Surat Pembaca

Penipuan yang Membobol Akun Kredivo Saya

Assalamualaikum,

Perkenalkan nama saya Cahyadi, saya salah satu korban dari penipuan oleh orang yang sangat tidak bertanggung jawab.

Adapun kronologis kejadiannya adalah, pada hari Kamis tanggal 5 Januari 2023 kurang lebih sekitar pukul 16.00, saya membuka Instagram. Lalu di beranda saya melihat iklan Kredivo untuk mendapatkan kartu flexy card warna hitam dengan limit sebesar Rp30 juta.

Setelah saya klik iklan tsb ternyata otomatis diarahkan ke WhatsApp. Setelah itu dia mengirimkan link untuk saya klik dan saya langsung diarahkan untuk men-download aplikasi Samsung Financing. Setelah saya download aplikasi Samsung Financing dan mengisi data ternyata secara tidak saya ketahui nomor telepon di Samsung Financing telah diubah oleh penipu. Dan secara bersamaan itu pula terjadi transaksi yang sangat besar di Tokopedia, serta saya tidak dapat login kembali ke akun Kredivo saya.

Saya sudah beberapa menghubungi pihak Kredivo untuk membatalkan transaksi tsb, tapi jawabannya tidak bisa. Saya juga sudah meminta keringanan ke pihak Kredivo, tapi tetap tidak bisa. Saya sangat menyayangkan pihak Kredivo yang tidak memberi tahu saya untuk menghubungi pihak Tokopedia supaya menggagalkan transaksi yang tidak saya lakukan.

Dengan surat melalui Media Konsumen ini, saya meminta bantuan serta pertolongan kepada pihak yang dapat membantu saya untuk bisa mendapatkan keringanan cicilan atau bahkan menghilangkan cicilan transaksi yang tidak saya lakukan.

Sebagai tambahan ID merchant transaksi di Tokopedia pada tanggal 5 Januari 2023 adalah: TKP2088943893.

Sekali lagi kepada pihak yang bisa membantu saya, saya memohon untuk bisa membantu saya dalam masalah ini, terima kasih.

Wassalamu’alaikum.

Cahyadi
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Cahyadi

Pada kesempatan kali ini, kami ingin menanggapi surat konsumen yang telah dimuat oleh Bapak Cahyadi di website Mediakonsumen.com tanggal 15...
Baca Selengkapnya

Komentar

      • mereka di untung kan dengan transaksi tersebut.karena nomimal nya besar besar.
        korban sudah banyak tp tidak ada langkah yg di ambil oleh kredivo. yg ada selalu disuruh bayar,ubah tenor atau bayar pokok saja tidak bisa. padahal flexy card produk mereka seharusnya kalo ada pihak yg memanfaatkan produk mereka harus nya mereka bisa bertindak secara hukum,tp karena mereka secara tidak langsung diuntung kan dengan transaksi tsb.kredivo santai saja sllu bilang kesalahan dari nasabah.

      • Saya juga sama pak Cahyadi. Kredivo cuma bilang harus tetap dibayar karena kesalahan ada di kita
        Gila kredivo, nyari untung

    • Terima nasib apayang anda alami sama seperti saya 10 bulan lalu, dan saya harus membayar angsuran saya yang tersisa 2 bulan lagi di Tokopedia, ke kredivo karena kelalaian saya, mengadu kemanapun percuma karena kelalaian sendiri, mau tau kerugian saya

    • Duh pdhal di aplikasi kredivo nya rajin di ingetin jgn tergiur penawaran flexi card diluar aplikasi. Belum lama juga ada yg ngalamin kyk gini klik link dr instagram ngisi data pribadi akhirnya di bobol. Karna nomor udah di ganti jadi akun kredivo nya udh punya si penipu. Lapor CS minta kredivo nya di tutup aja tapi mau gamau hrus lunasin tagihan dlu. Takutnya klo limit msih tersisa bisa ada transaksi baru lg.

      • Kalau badan lagi nahas, siapapun tdk bisa menghindari nya,y kebetulan saja sy berada di posisi apes

      • klo g paham jgn asal klik aja, jgn mudah tergiur sesuatu yg bisa membuat kita di untungkan dgn cara yg tidak wajar, zaman skrg bnyak orng" pintar hnya untuk menipu bahkan membunuh satu sama lain.

    • Yah mau gimana lg pak, anda sdh dgn sadar dan sengaja memberikan data dan informasi anda kepada pelaku kejahatan cyber, semoga bisa diberikan jalan keluar yang baik. pesan saya be smarter than your smart phone.

    • Apa mungkin ya,kredivo memang sengaja membiarkan ini,karena kan korbannya sudah banyak,kenapa gak ada langkah 2 untuk perbaikan,saya jadi takut juga ni dan harus waspada

  • Pilihan hanya 2. 1 d bayar saja cicilanny tdk ada yg bisa membantu karna anda memberikan kunci kepada maling atas kesadaran anda
    Ke 2.tdk usah d bayar resiko ga bisa hutang seumur hidup..

  • Sprtinya iklan di IG sering disalahgunakan oleh penipu untuk membuat iklan penipuan, harusnya pihak pihak yg menjadi korban, ataupun subjek insitusi tertentu sprti bank @bri terkait brimo, @bca,@kredivo terkait flexy card,akulaku, @tokopedia dsb yang merasa mengaku ngaku sbgai subjek tersebut "membuat gugatan kepada instagram" yang telah menyetujui iklan penipuan tersebut tanpa pengecekan/filter atas intitusi resmi tdi.
    Terasa skrng ini smakin massive korban penipuan dri pratfom instagram terkait Iklan nya.

      • Bukankah akun official sering mengedukasi, tapi kenyataaan nya tetap saja ada yang kena krena ini negeri +62 yg pinter tidak lebih bnyk dri yang tidak tau. Harusnya klu kurg efektip berubah pola dari "Pencegahan menjadi Penumpasan pelaku"
        Jelas pratfomnya, minta analisa pembuat akun iklan-nya. Kalau pratfom tidak bisa ya gugat.

    • Dan terjadi lagi... Tanamkan mindset dalam pikiran kita bahwa wa atau instagram tanpa centang biru adalah penipu... Semua penipu dan lagi lagi semua penipu

    • Nah itu,masa medsos sebesar IG masih kecolongan dengan iklan² penipuan seperti itu,dengan niat buat nambah modal yg ada malah sial, keberuntungan dan kesialan manusia siapapun tdk bisa menghindari nya,sehati hati apapun kalau sudah waktunya pasti kena juga

  • "Hati-hati penipuan! Jangan percaya siapa pun yang menawarkan Flexi Card di luar aplikasi Kedivo. Untuk mendapatkan Flexi Card kamu hanya bisa daftar via aplikasi Kredivo."

    Pemberitahuan tersebut di atas selalu ada di halaman depan aplikasi Kredivo.

  • dan terjadi lagiii.kisah lama yg terulang kembali(nyanyi)
    klu dipandang dr sisi lain tipe org seperti itu tergolong serakah.itu kata ustad depan rumah.hahaha
    org2 yg seperti ini jg yg membuat nasabah lain kena imbas, makin banyak entr yg di bekukan akunnnya krn isu penipuan seeprti ini.

1 2 3 5