Surat Pembaca

Kecewa dengan ZARA Indonesia

Kepada Zara Indonesia, tolong perbaiki sistem pengiriman pembelanjaan online di aplikasi Zara.

Pada tanggal 22 Desember 2022, saya melakukan pembelian barang melalui aplikasi Zara, dengan nomor transaksi: 52673990531. Setelah transaksi berhasil, diinfokan di aplikasi bahwa barang tersebut akan dikirim dari Zara Tunjungan Surabaya. Sebagai catatan, saya mencantumkan alamat lengkap saya di kota Padang Sumatera Barat.

Hanya saja untuk kode pos, saya mengisi kode pos daerah Jakarta, dikarenakan saya tidak dapat mengisi kode pos sesuai alamat untuk melanjutkan pembayaran. Sebelumnya saya pernah beberapa kali melakukan hal yang sama, saat saya pesan di aplikasi Zara, dengan cara input kode pos daerah Jakarta, dan tidak ada masalah.

Setelah menunggu beberapa hari, ternyata saya diemail oleh Zara, bahwa transaksi tersebut dibatalkan, dengan alasan belum support pengiriman ke kota yang tidak ada Zara Store-nya. Saya juga telah menghubungi CS Zara melalu chat untuk konfirmasi hal tersebut. Namun jawabannya tetap sama. Padahal transaksi saya sebelum-sebelumnya berhasil dan barang diterima dengan baik di alamat yang sama.

Yang membuat saya semakin kecewa, ternyata pada waktu yang sama, teman saya juga melakukan transaksi di aplikasi Zara, dengan alamat pengiriman juga ke salah satu kota di Sumatera Barat dan mengisi kode pos Jakarta seperti yang saya lakukan. Namun ternyata pesanan dia, dengan nomor order 52680950331, sampai dengan selamat.

Bukankah seharusnya dengan adanya online store melalui aplikasi Zara, diharapkan penjualan Zara Indonesia dapat bertambah karena dapat menjangkau customer yang tidak terjangkau oleh store reguler Zara, yang hanya ada di mall tertentu di kota-kota tertentu pula? Bukankah mau dikirim ke mana pun pesanannya di Indonesia yang bayar ongkir-nya juga customer yang bersangkutan? Jadi apa susahnya tim Zara mengatur pengiriman barang pesanan ke alamat yang tidak ada store Zara-nya?

Untuk itu, tolong Zara Indonesia benahi. Jangan sampai perusahaan sebesar Zara kalah sama UKM kecil yang produknya sudah dijual online dan bisa dikirim ke mana saja di Indonesia, bahkan sampai ke luar negeri.

Budi Susanto
Padang, Sumatera Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Mungkin saja sistem komputer di Zara sudah berubah sehingga apabila alamat dan kode pos tidak cocok maka alamat pengiriman dianggap invalid. Entahlah dengan teman anda, apakah dia pakai alamat Jakarta dan kode pos Sumatra Barat?

    Jika transaksi batal, selama uang anda dikembalikan tidak jadi masalah kan? Tinggal pesan ulang dan kali ini gunakan kode pos yang valid. Tidak ada alasan menggunakan kode pos yang salah kecuali anda punya niat tertentu. Jika tidak tahu kode pos alamat anda di Padang, bisa cari di Google atau tanya pak RT/Lurah setempat.

    • Tolong d baca yg lengkap mas, saya tidak bs melakukan pembayaran jika input kodepos selain kota yg ada Zara store jadi bukan karena saya tidak tahu kodepos sendiri, saya jg sudah berkali melakukan pesanan dengan kode pos jkt dan barang sampai dengan selamat, dan teman saya itu pesan dengan alamat Sumbar tapi dengan kodepos diisi jakarta ternyata sampai. Jadi tidak bisa di alasankan sistem Zara tidak bisa proses jika beda antara kodepos dengan alamat. Sebagai tambahan barang pesanan saya sudah dikirim dari Surabaya dan sewaktu transit d jakarta baru pesanan saya d batalkan dan diretur ke Zara GI. Jika memang distemnya tidak bisa proses seharusnya dr awal barang tsb tidak akan jalan sampai k jakarta.
      Satu lg ini bukan soal duit dikembalikan atau tidak, tetapi soal PELAYANAN, seharusnya perusahaan yg buka online shopping sudah mempersiapkan sistem yg mendukung apalagi Zara itu toko retail besar, jika memang hanya melayani kota tertentu saja, ya harus di cantumkan dlm applikasi Zara note yg jelas
      dan dilaksanakn konsisten , bukan malah ada transaksi yang sukses terkirim dan ada yang gagal pengiriman.

