereka bisa memiliki ratusan nomor krn diduga menggunakan mesin. Tapi utk WA mereka tdk punya byk nomor. Krn WA hrs melalui registrasi. Point yg paling penting disini adlh tdk membalas satu huruf pun. Semakin anda balas semakin senang mereka meneror krn tujuan mereka utk mempermainkan psikologi emosi anda. Jika emosi anda terpancing otomatis anda akan menjadi relawan dc tanpa gaji yg dgn sukarela menagih kepada yg berhutang. Itulah tujuan mereka

        Saya tdk pernah sekali pun memberitahu kpd org yg berhutang bahwa mereka dikejar dc. Prinsip saya, bila kita tdk bisa membantu org, jgn menambah beban lg pd org tsb.

        Kalau saya liat sc WA penulis, penulis terlalu merespon dc tsb. Pantas saja teror tdk berhenti. Silahkan dicoba cara saya, saya yakin teror akan berhenti.

        Jika ingin mengambil langkah hukum. Itulah cara terbaik. Anda bisa dtg ke spkt polres/polda setempat. Kalau dc nya ditangkap aparat penegak hukum, anda sudah melakukan satu kebaikan, biar dece keparat itu belajar lg cara menjadi manusia. Biasanya hanya dgn satu lembar laporan polisi saja, oknum dc akan kencing2 di celana.

        Jika anda mau mengambil langkah hukum perdata dgn gugat ke pengadilan. Itu pun sangat baik. Anda bisa gugat kerugian psikis anda yg tdk ternilai harga nya. Anda berhak menggugat puluhan juta, ratusan juta atau milyaran, syukur2 Majelis Hakim Yang Mulia mengabulkan gugatan anda. Tetapi perlu diingat dlm mengambil langkah hukum baik pidana maupun perdata, bukti2 anda hrs kuat dan cukup.
        Utk gugatan perdata sangat gampang, anda bisa maju sendiri ke pengadilan tanpa pengacara. Biaya perkara pun sangat murah. Sidang pun bisa mohon secara online, hanya upload dokumen saja, bisa anda kerjakan di malam hari.

        Mari kita galakkan Lawan oknum dc Secara Hukum.

        Mereka tdk kebal hukum, semua sama di mata hukum. Tinggal anda berani atau tdk mengambil langkah hukum.

        • Terima kasih atas sarannya . Dr semua wa penagihan yg masuk. Mgkn cm saya respon 2% nya. Karena wa tersebut seakan akan saya yg hutang. Jadi saya ingatkan kalau saya bukan yg bersangkutan. Dan anda memang benar ketika dibalas. Mereka bukannya berhenti tapi tambah liar. Saya pun juga tidak menyampaikan wa tersebut ke yang berhutan. Karena saya juga mikir ga akan jadi debt collector akulaku. Baru tadi ada telp dr nomor +622150959985. Saya cek di google dari akulaku. Tapi lucunya cm miss called 3 detik. Entah apa yg ada di otak mereka. Bukannya berhenti tapi tambah menjadi jadi. Mereka bukan manusia sepertinya.

          • Jangankan 2% pak. Satu huruf pun tdk bole bpk ketik. Lgsg saja blokir. Garansi hidup bpk aman. Tapi tetap aja no hp bpk hrs disetting tdk bisa menerima panggilan yg tdk ada di phonebook. Mereka itu bkn manusia, jd percuma kalau kita bicara bahasa manusia pd mereka. Kalau saya, mau 1000 nomor WA yg masuk pun saya blokir. Cuma butuh 2 detik. Dengan begitu mereka akan mati gaya

        • Setuju dgn cara tsb,sy pernah di tlp deci bences krn sy beli nomor yg ternyata nomor nya customer yg bermslh dgn homecredit,sy viralkan sj via twitter lngsng homecredit respond minta maaf krn sy blng jk tdk update ke pihak dc maka homecredit sy tuntut ,somasi br deci yg tlp sy tdk berani ksh alamat mrk krn kl berani selesai deh tuh ktr deci beserta oknum" deci

          • Mantap pak. Hadapi mereka kita hrs bicara hukum. Kalau masi sama2 makan nasi tdk perlu takut, kecuali mereka sudah makan beling kita mundur saja.

        • Semua pinjol emak laknat kelakuannya
          Kumpulin aja bukti2 nya
          Lapor ke BI atw OJK bahkan lapor polisis sekalian

  • Tutup saja Semua Pinjol di Indonesia.. semua meresakan dan merugikan .... Mohon OJK harusnya bisa bertindak Tegas Semua Pinjol harus dibrantas....sebelum Banyak korban berjatuhan...

  • Harus nya pinjol ini balik ke prosedur jaman batu.
    Yaitu menghubungi kontak darurat terlebih dahulu untuk menanyakan hubungan dgn peminjam. Jangan asal main acc saja,kasihan org yg dijadikan kontak darurat

  • Ajak ketemuan aja DC na. Itu jg klo berani itu DC.gak usah ngomong baik2 lg. Hajar itu DC. Bantai. Injek kepala na. Patahin leher na.

    • Gk bakalan berani krn mrk banci kaleng berani via hp,pernah d kerjain sm tmn sy pdhl tmn sy tdk ada mslh,wkt d dtgin ke rmh tmn sy lngsng diteriakin maling pd keluar tetangga,satpam lngsng d kerubutin minta maaf smp spt mayat muka deci krn letakutan minta ampun stlh itu gk berano dtg lg & pemberi tugas ke dc tlp minta maaf jg ktr deci