Surat Pembaca

Beli Voucher Gagal; Voucher Tidak Dapat, Dana Tidak Dikembalikan oleh Shopee

Tanggal 28 Desember 2022 pukul 12:00 waktu setempat, saya ke MCD dengan keponakan. Niat hati ingin menggunakan metode bayar dengan ShopeePay, lalu saya membeli voucher deals di Shopee agar mendapatkan diskon. Namun voucher gagal dibeli dengan keterangan gagal dan dana akan dikembalikan. Akhirnya saya menggunakan metode bayar lain, karena ketika menggunakan ShopeePay tanpa voucher pun eror saat itu.

Siang itu saya langsung menghubungi live chat Shopee, menanyakan kenapa dana saya tidak langsung dikembalikan. Karena di aplikasi Shopee tidak ada informasi SLA dana kembali. Sebelumnya saya juga pernah gagal transaksi, tapi dana langsung dikembalikan.

Informasi dari agen live chat Shopee, dana akan dikembalikan 1×24 jam sejak transaksi gagal. Sore harinya ada pihak Shopee yang menghubungi saya menginformasikan juga bahwa laporan pengembalian dana saya akan diprioritas agar dana segera dikembalikan.

Namun pada esok harinya tanggal 29 Desember 2022, sudah lebih dari 1×24 jam dana tidak kunjung kembali. Lalu saya menghubungi live chat Shopee kembali dan agen menginformasikan bahwa laporan saya baru diproses apabila 1×24 jam dana tidak masuk, dengan alasan akan dilakukan pengecekan oleh tim terkait mereka dan informasinya laporan saya akan diprioritas. Ya, berbeda informasi dengan agen yang sebelumnya menghubungi saya.

Lalu saya tunggu beberapa hari dan saya hanya menerima email yang isinya hanya penggantian nomor laporan dan menyuruh saya menunggu entah sampai kapan, karena tim mereka masih melakukan pengecekan. Sedikit pun saya tidak diinformasikan SLA prosesnya atau perkiraan berapa lama akan dicek, dana akan dikembalikan dan dana hanya sebesar Rp85.000..

Kemarin saya hubungi live chat Shopee, kembali jawaban tetap sama hanya diiming-imingi prioritas, tapi tidak ada hasil. Bahkan saya sudah komplain, tapi tidak ada yang menghubungi saya, paling tidak ada permintaan maaf dan informasi lebih detail terkait dengan proses laporannya sudah sampai mana. Sampai hari ini sudah lebih 1 minggu saya tidak menerima hasil dan dana saya yang hanya 85.000 tidak dikembalikan.

Saya tidak mengerti apa yang dicek oleh tim mereka. Mungkin jika dana besar sampai jutaan masih masuk akal pengecekan sedikit membutuhkan waktu yang lama dengan alasan untuk keamanan. Dana memang tidak seberapa, tapi sistem kerja dan pelayanan Shopee sangat mengecewakan untuk ukuran platform yang katanya nomor 1. Maka dari itu saya tulis di sini, karena begitulah pelayanan Shopee.

Prizka Zadella
Lombok Barat, NTB

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Terimakasih media konsumen sudah up keluhan saya, karna sampai dengan hari ini saya hanya menerima email penggantian nomer laporan saja dari pihak shopee, tanpa adanya informasi sedikitpun sudah sampai mana pengecekan mereka.

    • Makin ga beres pelayanan shopee, karna udah saya up di media konsumen baru saya dihubungi dan dijanjikan akan dihubungi lagi untuk informasi lebih lanjut, tapi saya tidak dihubungi lagi dan tidak ada informasi apapun lagi mengenai pengembalian dananya. Menghubungi livechat juga ga berguna karna pelayanan shopee makin buruk.

      • Udah jelas² tertulis gagal, msh blm ada refund, sopi lg.. sopi lagi...
        Duh jd ikut ragu² klo mau trx di apps ini