      • padahal sudah di awal, kode pos Padang tak bs diisi di aplikasi, tp kenapa kamu nya maksa banget? isi kode pos Jakarta, pas di Jakarta kurir nya menyadari waduh alamatnya bukan d jkt, tapi di Padang. wajar saja diretur pak. krn alamat tidak lengkap/tidak jelas. Next nya kalo memang mau merk Zara, belinya di shopee/tokped saja yg jelas mendukung pengiriman ke seluruh Indonesia

  • Yg jd pertanyaannya adalah, apakah di Padang sana tidak memiliki kode pos sehingga harus memakai kode pos ibukota? kalo memang kode pos Padang/luar Jawa-Bali tidak diperbolehkan di aplikasi Zara, ya jangan maksa utk bertransaksi. kalo ada temannya yg berhasil, sepertinya itu diusahakan oleh tim ekspedisi. kalo utk selanjutnya spertinya ga bs karena ongkir dari Surabaya jelas lebih murah ke Jakarta ketimbang Padang/Sumatera

    • Kembali, tolong d baca mas, itu bukan transaksi saya yg pertama, yg sebelum2 nya lancar2 saja.
      Untuk pengiriman dari store manapun tentu tidak akan diinfo saat pesanan, barulah setelah transaksi pihak zara yg menentukan dari store mana pesanan tsb dikirim. Jadi bukan atas permintaan pembeli. Saat pengisian alamat pun, saya bisa isi lengkap dari pilihan opsi yg tersedia dalam aplikasi tsb mulai dari kelurahan sampai provinsi, jika memang belum menjangkau daerah lain harusnya opsi pilihan alamat seperti kelurahan, kecamatan hingga provinsi akan terkunci dan tidak bs dipilih. untuk alamat tsb sudah tersimpan dalam sistem zara, dan itu akan tercantum pada label pengiriman toko dan invoice pengiriman yang akan jelas terbaca pada saat QC pengiriman.
      Saya juga tidak akan melakukan pesan lagi seandainya pesanan saya sebelum2 nya gagal, atau ada note di aplikasi yg menginfokan bahwa orderan hanya untuk wilayah tertentu.

    • mngkin di aplikasi ZARAnya gak ada kode pos alamat YBS, makanya diisi kopos jakarta....wkwkwkwkkwk

  • Menurut hemat saya, kekecewaan penulis sebenarnya berawal dari ngarep.

    Ngarep barang dikirim ke alamat yang tertulis walaupun jelas alamat pengiriman nya belum didukung.
    Ngarep keberhasilan pengiriman sebelum nya bisa dijadikan barometer bahwa seterusnya akan selalu berhasil walaupun jelas wilayah pengiriman nya belum didukung.

    Sebaiknya penulis mengurangi ngarep dan mengikuti syarat ketentuan yang diberikan agar tidak memunculkan kekecewaan kekecewaan lainnya.

    • Masalahnya tidak ada pemberitahuan d Aplikasi bahwa transaksi hanya bs untuk kota A, B atau C saja, jika sudah ada pemberitahuan sebelumnya dan saya tetap melakukan pememesanan baru ngarep aji mumpung haha

      • Ada kak, ketika tidak bisa memasukkan kode pos yang sesuai sebenarnya perlu dipertanyakan terlebih dahulu agar mengurangi kemungkinan terjadi kekecewaan seperti yang kakak alami.

        Namun disini kakak memilih untuk mengabaikan hal tersebut dan lanjut mencoba dengan cara yang sebenarnya kakak sendiri sadar dan paham bahwa itu tidak sepenuhnya sesuai, tentunya dengan harapan bahwa keberhasilan sebelum nya dapat dijadikan patokan bahwa ini akan berhasil juga seperti sebelum sebelum nya.

        Jadi kembali menurut hemat saya, sebaiknya kakak mengurangi ngarep dan mengikuti prosedur yang diberikan.

        • Hehe d bagian mana di aplikasinya dek km baca ada note yg menginfokan kl pemesanan hanya bisa untuk daerah yg ada store saja?

          Coba baca di GENERAL TERMS AND CONDITIONS OF PURCHASE AND USE, poin:
          5. SERVICE AVAILABILITY
          Delivery service for the articles offered on this website is available in Indonesia only ( bukan kota A, bukan kota B, bukan kota C only )

  • Contoh memanfaatkan kelemahkan sistem..pertama berhasil lalu ke 2 gagal lalu malah post d mk..bibit2 koruptor..jelas merugikak Zara karna Zara hanya melayani pengiriman daerah yg ada store ny..

    • si ******, ts bayar ****** buat ongkirnya bukan gratis, kok malah dibilang bibit koruptor? dungu, makanya baca sampai habis

      • Halo kak, saya bantu jelaskan kembali reply saya diatas agar kakak bisa lebih paham dimana letak mengabaikannya.

        Kakak dengan jelas menuliskan bahwa mengenai detail pengiriman kode pos yang diinput tidak bisa menggunakan kodepos yang sesuai namun menggunakan kodepos kota lain yang didukung (dapat diterima oleh aplikasi dan melanjutkan transaksi).

        Jadi dengan kata lain kakak sadar dan paham sepenuhnya kalau data yang diberikan tidak sepenuhnya benar dan sesuai dengan harapan pesanan dapat dikirimkan sesuai dengan alamat yang kakak inginkan walaupun kakak tahu bahwa kodepos nya tidak sesuai dan terkendala, tentu hal ini kakak lakukan karena sebelum nya kakak sudah mencoba dan berhasil.

        Yang dimana sebaiknya kendala kodepos gagal bisa diklarifikasi dan konfirmasi dahulu dengan pihak Zara sebelum memesan agar tidak menimbulkan kekecewaan yang kakak alami.

        Mengenai informasi jangkauan pengiriman memang tidak dituliskan secara detail yang dapat memicu misinformasi seperti yang kakak alami.
        Namun, kakak selaku pembeli tentu memiliki pilihan untuk dapat mengklarifikasi dan konfirmasi dengan pihak store/Zara mengenai kendala gagal kodepos ini atau mengabaikan seperti yang kakak lakukan, sebelum melakukan pemesanan.
        Yang dimana pada akhirnya berujung kecewa.

        Jadi kembali menurut hemat saya, kakak bisa mengurangi ngarep dan mengikuti prosedur yang berlaku.

        • Prosedur itu ya harus jls, dalam purchase condition jelas2 dibunyikan 5. SERVICE AVAILABILITY
          Delivery service for the articles offered on this website is available in Indonesia only (bukan only city A,city B ....). Dan saya jg sudah menghubungi CS Zara agar ada solusi tp tidak ada ( dipoin ini saya bs menerima mngkn telah ada perubahan) tetapi selang beberapa hari ternyata paket teman saya yg d pesan jg ke luar area sampai dengan aman tanpa kendala, wajar dong saya kecewa. Jadi ini bukan soal ngarep, tp soal pelayanan, kekonsistenan, dan kejelasan. Kl memang tidak support ya tulis tidak support. Jangan tidak jelas lalu ada yg pesan , dikirim trus d batalkan. Yang lain pesan, dikirim, sukses. Harusnya kl memang itu ketentuan baku perusahaan d tahap QC barang yg akan dikirim akan jelas terlihat kemana alamat pengirimannya dan bs langsung d batalkan.

          • emang pas bayar ongkirnya kena berapa? sesuai ga sama harga dr sby ke padang pada umum nya? klo pake kode pos jkt, ya mungkin mereka ga mau karna nanti nambah ongkos kirim..

            tinggal order ulang lagi aja sih mbak susah bener kek nya.. pake di post segala .

  • Sebenarnya memanfaatkan kelemahan sistem itu gpp, wajar saja. Tapi jika yang punya sistem sudah sadar dan ingin memperbaikinya, apa tidak boleh ?
    Sebelumnya lolos juga disyukuri, belum ketahuan atau dimaklumi Zara karena beberapa alasan seperti nilai orderan yang besar dsb.. Pasti TS juga bayar ongkir, tapi ke kode pos JKT. Kalau ke yang Padang pasti lebih mahal jatuhnya.

  • Kl memang sudah diperbaiki sistemnya tentunya pesanan teman saya berikutnya jg akan gagal, dan untuk ongkir yg saya bayar jg tidak murah. Seharusnya kl memang tidak bisa ya tetap tidak bisa tanpa pengecualian krna transaksinya online by apps bukan walk-in di toko

    • Saya mau menambahkan sedikit saja sekiranya penulis belum menyadari letak resiko atas pilihan yang dibuat penulis.

      Terlepas dari teman, saudara, kerabat, mertua, istri, keluarga, anak, atau bahkan orang yang tidak dikenal bisa memesan dan dikirimkan ke alamat yang sesuai dengan cara yang sama.

      Fakta bahwa perlu merubah kode pos menjadi kode pos kota lain ini bisa berakibat gagal kirim, terlepas apapun kurirnya.
      Jadi sebaiknya pahami resiko tersebut dan jalankan sesuai resiko yang bersedia diambil.

      Semoga bisa menjawab kekecewaan penulis.

  • Kl itu saya sebagai pemesan ya tahu konsekuensinya, cuma baca dl kejadiannya seperti apa sblm komentar, kl semua pesanan dengan cara seperti itu gagal ya itu resiko saya, masalahnya beberapa pesanan sebelumnya lancar, dan pesanan teman saya yang dilakukan setelah trx saya jg lancar. Itu poin komplen saya agar Zara benahi, terserah apa kedepannya memang tetap tidak bisa kirim luar area, atau d perbaiki menjadi bisa keluar area, asalkan semua jelas dan konsisten disertai informasi yg jelas. Jangan kadang bisa kadang tidak.

    • Betul kak, sangat disayangkan komplain baru dilakukan ketika sudah terjadi hal yang menimbulkan ketidaknyamanan.

      Namun disana juga letak ngarepnya, mengharapkan adanya konsistensi ketika detail pengirimannya sendiri belum konsisten, tentunya semoga hal ini yang bisa diperbaiki kedepannya oleh pihak store.

      Fakta bahwa kakak menyadari sepenuhnya bahwa ada resiko yang mungkin dapat timbul akibat inkonsistensi detail pengiriman sebenarnya sudah menjawab kekecewaan kak penulis.

      Inkonsistensi dalam detail pengiriman sangatlah mungkin mengakibatkan inkonsistensi dalam pengiriman juga, maka tuntutan agar pengiriman dapat konsisten dengan informasi nya tidak konsisten itu absurd atau sulit untuk dilakukan.

      Saya yakin kakak penulis juga paham dan semoga penjelasan ini dapat sedikit mengobati kekecewaan kakak.